15 Makanan yang Mengandung Asam Folat & Manfaatnya untuk Tubuh

15 Makanan yang Mengandung Asam Folat & Manfaatnya untuk Tubuh

15 Makanan yang Mengandung Asam Folat & Manfaatnya untuk Tubuh

Asam folat merupakan salah satu kandungan yang penting bagi ibu hamil. Banyak orang yang sudah tahu akan manfaat ini, namun sebenarnya tidak hanya sebatas itu. Asam folat juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan dibutuhkan semua orang dari berbagai usia. Selain itu, kandungan ini juga penting untuk semua kondisi, jadi bukan hanya ibu hamil saja.

Sebagaimana kandungan pada umumnya, asam folat juga banyak terdapat pada makanan. Ada beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan tinggi, baik dari sayur, buah, telur, maupun lainnya. Meski pada umumnya ibu hamil mendapat asupan asam folat dari obat resep dokter, namun tidak ada salahnya mengonsumsi jenis makanan tertentu.

Bahkan bisa dikatakan bahwa kandungan asam folat yang di dapat dari makanan jauh lebih baik karena masih alami. Asam folat yang juga dikenal sebagai vitamin B9 merupakan zat yang larut dalam air. Pada kesempatan kali ini, kami mencoba membahas makanan apa saja yang mengandung asam folat tinggi sehingga anda bisa lebih sering mengonsumsi nya.

Manfaat Asam Folat

Manfaat Asam Folat
Image by Honestdocs.id

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai apa saja jenis makanan yang dimaksud, kita bahas terlebih dahulu apa saja manfaat asam folat. Memang sebagian besar kandungan ini sangat penting untuk ibu hamil, namun faktanya ada banyak manfaat lainnya.

✦ Membentuk Sel Tubuh

Kenapa asam folat sangat penting untuk ibu hamil? Salah satu alasannya adalah karena memiliki manfaat membentuk sel tubuh. Bagi janin, kandungan ini sangat penting untuk menyempurnakan semua bagian tubuhnya. Zat ini bekerja sama dengan vitamin B12 dan vitamin C untuk membentuk protein baru.

Setelahnya, protein dari hasil perpaduan antara jenis vitamin tersebut dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Asam folat juga sangat penting untuk membentuk DNA dan membawa informasi genetik. Kandungan ini juga dapat memproduksi sel darah merah yang dibutuhkan tubuh.

✦ Mencegah Anemia

Karena salah satu fungsinya adalah membentuk sel darah merah, maka secara otomatis asam folat bermanfaat untuk mencegah anemia. Seperti yang diketahui, anemia adalah salah satu gangguan tubuh yang disebabkan oleh kekurangan darah. Gejala dari penyakit ini biasanya mudah lelah dan mata berkunang-kunang ketika beraktivitas.

Baca Juga:  15 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

✦ Mencegah Gangguan Jantung

Tidak hanya bermanfaat untuk membentuk sel darah merah. Faktanya, asam folat dapat mencegah penggumpalan darah yang bisa mengakibatkan gangguan jantung. Ketika darah pada pembuluh darah menggumpal, maka alirannya tidak lancar sehingga mengganggu fungsi jantung. Kondisi ini juga dapat mengakibatkan stroke dan gangguan kesehatan lainnya.

✦ Meningkatkan Daya Ingat

Selain manfaat asam folat yang disebutkan diatas, masih ada lagi yang tidak kalah pentingnya. Kandungan ini juga terbukti mampu menambah daya ingat jika kebutuhannya terpenuhi. Gangguan ingatan terjadi karena asupan oksigen yang menuju otak terhambat. Dengan mengonsumsi asam folat secara teratur, oksigen yang dibawa darah menuju otak semakin lancar.

Makanan yang Mengandung Asam Folat

Setelah anda mengetahui bahwa asam folat memiliki banyak manfaat, selanjutnya kita bahas apa saja makanan yang mengandung asam folat tinggi. Seperti yang dibahas sebelumnya, zat ini terkandung di hampir semua jenis makanan.

1. Telur

Image by Food.detik.com

Makanan pertama yang mudah ditemukan dan harganya cukup murah adalah telur. Siapa sangka bahwa makanan yang sehari-hari mudah ditemui ini mengandung asam folat tinggi yang cukup baik untuk tubuh. Tidak hanya mengandung asam folat, telur juga mengandung protein tinggi Selenium, Riboflavin, dan vitamin B2.

Manfaat telur sangat baik untuk pembentukan sel otot dan meningkatkan masa tubuh. Tentunya bukan hanya itu saja, karena makanan ini juga baik untuk menangkal radikal bebas karena kandungan antioksidan nya yang tinggi. Sebenarnya kandungan dan manfaat tersebut ada pada semua jenis telur, namun yang paling baik adalah telur ayam kampung.

2. Buah Bit

Sup Buah Bit
Image by Orami.co.id

Buah bit dikenal sebagai makanan yang sering digunakan sebagai pewarna alami. Makanan ini memiliki warna ungu yang cantik, mirip buah manggis. Dibalik kecantikannya, ternyata ada banyak kandungan penting yang dibutuhkan tubuh. Salah satu kandungan yang dimaksud adalah asam folat.

Kandungan lain diantaranya adalah mangan, kalium, dan vitamin C. Semua kandungan tersebut dibutuhkan tubuh dengan fungsi masing-masing. Manfaat lain yang didapatkan ketika mengonsumsi buah bit adalah menurunkan tekanan darah sistolik. Anda bisa mengonsumsi dengan mencampur makanan lain atau dibuat jus.

3. Asparagus

Asparagus
Image by Detik.com

Makanan yang mengandung asam folat tinggi selanjutnya adalah asparagus. Tentu ada kandungan lain yang menyertai, misalnya vitamin dan mineral. Dalam setengah cangkir asparagus yang sudah matang mengandung 134 mcg asam folat. Jumlah tersebut sudah mampu memenuhi kebutuhan pada tubuh sekitar 34%.

Makanan yang termasuk dari jenis sayuran ini juga mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas. Asparagus juga mengandung sifat antiinflamasi dan antibakteri sehingga sering digunakan untuk mencegah infeksi. Manfaat lain yang didapatkan adalah mencegah terjadinya serangan jantung.

Baca Juga:  11 Jenis Makanan Sehat Penambah Imun Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

4. Kepiting

Kepiting
Image by suara.com

Kepiting tidak hanya dikenal memiliki rasa nikmat, namun juga banyak kandungan penting di dalamnya. Hampir semua kandungan pada kepiting dibutuhkan tubuh, kecuali kandungan yang memicu terjadinya penyakit kolesterol. Kepiting memiliki kandungan protein tinggi, kalsium, dan potasium yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, tentu saja kandungan yang paling utama dan sesuai pembahasan kali ini adalah asam folat. Pada 3 ons kepiting mengandung minimal 37 mikgrogram asam folat. Tidak repot tentunya untuk mengonsumsi jenis makanan sehat ini, anda bisa merebus nya saja atau mengolahnya menjadi menu makanan lain.

5. Pepaya

Image by Lottemart.co.id

Ada banyak jenis buah yang mengandung asam folat tinggi, salah satunya adalah pepaya. Buah ini cukup murah dan mudah ditemukan di berbagai daerah. Kandungan lain yang terdapat pada buah ini diantaranya adalah vitamin C, kalium, dan antioksidan yang semuanya dibutuhkan oleh tubuh.

6. Brokoli

Brokoli
Image by Halodoc.com

Dari jenis sayuran, ada Brokoli yang mungkin tidak asing bagi banyak orang. Memang harganya lumayan mahal, namun banyak sekali manfaat yang didapatkan. Makanan yang mengandung asam folat ini dapat melawan virus karena memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi. Beberapa kandungan lain adalah vitamin dan antioksidan.

7. Jeruk

Jeruk
Image by Astronauts.id

Siapa yang tidak tahu jeruk, buah ini sangat populer dan bisa ditemui di berbagai daerah. Ada banyak jenis jeruk yang ditemukan saat ini, misalnya jeruk bali, jeruk manis, jeruk lemon, dan jeruk nipis. Semuanya mengandung asam folat yang bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit dan juga penting untuk ibu hamil.

Selain itu, bukan rahasia umum apabila jeruk memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi. Mengonsumsi jeruk tidak hanya dapat membentuk pertumbuhan sel pada janin, menambah daya ingat, dan mencegah penyakit jantung. Selain itu, manfaat lain yang didapatkan yaitu menjaga daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit.

8. Kubis Brussel

Kubis
Image by Cnnindonesia.com

Ada lagi makanan yang mengandung asam folat dari jenis sayuran, Kubis Brussel namanya. Sayuran ini memang cukup sulit ditemukan karena hanya tumbuh di dataran tinggi. Kandungan lain yang ada pada sayur hijau ini adalah vitamin dan mineral. Selain itu, ada juga kandungan antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

9. Alpukat

Image by Cnnindonesia.com

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang memiliki rasa nikmat. Hampir semua orang menyukai rasa dari buah yang berkulit hijau ini. Apalagi ada banyak rasa untuk menikmatinya, anda bisa langsung mengonsumsi atau menjadikannya jus. Buah ini juga biasanya digunakan sebagai campuran salad sayur dan buah.

Selain kandungan asam folat, ada juga vitamin dan mineral tinggi yang dibutuhkan tubuh. Alpukat juga kaya akan kandungan potasium yang bermanfaat untuk menyeimbangkan cairan tubuh. Mengonsumsi alpukat secara teratur sesuai porsi yang dibutuhkan tubuh terbukti mampu menyehatkan jantung.

Baca Juga:  15 Cara Menambah Nafsu Makan yang Aman dan Makin Sehat

10. Hati Sapi

Hati Sapi
Image by Sehatq.com

Banyak orang yang tidak berani mengonsumsi hati sapi karena dianggap membahayakan kesehatan. Padahal tidak semuanya demikian, misalnya hati sapi yang justru termasuk makanan yang mengandung asam folat tinggi. Sebanyak 85 gram hati sapi mengandung 212 mcg asam folat atau sebesar 54% dari kebutuhan harian.

Bukan hanya itu saja, makanan yang memiliki rasa gurih dan nikmati ini juga banyak mengandung vitamin, zat besi, karbohidrat, dan kalori. Selain manfaat yang didapatkan dari kandungan asam folat, mengonsumsi hati sapi juga berguna untuk meningkatkan penglihatan dan menurunkan risiko anemia.

11. Pisang

Pisang
Image by Inet.detik.com

Selanjutnya ada pisang, tentunya anda tahu bahwa buah ini kaya akan potasium bukan? Faktanya bukan hanya itu saja, buah ini memiliki kandungan lain yang dibutuhkan tubuh. Salah satunya pasti asam folat tinggi yang penting untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. Buah ini juga mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral.

Manfaat lain yang didapatkan ketika mengonsumsi pisang secara rutin adalah memberikan tambahan energi, memperlancar saluran pencernaan, dan mengendalikan kadar gula. Pisang juga mengandung antioksidan tinggi yang efektif menangkal radikal bebas. Buah ini juga baik untuk menjaga berat badan supaya tetap ideal.

12. Hati ayam

Hati Ayam
Image by Haibunda.com

Bukan hanya hati sapi yang mengandung asam folat, hati ayam juga demikian. Bahkan dibandingkan dengan hati sapi, kandungan yang terdapat pada ayam jauh lebih tinggi. Untuk 100 gram hati ayam mengandung 1.000 mcg asam folat. Sangat tinggi tentunya dibandingkan dengan makanan lain yang disebutkan.

13. Salmon

Ikan Salmon
Image by Jovee.id

Bukan hanya rasanya yang enak, salmon juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Ikan yang tinggal di perairan dalam ini juga mengandung asam folat, bahkan dikatakan yang paling tinggi diantara jenis ikan lainnya. Anda bisa mengonsumsi ikan ini dengan berbagai resep makanan, namun usahakan yang masih segar.

14. Buah Sitrus

Buah Sitrus
Image by Sehatq.com

Selanjutnya adalah buah sitrus yang merupakan deretan makanan dengan kandungan asam folat tinggi. Sitrus masih termasuk dalam keluarga jeruk, yang mana menyegarkan dan juga menyehatkan. Buah ini biasanya dikonsumsi dengan cara dijadikan minuman. Namun tentu tidak jadi masalah jika anda langsung menikmatinya dalam bentuk buah.

15. Sereal Oatmeal

Sereal Oatmeal
Image by Cnnindonesia.com

Makanan yang terakhir adalah Sereal Oatmeal, biasanya digunakan untuk sarapan atau makanan pengganjal perut. Jenis makanan ini mengalami proses yang cukup panjang hingga di pasarkan. Kandungan asam folat nya cukup tinggi, seperti halnya jenis biji-bijian lainnya. Cara terbaik mengonsumsi makanan ini yaitu dengan menambahkan susu.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai jenis makanan yang mengandung asam folat. Dilihat dari daftar diatas, ternyata ada banyak sekali makanan yang mudah ditemukan di sekitar kita. Meskipun terdapat kandungan penting lainnya, namun sebaiknya mengonsumsi makanan sesuai dengan porsi yang dibutuhkan tubuh.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Nikeisha

Nikeisha suka bepergian, fotografi dan pastinya makanan enak. Dia paling sering bersama dengan laptopnya, menulis apa saja yang muncul dibenaknya.

Tags