15 Manfaat Buah Mangga untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

15 Manfaat Buah Mangga untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Mangga adalah salah satu buah musiman yang memiliki rasa yang manis dan cocok untuk diolah menjadi jus buah. Umumnya masyarakat akan mengolah buah mangga menjadi rujak, dikonsumsi langsung atau diolah menjadi asinan.

Namun ternyata buah mangga memiliki banyak sekali khasiat yang bagus untuk tubuh. Tak hanya untuk kesehatan buah mangga juga baik dikonsumsi untuk diet. Yuk simak beragam kandungan dan manfaat dari buah mangga.

Kandungan Nutrisi Pada Buah Mangga

Kandungan Nutrisi Buah Mangga

Image Credit: Hellosehat.com

Buah yang memiliki warna kulit jingga, kuning hingga hijau ini mengandung vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan. Buah mangga mengandung vitamin C yang cukup untuk membantu Anda mencegah serangan bakteri penyebab beragam penyakit seperti sakit pilek hingga flu. Kandungan vitamin C dalam buah mangga dapat mendorong sel darah putih untuk bekerja lebih efesien dalam membasmi kuman dan bakteri.

Kandungan lain dalam buah mangga adalah beta karoten yang memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan mata, kulit hingga tulang tubuh. Kandungan beta karoten ini akan membuat vitamin A yang akan dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya itu buah mangga juga mengandung mineral kalium yang berguna untuk membantu jantung, saraf dan otot otot tubuh agar berfungsi dengan baik.

Kalium sendiri juga berfungsi untuk mengatur tekanan darah dan keseimbangan cairan dalam tubuh Anda. Buah asam manis ini juga mengandung tembaga, kalsium, zat besi serta antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan asam folat pada buah mangga juga bagus untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung.

Mangga pun kaya akan mineral dan mineral elestrolit penting. Yang paling menonjol adalah potassium yakni sekitar 156 mg per 100 gram dan tembaga. Selain itu masih ada magnesium, selenium, zat besi, kalsium, mangan serta fosfor. Yak tak kalah penting mangga mengandung berbagai senyawa fitokimia yang berbeda menurut variestasnya.

Manfaat Buah Mangga untuk Kecantikan dan Kesehatan

1. Menurunkan Kolesterol

Mengendalikan Kadar Kolesterol

Image Credit: Cnnindonesia.com

Buah musiman ini ternyata memiliki manfaat yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain mengandung prebiotic serat yang tinggi, buah mangga juga mengandung vitamin C yang tinggi. Tak hanya itu buah mangga juga mengandung pectin yang akan berperan untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Dengan kadar kolesterol yang menurun, maka berabgaia penyakit pun bisa dihindari.

BACA:  15 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Tanpa Efek Samping

2. Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata

Image Credit: Kompas.com

Selama ini makanan yang paling dipercaya untuk menyehatkan mata adalah wortel. Namun ternyata tidak hanya wortel yang bagus untuk kesehatan mata, namun buah mangga juga memiliki khasiat yang sama bagusnya untuk kesehatan mata Anda. Buah mangga mengandung vitamin A yang lebih baik dibandingkan dengan buah wortel untuk menyehatkan mata Anda.

Hal ini karena kandungan vitamin A dan antioksidan lutein dan zaeanthin yang memiliki peran penting untuk memelihara kesehatan sel sel mata. Karena adanya nutirisi tersebut jus mangga merupakan salah satu golongan makanan yang penting untuk dikonsumsi dan berfungsi untuk menjaga kesehatan mata.

3. Mencegah Efek Radikal Bebas

Menangkal Radikal Bebas

Image Credit: Hellosehat.com

Dalam tubuh seseorang tentu akan terbentuk zat sisan metabolimse secara alami yang biasa disebut sebagai radikal bebas. Jumlah radikal bebas pada tubuh akan meningkat apabila sering terpapar sinar ultraviolet dalam jangka panjang. Radikal bebas bisa disebabkan karena asap rokok atau kendaraan, stress, serta kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti gorengan atau junkfood.

Jumlah radikal bebas yang terus meningkat akan menyebabkan penuaan dini pada kulit Anda. Akibat lebih buruk yang ditimbulkan adalah mengalami penyakit seperti diabetes, penyakit jantung hingga kanker. Untuk mengurangi resiko tersebut, Anda bisa menjalani pola hidup sehat dan sering mengkonsumsi buah mangga. Hal ini karena buah mangga mengandung antioksidan yang cukup tinggi yang bertugas untuk melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas.

4. Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Image Credit: Grid.id

Kandungan buah mangga seperti antioksidan, protein, vitamin A, B, C serta E dan K merupakan nutrisi yang penting untuk membentuk sistem kekebalan tubuh. Nutrisi butrisi tersebut ada dalam buah manga sehingga akan membantu tubuh untuk memproduksi sel darah putih. Dengan memproduksi sel darah putih yang berlebih, maka tubuh akan lebih siap untuk melawan kuman dan virus yang menjadi sumber penyakit.

Oleh karenanya Anda bisa mencegah hal ini dengan rutin mengkonsumsi buah mangga. Anda bisa langsung memakan buah mangga atau mengolahnya menjadi jus mangga. Kekebalan tubuh akan semakin meningkat dan Anda akan terhindar dari beragam penyakit dan virus apabila Anda rutin mengkonsumsinya. Selain itu tubuh juga akan membentuk sistem imun yang kebal dan menjadi tameng beragam penyakit tersebut.

5. Mencegah Penyakit Flu

Flu

Image Credit: Halodoc.com

Kandungan Vitamin C yang ada pada buah mangga ternyata juga berguna untuk mendorong sel darah putih untuk bekerja lebih efektif. Selain itu vitamin C dalam tubuh juga mampu menghilangkan bakteri dan kuman. Kandungan 8 gram jus mangga mampu mencukupi kebutuhan 60% kebutuhan vitamin C yang dibutuhkan dalam sehari.

BACA:  10 Manfaat Buah Kiwi untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Diketahui

6. Menghilangkan Bekas Jerawat

Mengatasi Jerawat dan Kulit yang Berminyak

Image Credit: Classlifestyle.com

Jerawat adalah salah satu masalah yang kerapkali sulit untuk diatasi. Beragam cara akan dilakukan untuk menghilangkan jerawat beserta bekasnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan produk kecantikan atau melakukan perawatan. Namun tidak semua jenis perawatan sesuai dengan jenis kulit Anda sehingga akan menimbulkan efek yang buruk untuk kulit.

Sebaiknya Anda menggunakan bahan bahan alami untuk mengatasi bekas jerawat yang ada di area wajah. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah mangga yang kaya akan manfaat. Mangga mengandung vitamin A dan betakeroten yang berfungsi untuk meremajakan kulit dan mengganti sel sel kulit yang mati. Sehingga Anda akan memiliki wajah yang segar dan terlihat lebih bersinar dari biasanya.

7. Membuat Kulit Lebih Bersinar

Membuat Kulit Menjadi Bercahaya

Image Credit: Ehob.co.id

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kandungan vitamin A dan beta karoten memiliki fungsi untuk meremajakan kembali kulit wajah Anda. Anda bisa merebus kulit buah mangga hingga lunak agar bisa dihancurkan dengan mudah. Kemudian haluskan kulit mangga tersebut hingga memiliki bentuk seperti pasta. Oleskan pada wajah secara merata, dan tunggulah hingga 30 menit kemudian bershkan dengan air. Bagaimana cukup mudah dilakukan bukan ?

8. Menghilangkan Komedo

10 Cara Menghilangkan Komedo Hitam & Putih di Hidung Secara Alami

Image Credit: Sehatq.com

Komedo membandel di area hidung tentu menganggu penampilan dan rasa percaya diri seseorang. Bahkan tak jarang mereka akan memilh untuk melakukan perawatan untuk bisa menghilangkan komedo tersebut. Salah satu cara yang terbukti mudah dan efektif dilakukan untuk menghilangkan komedo adalah menggunakan buah mangga.

Caranya pun cukup mudah yaitu dengan mencampurkan satu sendok teh buah mangga yang memiliki tekstur sepert pasta. Setelah itu tambahkan setengah sendok teh susu dan madu. Oleskan campuran masker tersebut di area permukaan hidung yang memiliki komedo berlebih. Kemudian pijat dengan lembut dan biarkan selama 30 menit. Lalu bilas perlahan dengan air hangat, dan rasakan hasilnya.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Melembabkan Kulit

Image Credit: Eforealifestyle.com

Apabila Anda ingin memiliki kulit yang selalu sehat dan cantik, buah mangga bisa menjadi minuman wajib yang harus dikonsumsi setiap harinya. Mangga sendiri mengandung vitamin E dan vitamin C yang mampu untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan mengkonsumsi buah mangga secara teratur maka kulit akan menjadi sehat, halus, lembab dan cerah.

10. Membantu Untuk Diet

Diet

Image Credit: Ruparupa.com

Mangga adalah salah satu buah yang terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan secara alami. Kandungan serat pada buah mangga ternyata mampu membakar kalori berlebih dari dalam tubuh hingga membantu untuk menurunkan berat badan secara alami. Mengkonsumsi buah mangga juga akan membuat perut kenyang tahan lama sehingga sangat cocok untuk Anda yang sedang melakukan diet.

BACA:  15 Manfaat Daun Bidara untuk Kecantikan dan Kesehatan

Meskipun memiliki manfaat yang bagus untuk diet, namun ada baiknya Anda membatasi konsumsi buah mangga secara berlebih. Pasalnya terlalu banyak mengkonsumsi buah mangga akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan seperti peningkatan gula darah yang tidak diinginkan. Jadi batasi konsumsi buah mangga untuk memperlancar diet Anda.

11. Mencegah Kanker

Mampu Untuk Mecegah Kanker

Image Credit: Alodokter.com

Siapa yang menyangka jika buah mangga memiliki fungsi yang bagus untuk mencegah kanker dalam tubuh. Penyakit yang paling banyak ditakuti oleh banyak orang ini bisa dicegah dengan mengkonsumsi buah mangga secara rutin. Untuk mencegah munculnya sel sel dalam kanker, Anda bisa mengkonsumsi buah mangga yang memiliki senyawa aktif seperti asam galat.

12. Mencegah Penyakit Jantung

Menjaga Agar Jantung Lebih Sehat

Image Credit: Truththeory.com

Kandungan kalium yang ada pada buah mangga bermanfaat untuk mengatur denyut jantung agar selalu stabil. Mengkonsumsi buah secara teratur juga memungkinkan penyakit jantung yang ada pada pembuluh darah. Jadi jika Anda ingin mengkonsumsi dan menghilangkan segala macam kemungkinan penyakit jantung, Anda bisa mengkonsumsi buah mangga secara teratur.

13. Mengatasi Anemia

Mencegah Anemia

Image Credit: Indianexpress.com

Kekurangan darah tentu akan membuat tubuh kerapkali terasa lemas saat melakukan banyak akifitas. Untuk mengatasi kekurangan darah merah ini, Anda bisa mengkonsumsi buah mangga secara rutin. Dalam satu buah mangga tedapat kandungan zat besi yang tinggi yang berfungsi untuk memproduksi sel darah merah. Sehingga apabila Anda rajin mengkonsumsi buah mangga secara rutin maka dapat mencegah penyakit anemia dalam tubuh.

14. Menyeimbangkan Kadar Asam

Kadar Asam

Image Credit: Hellosehat.com

Mangga memiliki sifat basa yang memiliki khasiat untuk menyeimbangkan kadar asam yang tinggi pada usus. Perut yang terlalu asam akan menyebabkan buruknya penyerapan nutrisi dalam tubuh. Namun dengan mengkonsumsi mangga, maka penyerapan dalam tubuh akan lebih teratur. Anda juga tidak akan mengalami kesulitan buang air besar yang bagus untuk pencernaan. Selain itu mangga juga berfungsi untuk menjaga pH tubuh tetap stabil.

15. Menyehatkan Otak

Mendukung Kesehatan Otak

Image Credit: Hellosehat.com

Selain memiliki fungsi untuk membuat tubuh lebih sehat, buah mangga juga mengandung asam folat yang bagus untuk meningkatkan dan menyehatkan kinerja otak. Selain itu mangga juga mengandung asam glutamine yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi secara maksimal. Anda bisa memberikan buah mangga untuk anak anak dengan tujuan untuk membantu perkembangan otaknya.

Dengan banyaknya khasiat yang dimiliki dalam buah mangga, maka Anda bisa mengkonsumsi buah mangga secara rutin. Anda bisa mengambil manfaat buah untuk kebutuhan sehari hari seperti menyehatkan kulit, mencerdaskan otak hingga mencegah penyakit kanker. Namun ada baiknya Anda membatasi konsumsi buah magga meskipun memiliki nutrisi yang cukup banyak. Hal ini untuk mencegah terjadinya efek samping yang berdampak buruk pada kesehatan.