15 Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat Tanpa Obat

15 Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat Tanpa Obat

Rambut yang panjang merupakan idaman bagi sebagian wanita, terutama bagi mereka yang ingin terlihat lebih anggun. Pada umumya, untuk memanjangkan rambut diperlukan obat yang bisa berupa shampoo atau lainnya. Namun ternyata, ada cara memanjangkan rambut dengan cepat tanpa obat yang mungkin belum anda ketahui, hasilnya pun tergolong efektif.

Tidak dapat di pungkiri bahwa rambut merpakan mahkota. Tanpa rambut, penampilan seseorang dianggap kurang menarik. Jika tidak percaya, anda bisa melihat laki-laik yang botak tanpa rambut, penampilannya seolah kurang mengesankan dibandingkan dengan mereka yang memilki rambut. Rambut panjang bukan hanya hak bagi wanita, laki-laki juga demikian.

Hanya saja perbedaan ada pada seberapa panjang rambut yang dimaksud. Untuk laki-laki, rambut panjang yang bagus yaitu sebatas bahu. Sedangkan untuk wanita bisa lebih pajang lagi, biasanya sebatas punggung atau sedikit di bawahnya. Berikut adalah cara memanjangkan rambut dengan cepat tanpa obat, baik untuk laki-laki dan perempuan!

1. Diet Sehat

Diet Sehat
Image by Gelbeseiten.de

Rambut juga termasuk salah satu bagian tubuh yang perlu mendapatkan asupan makanan bergizi. Sebagian orang mungkin tidak menangkan bahwa diet sehat dapat menumbuhkan rambut secara alami dengan cepat. Mereka hanya mengetahui bahwa diet sehat dapat menurunkan berat badan dan membuat tubuh lebih sehat dan bugar.

Diet yakni suatu usaha untuk mencapai tujuan tertentu, pada umumnya menurunkan berat badan. Dikatakan diet sehat karena dalam sehari-hari, pelaku harus mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi dan tidak membuat tubuh gemuk. Salah satunya adalah makanan dengan asam amino. Kandungan ini juga baik untuk merangsang pertumbuhan rambut.

2. Gunakan Teh Hijau

Gunakan Teh Hijau
Image by Klikdokter.com

Teh hijau telah lama dipercaya sebagai salah satu cara memanjangkan rambut secara alami. Bahkan sebagian besar produk shampoo menggunakan bahan ini sebagai perangsang pertumbuhan rambut. Teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk membuka pori-pori kulit kepala. Dengan demikian, rambut lebih mudah tumbuh tanpa ada kotoran yang menghalangi.

Selain itu, jenis teh yang biasanya dijadikan minuman diet ini juga mampu melancarkan sirkulasi darah. Untuk pemakaiannya bukan dengan cara diminum seperti ketika sedang diet. Menggunakan teh hijau sebagai penumbuh rambut alami harus digunakan langsung pada kepala. Tidak terlalu sulit, cukup ratakan pada seluruh kulit kepala dan bungkus dengan handuk selama 10 menit.

BACA:  10 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami yang Mudah Dilakukan

3. Minyak Zaitun dan Kemiri

Minyak Zaitun
Image by Faktualnews.co

Cara memanjangkan rambut dengan cepat tanpa obat berikutnya adalah menggunakan minyak zaitun. Jenis minyak yang banyak ditemui di timur tengah ini akan lebih efektif apabila dikombinasikan dengan kemiri. Selain mengandung antioksidan tinggi, minyak zaitun juga mengandung vitamin A yang baik untuk pertumbuhan rambut.

Sedangkan untuk minyak kemiri sendiri mengandung asam linoleat. Kedua kandungan tersebut sangat efektif untuk menutrisi kulit sehingga daya rangsang pertumbuhan rambut jauh lebih cepat. Mintak kemiri pun efektif melindungi dan melapisi kulit kepala, melembapkan, dan memperbaiki rambut bercabang.

4. Keramas Rutin

Keramas Rutin
Image by Herstory.co.id

Selanjutnya adalah dengan keramas, cara ini cukup umum dan pastinya anda mengetahui akan manfaatnya. Dengan keramas secara rutin, kotoran yang menempel di rambut secara otomatis hilang sehingga pertumbuhan rambut tidak terganggu. Sebisa mungkin menggunakan shampoo yang ada bahan untuk memanjangkan rambut, saat ini tidak sulit menemukan produk ini.

Perlu diketahui, keramas rutin bukan berarti setiap hari atau bahkan setiap kali mandi. Dinamakan rutin artinya sesuai dengan porsi dan dilakukan secara berkala. Jangan sampai hari ini keramas, kemudian tiga hari atau lebih tidak lagi melakukannya. Kalau anda keramas terlalu sering, rambut justru mengalami kerusakan dan kehilangan minyak alami kulit.

