Inilah Manfaat & Cara Membersihkan Hidung dengan Aman

Inilah Manfaat & Cara Membersihkan Hidung dengan Aman

Inilah Manfaat & Cara Membersihkan Hidung dengan Aman

Salah satu kegiatan yang mendatangkan manfaat besar namun jarang adalah mencuci hidung. Pastinya kita sering mendengar cuci mulut atau mencuci telinga untuk mendapatkan manfaatnya. Bagaimana dengan cuci hidung? Meski manfaat membersihkan hidung cukup banyak, namun sampai saat ini masih jarang orang yang melakukannya.

Alasannya sederhana, karena dianggap sepele dan tidak mengetahui seberapa besar manfaatnya. Selain itu, masih banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara membersihkan hidung yang aman dan benar. Memang terlalu berisiko jika kita tidak mengetahui caranya, berbagai masalah penyakit pun bisa jadi timbul, terutama pada saluran pernafasan.

Namun bukan berarti anda harus mengabaikan begitu saja, mencari tahu adalah cara yang terbaik untuk dilakukan. Hidung termasuk organ tubuh yang sangat penting dan seharusnya selalu dijaga. Banyak sekali penyakit yang timbul karena kondisi hidung kotor dan jarang dibersihkan. Ini dikarenakan fungsi utamanya sebagai pintu masuknya udara, dimana debu dan polusi pasti ikut masuk kedalam paru-paru.

Manfaat Membersihkan Hidung

Manfaat Membersihkan Hidung
Image by Halodoc.com

Sebenarnya hidung memiliki mekanisme pertahanan untuk mencegah kuman dan berbagai bentuk penyakit masuk kedalam tubuh. Di dalam hidung dilengkapi dengan lendir dan rambut halus yang berfungsi untuk transpor mukosilier. Dengan membersihkannya secara rutin, anda akan mendapatkan berbagai manfaat berikut!

1. Membersihkan Kotoran

Anggap saja bahwa hidung berfungsi sebagai penyaring untuk mencegah kotoran masuk kedalam paru-paru. Artinya, kotoran yang tidak sampai masuk tersebut akan terkumpul pada bagian tertentu. Jika lama tidak dibersihkan akan menumpuk dan mengakibatkan timbulnya penyakit. Manfaat membersihkan hidung yang pertama adalah menghilangkan kotoran yang dimaksud.

2. Mengencerkan Lendir

Bukan hanya membersihkan kotoran, polusi, dan berbagai partikel lain yang menempel di dalam hidung. Manfaat lain yang didapatkan yaitu mengencerkan lendir yang sebelumnya kental. Normalnya, lendir yang ada di dalam hidung tidaklah terlalu kental. Ketika hal ini terjadi, bisa jadi saluran sinus tersumbat dan menimbulkan berbagai masalah penyakit.

Baca Juga:  Suntik Vitamin C: Harga, Manfaat & Efek Samping

3. Meningkatkan Kinerja Bulu Hidung

Manfaat membersihkan hidung berikutnya masih berhubungan dengan poin pertama. Jika anda rutin membersihkan hidung, bulu halus di dalamnya tentu lebih bersih. Dengan demikian, bulu-bulu tersebut lebih efektif dalam menyaring kotoran yang membawa masuk partikel berbahaya.

4. Menjaga Kelembapan

Pernahkah anda merasakan hidung terasa kering? Hidung kering biasanya dikarenakan kekurangan cairan. Akibatnya, kinerja lendir yang seharusnya menyaring kotoran tidak lagi efektif. Dengan membersihkannya secara rutin, kelembapan area sinus dan bagian dalam hidung semakin terjaga dengan baik.

5. Mencegah Perkembangbiakan Bakteri

Dibandingkan dengan telinga, hidung merupakan tempat perkembangbiakan bakteri apabila tidak bisa menjaga dengan selalu membersihkannya. Bayangkan saja, selama proses penyaringan udara sebelum masuk ke paru-paru, banyak bakteri yang tersaring karena adanya bulu halus dan lendir.

Dari sedikit penjelasan diatas, manfaat membersihkan hidung selanjutnya adalah mencegah perkembangbiakan bakteri. Ketika bakteri tersaring, proses membersihkan hidung kemudian mengeluarkannya lagi sehingga tidak sempat berkembang biak. Proses ini harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal.

6. Memperbaiki Fungsi Mukosiliar

Mukosiliar adalah mekanisme pertahanan diri hidung untuk membersihkan semua bagian yang terkait karena partikel berbahaya. Di dalamnya terdapat Mukosa yang merupakan lapisan kulit terdalam. Karena fungsinya yang sangat penting inilah anda perlu membersihkan hidung untuk meningkatkan kinerja dan mengembalikan sesuai fungsinya.

7. Mengurangi Pembengkakan

Manfaat berikutnya yang didapatkan ketika membersihkan hidung adalah menguangi pembengkakan. Manfaat ini akan didapatkan apabila kondisi hidung saat ini sedang mengalami peradangan. Dalam kondisi normal, membersihkan hidung akan mencegah timbulnya peradangan yang terjadi karena infeksi bakteri.

8. Meringankan Gejala Sinusitis

Salah satu penyakit atau gangguan pada hidung yang sering terjadi adalah sinusitis. Penyakit ini menyerang bagian sinus pada hidung, pada umumnya terjadi gejala pilek, hidung tersumbat, dan nyeri di area wajah jika kondisinya parah. Apabila anda mengalami gangguan ini, ada baiknya membersihkan hidung secara berkala.

