10 Cara Meluruskan Rambut Keriting Dengan Cepat dan Permanen

10 Cara Meluruskan Rambut Keriting Dengan Cepat dan Permanen

Cara meluruskan rambut keriting bagi sebagian orang mungkin mustahil, apalagi dengan cepat dan hasilnya permanen. Sebenarnya tidak demikian, karena memang ada cara khusus yang dapat dilakukan. Cara yang dimaksud salah satunya adalah menggunakan bahan alami, seperti lidah buaya, minyak esensial, dan beberapa perawatan lainnya.

Rambut yang lurus memang menjadi idaman bagi banyak orang, terutama wanita. Dengan jenis rambut ini, rasa percaya diri mereka pada umumnya lebih meningkat. Selain itu, rambut yang lurus juga mudah dirawat dan tidak membutuhkan penanganan khusus. Mungkin anda hanya perlu sisir setelah mandi, kemudian rambut sudah dapat dirapikan.

Pada umumnya, wanita akan meluruskan rambutnya dengan bahan kimia. Proses ini biasanya disebut dengan rebonding, yang mana dapat merusak rambut. Bagaimana tidak, proses ini menggunakan catok yang panas sehingga lapisan rambut menjadi kering. Lalu, bagaimana cara meluruskan rambut keriting yang aman dan cepat? Berikut yang bisa anda lakukan!

Rekomendasi Pelurus Rambut Tanpa Catok

1. Keringkan Rambut dengan Udara Dingin

Cara Meluruskan Rambut Keriting, Keringkan Rambut dengan Udara Dingin
Photo by Judeus Samson on Unsplash

Cara yang pertama adalah mengeringkan rambut dengan udara dingin atau dengan suhu ruangan. Selain dapat membuat rambut perlahan menjadi lurus, cara ini juga efektif untuk membantu menjaga kelembaban alami rambut. Bukan hanya itu saja, ini juga efektif untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh panas.

Proses pengeringan rambut dengan udara dingin mungkin memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan anda menggunakan alat khusus seperti hair dryer. Namun perihal hasilnya dijamin memuaskan dan rambut anda pun perlahan semakin lurus. Setelah keramas, biarkan rambut meresap air selama beberapa menit, kemudian keringkan rambut dengan udara dingin.

Setelah rambut anda kering, silahkan menyelesaikan dengan mengaplikasikan produk perawatan rambut. Anda bisa menggunakan serum atau minyak rambut untuk memberikan kelembaban ekstra. Mengeringkan rambut dengan udara dingin juga dapat membantu mempertahankan bentuk rambut jika anda memiliki gaya rambut tertentu, seperti poni atau rambut lurus yang ditekuk ke dalam.

Baca Juga:  10 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut Agar Lebih Sehat

2. Pakai Pembungkus Rambut

Pakai Pembungkus Rambut
Photo by Piacquadio on Pexels

Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa memakai pembungkus rambut juga dapat dijadikan salah satu cara meluruskan rambut keriting dengan cepat dan hasilnya permanen. Anda bisa melakukan cara ini menggunakan kain khusus untuk mendapatkan hasil lebih maksimal. Cara ini biasanya dilakukan ketika tidur, jadi ada banyak manfaat lain yang didapatkan.

Selain membuat rambut lurus, cara ini juga dapat mencegah kerusakan rambut akibat gesekan dengan bantal atau bahan yang kasar. Mencegah rambut kusut saat tidur dan mempermudah proses styling di pagi hari juga termasuk manfaatnya. Ada beberapa jenis pembungkus rambut yang bisa digunakan, misalnya scarf, bonnet, atau satin cap.

3. Oleskan Minyak Esensial

Oleskan Minyak Esensial
Image by Youprobablyneedahaircut.com

Memang tidak ada bukti ilmiah bahwa minyak esensial dapat membuat rambut keriting menjadi lurus. Namun ada baiknya anda mencobanya, karena ada banyak kandungan penting di dalamnya. Apabila memang hasilnya tidak bisa membuat rambut lurus, paling tidak anda mendapatkan manfaat rambut sehat dan lembap karena kandungan di dalamnya.

Minyak esensial adalah senyawa yang diambil dari bahan tumbuhan dan memiliki aroma yang khas. Salah satunya adalah minyak kelapa yang dapat membantu menjaga kelembapan rambut, melindungi rambut dari kerusakan, dan memperbaiki rambut yang rusak. Contoh lain adalah minyak lavender yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kebotakan.

Sampo Pelurus Rambut Keriting Pria & Wanita 100% Ampuh

4. Menggunakan Sisir yang Bergigi Jarang

Menggunakan Sisir yang Bergigi Jarang
Image by Hk01.com

Cara meluruskan rambut keriting selanjutnya adalah menggunakan sisir yang bergigi jarang. Meski cara ini tidak bisa dikatakan cepat, namun hasilnya dianggap permanen. Selain dapat meluruskan rambut, metode ini juga memberikan banyak manfaat lainnya. Contohnya adalah merapikan rambut yang kusut tanpa menarik dan merusaknya.

Sisir bergigi jarang memiliki jarak antar gigi yang lebih lebar daripada sisir biasa. Apabila rambut anda kusut, maka silahkan menggunakan jari untuk menyisir dan memisahkannya terlebih dahulu. Baru kemudian anda bisa menggunakan sisir bergigi jarang untuk menyelesaikan tata rambut supaya semakin sempurna.