5. Pakai Conditioner

Pakai Conditioner
Image by Kumparan.com

Setelah keramas, jangan lupa memakai kondisioner supaya rambut bisa tumbuh lebih cepat. Saat ini banyak ditemui produk kondisioner dengan berbagai bahan yang mampu memanjangkan tubuh. Apabila anda tidak yakin karena tidak mengetahui apa saja bahan tersebut, silahkan bertanya terlebih dahulu kepada penjualnya.

Menggunakan kondisioner setelah keramas tidak hanya memanjangkan rambut dengan cepat sehingga dapat terlihat cantik, namun juga membuatnya lebih halus dan sehat. Apabila anda menggunakan kondisioner secara rutin, manfaat lain pun didapatkan. Adapun beberapa manfaat yang dimaksud diantaranya adalah melembapkan dan terhindar dari kerusakan.

6. Memanjangkan Rambut dengan Santan

Memanjangkan Rambut dengan Santan
Image by Injeksionline.com

Satan tidak hanya bisa membuat masakan menjadi lebih nikmat dan menggugah selera. Faktanya, bahan dapur ini juga efektif menumbuhkan rambut dengan cepat. Selain itu, manfaat lain yang didapatkan adalah membuat rambut tampak lebih hitam dan berkilau alami. Kelembapan pun terjaga sepanjang hari setelah pemakaian.

Cara memanjangkan rambut dengan cepat menggunakan santan sangat mudah. Dari kelapa yang sudah diparut atau ketika sudah berupa santan, anda hanya perlu mengoleskannya secara merata pada kulit kepala. Selanjutnya ditutup dengan handuk dan biarkan selama 10 – 15 menit. Lakukan hal yang sama selama 2 atau 3 kali seminggu untuk hasil lebih maksimal.

7. Mandi Air Hangat

Mandi Air Hangat
Image by Alodokter.com

Bukan hanya untuk menyehatkan badan, mandi air hangat juga terbukti untuk memanjangkan rambut. Tidak perlu bertanya bagaimana caranya, karena pastinya anda sudah mengetahuinya. Namun anda harus memperhatikan suhunya, jangan terlalu panas jika tidak ingin mendapatkan rambut yang justru dalam keadaan rusak.

BACA:  10 Cara Praktis Merawat Rambut Kering yang Mudah Dilakukan

8. Hindari Mewarnai Rambut

Hindari Mewarnai Rambut
Image by Diadona.id

Tuntutan gaya hidup modern dalam hal rambut saat ini semakin trend. Salah satunya adalah mewarnai rambut supaya terlihat lebih stylist. Namun tahukah anda bahwa mewarnai rambut termasuk salah satu hal yang dapat merusaknya? Dengan kondisi rambut yang rusak, pertumbuhannya pun semakin terganggu.

Kerusakan rambut karena mewarnai disebabkan oleh bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Semuanya pasti tahu bahwa bahan kimia merusak apa saja, termasuk salah satunya adalah rambut. Apabila ingin mewarnai rambut, gunakan yang memiliki bahan alami, seperti kunyit, wortel, dan buah bit.

9. Konsumsi Protein

Konsumsi Protein
Image by Health.kompas.com

Mengonsumsi protein juga termasuk salah satu cara memanjangkan rambut dengan cepat tanpa obat. Selain perawatan dari luar, penting juga untuk merawat rambut dari dalam. Protein merupakan salah satu nutrisi yang baik untuk tubuh. Untuk rambut, nutrisi ini dibutuhkan untuk merangsang perkembangannya.

Manfaat lain yang didapatkan dari mengonsumsi protein secara rutin yakni menguatkan akar rambut sehingga tidak mudah rusak. Makanan yang mengandung banyak protein adalah telur. Pilihan lain yaitu daging, kacang-kacangan, dan susu. Silahkan dikonsumsi setiap hari supaya hasilnya lebih maksimal.

10. Gunakan Cuka Apel

Gunakan Cuka Apel
Image by Tokopedia.com

Cuka apel dikenal sebagai salah satu bahan yang efektif untuk perawatan tubuh, termasuk rambut. Bahan ini merupakan hasil dari fermentasi buah apel yang sehingga menghasilkan banyak kandungan penting. Diantara kandungan yang bermanfaat untuk rambut adalah asam amino, antioksidan, dan zat besi.

Perpaduan semua bahan yang dimiliki cuka apel terbukti efektif merangsang folikel sehingga rambut tumbuh lebih cepat. Untuk cara penggunaanya tidak jauh berbeda dengan santan atau minyak zaitun. Bersihkan rambut terlebih dahulu menggunakan shampoo, kemudian oleskan cuka apel merat pada kulit kepala. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

11. Masker Putih Telur

Masker Putih Telur
Image by Liputan6.com

Berikutnya adalah putih telur yang juga efektif membantu memanjangkan rambut dengan cepat tanpa obat. Selain dikonsumsi untuk merangsang pertumbuhan rambut, telur juga bisa digunakan sebagai masker rambut. Keduanya tergolong efektif, namun lebih baik menggunakan cara masker ini karena hasilnya lebih cepat.

Kandungan protein di dalamnya tidak hanya merangsang folikel, namun membuat rambut lebih kuat dan tebal. Kulit kepala pun sehat ketika anda rutin menggunakan masker alami ini. Cara membuat masker putih telur untuk memanjangkan rambut yakni mencampurnya dengan minyak zaitun, kemudian dipakai untuk masker seperti pada umumnya.

12. Rutin Memijat Kulit Kepala

Rutin Memijat Kulit Kepala
Image by Liputan6.com

Pada umumnya, pijak dapat menyehatkan badan atau menghilangkan capek. Ternyata hal ini tidak hanya berlaku untuk badan, melainkan rambut juga. Tentu saja untuk rambut memiliki manfaat merangsang pertumbuhan dan juga melancarkan peredaran darah. Apabila anda sedang keramas, jangan lupa memijatnya perlahan.

BACA:  10 Penyebab & Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Pada Wanita

Pemijatan juga dapat dilakukan ketika anda menggunakan masker putih telur, mengoleskan minyak zaitun, atau ketika sedang bersantai. Dari pilihan yang disebutkan tersebut, sebaiknya memijat rambut ketika keramas karena intensitasnya lebih sering jika harus menggunakan masker atau minyak zaitun.

13. Perawatan Rambut dengan Lidah Buaya

Perawatan Rambut dengan Lidah Buaya
Image by Jovee.id

Lidah buaya dikenal sebagai salah satu bahan untuk berbagai produk shampoo. Ini dikarenakan khasiatnya yang terbukti, bukan hanya sekedar iklan untuk menarik minat konsumen. Tanaman ini sangat mudah ditemukan di berbagai daerah, harganya pun sangat murah. Bahkan anda bisa menanamnya sendiri jika perlu, jadi jauh lebih irit.

Menggunakan lidah buaya sebagai cara memanjangkan rambut sangat mudah. Pertama, anda perlu mengupas kulit bagian luar terlebih dahulu, kemudian mengambil gel yang ada di dalamnya. Tanpa campuran apapun, langsung saja dioleskan merata pada kulit kepala dan juga seluruh rambut.

14. Kurangi Penggunaan Alat Pemanas Rambut

Kurangi Penggunaan Alat Pemanas Rambut
Image by Laros.id

Bukan hanya mewarnai rambut yang merupakan aktivitas berbahaya, menggunakan alat pemanas rambut juga demikian. Suhu yang terlalu tinggi dapat merusak lapisan rambut bagian luar, bahkan ada yang sampai merusak bagian dalamnya. Salah satu kerusakan rambut yang sering dialami adalah bercabang dan kering, juga terlihat tidak sehat.

Alat pemanas rambut yang umum terdiri dari dua macam, yaitu catok dan hair dryer. Catok biasanya digunakan untuk keperluan styling rambut, sedangkan hair dryer untuk mengeringkan rambut. Karena terlau berbahaya, sebaiknya dihindari dan menggunakan cara alami. Misalnya setelah mandi, cukup keringkan rambut dengan mengipas nya atau dibiarkan terurai.

15. Gunting Ujung Rambut

Gunting Ujung Rambut
Image by Kawaiibeautyjapan.com

Sedikit terlihat tidak masuk akal bahwa menggunting rambut ternyata dapat membuat rambut lebih panjang. Secara logika, menggunting rambut justru membuatnya lebih pendek dari sebelumnya. Tidak salah memang, itu jika anda menggunting semuanya atau dengan kependekan tertentu. Menggunting yang dimaksud kali ini hanya pada bagian ujungnya, jadi cukup sedikit saja.

Biasanya, ujung rambut lebih sering mengalami kerusakan karena jauh dari akar rambut. Sedangkan akar rambut sendiri merupakan pokok dari distribusi nutrisi yang nantinya disebarkan ke seluruh bagian rambut. Dengan menggunting bagian yang rusak, harapannya partumbuhan rambut lebih mudah sehingga lebih cepat panjangnya.

Itulah berbagai cara memanjangkan rambut dengan cepat tanpa obat, alias dengan cara alami. Mengingat akan fungsi pentingnya rambut, tips diatas tentunya penting untuk dilakukan. Tetapi tidak semuanya, anda bisa memilih cara mana yang paling efektif. Namun sebelumnya, anda perlu mencobanya satu per satu supaya mengetahui hasilnya.