15 Manfaat Jus Buah Sirsak untuk Kecantikan & Kesehatan

15 Manfaat Jus Buah Sirsak untuk Kecantikan & Kesehatan

Penampilannya yang sedikit sangar namun ternyata memiliki daging buah yang lembut nan sedap, siapa lagi yang dimaksud jika bukan si buah sirsat. Selain terkenal akan tampilannya yang unik, buah satu ini mengandung nutrisi melimpah yang akan mendatangkan segudang manfaat bagi tubuh. Kaya akan nutrisi, berikut beberapa manfaat yang diberikan oleh buah sirsak bagi kesehatan serta kecantikan.

Kandungan Nutrisi yang Dimiliki Buah Sirsak

Buah Sirsak

Image Credit: Kumparan.com

Termasuk sebagai salah satu buah mengandung berbagai macam nutrisi baik bagi tubuh, tidak heran jika buah sirsat begitu dikagumi oleh para penggemarnya. Beberapa kandungan yang terkandung pada daging buahnya terdiri dari karbohidrat, lemak, serat, protein, kalori, vitamin C, vitamin B6 serta berbagai mineral lainnya seperti magnesium hingga zat besi. Banyaknya nutrisi yang ditawarkan, yakin tidak ingin mengkonsumsinya ?

Seperti yang dikatakan sebelumnya, buah ini memang kaya akan nutrisi sehingga baik untuk dikonsumsi siapa saja. Manfaat yang didapatkan bukan hanya bagi kesehatan tubuh, melainkan dapat dimanfaatkan untuk mempercantik tampilan secara natural. Selain dikonsumsi secara langsung, Anda bisa mengubahnya menjadi masker kecantikan alami. Dengan kandungan antioksidannya, tidak heran jika buah ini dianggap mampu melawaan penuaan dini.

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan dan Kecantikan

1. Mencegah Terjadinya Kanker

Mampu Untuk Mecegah Kanker

Image Credit: Alodokter.com

Penyakit kanker masih menjadi bayang bayang penyakit yang begitu menakutkan. Kabar gembiranya, menurut studi yang pernah dilakukan terhadap buah sirsak menyatakan jika buah ini mampu membunuh sel kanker dengan cara memasuki metabolismenya. Saat kandungan dalam buah sirsak berhasil memasuki sel kanker, secara otomatis akan berusaha menghentikan laju perkembangan kanker secara menyeluruh.

Bahkan para dokter sangat menyarankan bagi para pasien penderita kanker payudara untuk mengkonsumsi jus sirsak, sebab sifatnya yang mampu mengurangi pertumbuhan dari sel kanker di dalam tubuh. Dalam proses penyembuhannya, kandungan pada buahnya hanya akan menyerang sel kanker tanpa merusak jaringan payudara yang diketahui masih sehat. Dengan begitu, buah ini dinyatakan aman untuk dikonsumsi para penderita kanker payudara.

2. Mengobati Asam Urat

Asam Urat

Image Credit: Hellosehat.com

Hingga kini masyarakat masih mempercayai jika bertambahnya usia, maka seseorang akan dihantui oleh berbagai penyakit yang siap menyerangnya. Tampaknya pernyataan tersebut ada benarnya, sebab sistem imun usia lanjut akan menurun dan memungkinkannya terkena berbagai penyakit. Meski begitu, bukan berarti Anda menyerah begitu saja tanpa melakukan pencegahan sebagai langkah meminimalisir kemungkinan.

BACA:  15 Manfaat Pisang untuk Kecantikan Hingga Kesehatan

Asam urat disebut sebagai salah satu dari sekian jenis penyakit, yang membuat para penderita merasakan rasa sakit atau bahkan hingga pembengkakan pada area persendian. Sebagai langkah pencegahan, Anda bisa mengkonsumsi buah sirsak sebagai alternatifnya. Pasalnya daun buah ini mengandung berbagai nutrisi seperti asam linoleat hingga annocatalin, yang diyakini mampu mengobati asam urat.

3. Baik Bagi Kesehatan Pencernaan

Memperbaiki Sistem Pencernaan

Image Credit: Dailyo.in

Dibalik dari rasanya yang sedap, siapa sangka jika setiap 100 gram daging buahnya mengandung setidaknya 3.3 gram serat. Dengan kata lain, apabila Anda mengkonsumsi sekitar 100 gram buah sirsat setiap harinya, maka 13% kebutuhan serat harian akan terpenuhi dengan baik. Wajar saja jika masyarakat menyebutnya baik bagi pencernaan sekaligus menjaga tingkat kadar gula dalam darah agar tetap stabil.

