10 Alat Pembersih Telinga Terbaik & Aman Digunakan

10 Alat Pembersih Telinga Terbaik & Aman Digunakan

Dalam hal membersihkan telinga, penggunaan cotton bud atau ear candle sebaiknya dihindari. Sebagai gantinya, ada alat pembersih telinga terbaik dan aman digunakan. Seperti yang diketahui, cara membersihkan telinga dengan cotton bud memiliki risiko kotoran semakin masuk kedalam. Sedangkan penggunaan ear candle bisa jadi mengakibatkan luka bakar atau abu pembakaran yang masuk ke lubang telinga.

Telinga merupakan salah satu panca indera terpenting dengan fungsi sebagai pendengaran. Gangguan pada telinga bisa mengakibatkan berkurangnya pendengaran atau infeksi karena kotoran. Tentunya hal ini berlaku jika and tidak rutin dalam membersihkannya. Sayangnya, membersihkan telinga tidak boleh dilakukan dengan alat sembarangan.

Contoh yang salah dan menjadi kebiasaan adalah menggunakan cotton bud. Padahal cara tersebut tidak aman dengan alasan yang telah disebutkan tadi. Saat ini, banyak tersedia alat khusus yang berfungsi untuk membersihkan telinga. Sebagian alat bahkan bisa digunakan untuk meredakan rasa gatal yang terjadi di dalam telinga.

Cara Memilih Alat Pembersih Telinga

Cara Memilih Alat Pembersih Telinga
Image by Alodokter.com

Sebelum memberikan rekomendasi alat pembersih telinga terbaik yang aman, sebaiknya kita bahas dulu mengenai tips dalam memilihnya. Hal ini penting karena anda akan menemukan berbagai alat di pasaran. Tidak sedikit orang yang dibuat bingung dalam memilih salah satunya. Ole sebab itu, perhatikan tips atau cara berikut sebelum menentukan pilihan!

✦ Sesuaikan dengan Ukuran Telinga dan Kotoran

Menggunakan sebuah alat tentunya harus diperhatikan dalam hal kenyamanan. Pada umumnya, ukuran telinga satu rang dengan orang lainnya berbeda. Sebagai langkah awal, pastikan anda memilih yang sesuai dengan ukuran telinga. Ukuran telinga juga menentukan kotoran bisa keluar dengan mudah atau tidak. Biasanya, lubang telinga yang kecil lebih susah keluar daripada yang lebih besar.

Selain itu, pilih alat pembersih telinga sesuai dengan jenis kotorannya. Perlu diketahui, kotoran telinga terdiri dari dua macam, yakni basah dan kering. Ketika anda membersihkan kotoran kering dan mengeras, ada baiknya menggunakan alat dengan bentuk mirip spatula dengan tekstur keras dan kaku.

Lain halnya jika kotoran yang ingin diambil termasuk jenis basah, silahkan menggunakan kepala tipe sekrup. Alat ini memiliki permukaan dengan sudut 360 derajat, jadi sangat memungkinkan untuk membersihkan seluruh permukaan bagian dalam telinga. Jika anda tidak tau jenis kotoran di dalam telinga, ada baiknya menggunakan bentuk spiral karena bisa digunakan untuk kedua jenis kotoran yang dimaksud.

BACA:  10 Cara Merawat Miss V Secara Alami Agar Tetap Sehat

✦ Pilih Bahan yang Lembut dan Aman

Alat pembersih telinga terbaik dan aman biasanya menggunakan empat bahan, yaitu kayu, logam, plastik, atau karet. Silahkan pilih salah satunya yang meurut anda aman. Pada umumnya, keempat bahan tersebut aman, namun tetap harus menyesuaikan dengan penggunaan. Untuk logam, bahan tersebut lebih baik digunakan untuk jenis kotoran yang sudah mengeras.

Apabila anda memiliki lubang telinga yang sempit, sebaiknya pilih bahan yang lebih lembut, seperti karet atau plastik. Usahakan tidak memilih alat yang mempunyai ujung lancip karena bisa melukai telinga. Alat dengan kriteria tersebut juga membuat iritasi atau bahkan membuat gendang telinga pecah.

✦ Pastikan Alat Pembersih Telinga Mudah Dibersihkan

Terjadinya gangguan telinga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur. Memilih alat pembersih telinga yang mudah dibersihkan menjadi tips berikutnya yang patut diperhatikan. Tujuannya adalah supaya tidak terjadi infeksi pada telinga. Alat yang dimaksud tergantung dari kepalanya, jika berupa bentuk lurus, cukup menyekanya dengan kain untuk membersihkannya.

Namun tentunya berbeda jika bentuk kepalanya mirip seperti sekrup atau spiral. Tidak cukup membersihkannya dengan hanya mengelap dengan kain. Untuk kedua bentuk ini, anda bisa menggunakan air sebagai cara pembersihan. Lebih baik lagi jika anda menggunakan air hangat atau alkohol dalam membersihkan alat tersebut.

