10 Rekomendasi Suplemen Asam Folat untuk Promil

10 Rekomendasi Suplemen Asam Folat untuk Promil

Suplemen asam folat tidak hanya dibutuhkan ibu hamil, melainkan juga wanita yang sedang menjalankan program hamil atau promil. Seperti yang diketahui, asam folat memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebenarnya bukan hanya untuk suplemen ibu hamil dan promil saja, namun juga semua orang membutuhkannya.

Namun tidak dapat di pungkiri bahwa mereka yang sedang menjalankan promil jauh lebih membutuhkan. Untuk mendapatkan salah satu zat penting ini, ada banyak makanan yang dapat dikonsumsi. Jenis makanan yang dimaksud bisa berupa buah, sayur, daging, telur, dan bahkan berbagai jenis ikan laut.

Sayangnya, tidak semua orang suka dengan jenis makanan tersebut sehingga dibutuhkan alteratif lainnya. Adapun alternatif yang paling ampuh yaitu mengonsumsi suplemen asam folat yang saat ini banyak beredar di pasaran. Dari banyaknya produk ini terkadang memberi kemudahan, namun tidak sedikit yang bingung menentukan mana yang terbaik.

Cara Memilih Suplemen Asam Folat

Asam Folat untuk Promil
Image by Haibunda.com

Sebelum membeli salah satunya, ada baiknya anda menyimak tips atau cara memilih suplemen yang kami bahas ini. Ada beberapa langkah jitu supaya tidak salah pilih, diantaranya mengenali bahan utama, manfaat tambahan, dan bentuknya. Selengkapnya, silahkan simak penjelasan berikut!

✦ Kenali Kandungan Asam Folat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada banyak sumber makanan yang mengandung asam folat. Untuk itu, cara yang pertama ketika memilihnya adalah dengan mengetahui bahan atau kandungan apa yang digunakan. Saat ini bahkan banyak ditemui jenis asam folat sintetis, yakni dibuat dari bahan yang telah diproses secara kimiawi.

Namun demikian, tetap saja banyak produk suplemen asam folat yang menggunakan bahan alami. Bahan yang dimaksud didapatkan dari buah, sayur, daging, dan berbagai ikan laut. Dari keduanya, yang paling bagus adalah produk yang berbahan alami. Meskipun sebenarnya secara dosis dan kandungan tetap sama, begitu juga manfaatnya.

✦ Pilih Suplemen Khusus Ibu Hamil

Tips memilih produk asam folat selanjutnya adalah memastikan bahwa produk tersebut memang khusus untuk ibu hamil. Sebagaimana yang kita ketahui, asam folat tidak hanya dibutuhkan oleh ibu hamil atau mereka yang sedang menjalani promil. Selain itu, ada juga produk yang dikhususkan untuk tujuan tertentu.

Baca Juga:  10 Suplemen Vitamin C yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh

Perbedaan dari produk khusus promil dan umum terletak pada dosisnya. Asam folat untuk promil memiliki kandungan atau dosis yang lebih tinggi. Sedangkan untuk penggunaan umum biasanya hanya digunakan sebagai campuran. Walaupun begitu, tetap saja anda harus mengetahui berapa batas maksimal mengonsumsi zat ini, yakni 1.000 mcg per hari.

✦ Perhatikan Kandungan Tambahan

Suplemen asam folat pada umumnya memiliki kandungan lain yang mempunyai manfaat tambahan. Hampir semua produk menerapkan metode ini, karena ibu hamil dan mereka yang sedang menjalani promil tidak hanya membutuhkan asam folat. Hanya saja perbedaan dari masing-masing produk biasanya terletak pada manfaat apa yang dimaksud.

Misalnya vitamin C yang dikhususkan untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, ada juga yang menambahkan zat besi untuk memperlancar peredaran darah. Ada juga suplemen yang dilengkapi dengan kandungan vitamin D dan kalsium. Keduanya sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi pada bayi.

Bagi ibu yang sedang menjalani promil, kedua kandungan tersebut sangat baik untuk menambah kesuburan. Dari semua kandungan tambahan yang disebutkan, yang tidak kalah penting adalah vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Maka dari itu, sebaiknya anda sesuaikan dengan kondisi atau manfaat tambahan yang dimaksud.

✦ Pilih Suplemen yang Mudah Dikonsumsi

Meski terkesan tidak begitu penting, namun memperhatikan bentuk dari suplemen asam folat perlu diperhatikan. Tujuannya untuk mempermudah anda mengonsumsi nya, juga masalah waktu dan efisiensi. Apalagi tidak semua promil dan ibu hamil bisa menelan obat dalam bentuk kapsul, sebagian justru kesulitan.

Apabila anda salah satunya, maka pilihan terbaik adalah memilih suplemen yang berbentuk gummy atau permen. Anda tidak perlu menelan ketika mengonsumsi nya, bahkan tidak perlu air minum. Cukup kunyah gummy seperti halnya ketika anda makan permen. Namun ada yang perlu diperhatikan, pastikan produk tidak mengandung gula tambahan.

Rekomendasi Suplemen Asam Folat untuk Promil

Setelah menyimak tips memilih suplemen asam folat diatas, saatnya anda menentukan produk atau merek apa yang dibutuhkan. Di pasaran, banyak sekali produk yang akan anda temukan. Maka dari itu, kami berikan beberapa rekomendasi yang terbaik dilihat dari bahan dan manfaat tambahannya.

1. NOW Foods Folic Acid 800 mcg

NOW Foods Folic Acid 800 mcg
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Tokopedia

Produk pertama yang perlu anda pertimbangkan adalah NOW Foods Folic Acid 800 mcg. Produk ini di klaim aman bagi mereka yang sedang menjalankan program diet sehat. Karena hanya dibuat dari bahan alam, tepatnya tumbuhan, maka produk ini juga aman bagi vegetarian.

1 butir tablet mengandung 800 mcg asam folat, jadi anda cukup meminumnya satu kali sehari. Bagi yang sulit ketika menelan obat, produk ini tidak disarankan karena berbentuk tablet. Kandungan lain yang terdapat pada suplemen ini yaitu vitamin B12 yang dapat melancarkan proses metabolisme tubuh.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Suplemen Peninggi Badan Tercepat

2. YOUVIT X Lilla Multimum

YOUVIT X Lilla Multimum
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Tokopedia

Apabila produk pertama tidak cocok bagi yang kesulitan menelan obat, kali ini justru sebaliknya. YOUVIT X Lilla Multimum diproduksi dengan bentuk gummy atau permen sehingga siapa saja bisa mengonsumsi nya. Suplemen asam folat untuk promil ini memiliki rasa yang manis, namun tanpa gula buatan.

Untuk kandungan asam folat dalam satu tablet gummy yaitu 400 mcg. Dosis tersebut sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu yang sedang menjalani program hamil. Seperti produk sebelumnya, kali ini juga ada kandungan lain. Beberapa kandungan yang dimaksud diantaranya adalah Vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin B, dan zinc.

3. Blackmores i-Folic

Blackmores i-Folic
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Blackmores merupakan salah satu produk suplemen yang paling terkenal saat ini. Hampir semua produknya laris di pasaran karena memang manfaatnya yang tidak dapat diragukan. Blackmores i-Folic adalah suplemen asam folat yang baik untuk promil dan ibu hamil. Suplemen ini mengandung dosis 500 mcg, pas untuk kebutuhan sehari-hari.

4. Prenatal + DHA

Prenatal + DHA
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Meskipun harganya mahal, manfaat Prenatal + DHA sudah banyak dibuktikan oleh konsumen sebelumnya. Suplemen ini dijual seharga 200 ribuan rupiah untuk kemasan botol isi 100 butir. Karena hanya dikonsumsi satu kali sehari, jadi untuk satu botol bisa digunakan lebih dari 3 bulan, cukup hemat sebenarnya.

Produk ini sangat cocok bagi anda yang takut akan gula karena alasan tertentu. Pasalnya, suplemen ini berbentuk tablet selaput yang bebas gula tambahan. Dosisnya memang cukup tinggi dibandingkan produk sebelumnya, yakni sebesar 1.000 mcg atau 1 mg. Namun dosis tersebut masih dalam batas aman untuk konsumsi harian.

5. Natures Plus Folic Acid Hearts

Nature’s Plus Folic Acid Hearts
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Tokopedia

Rekomendasi suplemen asam folat untuk promil selanjutnya adalah Nature’s Plus Folic Acid Hearts. Meskipun berbentuk tablet, namun produk ini mudah ditelan karena menggunakan teknologi mutakhir. Dosis satu tablet hanya 400 mcg, jadi sangat jauh dari batas maksimal yang di kisaran lebih dari 1.000 mcg.

