Mengenal Eksim Kering: Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Mengenal Eksim Kering: Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Eksim kering merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada kulit. Biasanya, penyakit ini menyerang usia bayi dan anak-anak, namun tidak sedikit ditemui yang menyerang usia dewasa. Tanda sederhana dari penyakit ini yaitu kulit terasa kering, gatal, dan muncul ruam merah pada kulit. Banyak orang yang tidak tahan dengan rasa gatalnya sehingga segera menggaruknya.

Padahal langkah tersebut salah dan harus dihindari, karena nantinya dapat mengakibatkan infeksi. Penyakit kulit ini memang tidak berbahaya, tetapi tetap harus diatasi karena menimbulkan ketidaknyamanan. Selain itu, gangguan pada kulit ini sebenarnya tidak menular, penyebabnya pun masih belum diketahui secara pasti.

Gangguan eksim kering sebenarnya mengacu pada penyakit eksim umum atau yang dikenal dengan istilah eksim atopik. Meski sering ditemui menyerang anak-anak, namun penyakit ini dapat menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Bahkan anda yang sebelumnya belum pernah mengalami gangguan ini bisa saja terserang kapan saja.

Salep Eksim Kering yang Ampuh dan Aman

Gejala Eksim Kering

Gejala Eksim Kering
Image by Klikdokter.com

Setiap penyakit pasti ada gejala yang dapat dirasakan oleh penderitanya. Ini juga berlaku bagi gangguan kesehatan yang kita bahas kali ini. Penting sekali untuk mengetahui gejala apa saja yang dimaksud agar nantinya dapat mengambil langkah penanganan yang tepat. Berikut adalah gejala eksim kering yang paling umum terjadi!

✦ Kulit Tebal dan Pecah-pecah

Gejala pertama yang mungkin saja terjadi adalah kulit terasa tebal dan terlihat pecah-pecah. Sebagian penderita menganggap gejala ini sebagai kulit kering biasa, padahal tidak demikian. Pada kasus yang lebih parah, penyakit ini bahkan membuat kulit terlihat bersisik. Anda tidak dapat mengatasinya dengan pelembap karena nantinya akan kembali kering.

✦ Terasa Gatal

Apabila hanya terjadi gejala diatas, mungkin anda dapat mengabaikannya dan menganggap bahwa hal itu hanya kulit kering biasa. Namun apabila disertai dengan kulit terasa gatal, maka anda harus waspada. Bisa jadi yang anda rasakan saat itu merupakan gejala eksim kering. Rasa gatal yang ditimbulkan cukup kuat sehingga banyak penderita yang tidak tahan ingin menggaruk nya.

Baca Juga:  11 Jenis Sayuran yang Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

✦ Kulit Bengkak

Kedua gejala diatas biasanya terjadi pada tahap awal atau pada saat gangguan tidak terlalu parah. Apabila dibiarkan dan tidak dilakukan penanganan yang tepat, maka bisa jadi muncul gejala lain. Kulit yang awalnya hanya kering, bersisik, dan gatal, dalam kondisi parah dapat mengakibatkan bengkak. Bahkan banyak kasus yang disertai benjolan kecil berisi cairan dan dapat pecah kapan saja.

✦ Ruam Kemerahan pada Bayi

Jika terjadi pada bayi atau anak-anak, biasanya gejala yang ditimbulkan sedikit berbeda. Pada permukaan kulit terlihat kemerahan atau yang dinamakan ruam. Karena terasa gatal, tidak sedikit bayi yang rewel dan tidurnya terganggu. Gejala yang ditimbulkan gangguan ini memang mirip seperti penyakit kulit lain yang disebabkan oleh infeksi jamur.

Penyebab Eksim Kering

Penyebab-Eksim-Kering
Image by Ciputrahospital.com

Setiap penyakit yang muncul dan dirasakan oleh penderitanya pasti ada penyebab. Setelah anda mengetahui beberapa gejala diatas, kita lanjut membahas apa saja penyebabnya. Memang hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti apa penyebab eksim kering. Tetapi beberapa studi mengatakan bahwa seseorang yang terkena asma dan alergi lebih berisiko terserang gangguan ini.

Faktor lain juga dapat memicu dan memperparah kondisi penyakit ini. Sebut saja alergi terhadap debu, makanan, serbuk sari, polusi, dan bahkan bulu hewan tertentu seperti kucing dan anjing. Bagi anak yang memiliki kebiasaan mandi terlalu lama juga dapat memicu timbulnya penyakit eksim kering.

Namun demikian, faktor yang paling memungkinkan dan menjadi penyebab utamanya adalah sering berkeringat. Bukan hanya berkeringat karena olahraga, namun keringat karena cuaca panas juga dapat menjadi penyebabnya. Bahkan bukan hanya itu saja, penyakit ini juga dapat mudah timbul ketika cuaca terlalu dingin.

Masih banyak penyebab eksim kering dan memungkinkan penyakit ini muncul. Selain yang disebutkan tadi, kebiasaan menggaruk juga menjadi salah satu faktor yang umum. Memang pada awalnya bukan eksim, namun lama kelamaan karena menggaruk dapat menyebabkan infeksi dan kulit menjadi kering.