Belum cukup sampai disana, buah satu ini ternyata diyakini mampu melawan penyakit jantung dengan cara menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Jangankan untuk melawan penyakit mematikan, bahkan Anda dapat mengkonsumsinya sebagai obat untuk menyembuhkan rasa sakit saat buang air kecil. Sebagai obat alami, Anda pun tak perlu khawatir akan terkena efek samping asalkan tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

4. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Image Credit: Grid.id

Daging buahnya yang berwarna putih bersih, ternyata mampu menjaga sistem kekebalan tubuh agar manusia terhindar dari penyakit yang diakibatkan oleh virus. Mulai dari flu ringan hingga herpes sekalipun, akan merasa enggan untuk berada di tubuh manusia yang rajin mengkonsumsi sirsak. Kelebihan tersebut didapatkannya, lantaran buah ini mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Saat daya tahan tubuh tetap stabil atau sedang dalam tahap perbaikan sistem imun, pastinya tubuh tidak akan mudah sakit. Sebab, imun akan bekerja keras untuk menyingkirkan semua virus jahat agar tidak menyerang tubuh orang tersebut. Terasa belum cukup dengan mengkonsumsi buah sirsak, sangat dianjurkan untuk menjaga pola hidup sehat agar khasiatnya semakin terasa.

5. Memperkuat Tulang

Menjaga Kesehatan Tulang

Image Credit: Doktersehat.com

Sebagai kerangka manusia, penting bagi Anda untuk menjaganya agar tetap sehat dan diauhkan dari berbagai penyakit tulang yang mematikan. Tak perlu khawatir, sebab Anda bisa mengkonsumsi buah sirsak sebagai langkah memperkuat tulang. Kelebihan tersebut dimilikinya, karena adanya kandungan mineral kalsium serta fosfor yang siap mencegah osteoporosis atau tulang keropos.

6. Meredakan Saluran Pernapasan

Saluran Pernapasan

Image Credit: Sehatq.com

Salah satu cara manusia bertahan hidup yaitu tetap menghirup oksigen sesuai dengan yang diperlukan oleh tubuh. Namun bagaimana jadinya jika saluran pernapasan terganggu akibat sesak napas akibat terkena flu, batuk, ataupun gangguan pernapasan lainnya. Agar penyakit tersebut segera enyah dari tubuh, Anda bisa berjuang melawan berbagai penyakit tersebut dengan hanya mengkonsumsi buah sirsak secara rutin.

BACA:  15 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Tanpa Efek Samping

Apa keistimewaan dari buah berduri lembut satu ini ? Sifat ekspektoran pada buah ini, dirasa mampu diandalkan dalam urusan menghilangkan dahak serta lendir secara efektif. Ditambah lagi dengan adanya kandungan asam askorbat, diyakini mampu melawan berbagai radikal bebas sekaligus infeksi yang menyerang tubuh. Ketika infeksi sudah mulai berkurang, secara otomatis proses penyembuhan flu dan batuk dapat berjalan lebih cepat.

7. Menghilangkan Stres

Stress

Image Credit: Myneworleans.com

Bukan hanya orang dewasa, bahkan anak anak pun dapat mengalami tekanan akibat lingkungan sekitarnya. Sebagai langkah antisipasi terbaik, silahkan mengkonsumsi teh sirsak agar pikiran menjadi lebih tenang dan rileks. Bahkan cara ini sudah terapkan sejak berabad abad silam, dimana ketenangan pikiran didapatkan dari sifat antiperadangan pada buah sirsak. Ketika pikiran menjadi lebih jernih, secara tidak langsung menghindari Anda dari penurunan sistem imun.

8. Mengendurkan Kontraksi Otot Tegang

Kontraksi Otot

Image Credit: Sehatq.com

Sejak berada di sekolah, tanpa disadari Anda telah belajar bahwa pemanasan tubuh sebelum berolahraga begitu penting dilakukan. Pemanasan perlu dilakukan, karena bisa disebut sebagai langkah pencegahan otot tegang akibat terkejut saat melakukan aktifitas berat. Bahkan sesudah melakukan pemasanan sekalipun, tak jarang rasa sakit tak tertahankan akibat tegang pada otot masih saja terasa meski tidak terlalu parah.

Bukan hanya sebelum berolahraga, otot tegang ternyata dapat dirasakan sesudah melakukan aktifitas berat lainnya selain berolahraga. Demi mencegah rasa sakit akibat kontraksi otot, silahkan konsumsi buah sirsak secara rutin. Dapat dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi jus terlebih dahulu, semua cara tersebut tetap bermanfaat untuk membantu mengendurkan kontraksi otot tegang.

9. Meminimalisir Gangguan Penglihatan

Gangguan Penglihatan

Image Credit: Telset.id

Dijuluki sebagai jendela dunia, secara tidak langsung Anda harus lebih menjaganya agar tetap sehat. Namun seiring dengan bertambahnya usia, tak jarang berbagai gangguan penglihatan seperti katarak mulai terlihat. Meski sering terjadi kepada usia lanjut, siapa sangka jika penyakit ini juga bisa menyerang para remaja sekalipun. Demi melakukan pencegahan sejak dini, silahkan konsumsi bua sirsak sebagai salah sati alternatifnya.

Mengapa harus buah sirsak dan bukan buah segar yang lain ? Menurut studi yang pernah dilakukan, ragam nutrisi yang dimiliki oleh buah sirsak dianggap ampuh menurunkan adanya gejala mata seperti degenerasi makula hingga 25%. Kehebatan tersebut didapatkannya lewat dari banyaknya nutrisi yang dikandungnya seperti beta karoten, zinc, dan vitamin C.

10. Mencegah Rambut Rontok

10 Penyebab & Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Pada Wanita

Image Credit: Hellosehat.com

Beberapa orang masih merasa dihantui oleh permasalahan seperti rambut rontok. Beruntungnya salah satu masalah rambut tersebut dapat diatasi dengan mudah, dimana Anda cukup mengkonsumsi buah sirsak. Kandungan vitamin C pada daging buahnya, siap mengatasi masalah sekaligus mencegah adanya kerontokan rambut berlebih. Lakukan perawatan tersebut secara rutin dan dapatkan khasiatnya.

BACA:  15 Manfaat Buah Melon untuk Kecantikan Kulit & Kesehatan

11. Menghilangkan Flek Hitam

Menghilangkan Noda Hitam dan Flek

Image Credit: Paragram.id

Timbulnya flek hitam dapat menganggu penampilan seseorang, sehingga perlu langkah tepat untuk membasminya. Jika memungkinkan, cobalah menggunakan bahan alami seperti buah sirsak dalam melakukan perawatan kulit akibat bintik hitam. Silahkan olah buah tersebut menjadi masker alami, dan lakukan perawatan ini secara rutin untuk menghilangkan sel kulit mati sekaligus memunculkan sel kulit generasi baru yang tampak lebih segar.

12. Melawan Tanda Penuaan Dini

Membantu Melawan Penuaan Dini

Image Credit: Cosmopolitan.co.id

Buah sirsak merupakan salah satu dari sekian banyaknya buah segar yang mengandung antioksidan cukup tinggi. Dengan adanya kandungan aktioksidan, secara tidak langsung buah ini mampu melawan berbagai tanpa penuaan dini. Sebab antioksidan diyakini dapat memberikan perlindungan tubuh dari berbagai radikal bebas, yang dapat memunculkan tanda penuaan dini.

Agar kulit tampak sehat dan awet muda, manfaatkan buah sirsak sebagai solusi terbaiknya. Cukup dengan mengkonsumsi daging buahnya secara langsung maupun dengan diolah terlebih dahulu menjadi jus segar, dijamin ragam nutrisi di dalamnya akan menghadirkan segudang manfaat bagi tubuh. Selain dikonsumsi, tidak ada salahnya mengolahnya menjadi masker kecantikan alami yang siap membantu kulit agar tampak cantik menawan.

13. Mengurangi Ketombe

Mengatasi Ketombe

Image Credit: Remediesforme.com

Sifat anti parasit yang terkandung pada buah berwarna putih bersih ini, dipercaya mampu mengurangi ketombe pada kulit kepala. Cara penggunaanya cukup mudah, dimana Anda perlu oleskan langsung para kulit kepala secara merata dan bilas hingga bersih setelah didiamkan selama beberapa menit. Selain menuntaskan ketombe, cara ini mampu menurunkan adanya gejala munculnya ketombe seperti kering ataupun kulit kepala gatal.

14. Mencerahkan dan Memutihkan Kulit

Membuat Wajah Menjadi Cerah

Image Credit: Fairviewdentalcare.com

Bagi kaum hawa, mendapatkan kulit bersih nan putih bisa menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Untuk bisa mewujudkan impian tersebut, jangan lupa melakukan perawatan kecantikan secara rutin menggunakan masker alami dari buah sirsak yang dicampurkan dengan air mawar. Buah ini akan membantu membasmi kulit kusam dan membuatnya tampak lebih cerah nan sehat. Lakukan setidaknya seminggu tiga kali agar khasiatnya dapat dirasakan lebih cepat.

15. Mengobati Berbagai Masalah Kulit

Mengatasi Jerawat dan Kulit yang Berminyak

Image Credit: Classlifestyle.com

Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang masih menjadi momok menakutkan. Bukan hanya berpengaruh dari segi tampilan semata, melainkan dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri untuk tampil di depan orang banyak. Tidak perlu mengunjungi klinik kecantikan ataupun mencoba berbagai produk kecantikan kulit, karena Anda bisa memanfaatkan buah sirsak sebagai langkah perawatan kulit berjerawat.

Buah sirsat tidak hanya terkenal akan rasa buahnya yang lezat, namun juga kaya akan nutrisi sehingga baik untuk dikonsumsi manusia. Dengan berbagai kandungan nutrisi, bahkan buah satu ini diyakini dapat menyembuhkan sekaligus mencegah seseorang terkena berbagai bentuk penyakit. Hebatnya lagi, buah satu ini mengandung zat yang mampu mengubah tumor menjadi kecil. Miliki segudang manfaat, sudahkah mengkonsumsi sirsat hari ini?