Ada beberapa alat yang menggunakan bahan antibakteri. Jika anda merasa kesulitan dalam membersihkannya, lebih baik pilih dengan bahan ini. selain memperhatikan cara membersihkannya, perlu juga untuk memperhatikan cara penyimpanannya. Tidak sedikit bakteri yang menempel ketika anda menempatkan alat di tempat yang salah.

Alat Pembersih Telinga Terbaik dan Aman

Berbekal tips diatas, kami berikan beberapa rekomendasi alat pembersih telinga terbaik yang aman. Dikatakan aman karena bahan yang digunakan telah teruji klinis dan juga tidak membahayakan. Daftar produk berikut diambil dari berbagai kriteria, diantaranya adalah review dari pembeli, kualitas, dan juga rating yang didapatkan.

1. The Doctor’s Ear Wax Cleaner

The Doctor's Ear Wax Cleaner
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

The Doctor’s Ear Wax Cleaner cukup aman karena banyak dokter spesialis THT yang menyarankan. Produk ini memiliki 3 kepala yang berbeda ukuran, yakni untuk usia bayi, 6 bulan hingga 6 tahun, dan untuk usia 6 tahun ke atas atau dewasa. Bahan yang digunakan terbuat dari silikon sehingga lebih lembut dan tidak menimbulkan iritasi.

Alat yang diproduksi oleh As Seen on TV ini juga dilengkapi dengan lampu LED sebagai penerangan ketika anda membersihkan telinga anak-anak atau orang lain. Dibekali dengan baterai tipe AAA dua biji, tentunya alat ini lebih hemat daya. Menariknya, alat pembersih telinga ini berjalan otomatis, jadi tidak perlu melakukan pergerakan karena bagian kepala memutar searah jarum jam.

2. Wax Vac Ear Cleaner

Wax Vac Ear Cleaner
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Berikutnya ada Wax Vac Ear Cleaner yang juga menjadi rekomendasi untuk membersihkan telinga yang kotor. Harganya cukup terjangkau, sekitar 35.000 rupiah untuk satu set. Tentunya bukan murahan karena kualitasnya terjamin. Dalam satu produk, anda mendapatkan alat dan juga 6 kepala yang berbeda.

BACA:  Suntik Vitamin C: Harga, Manfaat & Efek Samping

Seperti produk yang pertama, bahan yang digunakan terbuat dari silikon sehingga dijamin aman. Kelebihan dari produk ini yakni ada penahan sehingga ujung kepala tidak terlalu masuk ke bagian dalam telinga. Selain itu juga dilengkapi dengan alat pembersih berupa sikat yang bisa digunakan setelah pemakaian.

3. Chestrub Kit

Chestrub Kit
Image by Sales.rocketmedical.com

Apabila anda ingin alat pembersih telinga terbaik yang aman untuk balita, Chestrub Kit sepertinya cocok. Desain yang digunakan khusus untuk anak-anak usia balita dengan membersihkan kotoran telinga secara menyeluruh. Selain itu, alat ini juga mampu menyedot lendir yang terdapat di hidung.

Terdapat dua kepala yang bisa digunakan sesuai dengan tujuannya, yakni spatula dan loop. Untuk bahannya, alat yang diproduksi oleh Ooogiebear menggunakan karet yang di klaim bebas lateks, BPA, dan PVC. Sayangnya, anda harus melakukan secara manual ketika menggunakannya, bukan otomatis seperti kedua produk diatas. Harganya juga terkesan mahal, sekitar 175.000 rupiah untuk satu set.

4. Flashlight Earpick Ear Cleaner

Flashlight Earpick Ear Cleaner
Image by Echodropship.com

Untuk jenis kotoran kering, ada baiknya jika anda menggunakan Flashlight Earpick Ear Cleaner. Bahan yang digunakan dari PC sehingga lebih kuat dan tidak lentur dalam mengambil kotoran. Penutupnya menggunakan perpaduan logam dan aluminium sehingga lebih awet meskipun digunakan setiap hari. Alat ini juga nyaman ketika digunakan karena memiliki genggaman yang pas.

Dengan harga sekitar 45.000 rupiah, anda mendapatkan satu set yang dilengkapi dengan dua kepala. Satu kepala berukuran kecil yang cocok digunakan untuk anak-anak, sedangkan satunya lagi lebih besar yang bisa digunakan untuk dewasa. Alat pembersih telinga terbaik ini dilengkapi dengan lampu LED di ujungnya sehingga membersihkan telinga bisa dilakukan lebih mudah.