Cara Membersihkan Hidung dengan Aman

Cara Membersihkan Hidung dengan Aman
Image by Halodoc.com

Setelah mengetahui apa saja manfaat yang akan didapatkan, selanjutnya anda harus tahu bagaimana cara membersihkan hidung dengan aman. Memang banyak sekali manfaat yang didapatkan, namun akan berisiko apabila anda tidak mengetahui caranya. Selain itu, penting sekali untuk berkonsultasi pada dokter sebelum melakukannya.

Pasalnya, setiap orang berbeda dalam hal kondisi dan gangguan yang dialami. Tetapi jika selama ini tidak ada gejala yang anda rasakan, sebetulnya tidak masalah jika langsung melakukannya. Siapkan terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan, diantaranya cairan infus NaCL, transofix, spuit 10 cc, dan mangkuk.

  • Langkah pertama adalah dengan mengambungkan transofix pada cairan infus, pastikan kondisinya steril.
  • Kemudian tuangkan pada mangkuk secukupnya yang juga sudah dipastikan steril.
  • Ambil cairan yang ada pada mangkuk dengan spuit atau alat suntik tanpa jarum.
  • Pada posisi kepala menunduk, silahkan miring sesuai posisi bagian hidung yang ingin dibersihkan.
  • Tahan napas dan mulut dalam keadaan terbuka, semprotkan spuit yang telah terisi cairan pada rongga hidung.
  • Ulangi lagi jika perlu apabila anda yakin belum bersih.
  • Selanjutnya pada bagian hidung lain, lakukan cara membersihkan hidung yang sama persih dengan langkah diatas.
  • Bersihkan dengan tisu bersih dan steril, kemudian buang sisa cairan yang telah dipakai tadi.

Efek Samping Mencuci Hidung

Efek Samping Mencuci Hidung
Image by Orami.co.id

Sebagaimana tindakan lainnya, terdapat efek samping yang mungkin terjadi ketika membersihkan hidung. Namun untuk efek samping ini jarang terjadi, hanya beberapa orang yang mengalaminya. Itu pun jika cara membersihkannya kurang tepat, atau dengan kata lain ada langkah yang kurang dan tidak sesuai dengan yang dijelaskan diatas.

Efek samping yang biasanya terjadi juga tidak terlalu berbahaya. Kemungkinan terjadi iritasi pada hidung setelah beberapa saat melakukan pembersihan. Selain itu, ada kemungkinan rasa tidak nyaman pada hidung. Dalam beberapa kasus terjadi nyeri pada bagian telinga dan berkumpulnya cairan di rongga sinus.

Meski ada kemungkinan efek samping, namun secara keseluruhan tindakan mencuci hidung cukup aman. Justru hal ini sangat disarankan untuk mendapatkan manfaat yang telah disebutkan diatas. Kalau sempat, anda bisa membersihkan hidung sekali sehari untuk mendapatkan saluran pernapasan lebih lega.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Selama Mencuci Hidung

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Selama Mencuci Hidung
Image by Maluku.inews.id

Ada banyak hal yang harus diperhatikan selama mencuci hidung. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi risiko efek samping yang mungkin terjadi. Sama pentingnya dengan cara membersihkan hidung yang dijelaskan diatas, berikut adalah berbagai hal penting yang dimaksud!

  • Sebelumnya, pastikan anda mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun atau cairan antiseptik.
  • Bersihkan alat pencuci hidung setelah digunakan dengan air panas atau sabun, yang penting kembali steril. Selanjutnya silahkan dikeringkan pada suhu ruangan.
  • Jangan menggunakan air yang terlalu panas atau terlalu dingin. Cairan untuk membersihkan hidung harus disesuaikan dengan suhu tubuh atau suhu ruangan terbuka.
  • Buang larutan ditempat yang tidak memungkinkan terkena orang lain.
  • Jangan mencuci hidung apabila sedang mengalami gangguan neurologis dan muskuloskeletal.
Baca Juga:  Perawatan Saluran Akar Gigi: Gejala, Prosedur & Efek Samping

Seberapa Sering Harus Mencuci Hidung?

Image by Liputan6.com

Mencuci hidung memang sangat baik dan mendatangkan banyak manfaat. Namun sudah seharusnya apabila dilakukan sesuai dengan porsi nya. Mencuci hidung yang terlalu berlebihan justru meningkatkan risiko infeksi pada bagian sinus. Selain itu, dampak lain ketika dilakukan secara berlebihan adalah mengurangi efektivitas fungsi selaput lendir.

Ada baiknya anda membersihkan hidung setiap hari apabila tidak ada gejala atau gangguan yang dialami. Apabila merasa mendapatkan manfaatnya, lakukan 3 kali selama 1 minggu. Namun tetap disarankan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter THT atau spesialis apabila anda masih ragu dan baru pertama kali ini mencobanya.

Apabila anda merasakan gejala atau efek samping yang disebutkan sebelumnya dalam jangka waktu panjang, silahkan lakukan tindakan medis. Mungkin saja ada masalah yang dibutuhkan penanganan dokter. Terlebih apabila anda merasakan demam, sakit kepala, mual, dan keluar mukus atau lendir berwarna hijau kental.

Itulah pembahasan mengenai manfaat membersihkan hidung dan cara melakukannya. Penting sekali mengetahuinya, mengingat manfaat yang didapatkan ternyata cukup banyak. Langkah diatas memang harus dilakukan oleh mereka yang profesional atau sudah pernah melakukan sebelumnya. Apabila anda baru pertama kali ini melakukannya, tidak ada salahnya membeli nasal spray yang saat ini banyak tersedia di apotek atau toko obat.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Nikeisha

Nikeisha suka bepergian, fotografi dan pastinya makanan enak. Dia paling sering bersama dengan laptopnya, menulis apa saja yang muncul dibenaknya.

Tags