Baca Juga:  15 Model Potongan Rambut Pendek Wanita yang Paling Hits

5. Pakai Masker Rambut Berbahan Alami

Pakai Masker Rambut Berbahan Alami
Image by Etsy.com

Masker rambut berbahan alami bisa menjadi pilihan yang baik untuk merawat rambut anda dan juga untuk meluruskan rambut. Beberapa bahan alami yang sering digunakan sebagai masker salah satunya adalah minyak kelapa. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa ke seluruh rambut, lalu biarkan selama 30 menit sebelum dicuci bersih.

Bahan alami lainnya yang dapat dijadikan masker untuk meluruskan rambut keriting yaitu yogurt. Kandungannya adalah protein yang dapat membantu memperkuat rambut. Gunakan yogurt dengan mencampurkan beberapa tetes minyak esensial, seperti lavender atau peppermint. Oleskan campuran yogurt ke seluruh rambut dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas bersih.

6. Oleskan Lidah Buaya

Oleskan Lidah Buaya
Image by Briliobeauty.net

Untuk mengganti bahan kimia sebagai pelurus rambut, anda bisa mencoba lidah buaya. Saat ini memang belum ada bukti ilmiah, namun setidaknya ada segudang manfaat yang anda dapatkan. Lidah buaya memiliki sifat pelindung, melembapkan, dan mengurangi kerusakan rambut jika digunakan secara teratur dan sesuai porsi yang dibutuhkan.

Tumbuhan dengan nama lain aloe vera ini mengandung enzim proteolitik, fungsinya untuk membantu membersihkan kulit kepala dan folikel rambut dari sel-sel kulit mati. Asam amino di dalamnya sangat efektif untuk memperkuat dan menyehatkan rambut. Bahan ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat baik untuk rambut anda.

7. Gunakan Minyak Zaitun

Gunakan Minyak Zaitun
Image by Sehatq.com

Menggunakan minyak zaitun sebagai salah satu cara meluruskan rambut keriting memang belum terbukti kebenarannya. Namun jika dilihat dari kandungan di dalamnya, manfaat ini bisa saja anda dapatkan dengan pemakaian teratur. Minyak zaitun mengandung asam lemak esensial yang membantu menjaga kelembaban alami rambut dan membuatnya terlihat lebih sehat.

Bahan ini juga mengandung vitamin E sebagai antioksidan yang membantu melindungi rambut dari kerusakan lingkungan. Senyawa polifenol di dalamnya memiliki sifat anti-inflamasi, manfaatnya membantu menjaga kulit kepala dan mencegah kerontokan. Semua kandungan diatas memang sangat bagus untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut, namun belum terbukti untuk meluruskan.

8. Cara Meluruskan Rambut Keriting dengan Pisang

Cara Meluruskan Rambut Keriting dengan Pisang
Image by Wikihow.com

Pisang memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan rambut untuk membuatnya tetap sehat alami. Siapa sangka bahwa buah yang rasanya manis ini juga dapat digunakan untuk meluruskan rambut keriting. Bahkan ada banyak manfaat lain yang anda dapatkan, salah satunya yaitu membuat rambut lebih halus, lembap, dan mengurangi kerusakan akibat polusi.

Baca Juga:  10 Merk Shampo Terbaik untuk Memanjangkan Rambut

Cara meluruskan rambut keriting menggunakan pisang sangat mudah, anda pun pasti bisa melakukannya. Siapkan satu buah pisang matang, kemudian haluskan hingga matang. Campurkan madu atau minyak kelapa untuk hasil lebih optimal, lalu aduk merata. Oleskan campuran tersebut secara menyeluruh pada rambut, lalu bilas setelah 20 menit.

9. Pepaya dan Madu

Pepaya dan Madu
Image by Journal.sociolla.com

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu membersihkan kulit kepala. Sedangkan madu dikenal sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit kepala dan rambut. Perpaduan antara keduanya dipercaya mampu membuat rambut menjadi semakin lurus. Memang saat ini tidak ada bukti ilmiah bahwa rambut keriting bisa lurus dengan kedua bahan ini.

Namun bagi pemilik rambut lurus atau sedikit bergelombang, sudah banyak yang membuktikan khasiatnya. Campuran kedua bahan tersebut membuat rambut semakin lurus, halus, dan sehat alami. Caranya pun sangat mudah, anda hanya perlu mencampurkan keduanya, lalu gunakan sebagai masker dan bilas setelah 15 atau 20 menit.

10. Gunakan Shampo Khusus

Gunakan Shampo Khusus
Image by Hizirmarkt.com.tr

Ada beberapa jenis shampo yang dapat membantu meluruskan rambut keriting, meskipun hasilnya mungkin berbeda untuk setiap individu. Anda harus memperhatikan bahan yang terkandung di dalamnya. Salah satu bahan yang dimaksud adalah keratin yang banyak ditemukan di berbagai produk shampoo di pasaran, harganya pun terjangkau.

Selain bagus untuk meluruskan rambut, bahan ini juga membantu memperkuat rambut hingga ke akarnya. Pastikan juga memilih produk yang mengandung pelembap. Rambut lurus saja tidak cukup tentunya, anda harus membuatnya tetap sehat alami. Bahan pelembap alami yang paling bagus yaitu minyak argan dan minyak kelapa.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai bagaimana cara meluruskan rambut keriting dengan hasil yang permanen. Sebagian besar cara diatas belum terbukti kebenarannya, namun anda tetap bisa mencobanya. Karena kebanyakan berupa bahan alami, paling tidak anda mendapatkan rambut lebih sehat, kuat, dan bebas dari berbagai gangguan rambut yang muncul.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Rafika Ilham

Rafika suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags