5 Rekomendasi Vitamin B Complex yang Bagus

5 Rekomendasi Vitamin B Complex yang Bagus

Pentingnya memenuhi kebutuhan vitamin bagi tubuh sudah seharusnya dilakukan oleh setiap orang. Selain vitamin C, vitamin B complex memiliki peran penting untuk menjaga fungsi atau organ tubuh supaya berjalan dengan semestinya. Jenis vitamin ini merupakan stimulus yang mampu mengubah makanan menjadi bahan bakar yang nantinya digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Dinamakan complex karena jenis vitamin ini terdiri dari berbagai turunan vitamin B. Lebih tepatnya ada 8 jenis, yaitu vitamin B1,B2, dan B3. Jenis lainnya adalah vitamin B5, B6, B7, B9, dan B12. Setiap jenis memiliki fungsi masing-masing, andun semuanya diperuntukkan untuk kesehatan tubuh.

Jenis vitamin ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, jadi anda harus mendapatkannya dari sumber luar. Sumber luar yang dimaksud salah satunya adalah makanan, seperti ikan salmon, tuna, kerang, telur, dan jenis daging merah. Namun angkanya tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan suplemen yang ditemui di toko obat atau apotek.

Manfaat vitamin B Complex Berdasarkan Jenisnya

Manfaat vitamin B Complex Berdasarkan Jenisnya
Image by Jovee.id

Sebelum memberikan rekomendasi vitamin B complex yang bagus, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Dikarenakan terdiri dari banyak turunan vitamin B, maka yang akan kita ulas kali ini berdasarkan jenisnya.

1. Manfaat Vitamin B1

Vitamin B1 dikenal juga sebagai Tiamin, yakni sejenis vitamin yang mudah larut dalam air. Pada umumnya, jenis ini didapatkan dari makanan dan suplemen. Daging, ikan, dan biji-bijian, dan hewan laut bercangkang merupakan beberapa jenis makanan yang banyak mengandung vitamin B1.

Mengonsumsi makanan tersebut membantu perkembangan, pertumbuhan, dan juga memperbaiki fungsi tubuh. Manfaat lain yang didapatkan adalah mengubah makanan berupa karbohidrat menjadi energi. Bukan hanya itu saja, vitamin B1 terbukti menjaga kesehatan otak dan sistem saraf.

2. Fungsi Vitamin B2

Fungsi utama vitamin B2 atau yang dikenal dengan riboflavin yakni untuk kesehatan mata, menjaga fungsi saraf, dan untuk kesehatan kulit. Manfaat lain adalah untuk mengubah makanan menjadi energi yang dijadikan aktivitas sehari-hari. Dari manfaat yang disebutkan, paling penting adalah memproduksi sel darah merah.

3. Vitamin B3

Sebagai vitamin yang mudah larut dalam air, tidak perlu takut akan kelebihan salah satu jenis vitamin B complex ini. Kelebihan vitamin B3 nantinya akan dibuang melalui urine dan keringat. Nama lainnya adalah niasin dengan banyak manfaat penting, diantaranya meningkatkan fungsi enzim, fungsi pencernaan, dan untuk memproduksi hormon kortisol.

BACA:  10 Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang Mudah Dilakukan

4. Vitamin B5

Daging, susu, dan brokoli adalah beberapa makanan penghasil vitamin B5. Disebut sebagai asam pantotenat, jenis vitamin ini memiliki manfaat memecah lemak menjadi energi. Selain itu, manfaat lain yang didapatkan yakni meningkatkan produksi sel darah merah dan kolesterol baik dalam tubuh.

Vitamin B6
Image by Doktersehat.com

5. Vitamin B6

Sedikit berbeda manfaat dari jenis vitamin B lain yang telah disebutkan diatas. Kali ini manfaatnya lebih kepada perlindungan diri, seperti menghasilkan insulin dan melawan infeksi. Vitamin B6 atau lebih dikenal sebagai piridoksin mudah didapatkan dari buah dan kacang-kacangan. Fungsi lain yang didapatkan adalah untuk meningkatkan produksi asam amino non-esensial.

6. Vitamin B7

Biotin adalah nama lain dari vitamin B7 yang juga termasuk jenis vitamin B complex. Manfaatnya hampir mirip dengan vitamin B1, yakni mengubah karbohidrat, protein, dan lemak menjadi energi. Tentunya ada manfaat lain yang perlu anda ketahui, yaitu untuk pertumbuhan tulang dan rambut.

7. Manfaat Vitamin B9

Apabila anda mengenal asam folat, itulah nama lain dari Vitamin B9. Sudah banyak yang tahu bahwa vitamin ini sangat dibutuhkan ibu hamil. Fungsi utamanya membentuk tulang belakang dan merangsang pertumbuhan otak. Namun bukan berarti bagi yang tidak hamil tidak membutuhkannya. Manfaat lain untuk usia dewasa normal yaitu membantu memproduksi sel darah merah.

8. Fungsi Vitamin B12

Manfaat penting dari Vitamin B12 adalah untuk membentuk sel darah merah. Jenis ini dikenal dengan Cobalamin yang bisa didapatkan dari daging, kerang, susu dan segala jenis produknya. Fungsi yang tidak kalah penting yakni sebagai metabolisme protein dan mencegah terjadinya anemia.

Tips Memilih Vitamin B Complex yang Bagus

Tips Memilih Vitamin B Complex yang Bagus
Image by Productnation.co

Banyak jenis vitamin B complex yang bagus di pasaran, setiap produk mengandung komposisi jenis vitamin yang telah disebutkan. Sebagian merasa terbantu dengan banyaknya produk yang tersedia, sebagian lagi mugkin justru kebingungan. Oleh sebab itu, berikut kami berikan sedikit tips sebagai bahan pertimbangan!

✦ Ketahui Komposisi Produk

Meskipun semua produk suplemen mengandung kedelapan vitamin B yang disebutkan, namun komposisinya berbeda. Sebut saja untuk vitamin B1 sebanyak 2 mg, vitamin B2 dengan takaran 5 mg, dan sebagainya. Mengetahui komposisi sangat penting untuk mendapatkan tujuan utama dalam pembelian atau pemakaian jenis vitamin yang dimaksud.

Misalkan jika tujuan anda untuk menangkal radikal bebas, maka sebaiknya memilih suplemen yang mengandung vitamin B3 lebih tinggi. Lain halnya jika saat ini kondisi anda sedang hamil, sebaiknya pilih produk dengan kandungan vitamin B9 dan vitamin B12 yang lebih dominan. Tujuan lain bisa disesuaikan sendiri dengan melihat manfaat masing-masing yang telah disebutkan.

BACA:  Mengenal Behel Gigi: Jenis, Prosedur, Manfaat & Resiko

✦ Sesuaikan Dosis dengan Kebutuhan

Manfaat lain dari mengetahui komposisi produk yakni untuk mendapatkan dosis tepat sesuai kebutuhan tubuh. Seperti yang diketahui, setiap orang membutuhkan dosis yang berbeda. Contohnya adalah bagi wanita dengan jumlah 1,1 mg vitamin B1, dan B2, 14 mg vitamin B3, dan 5 mg vitamin B5.

Kebutuhan semakin meningkat bagi wanita hamil dan menyusui. Bagi pria, kebutuhan suplemen vitamin B complex sedikit lebih tinggi dari wanita. Sedangkan untuk anak-anak dipastikan lebih rendah, meskipun tidak terpaut jauh. Ada baiknya jika anda konsultasi dengan dokter untuk masalah ini supaya lebih jelas.

✦ Pastikan Produknya Aman

Tips selanjutnya adalah memastikan bahwa produk yang dipilih benar-benar aman. Silahkan lihat apakah suplemen tersebut mengantongi izin dari BPOM. Seperti yang diketahui, setiap produk yang terdaftar di BPOM dipastikan aman dikonsumsi, tentunya dengan penggunaan dosis sesuai anjuran.

Meskipun tidak wajib, sebaiknya periksa juga apakah produk tersebut memiliki sertifikat dari GMP (Good Manufacturing Practice). Lembaga tersebut memastikan bahwa setiap produk bisa dikatakan aman, mulai dari mendapatkan bahan baku, produksi, hingga proses distribusi. Untuk tanggal kedaluarsa juga penting diperhatikan dan pastikan jauh dari tanggal pembelian.

Rekomendasi Vitamin B Complex yang Bagus

Setelah mengetahui manfaat dan tips memilihnya, saatnya kami berikan beberapa rekomendasi vitamin B complex yang bagus. Pemilihan berdasarkan manfaat utamanya, kandungan lain di dalamnya, dan kisaran harga.

1. Mega B Complex

Rekomendasi Vitamin B Complex yang Bagus
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Mega B Complex dikenal sebagai multivitamin untuk memenuhi kebutuhan vitamin B bagi tubuh. Produk ini dikeluarkan oleh Wellness, salah satu perusahaan farmasi ternama dan selalu memberikan hasil memuaskan. Bukan hanya mengandung delapan jenis vitamin B yang dibutuhkan tubuh, namun juga nutrisi yang dikenal sebagai Kolina.

Menurut National Institutes of Health, Kolina berfungsi untuk meningkatkan daya ingat dan perkembangan sistem saraf. Suplemen ini terdaftar resmi di BPOM sehingga aman dikonsumsi. Harganya lumayan mahal, sekitar 250.000 untuk 1 botol dengan isi 30 butir. Bentuk suplemen ini tablet dan harus diminum bersama air dengan dosis 1 butir per hari.

2. Becom-Zet

Rekomendasi Vitamin B Complex yang Bagus
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Ditawarkan dengan harga sekitar 27.000, Becom-Zet bisa dijadikan pilihan utama untuk memenuhi kebutuhan vitamin B bagi yang ingin harga terjangkau. Bahkan bukan hanya vitamin B, namun juga berbagai jenis nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Sebut saja vitamin E, C, dan Zinc dengan fungsi masing-masing.

Vitamin E mengandung antioksidan tinggi yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Sedangkan vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit. Zinc sendiri berperan untuk menguatkan tulang dan menyehatkan rambut serta kuku. Produk dari Sanbe Farma ini juga telah mengantongi izin BPOM.

BACA:  15 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

3. Multi B Performance

Multi B Performance
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Blackmores merupakan merek suplemen ternama dari Australia dengan bahan berkualitas tinggi. Selain suplemen vitamin C, produsen yang sama juga memperkenalkan suplemen vitamin B complex yang mungkin cocok sebagai pilihan utama anda. Harganya memang cukup mahal, sekitar 280.000 untuk kemasan botol isi 30 tablet, namun manfaat yang didapatkan begitu nyata.

Kelebihan utama dari Multi B Performance yakni terdapat kandungan dari ekstrak passion flower dan oat. Kedua kandungan tersebut dipercaya mampu membuat pikiran lebih rileks sehingga tidur lebih berkualitas. Bukan hanya itu saja, produk yang terdaftar di BPOM ini mengadung berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin C, vitamin E, kalium, kalsium, dan magnesium.

4. Berocca Performance

Berocca Performance
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Tidak semua orang bisa mengonsumsi suplemen berupa tablet yang diminum dengan air. Sebagian ada yang kesulitan sehingga membuat beberapa produsen memberikan alternatif tablet effervescent. Jenis tablet ini larut dalam air dan tidak perlu mengaduknya sebelum diminum. Cukup masukkan tablet dan biarkan hingga larut sempurna, kemudian silahkan diminum.

Selain mengandung vitamin B kompleks, produk dari Bayer ini juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti kalsium, zinc, kalium, dan vitamin C. Magnesium sendiri lebih berperan untuk kesehatan saraf dan otot. Sedangkan zinc untuk pembentukan dan sekaligus memperkuat tulang. Bisa dikatakan bahwa produk multivitamin ini masih terjangkau, hanya sekitar 65.000 rupiah.

Harga tersebut untuk satu kemasan dengan isi 10 tablet. Harga yang cukup murah tentunya jika dihitung per tablet. Apalagi jika hanya dibutuhkan satu tablet untuk satu hari, sesuai dosis yang dianjurkan. Dalam hal keamanan produk, kali ini juga terdaftar di BPOM.

5. Vitamin B Complex dari Kimia Farma

Vitamin B Complex dari Kimia Farma
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Apabila harga suplemen vitamin diatas masih terlalu mahal, Vitamin B Complex dari Kimia Farma mungkin bisa dijadikan alternatif. Harganya sangat murah, hanya sekitar 20.000 untuk 100 tablet yang dikemas 10 setrip. Produk ini terdaftar di BPOM, seperti halnya produk Kimia Farma lainnya.

Suplemen ini hanya sebagai alternatif bagi anda yang ingin mendapatkan asupan vitamin B selain dari makanan. Satu butir tablet hanya terdapat vitamin B1, B2, B3, B5, dan B6, jadi tidak terlalu lengkap. Selain itu tidak ada kandungan lain seperti halnya produk diatas. Meski demikian, semua kandungan tersebut sangat penting dengan fungsi masing-masing.

Itulah sedikit rekomendasi vitamin B complex yang bisa anda pertimbangkan. Pastikan memilih produk sesuai kebutuhan tubuh dan budget yang dimiliki. Jika masih belum ada yang cocok, gunakan tips diatas sebagai panduan untuk memilih produk suplemen lainnya.