10 Shampo Khusus untuk Mengatasi Rambut Rontok

10 Shampo Khusus untuk Mengatasi Rambut Rontok

Selain ketombe, masalah rambut yang menjadi momok bagi setiap orang adalah kerontokan. Rambut rontok sendiri bisa disebabkan berbagai hal, ada yang dari kondisi alami berupa hormon atau faktor usia, ada juga yang disebabkan karena perawatan berlebih. Perawatan yang dimaksud bisa jadi karena penggunaan alat kecantikan, seperti catok atau hair dryer. Jika sudah demikian, artinya anda membutuhkan shampo khusus untuk mengatasi masalah rambut ini.

Sebelum memilih shampoo yang tepat, ada baiknya anda kenali dulu jenis kerontokan rambut. Ada dua yang umum dialami, yakni rambut rontok karena akarnya sudah rapuh, atau karena patah di tengah. Keduanya berbeda, dan membutuhkan perawatan yang berbeda pula.

Masalah rambut rontok tidak boleh dibiarkan karena bisa mengakibatkan kebotakan. Bagi wanita mungkin tidak sampai membuat botak, namun jumlah rambut bisa jadi berkurang dan membuatnya terlihat semakin tipis. Shampoo yang dikhususkan untuk rambut rontok umumnya bekerja dengan memperkuat akar rambut hingga ke bagian dalam. Namun tentunya bukan hanya itu yang dibutuhkan rambut bukan? Oleh sebab itu, sebaiknya anda juga memperhatikan bahan lain yang mendukung dan bisa menutrisi rambut.

Cara Memilih Shampo untuk Mengatasi Rambut Rontok

Image by Klikdokter.com

Langkah tepat untuk mengatasi rambut rontok yakni dengan memilih produk yang tepat. Oleh sebab itu, anda harus tau apa saja yang dilakukan dalam pemilihan salah satu produk shampoo tersebut. Beberapa poin penting dalam hal cara memilih shampo khusus untuk rambut rontok berikut mungkin bisa membantu!

✓ Sesuaikan dengan Kondisi Kulit Kepala

Kondisi kulit kepala yang normal merupakan kabar gembira bagi setiap orang. hal ini dikarenakan anda bisa menggunakan jenis shampoo apapun, baik itu untuk kulit berminyak maupun kering. Berbeda dengan jenis rambut lainnya, ada yang perlu diperhatikan ketka memilih salah satu produk.

Sebut saja untuk rambut kering, anda harus lebih memperhatikan kandungan asam amino di dalamnya. Asam amino berbentuk protein, selain berfungsi untuk melembapkan rambut, juga efektif untuk menyuburkan rambut. Fungsi lain yang tidak kalah penting adalah dapat membuat rambut lebih lembut dan berkilau.

Hampir setiap produk shampoo untuk rambut kering memiliki kandungan yang satu ini. namun semuanya tidak tertulis asam amino di keterangan bahan yang digunakan. Untuk itu, anda juga harus mengenal nama cocoyl dan lauroyl. Keduanya sama, yakni mengandung asam amino cukup kuat untuk membersihkan kulit kepala, menyuburkan dan sekaligus menjaga kelembapan nya.

BACA:  10 Merek Catok Rambut Terbaik & Aman Digunakan

Lain halnya dengan kondisi rambut berminyak, seharusnya anda lebih memperhatikan kandungan berupa tree tea oil atau lemon. Kedua bahan tersebut mampu mengontrol minyak yang diproduksi kulit kepala. Kelenjar minyak akan diserap dan terbuang ketika membilas shampoo saat digunakan.

✓ Pastikan Mengandung Ginseng

Tidak diragukan lagi bahwa ginseng mempunyai manfaat cukup penting untuk mencegah kerontokan rambut. Dari uji klinis yang dilakukan di Korea, ginseng terbukti memberikan kekuatan rambut dengan cara menebalkan rambut dari akar hingga ke ujungnya. Sirkulasi darah juga lancar akibat penggunaan bahan yang mudah di dapat di Korea ini, khusus nya yang menuju folikel rambut.

Dengan demikian, akar rambut tidak akan tersumbat dan membuatnya rapuh sehingga mudah rontok. Kandungan ginseng berupa saponin juga dapat membunuh bakteri yang ada di rambut. Maka jangan heran jika kebanyakan shampoo perawatan rambut menggunakan bahan ginseng.

✓ Perhatikan Bahan Pendukung

Selain bahan utama, setiap produk shampo khusus untuk rambut rontok juga menggunakan bahan pendukung lainnya. Bahan seperti ini baisanya digunakan untuk menambah fungsi utama. Sebagai contoh bahan yang dapat melembapkan rambut adalah Glycerin, Ceramide, Collagen, Hydrolyzed hyaluronic acid, Panthenol dan beberapa senyawa lainnya.

Sedangkan bahan yang dapat merawat kulit kepala sepanjang hari biasanya menggunakan Swertia extract, Garlic extract, Calendula officinalis extract dan masih banyak lagi. Oleh sebab pentingnya bahan pendukung tersebut, sebaiknya anda menanyakan langsung kepada penjualnya tentang fungsi masing-masing agar lebih yakin.

✓ Hindari Kandungan Berbahaya

Tidak menutup kemungkinan produk shampoo yang akan anda pilih mengandung bahan berbahaya yang justru dapat menambah masalah rambut. Bagi anda yang mempunyai kulit sensitif, sebaiknya berhati-hati dan selalu memperhatikan kandungan bahan tersebut. Sebisa mungkin jangan memilih produk dengan aroma sangat kuat, karena bisa jadi hal terebut dikarenakan bahan kimia yang digunakan.

Beberapa bahan kimia yang harus dihindari yakni Isopropil alkohol dengan ciri aroma sangat kuat. Bahkan dalam beberapa kasus, jumlah yang terlalu banyak dapat menimbulkan pusing dan mual. Sama halnya dengan GD&C, bahan tersebut juga harus dihindari karena termasuk bahan pewarna yang dapat menyebabkan iritasi.

Rekomendasi Shampo Khusus untuk Rambut Rontok

Shampo Khusus untuk Rambut Rontok

Image by Sehatq.com

Berdasarkan dari cara memilih shampo khusus untuk rambut rontok diatas, berikut rekomendasi produk yang bisa anda pilih sesuai dengan fungsi dan kebutuhan anda!

1. Pantene Perawatan Rambut Rontok

Pantene Perawatan Rambut Rontok

Image by Pantene.co.id

Sudah tau produk shampoo dengan merek Pantene bukan? Umumnya, Pantene lebih mengutamakan perawatan rambut dengan hasil lembut, berkilau dan mudah diatur. Namun kali ini berbeda, Pantene Perawatan Rambut Rontok diformulasikan khusus untuk mengatasi masalah kerontokan rambut.

Disarankan bagi anda yang aktif diluar ruangan, karena produk dari P&G ini mampu membersihkan partikel yang dapat merusak rambut, terutama debu dan polusi. Dua kandungan utama menjadi andalan bagi produk asal Amerika ini, yaitu Rice Oil Essence dan Pro Vitamin. Bukan rahasia umum jika kedua produk tersebut mampu menguatkan akar rambut, sekaligus membuatnya indah dan mudah diatur.

BACA:  10 Masker Rambut Alami yang Mudah Dibuat di Rumah

2. Fibertherapy Conditioning Shampoo With Aloe & Melon Extract

Image by Blibli.com

Anda terlahir dengan rambut indah alami yang kemudian mengalami masalah kerontokan? Tenang, produk Fibertherapy Conditioning Shampoo With Aloe & Melon Extract dapat mengatasinya. Melon, lidah buaya, dan passiflora plant oil adalah kandungan yang dapat menguatkan rambut dan membebaskannya dari kerontokan.

Ditambah kandungan utamanya dari asam amino yang tidak hanya mampu mencegah kerontokan, namun juga menyehatkan rambut dari akar hingga ke ujung. Produk dari Makarizo berbeda dengan produk lainnya yang biasanya mahal. Hanya dengan 25.000 rupiah, anda bisa mendapatkan kembali rambut indah alami seperti baru pertama kali lahir.

3. Bain Prévention

Image by Facebook.com @IvysClosetfashionShop

Memiliki kulit sensitif bukan berarti menyerah pada produk shampoo khusus untuk rambut rontok. Bain Prévention hadir untuk memenuhi kebutuhan anda yang memiliki jenis kulit tersebut. Merek yang satu ini cukup aman digunakan karena tidak menyebabkan iritasi, bahkan bisa menghilangkan dan menyembuhkannya.

Menggunakan teknologi Système Pro-Actif, yang mana tidak hanya menguatkan rambut, namun juga meregenerasi nya agar tumbuh dengan cepat. Teknologi tersebut juga dapat menghilangkan dan mencegah bakteri pengganggu yang dapat menyebabkan kerontokan. Selain itu, produk dari Kérastase ini juga tanpa menggunakan silikon, jadi aman digunakan jangka panjang.

4. HairlossDefense Shampoo

Image by Image by Agnesoryza.com

Beberapa merek shampoo tidak dianjurkan pemakaian setiap hari karena justru dapat membuat rambut rusak, seperti kusut dan bercabang. Lain halnya dengan HairlossDefense Shampoo dengan kandungan ginseng di dalamnya, anda bisa keramas setiap hari tanpa takut adanya efek samping yang dihasilkan.

Produk asli dari Rudy Hadisuwarno ini juga mengandung Active HL Defense Complex . Kandungan tersebut mampu merawat rambut agar tetap indah dan mudah diatur, pastinya juga tampak berkilau. Adanya pewangi dan pewarna buatan tidak menjadikannya produk yang berbahaya, karena masih dalam batas kewajaran.

5. TRESemmé Scalp Care Shampoo

TRESemmé Scalp Care Shampoo

Image by Review.soco.id

Selain P&G dengan merek dagangnya Pantene, Unilever juga tidak mau ketinggalan dengan produk shampoo perawatan rambutnya. TRESemmé Scalp Care Shampoo cocok digunakan bagi anda yang mengalami masalah rambut rontok, sekaligus berminyak dan berketombe. Cukup menyebalkan, namun anda bisa mengatasinya hanya dengan satu produk seharga 50.000 rupiah ini.

Manfaat tersebut didapat tidak lain karena ada nya dua kandungan utama, yakni ZPTO dan tea tree oil . ZPTO telah terbukti mampu membersihkan zat atau partikel yang menempel di rambut. Sedangkan tea tree oil digunakan untuk melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala, sehingga rambut lebih kuat dan tidak mudah rontok.

BACA:  10 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut Agar Lebih Sehat

6. Natural Extract Shampoo

Image by Lazada.co.id

Bahan utamanya dari ekstrak ginseng yang sudah dibahas sebelumnya. Tanaman herbal tersebut tidak hanya menguatkan rambut hingga ke pori-pori kulit kepala, melainkan juga membersihkannya dari bakteri, debu, dan polusi.

Kelebihan produk dari Natur ini ialah tanpa menggunakan pewarna. Jadi anda menggunakan shampo khusus untuk rambut rontok dari ekstrak ginseng asli. Tentu ada sedikit bahan tambahan yang juga bermanfaat untuk pertumbuhan rambut.

7. Erhair HairGrow Shampoo

Image by Larasatinesa.com

Produk berikutnya bukan hanya untuk wanita, melainkan juga pria yang mengalami masalah kebotakan. Erhair HairGrow Shampoo juga mengandung ekstrak ginseng, tidak perlu dibahas lagi apa manfaatnya. Kandungan lain seperti ekstrak biji labu membantu kinerja ginseng dengan mencegah kerontokan.

Diformulasikan khusus agar nutrisi dan vitamin yang ada pada produk dari ERHA tersebut dapat dengan mudah diserap kulit kepala. Jadi anda tidak perlu memijatnya ketika menggunakan produk shampoo yang satu ini. Cukup pakai dan diamkan beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.

8. Moisturizing Shampoo

Moisturizing Shampoo

Image by Diarysivika.com

Kali ini bukan ginseng yang menjadi bahan utamanya, melainkan buah merah Papua. Produsen Moisturizing Shampoo lebih memilih buah tersebut karena kaya akan kandungan yang dibutuhkan rambut. Katakanlah beta karoten yang dapat menguatkan rambut serta mencegah kerontokan. Bahan tersebut juga mampu mencegah penuaan dini yang biasanya ditandai dengan munculnya uban.

Dipadukan dengan kandungan selenium, omega 3, omega 6, omega 9, seharusnya tanpa pikir panjangan anda langsung menggunakan produk dari Eternaleaf Indonesia ini. Semua bahan tersebut sangat dibutuhkan rambut untuk menjaga kesehatan dan merangsang sel kulit agar lebih cepat dalam pertumbuhan rambut.

9. Hair Nutrition Shampoo

Hair Nutrition Shampoo

Image by Shopee.co.id

Fungsi utamanya memang untuk mengatasi masalah kerontokan rambut, namun anda berhak mendapat bonus fungsi lain dari Hair Nutrition Shampoo. Sebut saja ekstrak madu dan apel yang dapat menutrisi rambut dan menjaga kelembapan nya dari akar hingga batang rambut.

Bonus lain dari kandungan aloe vera yang sangat efektif untuk memperbaiki sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan rambut. Produk dari Green Angelica ini juga dapat melindungi rambut dari radikal bebas dengan adanya kandungan gluthatione.

10. Fall Resist 3x Shampoo

Fall Resist 3x Shampoo

Image by Productreview.com.au

Produk terakhir sebagai rekomendasi utama untuk mengatasi masalah kerontokan rambut ialah Fall Resist 3x Shampoo. Produk dari L’Oreal Paris ini tidak hanya mengatasi, namun juga memelihara agar masalah tidak terulang lagi.

Kandungan bahan yang digunakan difungsikan khusus untuk memelihara dan menguatkan akar, menghaluskan serat rambut, dan juga menumbuhkan nya agar lebih kuat. Jangan heran jika anda merasakan sensasi rambut ringan, lembut dan juga berkilau ketika rutin memakainya.

Rambut rontok? Tentu bukan jadi masalah dengan adanya shampo khusus untuk rambut rontok diatas. Anda tinggal memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan rambut. Sedikit tambahan tips bagi pemilik kulit kepala sensitif, sebaiknya jangan menggaruk ketika keramas. Hal tersebut bisa jadi menimbulkan iritasi pada kulit kepala.