Selain asam folat, kandungan lain di dalamnya yaitu vitamin B6 dan B12. Kedua kandungan ini sangat penting untuk mengatasi anemia atau kekurangan darah. Selain itu, kandungan tersebut juga baik untuk membentuk organ bayi. Menariknya, produk ini tidak hanya untuk promil dan ibu hamil, namun juga setelah proses melahirkan.

Baca Juga:  10 Produk Vitamin E yang Baik untuk Kulit & Wajah

6. Folic Acid – Asam Folat 1 mg

Folic Acid - Asam Folat 1000 mcg
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Pada umumnya kita ragu mengenai suplemen yang dijual dengan harga murah. Apalagi jika pesaing atau produk lain mematok harga tinggi yang jauh di atasnya. Memang tidak salah, namun belum tentu semuanya benar. Pasalnya, ada produk suplemen asam folat yang dijual dengan harga murah namun tetap berkualitas.

Produk yang dimaksud adalah Folic Acid – Asam Folat 1000 mcg (1 mg) yang di pasaran mudah ditemukan dengan harga sekitar 20 ribu rupiah saja. Dari namanya jelas terlihat bahwa suplemen ini memiliki dosis sebesar 1.000 mcg asam folat. Produk ini sangat cocok untuk promil, karena bisa dikonsumsi pria dan wanita.

7. Folavit 400 µg

Folavit 400 µg
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Tokopedia

Folavit 400 µg tidak hanya cocok dikonsumsi untuk promil, namun juga pada saat kehamilan. Aturan umum ketika mengonsumsi suplemen ini sama seperti produk lainnya, yakni satu kali per hari. Namun dengan kondisi tertentu dan sesuai anjuran dokter, anda pun bisa menambah asupan harian 2 kali sehari.

8. Nutri-Well Folic Acid

Nutri-Well Folic Acid
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Semakin canggih teknologi, beberapa perusahaan berusaha memudahkan konsumen ketika mengonsumsi suplemen. Contohnya adalah Nutri-Well Folic Acid yang dibuat dalam bentuk tablet kecil. Tujuannya tentu supaya ibu dapat dengan mudah menelan ketika mengonsumsi nya.

Ukuran yang kecil ternyata tidak mengurangi manfaat yang diberikan. Bahkan jika dibandingkan dengan produk lain tidak jauh berbeda. Suplemen yang sudah mengantongi izin BPOM dan memiliki sertifikat GMP ini mengandung dosis 800 mcg. Anda cukup mengonsumsi satu kali sehari dengan dosis tersebut.

9. Elevit Pregnancy Multivitamin

Elevit Pregnancy Multivitamin
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Elevit Pregnancy Multivitamin merupakan rekomendasi suplemen asam folat untuk promil selanjutnya. Produk ini juga sangat cocok untuk ibu yang memiliki usia kandungan muda. Dosis untuk setiap tablet sebesar 800 mcg dan harus dikonsumsi satu kali sehari. Ada banyak kandungan lain di dalamnya, diantaranya zat besi, yodium, berbagai jenis vitamin.

Tidak cukup sampai di situ, suplemen ini juga mengandung asam pantotenat, biotin, asam askorbat, kalsium, dan zinc. Semua kandungan tersebut sangat baik untuk menyuburkan kandungan. Bagi ibu yang sedang hamil, kandungan yang dimaksud berfungsi untuk membantu perkembangan janin di setiap tahapnya.

10. Afolat – Asam Folat 400 mcg

Afolat
Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Satu lagi produk asam folat yang dijual murah, yakni Afolat. Produk ini bahkan lebih murah dari sebelumnya yang disebutkan, karena dijual dibawah harga 15 ribu rupiah. Suplemen ini sangat cocok bagi yang ragu akan produk tertentu karena bisa mencobanya terlebih dahulu. Kualitasnya dijamin tidak murahan, karena manfaat utama yang didapat yakni menyuburkan kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai rekomendasi produk suplemen asam folat untuk promil. Sebagian produk juga cocok bagi ibu yang sedang dalam masa mengandung, selain itu juga cocok setelah proses melahirkan. Meski sangat penting, namun dalam mengonsumsi nya tidak boleh berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Rafika Ilham

Rafika suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags