10 Suplemen Vitamin C yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh

10 Suplemen Vitamin C yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh

Salah satu cara untuk meningkatkan daya tubuh adalah dengan rutin mengonsumsi suplemen vitamin C. Tidak sulit menemukan jenis vitamin tersebut di pasaran, bahkan ada yang dijual dengan harga terjangkau. Namun untuk menemukan salah satu yang bagus, tentunya diperlukan ketelitian dan pertimbangan lain.

Jenis suplemen sendiri bermacam-macam, anda bisa memilihnya sesuai dengan kondisi penggunaan. Jenis yang dimaksud adalah bubuk, kapsul atau tablet, dan obat kunyah seperti permen. Misalkan jika anda ingin yang lebih praktis, silahkan menggunakan kapsul karena tinggal diminum tanpa harus membuatnya.

Untuk jenis bubuk lebih disarankan ketika anda mempunyai banyak waktu dalam membuatnya karena harus dicampur dengan air terlebih dahulu. Sedangkan untuk jenis permen biasanya digunakan untuk anak-anak atau anda yang kesulitan dalam meminum kapsul. Tidak ada perbedaan manfaat dari ketiga jenis suplemen tersebut, terkadang hanya dosisnya yang berbeda.

Manfaat Suplemen Vitamin C

Manfaat Suplemen Vitamin C
Image by Wolipop.detik.com

Manfaat utama dari suplemen vitamin C tidak lain adalah untuk daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Namun faktanya masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan. Berikut beberapa manfaat yang dimaksud!

✦ Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti yang dikatakan tadi, manfaat utama dari vitamin C yakni untuk meningkatkan daya tahan tubuh, baik dalam bentuk suplemen maupun makanan. Kandungan tersebut mampu mendorong produksi sel darah putih dalam tubuh. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik dan terlindung dari infeksi kuman, virus, atau bakteri.

Vitamin C bahkan mampu melindungi kerusakan sel darah putih akibat radikal bebas. Manfaat inilah yang menjadikan kandungan tersebut efektif menyembuhkan luka lebih cepat. Seseorang yang kurang kandungan vitamin C lebih rentan terserang berbagai penyakit, yang paling ringan adalah flu dan meriang.

✦ Mengendalikan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi menyebabkan berbagai macam penyakit kronis, seperti jantung, stroke, ginjal, dan lainnya. Untuk mencegah timbulnya penyakit tersebut, disarankan mengonsumsi suplemen vitamin C rutin setiap hari sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Bukan tanpa alasan, penelitian membuktikan bahwa vitamin tersebut efektif menurunkan darah tinggi.

Pada orang dewasa dengan gangguan darah tinggi, vitamin C dapat mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolic masing-masing sebesar 4,9 mmHg dan 1,7 mmHg. Sedangkan bagi yang tidak mengalami gangguan tersebut, atau bisa dikatakan sehat, tekanan darah sistolik berkurang 3,8 mmHg dan diastolic sebesar 1,5 mmHg.

✦ Menurunkan Kolesterol

Bukan hanya untuk menurunkan tekanan darah, manfaat suplemen vitamin C lainnya terbukti untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ada dua macam kolesterol yang perlu diketahui, yakni kolesterol jahat dan kolesterol baik. Mengonsumsi vitamin C secara rutin terbukti menurunkan kolesterol jahat sebesar 7,9 mg/dL.

BACA:  10 Rekomendasi Vitamin untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

✦ Meningkatkan Daya Ingat

Bukan hanya anak-anak, daya ingat juga penting untuk usia dewasa. Bertambahnya usia dapat menurunkan daya ingat secara alami. Hal ini sebenarnya wajar karena pasti dialami setiap orang. Namun bukan berarti harus dibiarkan, anda bisa mencegahnya dengan mengonsumsi suplemen vitamin C sesuai dosis.

Bagi anak-anak, jenis kandungan alami tersebut bukan hanya untuk meningkatkan, namun juga untuk melindunginya. Artinya, rutin mengonsumsi vitamin C mencegah turunnya daya ingat bagi mereka. Dengan demikian, daya berpikir lebih bisa diandalkan dan memungkinkan untuk meraih prestasi lebih baik.

✦ Mencegah Kekurangan Zat Besi

Fungsi penting dari zat besi yaitu untuk membentuk sel darah merah dan mengangkut oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Seseorang yang kekurangan zat besi meningkatkan risiko anemia sehinga tubuh menjadi lemas dan bahkan kekurangan oksigen.

Suplemen vitamin C yang bagus terbukti efektif meningkatkan zat besi dengan cara menyerap nya lebih baik. Dari penelitian yang dilakukan, mengonsumsi vitamin C dengan dosis 100 mg per hari mampu meningkatkan penyerapan zat besi dalam darah lebih dari 65%.

✦ Mencegah Asam Urat

Pada umumnya, kolesterol dan asam urat merupakan dua penyakit yang selalu berdampingan. Meski demikian, terdapat ciri-ciri yang berbeda dari keduanya. Asam urat seringkali menyerang bagian persendian dengan rasa nyeri yang tidak tertahankan.

Mengurangi risiko sebelum terjadinya gangguan ini merupakan langkah bijak. Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin C untuk mengatasi masalah tersebut. Dari studi yang pernah dilakukan, vitamin C mampu menurunkan risiko terjadinya asam urat sebesar 44%.

Rekomendasi Suplemen Vitamin C yang Bagus

Memilih suplemen vitamin C seharusnya mudah, asalkan ada budget yang dimiliki. Meskipun sebagian besar tidak terlalu mahal, namun ada juga yang harganya mencapai ratusan ribu rupiah untuk satu kemasan. Sebagai rekomendasi, berikut beberapa produk yang layak dipertimbangkan!

1. Vitamin C – 500 mg Sweetlets

Vitamin C - 500 mg Sweetlets
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Jika mendengar nama Vitamin C – 500 mg Sweetlets, mungkin anda masih asing. Sebagian orang lebih mengenalnya dengan Vitacimin yang merupakan produsen dari suplemen tersebut. Kelebihan utamanya dari kemasan per biji sehingga harganya terkesan lebih murah. Setiap tablet mengandung 500 mg vitamin C isap atau bisa juga dikunyah.

Selain digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, produk tersebut sering digunakan untuk mengatasi sariawan. Meskipun rasanya sedikit perih ketika mengonsumsi nya, namun hasilnya terbukti efektif. Saat ini terdapat pilihan rasa, diantaranya adalah lemon, blueberry, dan tropical fruit punch.

2. Vitalong C

Vitalong C
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Apabila anda kekurangan suplemen vitamin C, Vitalong C adalah jawabannya. Produk dari Bernofarm ini dibuat khusus untuk mereka yang kekurangan vitamin C yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Manfaat lain yang didapatkan yakni mencegah pembekuan darah.

BACA:  10 Suplemen Vitamin C yang Aman untuk Ibu Hamil & Menyusui

Sebagaimana manfaat vitamin C, produk yang dijual dengan harga sekitar 30.000 rupiah ini juga membantu penyerapan zat besi. Menariknya, produk ini melepaskan vitamin C secara bertahap selama 12 jam, jadi tetap aman untuk lambung. Meski demikian, tetap saja harus mengonsumsi nya sesuai dengan anjuran yang berlaku.

3. Redoxon Double Action

Redoxon Double Action
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Suplemen Vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh berikutnya adalah Redoxon Double Action. Produk ini juga efektif mengatasi berbagai penyakit ringan, seperti flu, batuk, dan badan meriang. Selain kandungan vitamin C, terdapat pula kandungan zinc yang berfungsi mengatur sistem kekebalan tubuh.

Suplemen dari Bayer ini berbentuk tablet effervescent, jadi diperlukan air untuk melarutkan nya. Setiap tablet mengadung 1000 mg vitamin C yang aman untuk lambung. Harganya cukup terjangkau, hanya 45.000 untuk satu kemasan isi 10 tablet. Anda bisa mendapatkan produk ini di apotek atau toko obat terdekat.

4. A-Z Kid’s Vitamin C Tablet

A-Z Kid’s Vitamin C Tablet
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Sesuai dengan namanya, suplemen vitamin C ini khusus untuk membantu meningkatkan daya tubuh anak. A-Z Kid’s Vitamin C Tablet diperuntukkan untuk anak usia 2 hingga 6 tahun. Kandungan vitamin C di dalamnya tidak terlalu tinggi, hanya 30 mg per tablet, jadi tetap aman meskipun dikonsumsi setiap hari.

Produk dari Appeton dijual dengan harga mulai 220.000 rupiah. Memang terlihat mahal, namun harga tersebut untuk kemasan isi 100 tablet. Tidak perlu repot membujuk anak-anak untuk mengonsumsi nya karena berbentuk tablet isap. Apalagi banyak varian rasa yang disediakan, diantaranya jeruk, strawberry, dan blackcurrant.

5. Enervon-C Multivitamin Tablet

Enervon-C Multivitamin Tablet
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Enervon-C dikenal sebagai salah satu multivitamin yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Mengonsumsi produk ini secara rutin dapat mengurangi risiko terserang penyakit. Kandungan lain yang didapatkan dari suplemen keluaran Enervon adalah vitamin B. Kandungan tersebut cukup efektif meningkatkan proses metabolisme tubuh.

