10 Masker Charcoal Terbaik untuk Kesehatan Kulit Wajah

10 Masker Charcoal Terbaik untuk Kesehatan Kulit Wajah

Charcoal atau yang disebut dengan arang dipercaya mampu membersihkan wajah secara menyeluruh. Bukan hanya digunakan untuk produk kecantikan berupa pembersih wajah, Charcoal juga dikemas dalam bentuk masker dengan manfaat yang sama. Tentunya jika dibandingkan dengan pembersih, masker lebih ampuh digunakan. Diantara banyaknya produk yang tersedia, pastinya anda ingin menggunakan Masker Charcoal terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal. Bukan menjadi rahasia umum jika sebuah produk hanya memberikan janji, bukan bukti nyata yang diidamkan.

Manfaat dari Charcoal sendiri cukup banyak, diantaranya membersihkan pori-pori, mengatasi kulit berminyak, dan juga menghilangkan komedo atau jerawat. Manfaat ini bukan hanya isapan jempol, melainkan sudah dibuktikan dan diuji klinis. Hal ini dikarenakan daya serap yang dari arang tersebut mampu melebihi beratnya hingga 200 kali lipat. Angka tersebut jika masih dalam bentuk arang biasa, lebih efektif lagi jika sudah diproses menjadi arang aktif.

Arang aktif itulah yang digunakan pada produk kecantikan atau pembersih wajah, termasuk masker. Mungkin anda masih penasaran jenis arang apa yang digunakan bukan? Charcoal merupakan zat karbon yang terbuat dari tempurung kelapa, serbuk kayu, dan juga bambu. Namun bukan langsung digunakan dalam bentuk arang tersebut, melainkan diproses terlebih dahulu untuk mendapatkan manfaat lebih. Meskipun sebenarnya anda bisa membuatnya sendiri di rumah, namun daya serap atau manfaatnya masih jauh lebih efektif jika dibandingkan dengan produk masker yang telah diolah menjadi arang aktif.

Cara Memilih Masker Charcoal Terbaik

Cara Memilih Masker Charcoal Terbaik

Image by Bukalapak.com

Dari bahan utama sudah terlihat jelas dan tidak perlu dipertanyakan lagi. Namun untuk bahan pendukungnya, anda tetap harus memperhatikan dan menyesuaikan dengan jenis kulit. Cara memilih masker Charcoal terbaik selengkapnya bisa dilakukan dengan beberapa tips berikut!

✓ Pilih Berdasarkan Jenis Masker

Ada tiga jenis masker berdasarkan cara pemakaiannya, yakni sheet mask, clay mask, dan peel-off mask. Pilih yang menurut anda paling praktis dan nyaman digunakan. Ketiganya tidak begitu mempengaruhi manfaat yang diberikan karena bahannya sudah jelas dari arang aktif. Untuk sheet mask merupakan jenis masker wajah berbentuk lembaran, jadi anda tinggal menempel dan menyesuaikan dengan bentuk wajah, kemudian dilepas selama beberapa menit.

Clay mask terdapat bahan tambahan berupa tanah liat. Jenis masker ini mampu mengangkat minyak berlebih dan efektif mengangkat kotoran. Cara menggunakannya dengan mengoleskan pada wajah secara merata. Kemudian diamkan selama ketentuan penggunaan, atau hingga masker benar-benar kering. Bilas dengan air hingga bersih, anda juga bisa menggunakan produk pembersih wajah dengan kandungan scrub untuk hasil lebih maksimal.

BACA:  Inilah Manfaat & Cara Membuat Masker Kentang untuk Mencerahkan Wajah

Sedangkan untuk peel-off mask bisa dikatakan perpaduan antara kedua jenis tersebut. Gunakan masker yang berbentuk gel atau pasta ini pada wajah secara menyeluruh. Biarkan selama beberapa menit hingga kering dan membentuk lembaran. Lepas masker seperti halnya pada jenis sheet mask, yakni dengan cara mengelupas nya. Selanjutnya silahkan bersihkan wajah dengan sabun muka agar hasilnya lebih efektif.

✓ Gunakan Sesuai dengan Kebutuhan Kulit

Apa yang anda butuhkan, atau apa yang dibutuhkan kulit anda? Itulah pertanyaan yang harus dijawab sebelum menggunakan masker Charcoal terbaik. Hal pertama yang harus dilakukan pastinya mengenali jenis kulit, apakah kering, berminyak, atau sensitif! Untuk jenis kulit normal tidak terlalu masalah karena bisa menggunakan semua jenis masker.

Lain halnya dengan kulit berminyak, sebaiknya menggunakan jenis masker dalam bentuk clay, atau yang disebut dengan clay mask. Jenis ini lebih mudah menyerap minyak yang dihasilkan kelenjar kulit. Bagi yang memiliki kulit kering, perhatikan bahan tambahan berupa gliserin atau asam hialuronat. Kedua kandungan tersebut mampu menjaga kelembapan kulit dengan merangsang proses produksi minyak pada wajah. Sangat disarankan untuk menghindari produk masker dengan kandungan parfum atau bahan pewarna buatan bagi pemilik kulit sensitif.

✓ Pastikan Terdaftar di BPOM

Demi menjaga keamanan agar tidak terjadi hal yang diinginkan selama menggunakan masker, pastikan produk yang dipakai telah terdaftar di BPOM. Tidak menutup kemungkinan banyaknya produk yang memberikan manfaat cukup baik, namun belum terdaftar di badan pengawas tersebut. Ada baiknya jika anda memilih masker dengan merek terkenal dalam hal ini. Selain itu, lihat tanggal kedaluwarsa sebelum membeli dan menggunakannya.

Rekomendasi Masker Charcoal untuk Kulit Wajah

Rekomendasi Masker Charcoal untuk Kulit Wajah

Image by Tribunnews.com

Manfaatnya yang begitu besar tentu saja menjadi prospek yang menguntungkan dalam industri kecantikan. Jangan heran jika anda menemukan banyak produk masker Charcoal terbaik di pasaran. Bagi yang belum pernah menggunakan masker untuk merawat kulit wajah, atau bingung memilih salah satunya, berikut rekomendasi terbaik dari kami!

1. Acne Charcoal Mask

Acne Charcoal Mask

Image by Jd.id

Bagi yang memiliki masalah jerawat di wajah, Acne Charcoal Mask ini layak dicoba. Termasuk jenis clay mask dengan warna biru dan berbau asam. Dipastikan anda tidak nyaman ketika pertama kali memakainya, namun akan terbiasa setelah beberapa hari. Bertahan untuk mencapai keinginan tentu lebih baik dilakukan, apalagi produk dari La Tulipe ini sudah terbukti ampuh mengusir jerawat jenis cystic.

Selain dapat menghilangkan jerawat, masker ini disarankan bagi pemilik kulit kering karena mampu melembapkan sepanjang hari. Lama pemakaian sekitar 10 hingga 15 menit dengan cara dioleh merata di wajah, kemudian dibasuh setelah kering.

BACA:  Inilah Manfaat & Cara Membuat Masker Pisang untuk Perawatan Wajah

2. Charcoal Mint Mud Mask

Charcoal Mint Mud Mask

Image by Femaledaily.com

Aktivitas diluar ruangan merupakan salah satu faktor yang menjadikan kulit kusam karena debu dan polusi. Masalah tersebut bisa diatasi dengan Charcoal Mint Mud Mask dengan bahan yang terkandung di dalamnya. Bukan hanya itu, produk ini juga efektif untuk masalah kulit lain seperti jerawat, komedo, dan pori-pori besar.

Adapun kandungannya selain Charcoal adalah vitamin E yang dikenal sangat efektif untuk melembapkan kulit serta mengangkat kotoran dari lapisan kulit paling dalam. Rasa dan aroma dingin menyertai produk dari Luxcrime ini karena menggunakan ekstrak daun mint.

3. Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask

Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask

Image by Sociolla.com

Produk dari jenis clay mask ini terbuat dari bahan alami tanpa kandungan paraben, silikon, dan mineral oil. Dengan demikian, Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask cocok digunakan untuk jenis kulit sensitif. Arang aktif nya menggunakan bambu yang dipadukan dengan tea tree oil.

Kedua kandungan tersebut tidak dapat diragukan lagi dalam hal manfaatnya untuk proses detoksifikasi dan mengangkat sel kulit mati. Masker ini diproduksi oleh The Body Shop dengan tambahan ekstrak teh hijau yang mengandung antioksidan tinggi. Dengan kandungan tersebut, dipastikan kulit wajah tampak lebih muda dan jauh dari keriput.

4. H.D.P Pore-Stamping Black Mask EX

H.D.P Pore-Stamping Black Mask EX

Image by Carousell.com

Masalah kulit berminyak dan juga berjerawat bisa diatasi hanya dengan satu produk ini. H.D.P Pore-Stamping Black Mask EX mengandung tiga bahan utama yang di ekstrak, antara lain adenosine, pomegranate, dan russula maximowicziana yang termasuk salah satu jenis jamur.

Ketiga bahan diatas tidak hanya dapat menyerap dan mengatasi kulit berminyak maupun jerawat, mainkan juga untuk mengencangkan pori-pori. Adanya anti-aging yang terkandung pada produk Mediheal ini terbukti ampuh mencegah penuaan dini. Kemasannya sachet dengan isi 25ml, jadi lebih praktis dibawa kemana-mana.

5. Charcoal Mineral Black Ampoule Mask

Charcoal Mineral Black Ampoule Mask

Image by Irecommend.ru

Gangguan penampilan bukan hanya jerawat dan kulit berminyak, pori-pori besar juga termasuk. Kali ini anda bisa menggunakan masker Charcoal dari SNP dengan kemasan sachet 25ml. Sangat disarankan bagi anda yang mempunyai jenis kulit berminyak karena mengandung material Cellulose dan serat tumbuhan.

Kandungan tersebut terbukti sangat baik untuk mengangkat kotoran di wajah, kemudian mengecilkan pori-pori agar kotoran tidak masuk kembali. Untuk masalah kulit berminyak, produk dengan jenis sheet mask ini mengandung mineral penting untuk menjaga kelembapan kulit dengan menekan produksi sebum.

6. Polishing Charcoal Black Sugar

Polishing Charcoal Black Sugar

Image by Bukalapak.com

Mungkin jarang ditemukan produk masker dengan campuran scrub di dalamnya. Kandungan scrub biasanya ditinggalkan untuk produk kecantikan karena dapat membuat kulit kering. Namun Polishing Charcoal Black Sugar berhasil memadukan scrub dengan Charcoal sebagai bahan utamanya dan terbukti efektif untuk gangguan kulit wajah.

BACA:  Inilah Manfaat & Cara Membuat Masker Tomat untuk Kulit Wajah

Jenis scrub yang digunakan berupa black sugar yang efektif untuk mengangkat sel kulit mati dan menjadikannya tampak lebih cerah. Kandungan arang aktif nya tidak hanya menyerap minyak berlebih, namun mengontrolnya agar kelembapan tetap terjaga. Produk dari Freeman Beauty ini cocok untuk semua jenis kulit dan dikemas dalam tube 175ml.

7. Black Serum Mask Pure Charcoal Black Algae

Image by Tokopedia.com

Tidak perlu menggunakannya secara rutin setiap hari, cukup satu kali untuk mendapatkan manfaat selama satu minggu. Produk dari Garnier ini terdapat kandungan serum yang menutrisi kulit selama tujuh hari. Kandungan black algae dan LHA cukup efektif untuk membersihkan dan menghaluskan kulit sehingga tampak lebih cerah.

Mungkin anda beranggapan bahwa Black Serum Mask Pure Charcoal Black Algae harganya sangat mahal. Ternyata tidak, karena hanya 20.000 rupiah, anda mendapatkan masker jenis sheet ini dengan kemasan sachet 28 gram. Bagi anda yang super sibuk dengan aktivitas sehari-hari, silahkan merasakan manfaat satu minggu dalam pemakaian satu hari.

8. Pure Essence Mask Sheet

Image by Holikaholika.co.id

Pure Essence Mask Sheet menjadi salah satu masker Charcoal terbaik karena terbuat dari bahan Tencel. Perlu diketahui, Tencel merupakan serat cukup kuat dengan daya serap cukup tinggi dan mampu mengikat essence lebih banyak. dikombinasikan dengan arang aktif sebagai kandungan utamanya, produk dari Holika Holika tidak bisa diragukan manfaatnya untuk kulit wajah.

Cukup aman digunakan semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Produk ini mengandung hyaluronic acid dan centella asiatica yang berfungsi menjaga kelembapan kulit. Dikemas dalam bentuk sachet dan termasuk jenis sheet mask, Holika Holika menjualnya dengan harga 28.000 rupiah.

9. Acno Fight Peel Off Mask

Acno Fight Peel Off Mask

Image by Garnier.co.id

Sebagai perusahan terkenal yang bergerak di bidang skincare dan kecantikan, Garnier tidak hanya mengandalkan satu produk saja. Selain yang telah disebutkan diatas, Acno Fight Peel Off Mask merupakan produk lain dari perusahaan asal Perancis ini. Selain bahan utama dari Charcoal, masker ini juga mengandung salicylic acid sebagai bahan pendukungnya.

Dengan perpaduan antara kedua bahan tersebut, masalah kulit wajah berminyak dapat diatasi dengan baik. Bukan hanya itu, pemakaian rutin setiap hari juga dapat mencerahkan kulit, serta meremajakan nya.

10. Bamboo Charcoal Mud Pack

Bamboo Charcoal Mud Pack

Image by Ubeauty.id

Sudah dipastikan bahan Charcoal yang digunakan dari jenis bambu yang dipadukan dengan lumpur. Bukan sembarang lumpur, karena bahan tersebut diambil langsung dari laut Korea terdalam. Manfaatnya yang diberikan yakni dapat melembapkan kulit. Sedangkan bamboo Charcoal dikenal efektif mengangkat kotoran dan sel kulit mati penyebab jerawat. Secara keseluruhan, produk dari Nature Republic ini dapat menjadikan kulit bersih, putih dan juga glowing.

Dari semua penjelasan diatas diharapkan dapat membantu anda dalam hal memilih masker Charcoal terbaik untuk kulit wajah Anda. Bahan masker yang digunakan sudah teruji klinis dan dijamin oleh BPOM, jadi aman digunakan dan tidak membahayakan. Meski demikian, anda tidak boleh mengabaikan beberapa tips yang telah diberikan ketika akan menentukan pilihan.