5. Ear Pick Cleaner Stainless

Ear Pick Cleaner Stainless
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Dijual dengan harga sekitar 20.000 rupiah, Ear Pick Cleaner Stainless memiliki kelebihan dari desain nya. Pada gagang alat ini dibuat bergerigi sehingga tidak licin saat menggunakannya. Hal ini tentunya bermanfaat bagi anda yang sering ceroboh dalam melakukan pembersihan telinga. Seperti yang diketahui, ketika membersihkan telinga terlalu dalam dapat menyebabkan gangguan seperti pecahnya gendang telinga.

Terdapat dua pilihan kepala yang bisa disesuaikan dengan penggunaan. Kepala berbentuk spatula cocok digunakan untuk membersihkan kotoran yang sudah mengering dan menggumpal. Sedangkan bentuk kepala satunya mirip dengan sekrup yang biasanya digunakan untuk kotoran basah dengan pemakaian bagian luar telinga.

6. Visual USB WiFi LED Light Endoscope with Ear Cleaning Spoon

Visual USB WiFi LED Light Endoscope with Ear Cleaning Spoon
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Jika semua alat pembersih telinga yang telah disebutkan diatas masih belum memuaskan pilihan anda, Visual USB WiFi LED Light Endoscope with Ear Cleaning Spoon tentunya cocok. Produk yang dijual dengan harga sekitar 300.000 ini lebih canggih dari semua produk yang telah disebutkan.

BACA:  Inilah Jenis, Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan

Seperti namanya, terdapat alat yang dikenal dengan kamera endoskop sehingga proses pembersihan telinga bisa dilakukan lebih maksimal. Selain itu, produk ini dilengkapi dengan WiFi Transmitter sebagai panduannya. Terlebih, ada 6 titik atau bagian yang dilengkapi dengan lampu LED sehingga semakin memudahkan aktivitas anda.

7. Pembersih Telinga Smart Swab

Pembersih Telinga Smart Swab
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Selanjutnya ada Smart Swab yang merupakan pembersih telinga manual dengan harga murah. Saat ini, harga pasaran dari alat yang dimaksud sekitar 35.000 rupiah. Semua bahan yang digunakan dari karet, termasuk pada gagang atau pegangannya. Bahan tersebut cukup baik dalam kesehatan telinga tanpa harus melukai bagian kulit.

Bagian ujungnya di desain spiral dengan cara penggunaan yang sangat mudah. Cukup masukkan bagian ujung alat tersebut pada telinga, kemudian putar manual secara perlahan. Selanjutnya, tarik atau keluarkan alatnya dan bersihkan kotoran yang menempel di ujung alat. Sayangnya, produk ini hanya menyediakan satu kepala saja.

8. Alat Pembersih Telinga Elektrik

Alat Pembersih Telinga Elektrik
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Sesuai dengan namanya, alat pembersih telinga terbaik ini berjalan secara otomatis. Tidak perlu menggerakkan tangan ketika menggunakannya. Sistem yang digunakan yakni dengan cara menyedot kotoran yang ada di dalam telinga. Cukup masukkan alat kedalam telinga, biarkan beberapa saat supaya kotoran yang disedot lebih maksimal.

Di toko online, anda bisa mendapatkan produk ini dengan harga mulai 30.000 rupiah. Untuk keamanannya, produk dengan baterai jenis AAA ini menggunakan ujung yang terbuat dari bahan plastik yang elastis dengan tekstur lembut.

9. Ear Wax Picker 7 Pcs

Ear Wax Picker 7 Pcs
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Kelebihan dari Ear Wax Picker 7 pcs adalah dari banyaknya bagian kepala yang mejadi pilihan. Dengan harga 13.000 rupiah, anda mendapatkan 7 macam kepala sesuai dengan fungsi masing-masing. Tentunya harga tersebut sangat murah meskipun alat ini bekerja secara manual. Apalagi bahan yang digunakan terbuat dari stainless steel yang lebih kuat dan tahan lama.

10. Korek Kuping LED Lampu Senter

Korek Kuping LED Lampu Senter
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Diperlukan ketelitian dan kehati-hatian dalam membersihkan telinga. Salah satu caranya yakni menggunakan penerang ketika melakukannya. Untungnya, saat ini banyak tersedia alat yang dilengkapi dengan lampu penerangan, salah satunya adalah Korek Kuping LED Lampu Senter.

Alat ini mempunyai dua jenis kepala yang berbeda dan bisa digunakan sesuai dengan ukurannya. Menggunakan baterai AA yang lebih kecil sehingga tidak boros dalam pemakaiannya. Ujung kepala terbuat dari stainless steel sehingga alat ini lebih cocok digunakan untuk jenis kotoran kering.

Alat pembersih telinga terbaik yang aman diatas hanya rekomendasi dari kami. Dalam hal memilihnya, pastikan anda menggunakan tips yang telah diberikan diatas. Perlu diketahui, alat tersebut hanya membantu memudahkan pekerjaan, jadi pastikan anda tetap berhati-hati ketika melakukannya.