Ada juga kandungan lain dengan fungsinya masing-masing, seperti niasinamida dan kalsium. Dalam satu tablet mengandung 500 mg vitamin C dan dijual dengan harga sekitar 50.000 rupiah. Harga tersebut untuk satu kemasan yang berisi 30 tablet, jadi termasuk murah. Suplemen ini termasuk praktis karena berupa tablet yang bisa langsung diminum dengan air.

6. Blackmores Vitamin C 500mg

Blackmores Vitamin C 500mg
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Sedikit yang mengenal jenis suplemen vitamin C yang bagus ini. Pasalnya, jarang ada iklan atau promosi yang dilakukan produsen. Meski demikian, manfaatnya tidak diragukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, manfaat penting yang tidak dimiliki jenis suplemen lainnya yakni membantu mempercepat proses pemulihan.

Mengencangkan kulit adalah manfaat lain yang didapatkan dari produk keluaran Kalbe ini. Jenis atau tipe nya berupa tablet dengan kandungan vitamin C500 mg. Harga satu botol di banderol mulai dari 120.000 rupiah dengan isi 60 tablet. Kelebihan utama dari Blackmores Vitamin C 500mg dalam hal kandungannya yakni menggunakan bahan alami.

BACA:  10 Rekomendasi Vitamin untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

7. Super C Complex Sustained Release Tablets

Super C Complex Sustained Release Tablets
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Super C Complex Sustained Release Tablets bisa diandalkan untuk mencegah berbagai macam penyakit menyerang tubuh. Suplemen vitamin C ini mengandung 1000 mg dalam setiap kemasannya. Terbuat dari bahan alami yang aman untuk tubuh dan tidak menimbulkan reaksi alergi.

Produk ini di klaim aman untuk lambung karena kandungan vitamin C dikeluarkan secara bertahap. Dengan demikian, satu tablet yang anda konsumsi memberikan daya tahan tubuh lebih lama. Sayangnya, harga untuk suplemen dari NaturePlus ini tergolong mahal, sekitar 370.000 rupiah untuk 60 tablet.

8. Holisticare Ester C

Holisticare Ester C
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Selanjutnya ada Holisticare Ester C yang juga merupakan produk suplemen vitamin C terbaik untuk menjaga daya tahan tubuh. Terdapat dua varian yang bisa anda pilih dalam hal kandungan vitamin C nya, ada yang 1000 mg dan 500 mg. Selain untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit, suplemen ini juga baik untuk mengatasi gejala kekurangan vitamin C.

Seperti yang diketahui, gejala dari seseorang ketika kekurangan vitamin C yakni sariawan, gusi berdarah, dan juga flu. Produk ini bahkan bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen, dimana fungsi utamanya untuk menjaga kesehatan. Tidak terlalu mahal, hanya sekitar 40.000 rupiah yang bisa dipilih kemasan sachet atau botol.

9. Vitamin C -1000 mg

Vitamin C - 1000 mg
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Dilihat dari namanya, kandungan vitamin C dalam produk kali ini pastinya 1000 mg. Dosis tersebut cukup baik untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C -1000 mg diproduksi oleh Puritan’s Pride dan dijual dengan kisaran harga 300.000 rupiah. Harga yang mahal untuk sebagian orang, namun manfaatnya terbukti dan tidak mengecewakan.

10. Vitamin C Tab 45S Tube

Vitamin C Tab 45S Tube
Image by Lzada.co.id

Apabila daftar suplemen vitamin C diatas masih dianggap terlalu mahal, mungkin anda bisa mempertimbangkan Vitamin C Tab 45S Tube. Harga yang ada di pasaran saat ini sekitar 5.000 rupiah untuk satu botol dengan isi 45 tablet. Produk dari IPI ini baik dikonsumsi semua usia, baik anak maupun dewasa.

Kandungan vitamin C nya hanya 50 mg untuk setiap tablet kunyah atau isap. Apabila anda merasa ada gejala kekurangan vitamin C, sebaiknya mengonsumsi suplemen ini sebanyak 4 – 5 tablet setiap hari. Sebagai langkah pencegahan, sebaiknya mengonsumsi sebanyak 2 tablet per hari.

Daftar diatas hanya sebagian dari suplemen vitamin C terbaik yang bagus untuk daya tahan tubuh. Masih banyak produk sejenis yang bisa anda dapatkan di pasaran. Apapun produk yang anda pilih nantinya, tetap konsumsi sesuai dengan dosis dan ketentuan yang berlaku.