15 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan & Perawatan Wajah yang Perlu Diketahui

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Photo by Macniak photo on Envato Elements

Temukan keajaiban alami dalam wortel yang tidak hanya menyehatkan tubuh tetapi juga memperindah kulit Anda dengan berbagai manfaatnya yang luar biasa.

Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh. Tak hanya bagus untuk kesehatan mata, wortel juga kata akan vitamin A yang terbukti mampu menjaga kesehatan tubuh.

Makanan yang berwarna orange ini bisa dikonsumsi dengan beragam cara mulai dari dikukus, dijadikan jus atau langsung dimakan setelah dicuci bersih. Simak kandungan wortel serta manfaatnya yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan berikut.

Kandungan Nutrisi Pada Wortel

Kandungan Nutrisi Pada Wortel
Photo by Olena_Mykhaylova on Envato Elements

Sayuran wortel mengandung vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, pertumbuhan dan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu wortel juga mengandung biotin yang berperan dalam metabolisme lemak dan protein.

Wortel juga mengandung vitamin K1 yang penting untuk pembekuan darah dan meningkatkan kesehatan. Sehingga mengkonsumsi wortel akan bagus untuk mengendalikan tekanan darah dan vitamin B6. Tak hanya mengandung vitamin dan mineral, wortel juga kaya akan karbohidrat dan serat yang diperlukan oleh tubuh.

Karbohidrat yang ada dalam wortel memiliki indeks yang rendah sehingga tidak langsung meningkatkan adar gula dalam darah setelah mengkonsumsinya.

Oleh karenanya wortel sangat bagus untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Serat yang ada dalam wortel juga bagus untuk meningkatkan kesehatan usus dan mencegah terjadinya sembelit.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Photo by Macniak photo on Envato Elements

1. Menyembuhkan Luka

Wortel ternyata memiliki kandungan beta karoten yang tinggi sehingga mampu mengubah luka menjadi retinol. Ternyata kandungan vitamin A yang terkandung dalam wortel berfungsi untuk mengurangi kemerahan dan peradangan kulit.

Anda bisa mengolah wortel menjadi jus untuk digunakan semakin masker dan bisa membantu untuk menyembuhkan luka yang anda alami.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan dalam wortel seperti vitamin A, hidrat arang, kalsium, fosfor dan berta karoten ternyata bisa membantu untuk menjaga kesehatan jantung.

Hal ini karena zat zat yang terkandung dalam wortel mampu memberikan perlindungan terhadap kanker, penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah. Anda juga akan awet muda jika mengkonsumsi wortel secara rutin karena kandungannya mampu memperlambat efek penuaan.

Baca Juga:  4 Tahapan Basic Skincare untuk Mencerahkan Kulit

3. Meningkatkan Metabolisme

Manfaat wortel untuk kesehatan juga bagus untuk metabolism tubuh. Dengan mengkonsumsi wortel secara rutin, maka energi dan metabolisme dalam tubuh akan meningkat.

Hal ini karena manfaat vitamin B yang ada dalam wortel berguna untuk memecah glukosa, lemak dan protein serta memastikan energi yang digunakan sangat efesien untuk tubuh anda.

4. Mengatasi Masalah Jerawat

Cara Mengobati Jerawat Batu
Photo by Anna Nekrashevich on Pexels

Masalah jerawat memang tidak akan pernah habis untuk dibahas. Perawatan wajah untuk jerawat ibarat mati satu tumbuh seribu. Anda pasti akan melakukan banyak cara untuk melakukan perawatan kulit wajah yang berjerawat.

Namun hasilnya masih sama saja jerawat masih berdatangan di wajah anda. Untuk menghilangkan jerawat anda bisa menggunakan wortel yang bisa mengatasi masalah jerawat dan mencegahnya datang kembali.

Cara penggunaanya pun cukup mudah dan tidak membutuhkan bahan apapun sebagai campuran. Cukup gunakan wortel segar yang sudah dihaluskan dan digunakan sebagai masker. Masker dari wortel ini harus digunakan secara rutin untuk memberikan efek yang bagus untuk kulit.

Selain itu gunakan masker selama 30 menit kemudian bersihkan sisa masker wortel dari wajah dengan membilas menggunakan air hangat.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Tak hanya menjaga kesehatan mata, wortel ternyata mampn untuk membantu menjaga kesehatan otak. Asupan tinggi sayuran umbi akar termasuk wortel ternyata bisa memperbaiki daya ingat dan daya kognitif atau kemampuan berpikir seseorang. Anda bisa mengkonsumsi wortel secara rutin untuk membantu menjaga kesehatan otak dan kemampuan daya ingat.

6. Melembabkan Kulit Wajah Kering

Bagi anda yang memiliki masalah wajah yang kering, anda bisa mencoba menggunakan wortel untuk mengatasinya. Kulit wajah kering akan menyebabkan kulit mengalami pengelupasan sehingga akan membuat kulit wajah tidak sehat.

Anda bisa menggunakan masker wortel alami untuk mengatasi kulit wajah kering tersebut. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan wortel yang sudah dihaluskan dengan minyak almond dan satu sendok makan mentimun yang sudah diparut.

Campurkan semua bahan masker tersebut untuk kemudian diaplikasi ke wajah anda. Kemudian diamkan selama 15 menit dan gunakan masker wortel ini setidaknya 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Setelah selesai mengguakan masker wortel, anda bisa menggunakan produk pelembab wajah lainnya.

7. Antiradang

Wortel memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi sehingga bagus sebagai antiradang. Bahkan efek mengkonsumsi wortel ini setara dengan mengkonsumsi obat obatan seperti aspirin, ibuprofen dan lainnya.

Sehingga mampu untuk mencegah peradangan yang kerapkali dialami. Anda bisa mengolah wortel menjadi jus atau sekedar mengkonsumsinya seperti biasa untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

8. Mencegah Penuaan Dini

Masalah yang Mungkin Terjadi Setelah Memakai Krim Temulawak
Photo by Macniak on Envato Elements

Garis halus dan kerutan adalah tanda tanda dari penuaan dini yang biasnaya kerap dialami oleh para wanita. Namun anda bisa megatasinya dengan menggunakan wortel untuk dijadikan masker dan mencegah tanda tanda penuaan dini tersebut.

Caranya adalah menjadikan wortel sebagai anti-aging yang bagus untuk kulit wajah anda. Untuk membat anti-aging, anda membutuhkan setengah batang wortel yang telah dihaluskan, satu sendok madu murni, kapsul vitamin C dan sedikit air.

Campurkan semua bahan alami ini sehingga menjadi pasta dan memiliki tekstur yang kental dan bisa digunakan untuk masker. Kemudian gunakan pasta tersebut pada bagian wajah dan leher anda.

9. Mencerahkan Kulit Wajah

Bisa dipastikan semua wanita menginginkan kulit wajah yang cerah. Para wanita ini akan membeli beragam produk pencerah wajah untuk mencerahkan kulit wajah. Namun anda harus waspada karena menggunakan produk pemutih wajah akan membuat kulit wajah kusam jika tidak cocok.

Anda bisa menggunakan bahan alami untuk membantu mencerahkan kulit wajah anda, salah satunya adalah menggunakan wortel. Anda bisa membuat masker pencerah wajah dri 3 sendok wortel yang sudah dihaluskan, sendok makan susu bubuk, dan air secukupnya.

Aduk bahan bahan tersebut hingga menjadi pasta yang kental dan bisa diaplikasikan untuk masker wajah. Gunakan masker wajah ini di area wajah dan leher dan diamkan selama 30 menit.

10. Menurunkan Kolesterol

Sebuah penelitian dari Harvard University menjelaskan bahwa seseorang yang mengkonsumsi enam wortel dalam satu minggu dapat menurunkan resiko kolesterol tinggi. Mengkonsumsi enak buah ini lebih baik daripada hanya satu butir dalam satu bulan.

Wortel sendiri merupakan sayuran yang tinggi serat, rendah kalori dan rendah lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Adanya serat inilah yang membantu untuk menurukan kadar kolesterol seseroang.

11. Menyerap Minyak Berlebih

Tidak hanya bagus untuk melembabkan kulit, kandungan yang ada dalam wortel ternyata juga bagus untuk menyerap minyak berlebih pada wajah. Masker wortel akan membantu untuk menyerap minyak pada wajah dengan menambahkan beberap bahan lainnya.

Masker wortel wajah berminyak berbeda dengan masker untuk wajah yang kering. Untuk wajah yang berminyak, anda akan membutuhkan satu sendok makan wortel yang telah dihaluskan. Siapkan bula satu sendok makan jus nuncis dan satu sendok makan air perasan lemon.

Setelah semua bahan sudah tercampur rata, maka gunakan masker ke area wajah dan leher. Kemudian diamkan makser wajah selama 30 menit dan bisa dengan air bersih.

Baca Juga:  Inilah Manfaat & Cara Membuat Masker Kunyit untuk Kulit Wajah

12. Mengencangkan Kulit Wajah

Setiap wanita tentu ingin kulit wajah yang kencang sehingga terlihat awet muda. Ada banyak sekali produk kecantikan wajah yang menawarkan efek mengencangkan kulit jika menggunakannya.

Namun tak jarang banyak yang merasa tidak cocok dengan produk kecantikan wanita tersebut dan tidak mendapatkan hasil yang anda inginkan. Untuk memiliki kulit wajah yang kencang, cobalah untuk menggunakan masker wortel.

Hal ini karena wortel mengandung vitamin C yang tinggi untuk meningkatkan produksi kolagen pada wajah. Sehingga kulit wajah anda akan tetap kencang dan kenyal setelah menggunakan masker dari wortel tersebut. Anda juga tidak perlu khawatir karena masker wortel tidak menimbulkan efek samping apapun.

13. Menghilangkan Flek Hitam

Lakukan Eksfoliasi Secara Rutin
Photo by Polina Kovaleva on Pexels

Anda juga bisa merasakn khasiat menggunakan masker wortel untuk menghilangkan noda hitam pada wajah. Seringkali para wanita merasa tidak percaya diri lantaran memiliki flek hitam pada wajahnya. Biasanya mereka akan memilih untuk menggunakan beragam produk kecantikan yang tidak diketahui apakah cocok atau tidak.

Wortel tidak hanya bagus untuk mencerahkan kulit dan membuatnya kenyal alami, wortel juga bisa membantu untuk menghilangkan flek hitam pada wajah.

Buatlah masker dari wortel untuk membantu menghilangkan flek hitam pada wajah secara permanen. Masker wortel juga bagus untuk meratakan warna kulit yang selama ini tidak merata.

14. Meregenerasi Sel Kulit Mati

Banyak orang yang menyarakan untuk menggunakan wortel sebagai cara untuk menyembuhkan penyakit mata. Hal ini karena kandungan vitamin A yang ada dalam wortel sangat bagus untuk mata. Namun kandungan vitamin A yang ada di dalam wotel juga bagus untuk membantu meregenerasi sel sel kulit mati.

Proses regenerasi kulit akan membuat anda memiliki kulit wajah yang sehat, kenyal dan halus. Untuk itu anda bisa memanfaatkan wortel sebagai bahan alami untuk meregenerasi sel kulit mati anda.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus, anda bisa menghaluskan wortel dan melumuri wajah anda dengan wortel setiap 2 kali dalam seminggu.

15. Menenangkan Kulit Wajah

Melakukan banyak aktivitas setiap hari tentu akan membuat wajah penuh debu, kotoran dan keringat sehingga membuat kulit wajah stress dam kehilangan kecerahannya. Anda bisa menggunakan masker wortel untuk menenangkan wajah yang stress karena polusi udara.

Siapkan satu buah wortel yang telah dikupas dan haluaskan menggunakan blender. Selanjutnya campuran wortel tersebut dihaluskan dengan air mawar untuk dijadikan masker.

Jika sudah cukup aplikasikan masker wajah tersebut ke wajah anda dan gunakan sebagai perawatan untuk menenagkan kulit wajah anda. Perawatan ini bisa dilakukan setiap seminggu sekali agar kulit wajah lebih rileks dan jauh lebih segar.

Dengan banyak khasiat yang terkandung di dalam wortel, sudah saatnya anda beralih menggunakan wortel untuk mempercantik wajah anda. Anda akan mendapatkan wajah yang bersih, kenyal, lembab dan awet mudah dengan menggunakan masker wortel secara rutin.

Selain bagus untuk kecantikan, wortel juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung, kolesterol hingga menjaga kesehatan mata. Tunggu apalagi, yuk segera gunakan wortel untuk kesehatan dan pengobatan.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Rafika Ilham

Rafika suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.