10 Rekomendasi Cairan Pembersih Telinga yang Aman Digunakan

10 Rekomendasi Cairan Pembersih Telinga yang Aman Digunakan

10 Rekomendasi Cairan Pembersih Telinga yang Aman Digunakan

Kotoran pada telinga pasti dialami oleh semua orang, tidak ada yang terkecuali. Penyebabnya bisa bermacam-macam, salah satunya adalah debu dan endapan sisa air ketika mandi. Karena cukup umum, untuk penanganannya pun mudah, yaitu degan cairan pembersih telinga. Namun perlu diperhatikan, cairan ini hanya digunakan ketika terjadi kotoran menumpuk dan susah dibersihkan.

Pada umumnya, telinga yang kotor akan dibersihkan dengan alat khusus yang dinamakan cotton bud. Tetapi tahukah anda bahwa penggunaan alat tersebut tidaklah aman? Pasalnya, ukuran dari kapas hampir sama dengan lubang telinga. Hal ini menyebabkan kotoran yang ada diluar justru masuk lebih kedalam.

Dalam waktu lama jika terus menerus dilakukan, kotoran telinga semakin menumpuk dan mengeras. Untuk mengambilnya tentu tidak mudah jika hanya mengandalkan alat. Perlu diberikan cairan pembersih telinga terlebih dahulu supaya bisa lunak. Karena banyaknya produk yang ditemukan saat ini, berikut rekomendasi terbaik dan aman digunakan!

1. Otosan Spray

Otosan Spray
Image by Otosan.com

Dalam memilih produk yang bagus, satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahan yang digunakan. Sebisa mungkin jangan memilih produk dengan bahan kimia, namun sepertinya jarang ditemui yang demikian. Kelebihan ketika menggunakan produk alami yaitu aman digunakan untuk sehari-hari, baik untuk pencegahan maupun pengobatan.

Otosan Spray terbuat dari berbagai bahan alami, diantaranya tea tree oil, Aloe vera, lemon, chamomile, dan marigold. Sesuai namanya, jenis cairan pembersih telinga ini berbentuk spray. Pemakaiannya pasti mudah, karena anda tinggal menyemprotkan pada bagian lubang telinga. Biarkan beberapa menit untuk mendapatkan hasil maksimal, kemudian bersihkan dengan alat khusus.

2. Cerumol Ear Drops

Cerumol Ear Drops
Image by Dockpharmacy.com

Apabila anda ingin menggunakan produk tanpa harus bersusah payah mengeluarkan kotoran telinga, Cerumol Ear Drops sepertinya cocok dijadikan pilihan utama. Produk ini juga termasuk menggunakan bahan alami, jadi aman digunakan sehari-hari. Dengan formula dual action, kotoran yang melunak akan keluar dengan sendirinya setelah diberikan obat ini.

Baca Juga:  10 Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami dan Sehat

Terdapat dua bahan aktif dengan fungsi yang disebutkan diatas, yaitu arachis oil dan chlorbutanol. Karena berbentuk drops, anda harus memiringkan telinga ketika menggunakannya. Dibalik besarnya manfaat yang diberikan, produk tetes telinga ini tergolong lumayan mahal, yakni sekitar 230.000 untuk kemasan 10 ml.

3. NeilMed Kyrosol All-Natural Earwax Removal Aid

NeilMed Kyrosol All-Natural Earwax Removal Aid
Image by Squipusa.com

Ada dua jenis kotoran yang menumpuk di telinga, yakni lembap dan kering. Dari keduanya, yang paling sulit dibersihkan adalah ketika kondisinya kering. Pada umumnya, kotoran yang mengering akan melekat pada dinding telinga sehingga sulit diambil. Untungnya ada NeilMed Kyrosol All-Natural Earwax Removal Aid untuk mengatasinya.

Kotoran telinga yang pada awalnya mengeras bisa jadi melunak dengan produk dari Squip Inc ini. Cara penggunaannya pun mudah karena berbentuk drop. Terlebih, ada alat khusus yang digunakan untuk mengeluarkan kotoran yang sudah melunak. Produk ini menggunakan berbagai bahan aktif yang aman, seperti glycerin dan sodium bicarbonate.

Sama seperti produk sebelumnya, kali ini juga lumayan mahal karena dijual dengan harga 230.000 untuk 15 ml. Meski demikian, manfaat yang didapatkan tidak hanya sebatas rayuan iklan, melainkan nyata. Namun perlu diperhatikan bagi yang sedang mengalami iritasi atau cedera pada telinga, karena ada kontraindikasi dari kondisi tersebut.

4. Audisol Ear Cleansing Spray

Audisol Ear Cleansing Spray
Image by Carousell.sg

Audisol Ear Cleansing Spray merupakan rekomendasi cairan pembersih telinga selanjutnya. Produk ini boleh dikatakan bagus karena menghasilkan semprotan yang lembut dan terasa nyaman di telinga. Termasuk tipe spray yang menggunakan bahan aman, diantaranya sesamum indicum oil, saw palmeto extract dan phytosterol complex.

Desain nya modern, bagian ujungnya berbentuk khusus sehingga cairan menyebar merata ketika disemprotkan. Selain digunakan untuk membersihkan kotoran telinga secara umum, produk ini juga cocok digunakan untuk gangguan penyumbatan telinga. Bukan hanya itu, anda yang ingin memiliki telinga bersih pun bisa menggunakannya sebagai langkah pencegahan.

5. Debrox Earwax Removal Kit

Debrox Earwax Removal Kit
Image by Freestufffinder.com

Debrox Earwax Removal Kit adalah cairan pembersih telinga yang banyak direkomendasikan oleh para ahli dan dokter spesialis. Bahan aktif yang terkandung di dalamnya cukup lengkap, citric acid, glycerin, propylene glycol, dan sodium lauroyl sarcosinate, adalah beberapa diantaranya. Kelebihannya yaitu untuk membersihkan penyumbatan yang parah sekalipun.

Cairan ini akan mengeluarkan oksigen ketika digunakan atau diteteskan pada telinga. Oksigen ini nantinya menyebar dan mengenai kotoran yang sudah mengeras. Dengan demikian, kotoran tersebut menjadi lunak dan bahkan hancur dengan sendirinya. Selanjutnya, anda tinggal membilasnya dengan air hangat supaya kotoran keluar tanpa harus mengorek nya dengan alat.

6. Forumen Ear Drops

Forumen Ear Drops
Image by Orami.co.id

Sanbe yang merupakan merek farmasi ternama juga tidak mau ketinggalan dengan trend cairan pembersih telinga terbaik. Dengan produknya yang dikenal dengan Forumen Ear Drops, ada dapat terbebas dari gangguan pendengaran telinga. Seperti yang diketahui, kotoran yang terlalu banyak dan menumpuk di bagian dalam telinga bisa mengganggu pendengaran.

Kotoran yang menumpuk dna mengeras bisa mencair dan melunak berkat kandungan natrium dokusat. Meski termasuk bahan kimia, kandungan tersebut tetap aman digunakan apabila sesuai dengan petunjuk penggunaan. Karena termasuk obat keras, membelinya harus menggunakan resep dokter dan bisa didapatkan di berbagai apotek atau toko obat.

7. Phenol Glycerol 10%

Phenol Glycerol 10%
Image by Tokopedia.com

Obat tetes telinga tidak harus mahal, tidak harus ratusan ribu rupiah. Hanya dengan modal 5.000 rupiah, anda pun bisa mendapatkan telinga bersih dan aman dari kotoran. Phenol Glycerol 10% adalah produk yang dimaksud, harganya murah tetapi manfaatnya tidak murahan. Bahkan produk ini memiliki berbagai keunggulan, salah satunya adalah tidak menyebabkan iritasi.

Persis seperti namanya, kandungan utamanya adalah phenol glycerol dengan persentase sebanyak 10%. Obat ini berbentuk drop dengan penggunaan yang diteteskan pada telinga. Namun perlu diperhatikan, tidak disarankan menggunakannya pada telinga bagian dalam, karena cairan ini dibuat untuk bagian telinga luar dan tengah.

8. Vital Ear Oil

Vital Ear Oil
Image by Blibli.com

Rekomendasi berikutnya adalah Vital Ear Oil, termasuk produk yang sudah lama. Kelebihan utamanya dari harga yang murah, hanya sekitar 12.000 rupiah untuk kemasan 10 ml. Meski demikian, manfaatnya sangat ampuh untuk membersihkan kotoran telinga hingga tuntas. Anda pun terbebas dari gangguan telinga yang terkadang membuat tidak nyaman.

Untuk kandungannya sendiri tergolong lengkap dan sesuai dengan manfaatnya. Adapun kandungan yang dimaksud adalah thymol, menthol, campor, dan paraffin liquid. Manfaat lain yang didapatkan selain membersihkan telinga dengan tuntas adalah mencegah timbulnya bakteri dan jamur.

Baca Juga:  10 Cara Mengatasi Asam Lambung yang Sering Naik

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, anda harus rutin menggunakannya setiap hari. Dikatakan rutin berarti sesuai dengan petunjuk penggunaan, yaitu 2 – 3 kali sehari. Termasuk tipe drop, jadi usahakan memiringkan kepala 90 derajat supaya cairannya masuk sempurna kedalam bagian telinga.

9. Santadex Ear Drops

Santadex Ear Drops
Image by Shopee.co.id

Santadex Ear Drops termasuk cairan pembersih telinga yang aman digunakan dan perlu diperhitungkan. Kandungan utamanya adalah boric acid, fungsinya sebagai antiseptic sehingga efektif mencegah munculnya jamur dan bakteri di dalam telinga. Dengan manfaat ini, produk yang dijual dengan harga sekitar 20.000 rupiah ini cocok untuk langah pencegahan.

Kandungan lainnya yaitu zinc sulfat dengan fungsi menghancurkan kotoran telinga yang sudah mengeras. Obat tetes telinga ini berbentuk drop, usahakan mendiamkan selama beberapa menit untuk mendapatkan hasil maksimal. Meski bisa didapatkan bebas di apotek atau toko obat, sebaiknya tetap membaca petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan.

10. Audiclean Ear Wax Remover

Audiclean Ear Wax Remover
Image by Laboratoiredelamer.com

Rekomendasi berikutnya adalah Audiclean Ear Wax Remover yang merupakan obat tetes keluaran Laboratoire De La Mer. Produk ini juga tergolong mahal, karena dijual seharga 225.000 rupiah di toko online atau apotek. Kandungannya berupa Apricot kernel oil, dan eucalyptus globulus essential oil dengan fungsi masing-masing.

Apricot oil berfungsi untuk melarutkan kotoran yang sudah mengeras supaya melunak dan bahkan mencair. Sedangkan eucalyptus oil sebagai antiseptik untuk melindungi telinga dari iritasi dan infeksi. Semua bahan yang terkandung di dalamnya tergolong alami sehingga aman digunakan sehari-hari. Tetapi ada yang perlu diperhatikan, produk ini tidak disarankan untuk usia dibawah 3 tahun.

Mengetahui produk cairan pembersih telinga yang aman digunakan memang penting. Mengingat ada banyak sekali produk yang ditemukan saat ini, langkah ini bisa dikatakan sangat bijak. Meski demikian, anda tetap harus mengikuti petunjuk penggunaan, karena tidak menutup kemungkinan semua cairan diatas memiliki efek samping.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Nikeisha

Nikeisha suka bepergian, fotografi dan pastinya makanan enak. Dia paling sering bersama dengan laptopnya, menulis apa saja yang muncul dibenaknya.

Tags