10 Rekomendasi Vitamin untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

10 Rekomendasi Vitamin untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Menjaga daya tahan tubuh merupakan kunci untuk mencegah datangnya penyakit. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah mengonsumsi vitamin. Sumber vitamin yang paling baik adalah dari makanan, baik berupa sayur, daging, dan buah-buahan. Kekebalan tubuh semakin meningkat apabila disertai olahraga dan istirahat yang cukup.

Membahas mengenai vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh, tentunya kita teringat dengan multivitamin. Saat ini banyak ditemui produk dari berbagai merek, kandungannya pun berbeda. Adanya multivitamin ini tentunya sangat membantu, mengingat tidak semua orang suka dengan jenis makanan bervitamin.

Sebagai contoh yaitu vegetarian, dimana memakan daging merupakan pantangan yang tidak boleh dilakukan. Selain itu, kesibukan untuk melakukan olahraga mungkin membutuhkan waktu yang tidak dimiliki semua orang. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui jenis vitamin apa saja yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Jenis Vitamin Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Jenis Vitamin Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh
Image by 24bursa.com

Sebelum membahas rekomendasi produk vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh, sebaiknya anda menyimak terlebih dahulu jenis vitamin apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh. Tujuannya agar anda tidak salah dalam memilih produk, karena masing-masing memiliki kandungan berbeda yang berakibat fungsi utamanya pun berbeda.

✦ Vitamin A

Jenis vitamin pertama yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga daya tahan adalah vitamin A. Selain menjaga daya tahan tubuh, vitamin ini sangat baik untuk kesehatan mata. Fungsi lainnya yakni untuk pembelahan sel, pertumbuhan tubuh, dan menguatkan sistem reproduksi. Jenis vitamin ini juga baik untuk kesehatan paru-paru sebagai penyuplai oksigen.

Meski bukan sebagai fungsi utama, kesehatan tulang dan gigi pun terjaga dengan mengonsumsi nya secara rutin. Vitamin A bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan, pada umumnya adalah wortel dan tomat. Tetapi ada lagi sumber yang tidak kalah baiknya, yaitu kuning telur, ikan salmon, keju, dan susu.

✦ Vitamin B 1

Semua jenis vitamin emang telah kita kenal baik karena sudah didapatkan semenjak kecil. Selain vitamin A, pastinya anda mengenal vitamin B. Tetapi apakah mengetahui manfaat dari jenis vitamin ini? Fungsi utamanya adalah memecah nutrisi menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas sehari-hari.

Mengonsumsi vitamin B1 secara rutin sangat baik untuk mencegah berbagai macam penyakit. Adapun manfaat lain yang didapatkan selain menjaga daya tahan tubuh adalah mengurangi stres, kecemasan, hingga mencegah penyakit kanker kulit. Untuk usia anak, jenis vitamin ini sangat bagus untuk perkembangan otak.

BACA:  10 Suplemen Vitamin C yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh

✦ Vitamin C

Jenis vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh berikutnya yaitu vitamin C. Sangat familiar tentunya, karena vitamin ini banyak terdapat pada buah-buahan, yang paling banyak adalah buah jeruk. Kandungan penting yang ada di dalam vitamin C yakni antioksidan. Bukan hanya menguatkan imunitas, tetapi bagus juga untuk kesehatan kulit.

Mengonsumsi vitamin C secara rutin membuat tubuh tidak mudah jatuh sakit. Selain itu, vitamin ini mampu menguatkan pembuluh darah lebih baik, sehingga peredaran darah lebih lancar. Jangan heran apabila dokter menyarankan makanan yang mengandung tinggi vitamin C, karena manfaat lain yang didapatkan adalah menyembuhkan luka lebih baik.

✦ Vitamin D

Salah satu untuk menguatkan sistem imun adalah dengan meningkatkan kekuatan tulang. Dalam hal ini, vitamin D sangat baik untuk keperluan ini. Peran pentingnya untuk membantu menyerap kalsium dalam tubuh. Jenis vitamin ini banyak ditemui pada makanan berupa daging, misalnya ikan salmon, tuna, dan ikan haring.

✦ Vitamin E

Bagi anda yang saat ini sudah tidak bisa lagi dikatakan muda, mengonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin E sangat disarankan. Vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh ini banyak ditemui pada makanan berjenis biji-bijian. Misalnya biji bunga matahari, minyak almond, biji gandum, dan kacang-kacangan.

