10 Masker Rambut Alami yang Mudah Dibuat di Rumah

10 Masker Rambut Alami yang Mudah Dibuat di Rumah

Kebutuhan rambut akan masker bisa dikatakan krusial. Hal ini dikarenakan masker rambut dapat menjaga rambut tetap indah dan alami, tentunya sehat. Bagi yang sebelumnya mempunyai rambut rusak, masker cukup efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Sebaliknya meskipun rambut yang dimiliki termasuk sehat dan indah, penggunaan masker tetap dibutuhkan untuk menjaganya sesuai dengan kondisi yang ada.

Anda bisa menemukan banyak produk masker rambut di pasaran dengan berbagai kelebihan dan karakteristik masing-masing. Namun bukan hal yang mudah untuk memilih salah satunya. Hal itu dikarenakan setiap masker mengandung bahan aktif tersendiri yang dibutuhkan rambut. Sedangkan setiap orang mempunyai jenis rambut tersendiri, ada yang kering, berminyak, dan juga normal. Oleh sebab itu, ada baiknya jika anda menggunakan masker rambut alami yang umumnya aman untuk semua jenis rambut.

Apa yang dimaksud alami artinya menggunakan bahan dari alam, bisa dari tumbuhan atau hewan. Kebanyakan memang menggunakan bahan dari tumbuhan karena kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain mudah dibuat, masker alami juga bisa digunakan setiap hari tanpa adanya efek samping, tentunya harus dilakukan dengan benar.

Manfaat dan Kelebihan Masker Rambut Alami

Manfaat dan Kelebihan Masker Rambut Alami

Image by Ogleschool.edu

Sebelum mengetahui bahan apa saja yang bisa digunakan sebagai masker rambut alami, setra bagaimana cara membuatnya, mari disimak dulu manfaat dan kelebihan dari masker yang dibuat dari bahan alam tersebut!

Membuat Rambut Halus Berkilau

Produk masker yang ada saat ini kebanyakan juga berfungsi untuk menghaluskan rambut, meskipun beberapa mempunyai fungsi utama lainnya. Namun dengan masker yang dibuat dari alam, halus dan berkilau tampak lebih alami. Maksudnya, kebanyakan orang tidak akan tau jika anda menggunakan masker dalam perawatan rambut sehari-hari.

Berbeda dengan produk masker rambut yang anda temui di pasaran, dimana kilau rambut terlihat mencolok sehingga tampak jika anda menggunakan masker. Keduanya memang memberikan manfaat tersebut, namun jika disuruh memilih, ada baiknya menggunakan bahan yang tidak ada kandungan kimianya sama sekali.

Memperbaiki Rambut Kering

Kondisi rambut kering tidak hanya disebabkan faktor genetik, melainkan juga pengaruh dari perawatan rambut. Perawatan yang dimaksud yakni pewarnaan, meluruskan rambut dengan catok, dan jenis styling lainnya. Mestinya anda sadar bahwa penggunaan shampoo dan kondisioner saja tidak cukup mengatasi masalah rambut tersebut. Namun bukan berarti anda tidak boleh melakukannya sama sekali, karena bagi sebagian wanita, styling termasuk hal yang sangat penting untuk menjaga penampilan.

Solusi terbaik dari masalah diatas yakni dengan masker rambut alami. Bahan yang terkandung di dalam masker alami tersebut mampu menjaga kelembapan kulit kepala sehingga membuat rambut tidak kering. Sebut saja salah satunya, yaitu aloe vera, yang mengandung banyak jenis vitamin yang mampu melaksanakan tugas tersebut secara sempurna.

BACA:  10 Penyebab & Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Pada Wanita

Menjaga Warna Rambut

Bagi wanita yang sering beraktivitas diluar ruangan, risiko yang harus dihadapi yakni perubahan warna rambut. Bukan warna putih seperti uban yang dimaksud, namun perubahan warna yang umum terjadi adalah warna kuning yang terlihat kusut.

