15 Manfaat Daun Bidara untuk Kecantikan dan Kesehatan

15 Manfaat Daun Bidara untuk Kecantikan dan Kesehatan

Daun bidara dihasilkan dari pohon bidara yang menyerupai tumbuhan semak belukar. Pohon ini biasanya tumbuh di daerah kering, namun masih dapat bertahan di daerah tropis seperti Indonesia. Pohon bidara dapat tumbuh dengan cepat dan menghasilkan daun yang lebat. Ukuran daun bidara tidak terlalu besar dengan bentuk bulat sedikit lonjong. Dibalik warnanya hijau yang mengkilap, buah bidara memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan.

Kandungan Pada Daun Bidara

Kandungan Pada Daun Bidara

Image Credit: 99.co

Kandungan daun bidara meliputi protein dan asam amino, flavonoid, alkaloid, glikosida, saponin, terpenoid, serat, tanin, dan senyawa fenolik. Selain itu, terdapat kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas, sehingga dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Bahkan di zaman china kuno, daun bidara digunakan untuk kecantikan wajah, seperti mengatasi jerawat dan menghilangkan lingkaran mata.

Kandungan yang ada di dalam daun bidara juga bersifat imunostimulan, sitoprotektif, hepatoprotektor dan aktivitas farmakologis. Daun ini juga mengandung beberapa vitamin, diantaranya vitamin A, vitamin B,vitamin C, dan Vitamin E yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa mineral lainnya diantaranya zat besi, kalium dan kalsium yang sangat baik dapat berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan memperkuat rambut.

Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mengatasi Jerawat

Mengatasi Jerawat dan Kulit yang Berminyak

Image Credit: Classlifestyle.com

Jerawat merupakan salah satu masalah pada kulit wajah ditandai dengan munculnya bintik kemerahan. Selain menimbulkan rasa sakit, jerawat juga dapat menyebabkan rasa percaya diri berkurang. Daun bidara dipercaya dapat mengatasi masalah jerawat pada kulit wajah. Daun ini mengandung anti bakteri dan anti inflamasi yang dapat membantu mengatasi jerawat. Selain itu, daun bidara juga dapat mengandung antioksidan yang baik bagi kulit.

Khasiat daun bidara dapat melindungi kulit dari sinar UV. Sehingga sangat cocok untuk anda yang sering melakukan aktivitas di luar yang dapat menyebabkan kulit sering terpapar sinar matahari. Selain itu, daun bidara juga dapat membersihkan wajah dengan maksimal sehingga dapat menjaga kebersihan dan kecantikan kulit. Cara mengatasi jerawat dapat dilakukan dengan menggunakan daun bidara sebagai masker tiga kali seminggu.

2. Menurunkan Berat Badan

Membantu Menurunkan Berat Badan

Image Credit: Anlene.com

Berat badan yang berlebihan dapat disebabkan karena konsumsi makanan yang mengandung lemak yang tinggi. Selain itu, obesitas juga dapat disebabkan karena kurangnya aktivitas dan olahraga. Bagi kaum wanita, kelebihan berat badan dapat mengurangi kecantikan sehingga banyak banyak yang mengatasinya dengan melakukan program diet. Agar penurunan badan lebih efektif, sebaiknya konsumsi daun bidara secara rutin.

Daun bidara dapat menurunkan berat badan dengan cara memberikan rasa kenyang yang cukup lama, sehingga konsumsi makanan berkalori dapat ditekan. Selain itu, khasiat daun bidara juga dapat membantu pembakaran lemak yang berlebih, sehingga berat badan menjadi turun. Cara menggunakannya dapat dilakukan dengan merebus daun bidara, dan membiarkan hingga semalaman. Anda juga bisa mengkonsumsi teh daun bidara untuk menurunkan berat badan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Agar Jantung Lebih Sehat

Image Credit: Truththeory.com

Jantung merupakan organ di dalam tubuh yang berfungsi untuk memompa darah. Gangguan pada organ jantung bisa menyebabkan penyakit yang cukup serius. Umumnya penyakit jantung disebabkan karena aliran darah yang tidak lancar. Konsumsi makanan yang tidak tepat bisa menyebabkan penumpukan zat yang dapat menyebabkan penyumbatan pada aliran darah dan berefek pada jantung.