Kemampuan unik dari jenis vitamin ini yakni menangkal radikal bebas karena kandungan antioksidan yang tinggi. Fungsi lainnya yang tidak kalah penting adalah menguatkan otot dan membentuk sel darah merah. Kekurangan vitamin E bisa berakibat fatal, salah satunya susah bergerak dan tidak dapat beraktivitas seperti biasanya.

✦ Seng atau Zinc

Meski bukan sebagai salah satu jenis vitamin, namun fungsi dari zinc sangat bagus untuk menjaga imunitas tubuh. Jenis mineral ini mampu mengaktifkan sel darah putih, yang mana sangat berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meski demikian, anda tidak mengonsumsi nya berlebihan, sebaiknya tidak lebih dari 40 per hari.

✦ Vitamin K

Peran vitamin K dalam menjaga daya tahan tubuh hampir sama dengan vitamin D. Tetapi kali ini lebih bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang. Caranya sama, yakni dengan menyerap lebih baik kalsium yang ada di dalam tubuh. Supaya mendapatkan manfaat maksimal, anda pun harus mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi.

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K terbukti mampu mencegah osteoporosis atau tulang keropos. Manfaat lain yang didapatkan yaitu mempercepat penyembuhan luka dengan membantu proses pembekuan darah. Vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh ini banyak ditemui pada sayuran, seperti bayam dan brokoli.

✦ Vitamin B2

Selain vitamin B1, tubuh juga membutuhkan vitamin B2 atau yang dikenal dengan riboflavin. Meski sama-sama dari turunan vitamin B, namun ada perbedaan dari fungsinya. Jenis vitamin ini mampu meningkatkan energi dengan mengubah karbohidrat melalui proses metabolisme. Manfaat lainnya yakni mencegah anemia dan sekaligus mengobatinya.

BACA:  10 Suplemen Vitamin C yang Aman untuk Ibu Hamil & Menyusui

Tidak hanya itu, jenis vitamin ini juga baik untuk menjaga kesehatan rambut, menutrisi ibu hamil, dan mencegah katarak. Tidak sulit menemukan sumber makanan yang mengandung vitamin B2. Anda dapat mengonsumsi gandum, jamur, dan produk susu. Sebagian jenis daging juga mengandung vitamin B2, namun jenis yang tidak berlemak.

✦ Vitamin B3

Vitamin B3 merupakan salah satu jenis dari vitamin B kompleks, seperti hanya vitamin sebelumnya. Dikenal juga dengan Niacin, fungsi utamanya adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Pembentukan sel saraf dan melancarkan sistem pencernaan merupakan fungsi lain yang didapatkan apabila anda mengonsumsi nya secara rutin.

Bukan berarti kurang berperan dalam menjaga daya tahan tubuh, kenyataannya justru sebaliknya. Salah satu akibat kekurangan vitamin B3 yakni mudah lelah, depresi, dan bahkan menyebabkan muntah. Ketika tubuh mudah lelah, artinya daya tahan kurang baik yang berakibat mudah terserang penyakit.

✦ Vitamin B6

Dari semua jenis vitamin B kompleks yang disebutkan diatas, vitamin B6 tergolong yang paling banyak memiliki manfaat. Bagaimana tidak, hanya dengan jenis vitamin ini saja, anda mendapatkan manfaat menguatkan otak, meningkatkan metabolisme protein, dan mencegah penyakit jantung.

Dari semua fungsi yang disebutkan, yang paling penting untuk menjaga daya tahan tubuh adalah menambah energi. Dengan adanya energi di dalam tubuh, otomatis seseorang dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyehatkan. Vitamin B6 mudah didapatkan dari berbagai dari berbagai jenis makanan, pisang, ikan, sayur, adalah beberapa diantaranya.

Rekomendasi Produk Vitamin untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Produk Vitamin Menjaga Daya Tahan Tubuh
Image by Halodoc.com

Jenis vitamin dan mineral yang disebutkan diatas memang belum semuanya, tetapi sebagian besar produk memiliki kandungan tersebut. Karena banyak sekali produk yang akan anda temui di pasaran, berikut kami sampaikan beberapa rekomendasi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh agar lebih optimal!

1. Renovit Multivitamin & Mineral

Renovit Multivitamin & Mineral
Image by Bukalapak.com

Renovit tergolong salah satu produk multivitamin yang memiliki kandungan cukup lengkap. Satu tablet berbagai jenis vitamin, mula vitamin A, vitamin B kompleks, dan hingga vitamin C, D, dan E. Kandungan lain yang efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh berupa mineral. Adapun jenis mineral yang dimaksud yaitu kalsium, magnesium, hingga zat besi.

2. Enervon-C

Enervon-C Multivitamin Tablet
Image by Enervon.co.id

Pastinya anda mengenal produk vitamin kali ini, nama Enervon-C tidak terlalu asing di telinga berkat usahanya mengiklankan di media televisi nasional. Sesuai namanya, produk ini mengandung tinggi vitamin C yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan lain berupa mineral, diantaranya Niacinamide, dan kalsium pantotenat.

3. Wellness Multivitamin/Mineral 2-A-Day

Wellness Multivitamin Mineral 2-A-Day
Image by Biggo.id

Meski harganya tergolong cukup mahal, namun manfaat Wellness Multivitamin sudah terbukti. Semua jenis vitamin yang disebutkan diatas terkandung di dalamnya, mulai dari vitamin A hingga vitamin K, termasuk vitamin B kompleks. Vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh ini memiliki kandungan antioksidan tinggi sebagai penangkal radikal bebas.

BACA:  10 Suplemen Vitamin C yang Aman untuk Ibu Hamil & Menyusui

4. Pharmaton Formula 10s Multivitamin

Pharmaton Formula 10s Multivitamin
Image by Tokopedia.com

Berikutnya ada Pharmaton Formula 10s Multivitamin yang juga baik untuk menguatkan sistem imun. Kandungan yang tidak dimiliki oleh produk multivitamin lainnya yakni ginseng. Kandungan ini mampu memberikan energi lebih dari 55% dibandingkan produk lainnya. Terlebih ada 11 vitamin dan 8 mineral penting yang dibutuhkan tubuh.

5. Imboost Force

Imboost Force
Image by Medicastore.com

Imboost Force memang tidak terlalu dikenal dibandingkan produk sebelumnya. Namun dalam hal manfaatnya dijamin tidak kalah dengan lainnya. Produk ini mengandung echinacea purpurea herb dry extract dan black elderberry fruit dry extract. Semua kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga dan menguatkan sistem imun.

6. Blackmores Bio ACE Excell

Blackmores Bio ACE Excell
Image by Blibli.com

Kandungan vitamin yang terdapat pada Blackmores Bio ACE Excell diantaranya adalah vitamin A, C, dan E sehingga dapat menjaga kesehatan Anda. Untuk kandungan lainnya berupa mineral, seperti Selenium, Grape seed, dan Milk thistle. Sebagian vitamin tersebut mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk menangkal radikal bebas.

7. Nutrimax C Plus Phytogreen Adult

Nutrimax C Plus Phytogreen Adult
Image by Biggo.id

Produk vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh berikutnya adalah Nutrimax C Plus Phytogreen Adult. Kelebihan utama dari produk ini terbuat dari bahan alami. Di dalamnya terdapat berbagai macam jenis sayuran yang di ekstrak. Selain memperkuat sistem imun, multivitamin ini juga baik untuk melancarkan pencernaan.

8. Nature’s Way Complete Daily Multivitamin with Antioxidants

Nature’s Way Complete Daily Multivitamin with Antioxidants
Image by Bukalapak.com

Nature’s Way merupakan produk yang multifungsi. Bukan hanya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, namun juga memberikan tambahan energi. Manfaat ini didapatkan dari kandungannya yang cukup lengkap, baik berupa vitamin maupun mineral. Produk ini cocok dikonsumsi anak-anak, namun tidak disarankan untuk ibu hamil.

9. Hemaviton Stamina Plus

Hemaviton Stamina Plus
Image by Lazada.co.id

Menjaga daya tahan tubuh supaya tidak mudah terkena penyakit sebenarnya sangat mudah. Ada banyak multivitamin yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti makanan. Selain yang telah disebutkan diatas, Hemaviton Stamina Plus juga termasuk diantaranya. Produk ini mengandung berbagai vitamin, juga mengandung ekstrak guaranine dan l-glutamic acid.

10. Youvit Gummy Multivitamin

Youvit Gummy Multivitamin
Image by Rimma.co

Mengonsumsi multivitamin tidak harus repot, Youvit Gummy memberikan solusi yang praktis. Produk ini dikemas dalam bentuk permen sehingga dapat dikonsumsi langsung tanpa minuman. Kandungan vitaminnya cukup lengkap, tidak jauh berbeda dengan produk sebelumnya. Untuk jenis mineral nya yang berbeda, yaitu selenium dan iodium.

Itulah beberapa jenis vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh yang perlu anda ketahui. Rekomendasi produk diatas hanya untuk memudahkan anda dalam menentukan pilihan. Karena ada fungsi tambahan, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, jangan lupa istirahat yang cukup dan olahraga rutin.