Perubahan tersebut juga bisa diakibatkan oleh styling rambut yang berlebihan. Namun jangan khawatir, karena anda masih bisa melakukan aktivitas tersebut dengan menggunakan perawatan masker rambut alami.

Menutrisi Rambut

Manfaat masker rambut alami yang paling penting yakni dapat menutrisi rambut dengan baik. Semua yang dibutuhkan rambut dari produk masker yang ada bisa didapat dengan bahan alami. Bahkan kebanyakan produk yang anda temukan juga memakai bahan alami seperti madu dan alpukat. Dimana kedua bahan tersebut mengandung nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kekuatan rambut dan menjaganya tetap alami.

Lebih Murah

Kalau yang satu ini bukan manfaat, tetapi lebih kepada kelebihannya, yakni murah. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk mendapatkan rambut halus, lembut, berkilau, dan juga sehat. Selain itu, anda tidak perlu pergi ke salon yang mana membutuhkan waktu cukup lama. Bahan yang dibutuhkan juga tidak terlalu sulit, anda bisa menemukannya di sekitar rumah atau membelinya di pasar.

Cara Membuat Masker Rambut Alami

Cara Membuat Masker Rambut Alami

Image by Orami.co.id

Dari berbagai manfaat dan kelebihan yang telah disebutkan, wajar jika anda juga tertarik mencoba membuatnya dan bisa dipakai di rumah kapan saja. Oleh sebab itu, bab ini khusus membahas bagaimana cara membuat masker rambut alami yang efektif dengan bahan murah dan mudah ditemukan!

1. Masker Rambut Kembang Sepatu

Masker Rambut Kembang Sepatu

Image by Cantikbgt.com

Kembang sepatu dikenal akan kandungan bermanfaat untuk menutrisi rambut. Kandungan tersebut antara lain flavonoid dan polifenol yang mengandung antioksidan alami untuk menjaga warna rambut. Selain itu juga terkandung bahan saponin, sejenis antibakteri sehingga bermanfaat untuk menghilangkan ketombe dan mencegahnya muncul kembali. Tidak lupa kandungan berbagai macam vitamin yang dapat digunakan sebagai penguat rambut hingga ke akarnya.

Jika anda ingin membuatnya, siapkan bahan utamanya berupa 5 kembang sepatu dan 3 sendok makan minyak kelapa. Rebus kembang sepatu dengan air hingga mendidih dengan api sedang.

Setelah itu, blender kembang sepatu yang telah direbus tadi dengan menambahkan sedikit air hingga membentuk gel. Anda juga bisa menggunakan cara lain seperti menggilingnya secara manual.

Tambahkan gel kembang sepatu tadi dengan minyak kelapa sesuai jumlah yang disiapkan. Aduk perlahan hingga tercampur sempurna, kemudian diamkan sampai dingin.

Oleskan masker yang sudah jadi di kulit kepala dan rambut secara perlahan sambil memijatnya. Biarkan kurang lebih 1 jam agar meresap sempurna, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih.

2. Masker Alami dari Oatmeal

Masker Alami dari Oatmeal

Image by Orami.co.id

Kandungan oatmeal yang berupa protein dan lipid mampu menjaga kelembapan kulit kepala. Selain itu juga dapat mencegah ketombe dan membuat kulit kepala segar sepanjang hari. Bagi anda yang mempunyai rambut kering dan masalah ketombe, disarankan untuk memakai jenis masker alami yang satu ini. Caranya juga mudah!

BACA:  10 Shampo Khusus untuk Mengatasi Rambut Rontok

Siapkan setengah cangkir oatmeal, 3 sendok makan susu hangat, dan 1 sendok makan minyak almond. Campurkan ketiga bahan tersebut pada wajah secukupnya dan aduk hingga rata. Anda bisa menyesuaikan kekentalannya dengan menambahkan bahan tersebut jika kurang.

