10 Suplemen Vitamin C yang Aman untuk Ibu Hamil & Menyusui

10 Suplemen Vitamin C yang Aman untuk Ibu Hamil & Menyusui

Salah satu asupan penting untuk ibu hamil dan menyusui adalah Vitamin C. Pertanyaannya, apakah ada suplemen vitamin C yang aman untuk ibu hamil dan menyusui? Pasalnya, sebagian besar dosis dari suplemen yang ada di pasaran cukup tinggi, jadi kemungkinan membuat perut tidak nyaman setelah dikonsumsi.

Jawaban dari pertanyaan tersebut tentunya ada, namun tidak begitu banyak dan anda harus selektif dalam memilihnya. Bukan hanya dari dosis, namun juga dari kandungan lain yang diperlukan tubuh. Pada dasarnya, vitamin C tidak hanya baik untuk tubuh ibu hamil, namun juga untuk janin yang dikandungnya.

Manfaat utama dari mengonsumsi suplemen vitamin C yakni untuk menjaga daya tahan tubuh. Suplemen tersebut bahkan bisa menyembuhkan atau menghindari penyakit ringan, seperti flu dan meriang. Namun sebagian orang menggunakannya sebagai langkah pencegahan supaya tidak mudah terserang penyakit.

Khasiat Vitamin C untuk Ibu Mengandung

Khasiat Vitamin C untuk Ibu Mengandung
Image by Klikdokter.com

Suplemen Vitamin C termasuk salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Untuk itulah diperlukan asupan dari jenis vitamin ini untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Berbagai jenis makanan memiliki kandungan tersebut, seperti buah-buahan dan sayuran.

Selain untuk menjaga daya tahan tubuh, bagi ibu hamil, vitamin C juga berfungsi supaya tidak mudah lemas. Manfaat lain yang didapatkan yakni untuk membantu menyerap zat besi yang dibutuhkan tubuh. Fungsi zat besi sendiri diantaranya adalah mencegah anemia dan membantu pertumbuhan janin supaya tetap sehat.

Studi mengatakan bahwa jenis vitamin ini mampu mencegah terjadinya keguguran pada usia kehamilan muda. Selain itu juga menurunkan risiko terjadinya kelahiran prematur. Namun jika kelebihan vitamin C justru dapat memperbesar kedua risiko tersebut. Untuk itulah diperlukan pengetahuan akan dosis yang dianjurkan.

Dosis Suplemen Vitamin C yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Dosis Suplemen Vitamin C Ibu Hamil
Image by Liputan6.com

Banyak yang mengatakan bahwa suplemen vitamin C untuk ibu hamil tidak aman bagi tubuh dan janin yang dikandungnya. Pernyataan ini ada benarnya karena salah satu efek samping dari suplemen ini yakni keguguran dan meningkatkan risiko kelahiran prematur, seperti yang dijelaskan diatas.

Namun dengan penggunaan dosis yang tepat, tentunya tidak masalah meskipun dikonsumsi dalam waktu tertentu. Dari data menurut Kementerian Kesehatan, asupan vitamin C yang dibutuhkan orang dewasa dalam kondisi sehat adalah sekitar 90 mg. Sedangkan untuk anak-anak berlaku setengahnya, yakni sekitar 40 mg hingga 45 mg.

BACA:  10 Suplemen Vitamin C yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh

Perbedaan dosis terjadi pada ibu hamil dan menyusui, dengan ibu hamil lebih 10 mg per hari dari orang dewasa sehat. Untuk ibu menyusui beda lagi karena membutuhkan selisih 45 mg. Bagaimana dengan suplemen yang ada di pasaran dengan dosis 500 mg hingga 1000 mg? Perlu diketahui, angka kebutuhan vitamin C diatas merupakan nilai minimal.

Jadi untuk ibu hamil disarankan mengonsumsi minimal 100 mg setiap hari. Sedangkan untuk asupan maksimal sebesar 2000 mg per hari. Bisa dikatakan bahwa suplemen vitamin C yang beredar di toko obat masih aman dikonsumsi. Akan tetapi tetap disarankan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Mengingat setiap orang memiliki kondisi tubuh dan kehamilan yang berbeda.

Rekomendasi Suplemen Vitamin C yang Aman untuk Bumil dan Menyusui

Bagus atau tidaknya produk suplemen vitamin C yang aman untuk ibu hamil dan menyusui bukan hanya dilihat dari dosisnya, namun juga kandungan lainnya. Beberapa kandungan penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui diantaranya adalah vitamin B, vitamin C, folid acid, dan biotin. Berikut adalah produk suplemen terbaik dengan kandungan lengkap!

1. Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Produk yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia meskipun produk impor adalah Blackmores. Ada satu varian yang khusus ibu hamil dan menyusui dengan kandungan lengkap yang dibutuhkan tubuh. Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold tidak hanya mengandung vitamin C, namun juga vitamin B, D, omega-3, dan masih banyak lainnya.

Kandungan lain yang didapatkan adalah kalium, fosfor, potasium, dan tentunya zat besi. Setiap kandungan memiliki manfaat yang berbeda. Secara keseluruhan, suplemen vitamin C yang aman untuk ibu hamil ini membantu meningkatkan daya tahan tubuh selama kehamilan dan menyusui. Bagi ibu hamil, vitamin ini sangat baik untuk perkembangan janin.

2. Naturelo Prenatal Multivitamin

Naturelo Prenatal Multivitamin
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Bagi ibu hamil, Naturelo Prenatal Multivitamin membantu perkembangan janin, mulai dari pertumbuhan tulang, perkembangan otak, dan juga menyehatkan jantung bayi. Sedangkan bagi ibu menyusui bermanfaat untuk melancarkan ASI. Namun fungsi utama dari suplemen ini adalah untuk menjaga daya tahan tubuh ibu agar tidak mudah sakit dalam kedua kondisi tersebut.

Kandungan vitamin B12 memiliki peran yang sama dengan vitamin C, yaitu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Produk ini mengandung vitamin E baik menjaga kesehatan kulit selama kehamilan atau sedang menyusui. Menariknya, tidak ditemukan gluten dan bahan pengawet di dalamnya, apalagi bahan pewarna.

3. Airborne Citrus Chewable Tablets Immune Support Suplement

Airborne Citrus Chewable Tablets Immune Support Suplement
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Suplemen vitamin C terbaik yang aman untuk ibu menyusui berikutnya yaitu Airborne Citrus Chewable Tablets Immune Support Suplement. Selain vitamin C untuk kekebalan tubuh, produk ini mengandung antioksidan tingi, zinc, selenium, dan magnesium. Ada campuran dari bahan herbal yang tidak dimiliki suplemen lain, yaitu Echinacea dan Jahe.

BACA:  10 Rekomendasi Vitamin untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Produk yang dijual dengan harga sekitar 250.000 ini mengandung vitamin C 1000 mg untuk setiap tablet. Cukup praktis karena termasuk tablet kunyah, tidak perlu air putih untuk mengonsumsi nya. Satu kemasan dalam botol berisi 64 tablet, jadi produk ini cukup murah jika dihitung per tablet.

4. Enervon C

Enervon-C Multivitamin Tablet
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Enervon C lebih dikenal luas di Indonesia. Bukan hanya karena manfaatnya, namun juga karena banyak ditemukan promosi di beberapa media. Suplemen vitamin C ini pada umumnya dikenal untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan agar tidak muda terserang penyakit.

Namun faktanya bisa juga digunakan untuk ibu hamil dan menyusui. Selain mengandung vitamin C tinggi, Enervon C mengandung vitamin B yang membantu melancarkan produksi ASI. Setiap tablet mengandung 500 mg vitamin C, jumlah yang jauh lebih cukup dari kebutuhan suplemen harian.

5. Folamil Genio

Folamil Genio
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Khusus untuk ibu hamil dan menyusui yang beraktivitas lebih, rekomendasi suplemen vitamin C terbaik adalah Folamil Genio. Meskipun dibuat untuk ibu hamil, namun tidak ada salahnya dikonsumsi ibu menyusui karena nilai kandungannya hampir sama. Kandungan vitamin C nya tidak terlalu tinggi, lebih unggul dari kandungan multivitamin lainnya.

Dalam satu tablet mengandung folic acid, betacaroten, vitamin D, K, vitamin B, serta kandungan lain yang dibutuhkan tubuh. Folamil Genio juga mengandung DHA yang baik untuk perkembangan otak janin. Setiap kemasan botol berisi 30 tablet dan dijual dengan harga mulai 130.000 rupiah.

6. Holisticare Ester C

Holisticare Ester C
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Kebutuhan vitamin C setiap oran berbeda, tergantung dari kondisinya. Untuk orang dewasa sehat membutuhkan 90 mg per hari. Sedangkan dalam kondisi sakit lebih bayak lagi asupan yang dibutuhkan. Begitu juga dengan ibu hamil dan menyusui yang membutuhkan lebih banyak, minimal 100 mg atau 120 mg per harinya.

Holisticare Ester C mengandung vitamin C 1000 mg setiap tablet yang dikonsumsi. Memang jauh lebih tinggi, namun bisa dikatakan masih dalam jumlah yang aman. Apabila anda masih ragu, bisa juga mengonsumsi setengah tablet setiap hari. Meskipun kandungan vitamin C nya tinggi, produk ini tetap aman untuk lambung karena memiliki tingkat keasaman normal.

7. Herbs of Gold Breastfeeding Support

Herbs of Gold Breastfeeding Support
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Sesuai namanya, Herbs of Gold Breastfeeding Support merupakan suplemen vitamin C yang aman untuk ibu menyusui. Bukan berarti tidak cocok untuk ibu hamil, kandungan di dalamnya juga baik bagi ibu yang sedang dalam kondisi hamil muda atau hamil tua. Setiap tablet mengandung multivitamin kompleks, diantaranya vitamin C, D, E dan lainnya.

BACA:  10 Suplemen Vitamin C yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh

Kandungan multivitamin yang ada didapat dari bahan alami yang dikenal dengan Blessed Thistle dan Fenugreek. Meskipun harganya cukup mahal, sekitar 300.000 untuk 60 tablet, namun manfaatnya nyata didapatkan. Bagi ibu hamil tentunya merasakan manfaat dari Herbs of Gold Breastfeeding Support sebagai booster produksi ASI.

8. Redoxon

Redoxon Double Action
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Rasanya manis didapat dari bahan alami, bukan pemanis buatan. Ketika mengonsumsi suplemen Redoxon sangat menyegarkan dan bisa langsung dirasakan tubuh seketika. Setiap tablet mengandung 1000 mg vitamin C sebagai daya tahan tubuh. Dengan kandungan tersebut, tidak baik mengonsumsi nya setiap hari. Cukup gunakan ketika perlu atau ketika tubuh terasa lemas.

Tidak perlu repot jika ingin mendapatkan asupan vitamin C dari Redoxon karena berupa tablet effervescent. Tinggal masukkan tablet ke dalam air dan tunggu hingga larut sempurna. Selanjutnya anda bisa minum sampai habis dan rasakan manfaat dari kesegaran tubuh yang berbeda.

9. HEVIT C

HEVIT C
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Hampir mirip dengan vitacimin, yakni berupa tablet isap. Bukan hanya untuk ibu hamil dan menyusui, namun juga untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan kurangnya jumlah vitamin C dalam tubuh. Pada umumnya, HEVIT C digunakan untuk mengatasi sariawan, bibir pecah, gusi berdarah, dan penyakit ringan seperti flu.

Suplemen vitamin C ini aman untuk ibu hamil karena tidak membuat perut perih karena tingginya sifat asam di dalamnya. Apabila anda sedang mengalami lemas dan kurang bersemangat, cukup konsumsi satu tablet saja. Setiap tablet mengandung 500 mg vitamin C, jadi gunakan sewajarnya.

10. Natures Plus Vitamin C

Natures Plus Vitamin C
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Natures Plus Vitamin C mengandung vitamin C 500 mg dan Rose Hips 50 mg. Melancarkan peredaran darah dan memperbaiki fungsi jantung adalah salah satu manfaatnya. Namun tentu saja manfaat utamanya yakni untuk memperkuat sistem imun tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Produk suplemen ini dipercaya mampu mempercepat penyembuhan luka dan mencegah sariawan. Dijual dengan harga sekitar 260.000 rupiah untuk kemasan botol isi 90 tablet. Multivitamin dari Radiant Sentral Nutrindo ini terdaftar resmi di BPOM sehingga aman dikonsumsi. Namun untuk ibu hamil tetap disarankan tidak mengonsumsi nya setiap hari.

Setiap suplemen yang mengandung vitamin C tinggi hanya boleh dikonsumsi satu kali sehari. Dalam kondisi tertentu, mungkin tidak disarankan mengonsumsi jenis suplemen yang dimaksud. Meskipun dikatakan aman, suplemen vitamin C untuk ibu hamil dan menyusui diatas harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.