10 Cara Mengatasi Asam Lambung yang Sering Naik

10 Cara Mengatasi Asam Lambung yang Sering Naik
Photo by Chayantorn on Elements Envato

Temukan solusi alami dan efektif untuk mengendalikan asam lambung, termasuk tips diet dan gaya hidup.

Cara mengatasi asam lambung dapat dianggap mudah, namun juga bisa jadi sulit. Sebenarnya tergantung dari kebiasaan masing-masing, terutama dalam hal makanan.

Asam lambung sendiri merupakan salah satu penyakit yang menyerang pencernaan, khususnya lambung. Penyakit ini biasanya muncul ketika sering telat makan dan terlalu lelah.

Asam lambung sendiri sebenarnya bermanfaat bagi tubuh karena fungsinya membantu pencernaan. Cairan ini diproduksi oleh lambung yang mengandung asam hidroklorik (HCl) dan enzim lainnya.

Selain mencerna makanan, fungsi lainnya yaitu memecah protein, membunuh bakteri dan mikroorganisme yang masuk bersama makanan.

Namun apapun yang terlalu berlebihan pastinya tidak bagus untuk kesehatan. Termasuk jika asam lambung sering naik, yang mana dapat menyebabkan rasa kurang nyaman dan bahkan berakibat fatal.

Maka dari itulah penting sekali mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Setidaknya, anda tahu langkah apa yang harus dilakukan sebagai pertolongan pertama.

Cara Mengatasi Asam Lambung yang Sering Naik

1. Minum Obat Maag

 

Minum Obat Maag
Photo by Rawpixel on Elements Envato

Cara yang paling efektif dan pastinya banyak yang tahu adalah dengan minum obat maag. Cara medis ini tergolong ampuh dan sudah terbukti mampu meredakan asam lambung yang naik.

Namun pastikan anda memilih obat yang berkualitas dan tidak banyak efek samping. Contohnya yang mengandung antasida, fungsinya untuk menurunkan asam lambung.

Kandungan lain yang tidak kalah penting yakni H2 blocker. Obat ini bekerja dengan cara menghambat reseptor histamin, salah satu penyebab naiknya asam lambung.

Menggunakan obat pada umumnya hanya bersifat sementara, usahakan tetap konsultasi dengan dokter. Selain itu, tidak semua penderita asam lambung aman mengonsumsi obat yang dimaksud.

2. Hindari Makanan Pedas, Asam, dan Berlemak

Photo by Kitzstocker on Elements Envato

Baca Juga:  11 Jenis Sayuran Penurun Kolesterol yang Perlu Anda Ketahui

Cara mengatasi asam lambung yang sering naik selanjutnya yakni menghindari makanan pedas, asam, dan juga berlemak.

Seperti yang diketahui, makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung jauh lebih tinggi dari angka normal. Hindari makanan seperti cabai, saus pedas, lada, paprika, andaliman, dan makanan pedas lainnya.

Makanan asam seperti jeruk, lemon, tomat, kiwi, dan lainnya sebaiknya dihindari. Jenis makanan ini juga dapat menaikkan asam lambung dan perut terasa tidak nyaman.

Tidak hanya itu saja, makanan berlemak pun demikian. Sebaiknya ganti menu makanan sehat yang banyak mengandung protein, mineral, dan juga serat.

3. Konsumsi Sumber Probiotik

Konsumsi Sumber Probiotik
Photo by Tyasindayanti on Elements Envato

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang diyakini memiliki manfaat kesehatan, terutama untuk pencernaan. Mengonsumsi-nya termasuk salah satu cara efektif untuk mengurangi gejala mag dan menurunkan asam lambung.

Ada banyak jenis probiotik yang dimaksud, maksudnya adalah makanan yang mengandung mikroorganisme sehat tersebut.

Sebut saja yang paling murah dan banyak ditemukan, yakni tempe. Ini adalah produk kedelai fermentasi yang mengandung bakteri probiotik yang baik bagi kesehatan. Selain tempe, ada juga yoghurt yang merupakan hasil dari olahan susu.

Jenis makanan ini mengandung Lactobacillus dan Bifidobacterium, bakteri baik yang menjaga sistem pencernaan.

4. Minum Teh Herbal

Minum Teh Herbal
Photo by Mareefe on Pixabay

Minum teh herbal juga termasuk cara efektif untuk mengatasi asam lambung naik. Tidak harus teh yang banyak ditemukan di pasaran, anda dapat meracik sendiri dengan bahan alami.

Jika ingin lebih praktis, memang pilihannya jatuh pada teh hijau. Usahakan tidak menggunakan gula berlebih untuk menghindari perut terasa tidak nyaman.

Agar lebih aman, anda dapat membuat sendiri di rumah dengan bahan yang mudah ditemukan, yakni jahe atau chamomile kering.

Cara membuatnya pun sangat mudah, cukup seduh dengan air panas dan kemudian biarkan hingga hangat. Saat masih hangat inilah anda dapat mengonsumsi-nya untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif.

Jahe termasuk salah satu bahan herbal yang terbukti efektif untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Termasuk lambung, yang mana dapat menghilangkan rasa mual dan muntah.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Obat Asam Lambung yang Ampuh dan Aman

Chamomile juga demikian, telah lama dipercaya sebagai pengobatan tradisional untuk meredakan gangguan pencernaan dan masalah lambung.

5. Makan Teratur

Makan Teratur
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Sebagian besar masalah gangguan perut disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Bukan hanya dari jenis makanan yang dikonsumsi, namun juga waktunya.

Makan yang tidak teratur bisa menyebabkan asam lambung naik dengan cepat. Maka dari itu, pastikan anda tidak sampai telat makan setiap hari, terutama saat sarapan atau makan pagi.

Makan teratur bukan berarti harus dalam satu porsi besar dalam sekali. Dalam porsi kecil justru lebih bagus, namun dilakukan secara berkala.

Jangan pernah menunda makan apabila perut sudah terasa lapar. Tidak harus juga mengonsumsi makanan pokok, karena camilan pun tidak masalah. Intinya, segera isi perut apabila merasa lapar dan jangan ditahan.

6. Hindari Rebahan Setelah Makan

Hindari Rebahan Setelah Makan
Photo by Polina Tankilevitch on Pexels

Punya kebiasaan rebahan setelah makan? Sebaiknya hindari sekarang juga, karena hal tersebut termasuk salah satu pemicu asam lambung naik.

Saat seseorang makan, maka tubuh akan memproduksi asam lambung dan bekerja sebagaimana mestinya. Jika anda langsung rebahan, maka dapat membuatnya mudah naik hingga kerongkongan.

Tentunya tidak sulit mengatasi asam lambung naik dengan cara ini bukan? Waktu terbaik untuk memberikan jeda setelah makan yakni 2 hingga 3 jam.

Anda dapat melakukan aktivitas lain yang bermanfaat, misalnya membaca, nonton TV, atau bermain HP. Agar lebih efektif, usahakan tetap aktif bergerak supaya pencernaan lebih maksimal.

7. Kurangi atau Jangan Merokok

Kurangi atau Jangan Merokok
Photo by Irina Iriser on Unsplash

Merokok sebenarnya bukan hanya tidak baik bagi pernapasan, namun juga penyakit lainnya, termasuk asam lambung. Jika anda memiliki gejala asam lambung tinggi, merokok dapat memicu kambuh nya gangguan tersebut.

Dalam kondisi parah, kebiasaan ini bahkan dapat menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan yang menandakan kronis.

Tidak hanya mengurangi saja tentunya, namun sebisa mungkin menghentikan kebiasaan buruk ini. Memang sulit jika sudah kecanduan, namun setidaknya anda dapat berusaha terlebih dahulu.

Jika perlu, ikuti terapi berhenti merokok yang banyak ditemukan. Anda dapat mengurangi jumlahnya secara perlahan setiap hari sebagai permulaan.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Body Lotion untuk Kulit Kering yang Wajib Dicoba

Misalnya jika dalam satu hari menghabiskan satu bungkus rokok, awali minggu berikutnya dengan 10 batang rokok. Kurangi jumlahnya secara bertahap setelah satu atau dua minggu kemudian.

Cara ini tergolong efektif untuk menghentikan kebiasaan merokok. Agar hasilnya lebih maksimal, hindari bergaul dengan perokok.

8. Jangan Minum Kopi dan Alkohol

Jangan Minum Kopi dan Alkohol
Photo by Charlotte May on Pexels

Cara yang dianggap efektif untuk mengatasi asam lambung yang sering naik berikutnya yakni menghentikan kebiasaan minum kopi dan alkohol. Pada kasus tertentu, minum kopi memang memberi manfaat kesehatan.

Namun tidak dengan penderita mag atau asam lambung, karena konsumsi minuman yang mengandung kafein justru membahayakan.

Selain kopi, hindari minuman beralkohol maupun yang mengandung soda. Kedua minuman ini dapat mengiritasi lapisan tenggorokan dan lapisan terluar lambung.

Ini dapat menyebabkan produksi asam lambung meningkat sehingga mudah naik. Bahaya lain yang terbiasa mengonsumsi minuman tersebut yakni sensasi panas pada ulu hati.

9. Olahraga Teratur

Olahraga Teratur
Photo by Gabin Vallet on Unsplash

Tentunya banyak yang belum tahu atau bahkan menganggap enteng bahwa olahraga teratur dapat dijadikan cara mengatasi asam lambung yang efektif.

Kebanyakan mengetahui bahwa olahraga memang menyehatkan, namun tidak untuk mengobati jenis penyakit tertentu. Namun ternyata anda salah, kebiasaan ini ternyata dapat mencegah mag.

Memang jika asam lambung sedang naik, anda tidak disarankan melakukan aktivitas yang berat. Sebaiknya olahraga saat tubuh merasa bugar dan sehat, artinya sedang tidak dalam gangguan asam lambung.

Pilih olahraga yang ringan saja sepertinya cukup, misalkan jogging di pagi hari, yoga, atau hanya sekedar senam.

10. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang Cukup
Photo by Vladislav Muslakov on Unsplash

Ada kalanya semua tips diatas sudah anda lakukan, namun asam lambung tidak kunjung turun dan bahkan mungkin semakin parah.

Bukan berarti semua yang kami sebutkan tadi kurang efektif, mungkin anda kurang istirahat. Pekerjaan yang melelahkan terbukti mampu meningkatkan asam lambung jika tidak diiringi istirahat yang cukup.

Pastikan anda tidur sehari 8 jam, dapat dibagi antara tidur malam dan istirahat siang. Jika lelah saat beraktivitas, sebaiknya berhenti hingga merasa tubuh kembali fit. Tidak hanya tubuh saja yang harus diistirahatkan, pikiran juga demikian. Jika perlu, anda dapat mengambil cuti atau libur dan pergi berwisata.

Sekilas masalah asam lambung ini tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan, namun ternyata sebaliknya. Jika dalam kondisi kronis, gangguan ini dapat menyebabkan kematian.

Maka dari itulah penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi asam lambung tinggi. Sebisa mungkin anda harus menghindari pemicunya seperti yang sudah dibahas diatas.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Nikeisha

Nikeisha suka bepergian, fotografi dan pastinya makanan enak. Dia paling sering bersama dengan laptopnya, menulis apa saja yang muncul dibenaknya.