Oleskan masker alami oatmeal secara menyeluruh di kulit kepala dan rambut. Pijat perlahan sambil merasakan sensasi dan bau dari masker tersebut. Biarkan meresap kedalam kulit kepala selama kurang lebih 1 jam, kemudian bilas dengan air biasa atau air hangat.

3. Masker Alami dari Putih Telur

Masker Alami dari Putih Telur

Image by Newsformy.com

Ingat ya, putih telur, karena kandungan proteinnya lebih banyak dari kuning telur. Protein tersebut mampu menutrisi rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu juga dapat menguatkan rambut dan menyerap minyak berlebih di kulit kepala. Cocok bagi anda yang mempunyai jenis rambut berminyak.

Siapkan dua bahan utama, yakni 1 butir telur yang diambil putihnya saja, dan 2 sendok makan minyak zaitun. Campurkan kedua bahan tersebut sambil diaduk merata, tidak masalah jika ada busa dalam proses ini karena tidak mempengaruhi kualitasnya.

Selanjutnya anda bisa mengoleskannya menyeluruh di rambut dan kulit kepala. Jangan lupa memijat perlahan agar masker rambut dari putih telur tersebut merasuk lebih cepat. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas sampai bersih dengan air.

4. Masker dari Lemon

Masker dari Lemon

Image by Noticiasaominuto.com.br

Lemon mengandung berbagai zat penting yang dibutuhkan rambut. Salah satunya yaitu asam sitrat yang dapat membuat rambut tampak lebih cerah dan berkilau. Asam sitrat juga biasa digunakan produk perawatan rambut sebagai bahan alami pencegah ketombe.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat masker alami dari lemon yakni 2 endok makan jus lemon, 1 sendok makan madu, ½ cangkir yogurt. Campurkan ketiga bahan tersebut dan aduk merata di dalam wadah bentuk mangkuk agar tidak mudah tumpah.

Setelah yakin rata, silahkan pakai di kulit kepala dengan cara mengoleskannya perlahan sambil memijat kulit kepala. Biarkan selama satu jam untuk mendapatkan hasil maksimal dengan penyerapan hingga ke kulit kepala. Langkah terakhir yaitu dengan membilasnya dengan air hangat hingga bersih.

5. Masker Rambut dari Yogurt

Masker Rambut dari Yogurt

Image by Klikdokter.com

Sebagai produk olahan dari fermentasi susu, Yogurt mengandung bahan penting untuk menjaga pH rambut tetap stabil agar tidak terjadi kerusakan. Kandungan yang dimaksud yakni asam sitrat, sebagaimana kandungan dari lemon.

Cara membuat masker rambut dari Yogurt sangat mudah, anda siapkan bahan utamanya yang terdiri dari ½ cangkir yogurt, 1 sendok makan jus lemon, serta 1 sendok makan madu topikal.

Campur semua bahan tersebut dan aduk hingga teksturnya halus. Kemudian oleskan pada rambut secara menyeluruh, mulai dari ujung rambut hingga ke akarnya agar hasilnya sempurna. Diamkan selama 30 menit sebelum mencucinya dengan air, anda juga bisa menggunakan shampoo dengan bahan non sulfat.

6. Masker dari Buah Pisang

Masker dari Buah Pisang

Image by Klikdokter.com

Pisang dikenal mengandung antioksidan cukup tinggi sehingga dapat membantu pertumbuhan rambut. Tidak heran jika banyak produk perawatan rambut botak yang menggunakan pisang sebagai bahan utamanya. Selain itu, pisang juga bisa dipercaya mampu mengatasi rambut kusut sehingga lebih mudah diatur.

BACA:  10 Masker Rambut Terbaik dan Praktis Digunakan

Untuk membuat masker dari pisang, anda memerlukan bahan lain agar hasilnya lebih sempurna. Siapkan 2 buah pisang, 1 sendok makan madu dan minyak zaitun serta jus lemon. Terlebih dahulu anda blender pisang tersebut hingga halus tanpa gumpalan. Campurkan bahan pelengkap yang sudah disiapkan tadi, dan aduk hingga merata.

Seperti biasa, oleskan pada rambut dan kulit kepala, kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu silahkan dibilas dengan air hangat hingga bersih tanpa ada sisa masker sedikitpun.

7. Masker Buah Alpukat

Masker Buah Alpukat

Image by Sehatq.com

Berbagai manfaat bisa didapat dari buah alpukat, termasuk untuk kesehatan rambut. Kandungannya seperti biotin, vitamin C, E, dan zink dapat melembapkan rambut dan juga mengatasi kerontokan. Selain itu juga dapat menebalkan rambut serta melawan ketombe.

Campurkan ketiga bahan berikut, 1 buah alpukat, 2 sendok makan madu, dan 2 sendok makan minyak zaitun. Aduk hingga merata dan jangan sampai ada gumpalan dari alpukat. Gunakan pada rambut secara menyeluruh tanpa kehilangan bagian apapun.

Biarkan masker rambut alpukat meresap dan bekerja secara maksimal selama 30 menit. Kemudian bilas hingga bersih menggunakan shampoo yang bebas dari bahan kimia, terutama sulfat.

8. Masker Cuka Sari Apel

Masker Cuka Sari Apel

Image by Myguardly.com

Manfaat utama dari cuka sari apel yakni dapat menyeimbangkan pH rambut. Dengan demikian, masalah rambut apapun bisa dicegah hanya dengan satu bahan ini. Cara membuat masker rambut dari bahan utama cuka sari apel juga mudah.

Siapkan ¼ gelas cuka sari apel dan air secukupnya, kemudian campurkan keduanya dan aduk perlahan hingga merata. Masukkan kedalam botol semprot yang sebelumnya sudah dibersihkan terlebih dahulu. Semprotkan merata pada rambut dan kulit kepala.

Tunggu masker bekerja maksimal dengan membiarkannya selama 20 menit. Bilas dengan air biasa hingga bersih, silahkan gunakan kondisioner jika perlu.

9. Masker dari Lidah Buaya

Masker dari Lidah Buaya

Image by Honestdocs.id

Tidak perlu meragukan kemampuan lidah buaya (aloe vera) dalam hal menjaga kelembapan rambut dan mencegah ketombe. Dari banyaknya produk masker rambut, hampir semuanya menggunakan bahan dengan bentuk gel ini.

Campurkan dua bahan utama, yakni 4 endok makan lidah buaya yang sudah dalam bentuk gel dengan 3 tetes minyak kayu putih esensial. Aduk merata, kemudian gunakan pada rambut dan kulit kepala dengan cara mengolesnya perlahan sambil dipijat. Bilas menggunakan air bersih dan hangat setelah membiarkannya selama 30 menit.

10. Masker Rambut Madu

Masker Rambut Madu

Image by Freepik.com

Perawatan rambut berkilau tidak bisa lepas dari bahan madu yang mengandung emolien. Selain itu, kandungan tersebut juga mampu melembapkan rambut dan kulit kepala sehingga cocok digunakan untuk jenis rambut kering.

Cara membuatnya sederhana, siapkan 1 sendok the madu murni, 1 sendok makan cuka sari apel, dan 1 butir telur. Campurkan semua bahan tersebut, termasuk kuning telur, dan aduk hingga rata. Gunakan pada rambut secara menyeluruh, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air biasa.

Kesimpulan

Supaya memiliki rambut bagus untuk menjaga penampilan ternyata tidak harus mahal dan membutuhkan banyak waktu. Anda bisa menggunakan perawatan masker rambut alami yang mudah dibuat seperti yang telah dijelaskan diatas. Bahan yang dibutuhkan juga mudah ditemukan, selain itu juga murah dan terbukti efektif.