BACA:  10 Manfaat Buah Delima yang Baik untuk Kecantikan dan Kesehatan

Daun  bidara dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung. Cara mengobati masalah kardiovaskuler dengan daun bidara, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi rebusan daun bidara atau dengan membuatnya menjadi jus. Agar hasil yang diperoleh lebih maksimal, sebaiknya konsumsi dilakukan secara teratur. Anda juga harus menghindari konsumsi makanan penyebab penyakit jantung.

4. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Menyembuhkan Luka Bakar

Image Credit: Sehatq.com

Luka pada tubuh biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, lama tidaknya penyembuhan dapat dipengaruhi oleh sejumlah zat yang berperan dalam proses penyembuhan luka seperti zat anti inflamasi. Senyawa ini dapat diperoleh melalui makanan salah satunya dengan konsumsi daun bidara. Daun bidara mengandung glikosida yang memiliki kemampuan menghentikan pendarahan dan mempercepat penyembuhan luka.

Selain itu, glikosida yang terkandung di dalam daun bidara dapat mempercepat regenerasi pada kulit sehingga mempercepat penyembuhan luka bakar dan menghilangkan bekas luka yang ada di kulit. Kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang ada di dalamnya juga dapat membantu penyembuhan luka akibat sayatan atau goresan. Cara menggunakannya yaitu dengan menumbuk daun bidara hingga halus. Kemudian oleskan pada bagian yang terluka.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengendalikan Kadar Kolesterol

Image Credit: Cnnindonesia.com

Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena meningkatnya kadar kolesterol atau disebut biasa dikenal dengan LDL. Kolesterol yang tinggi disebabkan karena konsumsi makanan yang mengandung minyak dan kolesterol. Selain itu, kurangnya aktivitas dan olahraga juga bisa menjadi penyebab LDL meningkat. Cara mengatasi kadar kolesterol yang tinggi dapat dilakukan dengan konsumsi serat yang larut dalam air.

Anda dapat mendapatkan serat yang larut dalam air dengan mengkonsumsi air rebusan daun bidara. Serat tersebut akan mengikat kolesterol jahat pada sistem pencernaan dan membuang kelebihan kolesterol melalui feses. Namun, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal anda juga harus mengimbangi dengan menerapkan pola hidup yang lebih sehat dengan olahraga secara teratur.

6. Menurunkan Resiko Diabetes

Image Credit: Diabetes.co.uk

Diabetes merupakan salah satu penyakit dengan jumlah penderita yang cukup banyak. Penderita diabetes biasanya menyerang usia 20 hingga 78 tahun.  Kadar gula yang tinggi pada penderita diabetes, disebabkan karena konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Tingginya kadar gula di dalam darah dapat diatasi dengan konsumsi makanan yang mengandung glikemik rendah, salah satunya dengan mengkonsumsi daun bidara.

Cara menurunkan kadar gula dapat dilakukan dengan merendam 3 hingga 5 daun bidara dengan air panas sebanyak satu gelas. Rendaman air bidara bisa anda minum setelah dingin.  Agar mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya konsumsi daun bidara setidaknya 3 kali dalam seminggu. Selain mengkonsumsi rebusan daun bidara, penderita diabetes juga harus mengimbanginya dengan menghindari konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan gula.

7. Menjaga Kesehatan Rambut

Membuat Rambut Berkilau

Image Credit: Hellosehat.com

Rambut merupakan bagian tubuh yang cukup penting dan dijadikan sebagai mahkota. Salah satu masalah pada rambut yaitu rambut rontok. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, rambut rontok juga dapat mengurangi rasa percaya diri. Tentunya rambut rontok harus segera diatasi agar tidak sampai mengalami kebotakan, salah satunya dengan menggunakan daun bidara. Daun bidara memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan rambut.

Daun bidara memiliki kandungan asam lemak, asam folat dan mineral untuk memperkuat rambut. Selain itu, terdapat kandungan vitamin A, B, C dan E yang baik untuk rambut. Cara menggunakan daun bidara untuk perawatan rambut dapat dilakukan dengan menggunakan air rebusan daun bidara sebagai campuran untuk membasuh rambut. Daun bidara dapat memberikan nutrisi pada rambut, sehingga tumbuh lebih kuat dan terhindar dari kerusakan dan kerontokan.

BACA:  15 Manfaat Pisang untuk Kecantikan Hingga Kesehatan

8. Mengobati Wasir

Mengobati Wasir

Image Credit: Parenting.orami.co.id

Wasir merupakan keluhan yang ditandai dengan munculnya benjolan di sekitar anus. Meskipun bukan penyakit yang serius, penyakit ini cukup mengganggu, terutama ketika buang air besar.  Cara mengatasi wasir dapat dilakukan dengan konsumsi daun bidara secara rutin. Anda bisa mengkonsumsi rebusan daun bidara atau dengan mengaplikasikannya pada daerah anus yang bengkak.

Anda juga bisa menambahkan daun sirih merah dalam rebusan serta umbi buah tuhan kering. Yang direbus dengan 3 gelas air dan dibiarkan mendidih hingga menjadi satu gelas saja. Tambahkan 2 sendok madu saat meminum ramuan herbal ini. Selain mengkonsumsi daun bidara, sebaiknya anda juga perlu menghindari penyebab wasir seperti duduk yang terlalu lama dan sering mengejan ketika buang air besar.

9. Baik untuk Sistem Pencernaan

Memperbaiki Sistem Pencernaan

Image Credit: Dailyo.in

Bagi anda yang memiliki masalah dengan sistem pencernaan, maka mengkonsumsi daun bidara bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasinya. Anda bisa mengkonsumsinya dengan meminum rebusan daun bidara, teh daun bidara atau dengan memakan buah bidara secara langsung. Rebusan daun bidara juga dapat membantu mengeluarkan berbagai racun yang ada di dalam pencernaan sehingga dapat mencegah infeksi pada saluran pencernaan.

Konsumsi daun bidara juga dapat mengatasi asam lambung, Biasanya penyakit ini disebabkan karena penyakit maag yang cukup parah. Cara menggunakan daun bidara sebagai obat asam lambung dapat dilakukan dengan konsumsi air rebusan, atau dengan meminum jus dari daun bidara. Selain konsumsi daun bidara, anda juga harus mengatur pola makan dengan baik, untuk mencegah penyakit yang semakin parah.

10. Menghilangkan Insomnia

Menghilangkan Insomnia

Image Credit: Popmama.com

Manusia membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar nantinya organ di dalam tubuh dapat bekerja dengan baik. Lama waktu yang dibutuhkan untuk tidur setidaknya 6 jam. Namun, beberapa orang sering mengalami susah tidur atau disebut dengan insomnia. Kondisi ini tentunya dapat menurunkan stamina tubuh dan menyebabkan tubuh kurang bugar. Selain itu, kekurangan tidur juga bisa menyebabkan stres dan konsentrasi menjadi berkurang.

Cara mengatasi insomnia dapat dilakukan dengan konsumsi daun bidara secara teratur. Anda bisa meminum rebusan daun bidara atau menjadikan daun bidara sebagai jus. Dengan konsumsi secara rutin, maka insomnia akan berkurang sedikit demi sedikit. Selain mengkonsumsi daun bidara, anda juga harus mengurangi penyebab sulit tidur. Salah satunya dengan menghindari penggunaan gadget sebelum tidur dan segera mengistirahatkan tubuh juga mengantuk.

11. Meningkatkan Sistem Imun

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Image Credit: Grid.id

Terlalu banyaknya aktivitas yang dilakukan bisa menyebabkan tubuh cepat lelah, dan menurunkan stamina. Kondisi ini dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun. Kondisi sistem imun yang turun bisa menyebabkan tubuh mudah terserang bakteri dan penyakit. Cara untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan konsumsi daun bidara. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam daun bidara dapat meningkatkan sistem imun di dalam tubuh.

Selain itu, antioksidan juga dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan organ di dalam tubuh. Sebaiknya konsumsi daun bidara dalam bentuk jus atau meminum rebusan daun bidara ketika sedang merasa lelah atau sakit. Namun, anda juga bisa melakukan cara yang mudah dengan mengkonsumsi suplemen herbal yang mengandung daun bidara. Dengan begitu, kondisi tubuh yang sakit atau demam akan berangsur angsur membaik.

BACA:  15 Manfaat Buah Mangga untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

12. Mengatasi Penuaan Dini

Membantu Melawan Penuaan Dini

Image Credit: Cosmopolitan.co.id

Wajah yang terdapat garis garis kerutan tentunya menjadi hal yang sangat mengganggu bagi wanita. Wajah akan terlihat lebih tua dibandingkan dengan umur sebenarnya. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan daun bidara. Daun bidara dapat membantu regenerasi sel sel baru pada kulit sehingga menghilangkan kerutan di wajah dan membuat kulit tampak lebih segar dan lebih muda.  Caranya dengan mencuci wajah dengan air rendaman daun bidara.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan sebagai masker dengan menghaluskan daun bidara beberapa lembar. Selanjutnya tambahkan sedikit air dan campur hingga agak mengental. Kemudian oleskan pada wajah secara merata. Kemudian diamkan hingga mengering yaitu sekitar 20 menit. Selanjutnya cuci wajah  hingga bersih dengan menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan setidaknya 3 hingga empat kali dalam seminggu .

13. Menghilangkan Bakteri dan Jamur

Menghilangkan Bakteri dan Jamur

Image Credit: Sehatq.com

Manfaat daun bidara selanjutnya yaitu dapat membersihkan tubuh dengan baik. Daun bidara dapat menghilangkan bakteri yang ada di dalam tubuh. Tak heran jika daun ini sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan sabun. Daun bidara juga memiliki fungsi yang hampir sama dengan daun sirih yaitu sebagai antiseptik. Cara melakukannya yaitu dengan menggunakan rebusan daun bidara untuk membersihkan tubuh saat sedang mandi.

Selain itu, daun bidara juga sering digunakan untuk mengatasi keputihan. Dimana penyebab keputihan biasanya disebabkan karena munculnya jamur yang ada di dalam miss V. Keputihan bisa mengganggu kesehatan tubuh dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain itu, keputihan juga menyebabkan rasa tidak nyaman. Cara menggunakan daun bidara untuk mengatasi keputihan dapat dilakukan dengan minum air rebusan daun bidara.

14. Mengatasi Depresi

Mengurangi Depresi

Image Credit: Hellosehat.com

Penyebab penyakit yang muncul tidak hanya disebabkan karena faktor makanan dan kebersihan. Kondisi psikologis  yang terganggu akibat banyaknya masalah yang harus dihadapi, juga bisa memicu munculnya beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi yang akan beresiko terhadap penyakit stroke. Tentunya hal ini harus segera diatasi agar tidak semakin parah. Ternyata depresi dan stres dapat diatasi dengan mengkonsumsi daun bidara.

Jika anda atau orang disekitar anda mengalami depresi atau stres, sebaiknya konsumsi daun bidara secara teratur. Kandungan yang ada di dalam daun bidara memang tidak bisa mengatasi masalah yang berhubungan dengan kejiwaan. Namun, daun bidara mampu menenangkan saraf yang tegang sehingga pikiran menjadi lebih rileks. Cara mengkonsumsinya dapat dilakukan dengan merebus daun bidara atau menjadikannya sebagai jus.

15. Mencegah Kanker dan Tumor

Image Credit: Alodokter.com

Kanker dan tumor merupakan salah satu penyakit yang sering sering diderita beberapa orang. Kebanyakan penyakit kanker baru diketahui saat penderita sudah dalam stadium yang tinggi. Perkembangan sel kanker dan tumor tentunya dapat membahayakan tubuh, karena menyebabkan kerusakan pada sel dan organ tubuh yang masih sehat. Cara mencegah penyakit ini dapat dilakukan dengan konsumsi air rebusan daun bidara.

Daun bidara dapat menghambat dan mematikan pertumbuhan sel sel baru yang tidak normal, yang menjadi penyebab utama kanker. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya konsumsi daun bidara secara rutin. Anda juga perlu menghindari hal hal yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker seperti berat badan yang berlebih, merokok dan paparan radiasi.

Itulah beberapa manfaat daun bidara bagi kecantikan dan kesehatan. Kebanyakan pemakaian daun bidara untuk kesehatan dilakukan dengan mengkonsumsi rebusan daun bidara atau membuatnya menjadi jus. Namun, untuk mengatasi jerawat dan wasir, menggunakan daun bidara dapat dilakukan dengan mengaplikasikan pada area jerawat atau wasir. Untuk menjaga kesehatan tubuh, anda juga harus mengimbanginya dengan menghindari penyebab penyakit tersebut.