15 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bahan Alami & Obat

15 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bahan Alami & Obat

Kutu rambut menjadi masalah yang tidak bisa diabaikan, meskipun tidak berbahaya untuk kesehatan. Kutu sendiri merupakan jenis serangga yang tidak memiliki sayap dengan ukuran kecil dan pada umumnya berwarna hitam. Cara menghilangkan kutu rambut bisa menggunakan bahan alami dan juga obat yang bisa didapat di apotek atau toko umum lainnya.

Hampir semua orang pernah mengalami masalah ini, baik dewasa maupun anak-anak. Namun tidak dapat di pungkiri bahwa anak-anak lebih sering mengalaminya. Kutu rambut yang dibiarkan tanpa pengobatan bisa menimbulkan masalah lain, seperti koreng dan infeksi. Gejala awal yang biasanya dialami ketika ada kutu di rambut yakni gatal, meskipun tidak semua gatal mengindikasikan adanya kutu.

Termasuk salah satu hewan parasit, yang artinya kutu menempati rambut untuk mendapatkan makanan dengan cara menghisap darah dari kulit kepala. Cara menghilangkan kutu rambut harus secara total jika tidak ingin mengalaminya lagi beberapa waktu ke depan. Pasalnya, kutu dapat dengan mudah berkembang biak hanya dalam waktu beberapa hari.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Kutu Rambut
Image by Berkeluarga.id

Cara yang pertama bisa menggunakan bahan alami yang banyak ditemui sehari-hari. Bahkan beberapa bahan bisa ditemukan di sekitar rumah yang biasanya digunakan untuk memasak. Untuk selengkapnya, berikut informasi mengenai cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami yang bisa dilakukan di rumah!

1. Cuka

Cuka
Image Credit: Beres.id

Cuka menjadi bahan alami yang dipercaya efektif untuk mengatasi masalah rambut, dalam hal ini adalah kutu. Bahan dapur tersebut mengandung asam asetat degan bau menyengat dan tajam. Cuka juga mengandung senyawa antibakteri yang cukup baik. Dengan alasan itulah cuka dipercaya dapat mengatasi masalah kutu rambut.

Cara menggunakannya sangat mudah, gunakan bahan tersebut dengan cara mengoleskan pada rambut yang bermasalah. Namun ada baiknya jika anda keramas terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Biarkan kurang lebih 10 menit supaya hasilnya maksimal, kemudian bilas rambut hingga bersih menggunakan shampoo.

2. Apel

Apel
Image by M.yemen-saeed.com

Cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami berupa apel mungkin sedikit membuat berantakan. Pasalnya, apel yang digunakan harus ditumbuk atau dihaluskan terlebih dahulu. Cara ini lebih efektif daripada harus mengoleskan buahnya secara langsung. Kandungan air yang terdapat pada buah ini lebih banyak jika di haluskan terlebih dahulu.

Pastikan proses penghalusan apel tidak menggunakan bahan tambahan seperti air. Biasanya cara ini dilakukan ketika anda menggunakan alat blender. Setelah mendapatkan apel yang halus, oleskan menyeluruh pada rambut dan kulit kepala. Jika memungkinkan, tutupi rambut dengan pelindung kepala khusus. Biarkan minimal 10 menit dan silahkan dibilas menggunakan air bersih.

BACA:  15 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

3. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil
Image by Suara.com

Sama halnya dengan cuka, Tea Tree Oil juga mengandung sifat antibakteri yang baik dan pastinya tidak disukai kutu rambut. Saat ini banyak produk perawatan rambut yang menggunakan bahan ini. Selain untuk menghilangkan kutu, dapat melancarkan peredaran darah kulit kepala dan menguatkan rambut.

Jadi selain mendapatkan rambut yang bebas dari gangguan kutu, anda mendapatkan manfaat lain dengan Tea Tree Oil. Cukup gunakan sebagai penyemprot rambut, artinya anda membutuhkan alat semprot untuk melakukannya. Tuangkan minyak tersebut pada botol semprot dan campurkan dengan air secukupnya. Setelah itu silahkan semprot merata pada rambut hingga mengenai kulit kepala.

4. Minyak Kayu Putih dan Jeruk Nipis

Minyak Kayu Putih dan Jeruk Nipis
Image by Youtube.com (Riska Channel)

Campuran antara minyak kayu putih dan jeruk nipis juga efektif sebagai cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami. Jeruk nipis mengandung zat asam yang baik untuk menghilangkan segala jenis bakteri dan parasit, termasuk kutu. Untuk membuatnya tidak terlalu susah, asalkan anda tahu berapa takaran yang pas.

Tuangkan 4 sendok makan minyak kayu putih kedalam mangkuk, kemudian campurkan dengan 2 buah air jeruk nipis. Oleskan merata pada rambut dan kulit kepala, kemudian tutup dengan handuk. Diamkan beberapa saat, minimal 10 menit untuk hasil lebih optimal, selanjutnya silahkan dibilas seperti biasanya.

5. Petroleum Jelly

Petroleum Jelly
Image by Tribunnews.com

Untuk bahan selanjutnya ini mungkin sedikit asing bagi sebagian orang. Namun hasilnya bisa dikatakan efektif jika anda tahu bagaimana cara membuatnya. Petroleum Jelly adalah bahan sejenis pelembap yang biasanya digunakan untuk campuran kosmetik. Sebagaimana pelembap, fungsi utamanya yakni untuk melembapkan. Namun bahan ini juga dipercaya mengatasi gangguan kutu dan menghilangkan gatal pada rambut.

Selain untuk menghilangkan kutu, Petroleum Jelly juga bermanfaat untuk mencegah kutu datang kembali. Jadi tidak ada salahnya jika anda tidak mempunyai masalah kutu, namun tetap menggunakannya sebagai langkah pencegahan. Gunakan bahan ini pada malam hari sebelum tidur dengan mengoleskannya merata pada rambut.

6. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
Image by Faktualnews.co

Minyak zaitun digunakan sebagai cara menghilangkan kutu rambut karena memang terbukti efektif. Pasalnya, jenis minyak ini mampu memperlambat gerakan kutu dan tidak memberikan ruang bernapas bagi kutu. Dengan demikian, kutu akan mati beberapa saat setelah penggunaan.

Cara membuat dan memakai minyak zaitun tidak jauh berbeda dengan bahan alami lainnya. Bahkan kali ini bisa dikatakan cukup mudah karena tidak ada bahan lain sebagai campurannya. Cukup oleskan minyak tersebut pada rambut hingga menyentuh kulit kepala, kemudian diamkan 15 menit. Setelah itu, silahkan sisir rambut dan bilas dengan shampoo.

BACA:  10 Rekomendasi Salep untuk Bisul Terbaik yang Mudah Ditemukan

7. Minyak Kelapa

Mengoleskan Minyak Kelapa
Image by M.cia.az

Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga baik untuk mengatasi masalah kutu rambut yang mengganggu. Jenis minyak ini banyak digunakan produk shampoo karena dapat membuat rambut lebih kuat. Manfaat tersebut didapat karena kandungan utamanya dari asam laurat. Cukup oleskan merata pada kulit kepala untuk cara penggunaannya.

Anda tidak perlu mencampurnya dengan bahan lain, begitu juga dengan air. Langsung oleskan minyak kelapa tersebut secukupnya, pastikan merata pada seluruh rambut dan kulit kepala. Bahan ini tidak berbahaya dan tidak pula mengandung efek samping, jadi anda bisa mendiamkannya selama 30 menit kemudian dibilas.

8. Bawang Putih

Bawang Putih
Image by M.jpnn.com

Bawang putih mengandung antioksidan tinggi, selenium, dan berbagai kandungan lain yang penting untuk kesehatan tubuh. Namun siapa sangka jika bahan dapur ini juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami. Baunya yang menyengat tentu tidak disukai kutu.

Jika tidak bisa membunuhnya, minimal bawang putih dapat membuat kutu pergi dari rambut kepala. Siapkan 10 siung bawang putih, silahkan ditambah jika jumlahnya kurang. Hancurkan bumbu dapur tersebut dengan cara menggiling atau menumbuknya, kemudian tambahkan jeruk nipis. Setelah mendapatkan tekstur pasta, silahkan oleskan pada rambut secara menyeluruh.

9. Minyak Neem

Minyak Neem
Image by Tsbali.com

Neem dikenal sebagai pohon Nimba yang kaya akan manfaat. Untuk mendapatkan minyak, bagian yang digunakan yakni biji Neem atau Nimba. Tanaman ini dikenal sebagai pembasmi serangga yang efektif, termasuk kutu yang hinggap dan berkembang biak di rambut. bahkan saat ini anda bsia menemukan produk shampoo yang menggunakan bahan ini.

Tentunya untuk kandungannya tidak sebanyak jika dibandingkan dengan membuatnya sendiri. Siapkan minyak Nimba secukupnya, kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala tanpa menggunakan campuran bahan lainnya. Diamkan 15 menit supaya kutu mati terlebih dahulu, kemudian bilas dengan shampoo atau air biasa.

10. Minyak Eucalyptus

Minyak Eucalyptus
Image by Orami.co.id

Minyak Eucalyptus tidak hanya efektif untuk mengobati berbagai macam penyakit, terutama batuk. Akan tetapi jenis minyak hasil penyulingan ini juga baik untuk menghilangkan kutu rambut. Bukan tanpa alasan, terdapat senyawa sebagai pestisida alami untuk mengusir serangga dan juga kutu rambut.

Supaya hasilnya lebih optimal, campurkan bahan alami tersebut dengan minyak zaitun. Untuk takarannya, siapkan 20 tetes Minyak Eucalyptus dan 2 sendok makan minyak zaitun. Aduk hingga merata dan kemudian gunakan pada rambut yang bermasalah dengan kutu. Diamkan semalaman sambil ditutup dengan handuk atau topi khusus.

11. Soda Kue

Soda Kue
Image by 21oak.com

Bahan alami berikutnya sebagai cara menghilangkan kutu rambut yaitu Soda Kue. Bagi perempuan tentunya lebih mengenal bahan ini untuk membuat adonan kue. Namun ternyata bahan tersebut juga efektif untuk mengatasi masalah kutu degan cara menghambat saluran pernapasan kutu.

BACA:  6 Salep Kurap yang Ampuh & Mudah Ditemukan di Apotik

Metode yang bisa dilakukan yakni dengan menambahkan Soda Kue dengan kondisioner. Aduk hingga kedua bahan tersebut merata, kemudian oleskan pada rambut. Diamkan beberapa saat, kemudian gunakan sisir rambut untuk mengambil kutu dan telur yang telah mati, setelah itu bilas dengan shampoo.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Obat

Menghilangkan Kutu dengan Obat
Image by Sanjevani.com

Jika cara diatas masih belum berhasil atau hasilnya kurang efektif, cara menghilangkan kutu rambut dengan obat tentunya bisa dijadikan pilihan selanjutnya. Ada beberapa obat yang mudah ditemukan di Apotek atau toko obat, diantara sebagai berikut!

12. Malathion

Malathion
Image by Dkemulsifiers.com

Malathion bukanlah sebuah merek salah satu produk, melainkan senyawa organik yang efektif untuk mengatasi kutu rambut. Sebelum anda membeli obat kutu rambut, ada baiknya jika mengandung bahan ini. Caranya penggunaannya juga mudah, cukup oleskan merata pada rambut dan kulit kepala, seperti bahan alami yang dijelaskan diatas.

Untuk kali ini ada efek samping yang harus diperhatikan, diantaranya adalah rasa panas pada kulit kepala. Beberapa kasus mengakibatkan iritasi ketika dalam penggunaannya ada aktivitas gesekan seperti menggaruk kepala. Rambut kering dan berketombe adalah efek samping lain yang mungkin terjadi.

13. Ivermectin

Ivermectin
Image by News.detik.com

Pada umumnya, Ivermectin digunakan untuk gangguan jamur. Namun obat ini juga efektif menghilangkan kutu karena memiliki sifat antiparasit. Oleskan obat yang mengandung Ivermectin dan diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas hingga bersih menggunakan air dan shampoo. Perlu diketahui, obat ini tidak cocok digunakan untuk usia dibawah 6 bulan.

14. Losion Benzyl Alkohol

Losion Benzyl Alkohol
Image by Xsj.699pic.com

Cara menghilangkan kutu rambut dengan obat berikutnya adalah menggunakan Losion Benzyl Alkohol. Sama halnya dengan obat diatas, kali ini juga tidak disarankan untuk usia 6 bulan ke bawah, namun cukup aman untuk ibu hamil dan menyusui karena termasuk pemakaian obat luar.

Cukup oleskan merata pada rambut dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Segera bilas hingga bersih menggunakan shampoo setelah melewati waktu tersebut. Sayangnya, obat ini hanya efektif membunuh kutu, tidak beserta telurnya. Jadi kemungkinan pemakaian dalam beberapa waktu ke depan sangat diperlukan.

15. Lindane

Lindane
Image by Pond5.com

Dibalik efektifitas nya untuk menghilangkan kutu, ternyata Lindane memiliki efek samping yang serius. Alangkah baiknya jika anda menggunakannya sesuai dengan petunjuk penggunaan. Tidak disarankan menggunakannya secara berlebihan, dan gunakan tidak lebih dari 5 menit sebelum anda membilasnya hingga bersih.

Dari kedua cara menghilangkan kutu rambut diatas, baik dengan bahan alami atau obat, ada baiknya jika anda menggunakan bahan yang paling aman terlebih dahulu. Jika memang bahan alami masih belum berhasil, silahkan gunakan obat. Namun yang perlu diperhatikan adalah cara penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk.