10 Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang Mudah Dilakukan

10 Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang Mudah Dilakukan

Cara meningkatkan imun tubuh wajib dilakukan bagi semua orang, baik dewasa maupun anak-anak. Imun merupakan daya tahan tubuh, dimana fungsi utamanya melindungi tubuh supaya tidak terserang penyakit. Banyak cara yang dapat dilakukan, seperti olahraga teratur, makan makanan bergizi, dan istirahat yang cukup.

Perlu diketahui, sistem imun bekerja pada sistem dan tidak dapat berdiri sendiri. Artinya, anda harus melakukan beberapa hal agar imunitas tubuh aktif dan berjalan dengan baik. Semua orang pastinya ingin tubuhnya selalu sehat, sayangnya hal ini tidak dapat terwujud. Semua orang pasti akan jatuh sakit nantinya, entah karena faktor alam atau usia.

Namun setidaknya, kita dapat meminimalkan terserang penyakit dan membuat tubuh tetap bugar. Paling tidak, kalau jatuh sakit harapannya tidak terlalu parah. Faktor yang paling mempengaruhi sistem imun menurun yakni usia. Faktor lain yakni kebiasaan sehari-hari, lingkungan, dan juga makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Cara Meningkatkan Imun Tubuh

Cara Meningkatkan Imun Tubuh
Image by Archive.netralnews.com

Meskipun memiliki fungsi penting bagi pelindungan tubuh, nyatanya cara meningkatkan imun tubuh tidaklah sulit. Hal-hal yang sederhana pun bisa membuat tubuh tetap terjaga kesehatannya. Asakan anda melakukannya dengan benar tentunya. Berikut adalah cara yang umum dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh!

1. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang Cukup
Image by Halodoc.com

Cara yang pertama adalah dengan istirahat yang cukup. Pastinya anda bisa melakukan cara ini bukan? Tidak perlu keahilan khusus dalam melakukannya, semua orang dijamin bisa. Tetapi ini jika dalam kondisi norma, ada juga beberapa orang yang susah tidur karena alasan tertentu. Sebenarnya, istirahat bukan hanya berhubungan dengan tidur saja, namun tidak beraktivitas juga termasuk.

Untuk masalah tidur, idealnya seseorang tidur selama 8 jam sehari. Tidur yang baik tidaklah langsung dilakukan dalam satu waktu, lebih baik jika dibagi. Misalnya anda tidur malam selama 6 jam, kemudian tidur siang 2 jam. Kurang tidur termasuk salah satu penyebab sistem imun turun, bahkan turunnya drastis dibandingkan penyebab lainnya.

2. Kurangi Merokok

Kurangi Merokok
Image by Klikdokter.com

Merokok dapat merusak kesehatan, mungkin anda mengenal kalimat tersebut. Di dalam rokok terdapat berbagai jenis racun yang berbahaya bagi tubuh. Jumlahnya bahkan mencapai ratusan untuk jenis racun yang berbeda. Sebisa mugkin hindari merokok, kalau perlu tinggalkan sekalian supaya tidak mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Salah satu kesehatan yang pastinya terganggu ketika merokok adalah paru-paru. Ketika paru-paru terganggu, artinya supply oksigen pada tubuh juga terganggu. Mengingat oksigen dalam tubuh memiliki peran penting, maka dipastikan kekebalan tubuh semakin menurun. Memang tidak mudah berhenti merokok, tetapi bisa anda coba bertahap sebagai permulaan.

BACA:  15 Manfaat Teh Hijau Bagi untuk Kecantikan & Kesehatan

3. Hindari Stress

Stress
Image Credit: Myneworleans.com

Cara meningkatkan imun tubuh selanjutnya adalah dengan menghindari stress. Seseorang yang mudah stress biasanya rentan terserang penyakit. Ini menandakan bahwa stress dapat menurunkan kekebalan tubuh. Maka dari itu, ada baik jika anda mengelola stress yang dapat menyebabkan imun tidak seimbang.

Ada banyak cara untuk mengelola stress, anda bisa membaca buku jika sedang terjadi. Dengan membaca buku, pikiran akan teralih dari masalah yang sedang anda hadapi. Cara lain yakni refreshing, bisa mengunjungi wisata alam atau wahana sambil mengajak keluarga dan anak-anak. Mencurahkan beban kepada orang lain juga efektif, namun pastikan mereka dapat dipercaya.

4. Berjemur

Berjemur
Image by Jurnalmedan.pikiran-rakyat.com

Meningkatkan sistem imun memang sangat mudah dilakukan asalkan ada keinginan. Selain yang disebutkan sebelumnya, berjemur juga dapa dijadikan alternatif. Tidak harus ke pantai seperti halnya turis asing atau mereka yang ingin memiliki kulit kecokelatan. Berjemur yang dimaksud yakni pada pagi hari sekitar pukul 08.00 – 10.00.

Sinar matahari pagi memilki kandungan vitamin D yang cukup baik. Sedangkan vitamin D sendiri berfungsi untuk meningkatkan imunitas supaya tubuh tidak mudah terserang penyakit. Berjemur yang baik harus seusai dengan porsi nya, tidak boleh terlalu lama dan juga tidak boleh terlalu sebentar. Cukup 10 – 15 menit dan lakukan rutin setiap hari.

5. Olahraga Teratur

Olahraga Teratur
Image by Cnnindonesia.com

Olahraga merupakan cara meningkatkan imun tubuh yang mudah dilakukan bagi siapa saja. Tidak perlu pergi ke gym atau sport center lainnya, tidak pula harus melakukan olahraga berat. Cukup lakukan olahraga yang ringan, seperti jogging, jalan-jalan, atau bisa juga senam dan yoga. Olahraga teratur terbukti efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Supaya hasilnya lebih maksimal, sebaiknya olahraga di pagi hari dibawah sinar matahari. Vitamin D yang terkandung di dalam sinar matahari sangat baik untuk sistem imun dan juga proses metabolisme tubuh. Durasinya tidak perlu terlau panjang, yang penting rutin. Dalam satu hari, olahraga selama 10 menit sudah lebih dari cukup.

6. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga Kebersihan Lingkungan
Image by Tribratanewstanbu.kalsel.polri.go.id

Selanjutnya adalah menjaga kebersihan lingkungan sebagai cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Lingkungan memiliki peran penting dalam hal respons tubuh terhadap sistem imun. Apabila lingkungan tidak bersih, berbagai penyakit pun mudah menyerang. Penyakit yang paling ringan biasanya batuk dan pilek.

Meski terlihat ringan dan umum ditemui, kedua penyakit tersebut merupakan pertanda bahwa saat itu kekebalan tubuh anda sedang mengalami masalah. Maka dari itu, pastikan kebersihan lingkungan di sekitar anda terjaga dengan baik. Caranya pun mudah, beberapa diantaranya yakni dengan menyapu dan mengepel setiap hari.

BACA:  Inilah Jenis, Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan

7. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi
Image by Kompas.com

Setiap orang pasti membutuhkan makanan sebagai sumber energi untuk beraktivitas sehari-hari. Sayangnya, tidak sedikit mereka yang menganggap bahwa makanan hanya untuk menghasilkan energi. Padahal masih banyak fungsi lainnya, salah satunya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imunitas tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat ini, jenis makanan yang dikonsumsi tidak boleh sembarangan. Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Ada banyak jenis makanan yang dianggap menyehatkan, seperti buah-buahan, sayuran, daging, dan segala jenis makanan laut.

8. Konsumsi Multivitamin

Produk Vitamin Menjaga Daya Tahan Tubuh
Image by Halodoc.com

Pada kenyataannya, ada sebagian orang yang tidak cukup jika hanya mengandalkan makanan sehat. Untuk itu, cara meningkatkan imun tubuh yang efektif berikutnya adalah dengan mengonsumsi multivitamin. Dinamakan multivitamin karena kandungan di dalamnya terdiri dari berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Karena kali ini tujuan utama anda untuk sistem imun, maka jenis vitamin yang sangat penting yaitu vitamin C. Selain itu, pastikan produk multivitamin yang anda konsumsi memilki kandungan mineral, seperti zinc, kalsium, dan klorida. Tentunya tidak sulit menemukan produk multivitamin, karena ada banyak jenis dari berbagai merek.

9. Perbanyak Minum Air Putih

Banyak Mengonsumsi Air Putih
Image Credit: Mag.103.by

Untuk menjaga imunitas tubuh supaya tetap baik, anda harus memperbanyak minum air putih. Terlihat sepele memang, karena hanya berupa air tanpa rasa. Tetapi banyak penelitian yang membuktikan bahwa air putih dapat mencegah berbagai macam penyakit. Seseorang yang kurang minum air putih akan mengalami dehidrasi.

Sedangkan kita ketahui sendiri bahwa dehidrasi dapat menyebabkan penyakit mudah menyerang. Gejala awal kekurangan air putih sehingga mengalami dehidrasi diantaranya adalah pusing, mual, badan lemas, dan mudah lelah. Semua gejala tersebut dapat mengakibatkan sistem imunitas tubuh berkurang.

10. Konsumsi Makanan Fermentasi

Konsumsi Makanan Fermentasi
Image by Hot.liputan6.com

Tidak banyak yang mengetahui bahwa mengonsumsi makanan fermentasi ternyata menjadi salah satu cara meningkatkan imun tubuh. Makanan yang difermentasi mengandung bakteri yang baik untuk tubuh, terutama dalam hal pencernaan. Bakteri baik yang dimaksud adalah probiotik yang berfungsi melawan bakteri jahat yang ada di dalam tubuh.

Jika dulu hanya berupa keju sebagai makanan yang difermentasi, saat ini banyak ditemui lainnya. Sebut saja yoghurt yang merupakan produk olahan dari susu. Selain itu, baru-baru ini ada produk yang dikenal dengan cimory yang dianggap memiliki kandungan probiotik tinggi. Konsumsi makanan jenis ini setidak nya dua kali sehari sesuai dengan porsi.

Faktor yang Mempengaruhi Imun Tubuh

Faktor yang Mempengaruhi Imun Tubuh
Image by M.klikdokter.com

Pada dasarnya, imunitas tubuh terbagi menjadi dua, yakni spesifik dan bawaan. Anda perlu mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi sistem imun tubuh, dengan harapan bisa mengambil keputusan tepat untuk meningkatkannya.

BACA:  10 Alat Pembersih Telinga Terbaik & Aman Digunakan

✦ Faktor Usia

Faktor pertama adalah usia, faktor ini termasuk yang sulit untuk ditingkatkan. Pada umumnya, semakin tua seseorang akan semakin melemah daya tahan tubuhnya. Memang bisa disiasati dengan mengonsumsi multivitamin dan makanan sehat lainnya, namun hasilnya tidak sebaik usia remaja atau anak-anak.

Seperti yang dikatakan diatas, sistem imunitas tubuh berjalan ada sistem. Anda bisa melihat sendiri bahwa anak-anak lebih rentan terhadap penyakit bukan? Ketika penyakit menyerang, baisanya sistem imun terbentuk secara mandiri. Misalnya sakit diare, anak-anak lebih rentan daripada dewasa.

✦ Jenis Kelamin

Faktor yang mempengaruhi daya tahan tubuh berikutnya adalah jenis kelamin. Sadar atau tidak, faktor ini sangat berpengaruh dan bukan hanya pada sistem kekebalan tubuh saja. Sebagai contoh adalah laki-laki yang lebih rentan terhadap penyakit jantung. Sedangkan wanita justru rentan terhadap kencing manis. Ini dikarenakan ada beberapa sel antara keduanya berbeda.

✦ Gaya Hidup

Berikutnya adalah gaya hidup yang lebih kompleks dari kedua faktor sebelumnya. Seseorang yang kuang beraktivitas atau arang olahraga pada umumnya memilki sistem imun yang kurang baik. Begitu juga dengan porsi tidur atau kebiasaan begadang di malam hari. Kedua kondisi ini mengakibatkan daya tahan tubuh menurun drastis.

Selain dalam hal kebiasaan sehari-hari, makanan yang dikonsumsi juga berpengaruh. Diatas tadi juga disinggung masalah ini, jadi kemungkinan anda sudah memahaminya. Begitu juga dengan kebiasaan merokok yang tidak menyehatkan. Silahkan diubah gaya hidup anda saat ini jika ternyata sesuai dengan kebiasaan buruk yang disebutkan diatas.

✦ Kondisi Kesehatan

Selain ketiga faktor yang disebutkan diatas, selanjutnya adalah kondisi kesehatan. Jika sesorang mengalami penyakit bawaan, biasanya imun tubuh menurun. Ini juga berlaku ketika sakit, pastinya kekebalan tubuh menurun jika sedang mengalami sakit. Jangan heran jika dokter menyarankan untuk banyak makan yang mengandung vitamin kepada pasiennya.

Tujuannya tidak lain supaya daya tahan tubuh meningkat. Seiring dengan ketahanan tubuh, sakit yang diderita biasanya berangsur membaik. Selain itu, langkah ini diambil supaya penyakit tidak menjalar kebagian lainnya. Maka dari itu, saat ini juga anda harus menjaga kesehatan. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah menjaga kebersihan dan istirahat yang cukup.

Itulah beberapa cara meningkatkan imun tubuh yang mudah dilakukan. Dari semua penjelasan diatas, intinya adalah dengan menjaga kesehatan. Kekebalan tubuh sangat berkaitan dengan kesehatan. Apabila tubuh sehat, sistem imun pun ikut meningkat. Jika sebaliknya tubuh kurang sehat, artinya imunitas anda saat itu sedang menurun.