Pengaruh bahan kimia yang menyebabkan alergi juga cukup memungkinkan. Apabila anda merasakan gatal akibat pakaian yang baru dicuci, mungkin penggunaan detergen dan sabun menjadi penyebabnya. Dengan kata lain, kulit anda tidak cocok dengan sabun atau detergen yang dimaksud, sebaiknya segera diganti untuk menghindari dampak lebih serius.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Salep untuk Bisul Terbaik yang Mudah Ditemukan

Penyebab eksim kering lainnya adalah pakaian dengan bahan tertentu, misalnya wol atau kain sintetis. Pada bayi, sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman dan terbuat dari bahan khusus bayi. Sebisa mungkin hindari bayi dalam keadaan gerah akibat cuaca panas, namun juga tetap jaga supaya tidak terlalu kedinginan.

Obat Eksim Kering yang Terbukti Ampuh

Cara Mengobati Eksim Kering

Cara Mengobati Eksim Kering
Image by Yoona.id

Eksim kering pada usia dewasa sebenarnya tidak terlalu mengkhawatirkan. Hanya saja penyakit ini dapat mengganggu penampilan karena kulit terlihat kering, bersisik, dan kemerahan. Eksim lebih memprihatinkan ketika menyerang bayi dan anak-anak. Namun anda tidak perlu khawatir, karena setiap penyakit pasti ada obatnya.

Cara mengobati eksim kering sangat mudah, anda dapat melakukan penanganan sendiri di rumah. Tetapi apabila gejala tidak berangsur membaik, ada baiknya anda konsultasi dengan dokter. Sebagai langkah awal ketika anda merasakan semua gejala yang disebutkan diatas, silahkan lakukan beberapa hal berikut!

1. Hindari Menggaruk

Salah satu gejala gangguan penyakit ini adalah gatal yang cukup parah, wajar tentunya jika anda ingin menggaruk nya. Namun ingat, menggaruk bukanlah termasuk cara mengobati eksim kering. Justru ketika anda menggaruk, gangguan ini semakin parah dan dapat menyebabkan kerusakan kulit.

Apalagi ketika menggaruk, kuman yang berada di tangan dapat menyebabkan infeksi. Jadi sebaiknya hindari kebiasaan ini ketika merasakan gatal. Sebagai gantinya, silahkan kompres kulit yang terasa gatal menggunakan air dingin. Anda bisa menggunakan es batu atau air yang didapatkan dari pendingin, lakukan selama 10 – 15 menit.

2. Gunakan Pelembap

Eksim kering menyebabkan kulit terasa kering, pecah, dan timbul bercak atau ruam. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya gunakan pelembap. Ada banyak pelembap yang cocok untuk penyakit ini, namun pastikan tanpa ada kandungan bahan kimia. Pilih pelembap yang mengandung bahan alami dan tidak menyebabkan alergi.

Cara mengobati eksim kering menggunakan pelembap cukup mudah, silahkan dioleskan setiap hari secara merata. Anda bisa mengolesnya tiga kali sehari, yakni di pagi hari, siang, dan menjelang tidur. Untuk menjaga kelembapan kulit agar tetap stabil, silahkan menggunakan pendingin ruangan jika perlu.

Baca Juga:  Kenali Penyebab Asam Urat: Gejala dan Cara Mengobati

3. Jangan Mandi Terlalu Lama

Mandi memang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, namun tidak boleh terlalu lama. Apalagi jika anda menderita eksim kering, pastikan tidak mandi terlalu lama. Kebiasaan ini justru dapat menyebabkan kulit kering dan rusak, yang nantinya dapat menjadi pemicu eksim. Mandi yang baik yaitu selama 5 hingga 10 menit, sebaiknya menggunakan sabun yang aman.

4. Kenali Faktor Pemicu Eksim Kering

Sebaiknya anda mengenal faktor apa saja yang dapat memicu gangguan penyakit kulit ini. Tentu masing-masing pribadi berbeda, ada yang karena alergi makanan, debu, dan bahan tertentu. Memang bukan termasuk cara mengobati eksim kering, namun langkah ini sangat penting untuk mencegah kambuh nya penyakit yang membuat gelisah tersebut.

5. Penggunaan Antihistamin

Sebagaimana yang dijelaskan di awal bab ini, silahkan menggunakan langkah medis apabila penanganan dari rumah tidak membuat gejala mereda. Pada umumnya, dokter akan memberikan obat yang mengandung antihistamin. Obat ini cukup baik untuk meredakan alergi dan gatal, namun sebaiknya berhati-hati karena dapat menyebabkan kantuk.

6. Kortikosteroid Oles

Apabila anda khawatir akan penggunaan obat oral yang dapat menyebabkan kantuk, sebaiknya menggunakan obat oles. Ada banyak obat yang dapat anda temukan di apotek, pastikan yang mengandung kortikosteroid. Caranya sangat mudah, cukup oleskan salep atau pelembap yang dimaksud pada area yang mengalami gejala secara rutin dua kali sehari.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai eksim kering, mulai dari gejala, penyebab, dan cara mengobatinya. Penyakit ini termasuk kambuhan, artinya bisa saja muncul secara tiba-tiba. Langkah yang paling baik untuk mencegahnya adalah dengan menjaga kesehatan kulit. Adapun cara pengobatan yang disebutkan diatas dapat anda lakukan, namun semakin bags jika konsultasi dengan ahlinya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Rafika Ilham

Rafika suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags