15 Penyebab Bau Mulut yang Penting untuk Anda Ketahui

15 Penyebab Bau Mulut yang Penting untuk Anda Ketahui

15 Penyebab Bau Mulut yang Penting untuk Anda Ketahui

Bau mulut atau istilah medis disebut sebagai halitosis merupakan gangguan mulut yang umum terjadi. Penting sekali untuk mengetahui penyebabnya, supaya anda bisa menghindarinya. Gangguan ini pada umumnya terjadi karena kondisi gigi atau bagian mulut lainnya mengalami gangguan, namun ada penyebab lain yang mungkin belum anda ketahui.

Bakteri yang menumpuk di mulut merupakan penyebab utamanya. Saking banyaknya, bau tidak sedap akan keluar ketika anda membuka mulut. Beberapa kasus bahkan lebih parah lagi, ketika bernafas juga tercium aroma tak sedap. Kondisi akan semakin parah ketika terjadi kekeringan pada mulut, yang mana sangat minim menghasilkan air liur.

Seperti yang diketahui, air liur mengandung enzim ptiatin yang berfungsi untuk melawan dan membunuh bakteri di dalam mulut. Selain itu, konsumsi makanan yang kurang tepat juga bisa memicu gangguan ini. Apabila anda tidak ingin mengalaminya, pastikan mengetahui beberapa penyebab bau mulut yang kami rangkum dari berbagai sumber berikut!

1. Penyakit Gusi

Penyakit Gusi
Image by Yesdok.com

Penyebab pertama yang wajib anda ketahui adalah penyakit atau gangguan pada gusi. Salam halnya dengan sakit gigi, pada umumnya sakit gusi juga menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Ini dikarenakan adanya penumpukan bakteri dan berkembang biak. Bakteri yang ada pada mulut menghasilkan gas yang memicu bau tidak sedap.

Beberapa gangguan gusi yang dimaksud adalah radang, biasanya terjadi karena kurangnya merawat bagian mulut. Selain itu, sariawan juga menjadi penyebab utama masalah ini, sepertinya anda juga mengetahuinya. Penyakit gusi juga terjadi karena penyakit atau gangguan kesehatan tertentu.

2. Diabetes

Diabetes
Image by Health.kompas.com

Diabetes merupakan penyakit yang menjadi salah satu penyebab bau mulut. Mungkin tidak terpintas di benak anda tentang penyebab ini. diabetes adalah gangguan kesehatan dimana tubuh tidak dapat mengolah glukosa sebagai energi. Akibatnya, tubuh mencari sumber energi lain dari lemak.

Sayangnya hal tersebut justru menyebabkan komplikasi ketoasidosis diabetic. Proses penguraian lemak menjadi energi yang tidak sempurna menghasilkan keton. Secara alami, tubuh akan mengeluarkan zat tersebut melalui urine dan paru-paru. Ketika membuangnya melalui paru-paru inilah yang menjadi penyebab bau mulut tidak sedap.

3. Penyakit Liver

Penyakit Liver
Image by Honestdocs.id

Liver adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh infeksi virus dan menyerang fungsi hati. Penyakit ini sangat berbahaya dan termasuk penyumbang terbanyak angka kematian di dunia. Siapa sangka bahwa salah satu gejala yang ditimbulkan adalah munculnya bau tidak sedap pada mulut.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Vitamin B Complex yang Bagus

Apabila anda tidak mengalami gangguan mulut lain tetapi bau mulut tidak sedap, sebaiknya lebih waspada. Meski demikian tetap saja ada gejala lain yang muncul, misalnya nyeri perut, nafsu makan menurun, dan mata berwarna kekuningan. Dalam dunia medis, gejala ini lebih dikenal dengan fetor hepaticus.

4. Gagal Ginjal

Gagal Ginjal
Image by Detik.com

Penyakit medis lain yang berbahaya dan menjadi penyebab bauk mulut adalah gagal ginjal. Silent Killer, itulah sebutan dari kondisi tubuh yang organ ginjalnya tidak berfungsi sempurna. Ginjal menjadi organ penting yang ada pada tubuh untuk menyaring racun dan kemudian membuangnya melalui urine,

Bau mulut yang tidak sedap karena penyakit ini disebabkan oleh berubahnya proses metabolisme dalam tubuh. Selain itu, penyakit ini pada umumnya mengurangi produksi air liur sehingga terjadilah mulut kering. Ketika minim air liur, maka bakteri di dalam mulut lebih mudah berkembang biak.

5. Kandidiasis Oral

Kandidiasis Oral
Image by Orami.co.id

Selain bakteri, bau mulut tidak sedap juga disebabkan oleh infeksi jamur, Kandidiasis Oral adalah salah satunya. Gangguan ini disebabkan oleh infeksi jamur yang bernama Candida, yakni sejenis ragi. Siapa saja dapat terinfeksi jamur ini, terutama mereka yang menggunakan gigi palsu dan kawat gigi.

Selain itu, ada juga penyebab lain yang dikarenakan menindik pada bagian lidah. Intinya, jamur ini akan menyerang jika terdapat benda asing di dalam mulut. Sebagian juga dikarenakan makanan yang dikonsumsi, namun penyebab ini jarang terjadi jika banyak minum air putih.

6. Asam Lambung Kronis

Asam Lambung Kronis
Image by Health.kompas.com

Lambung adalah bagian dalam tubuh yang berfungsi untuk mencerna semua makanan yang dikonsumsi. Jelas sudah jika keluar dari mulut pasti akan menghasilkan bau yang tidak sedap. Faktanya, penyakit asam lambung juga menjadi penyebab bau mulut yang seringkali dialami sebagian besar orang.

Hampir dipastikan semua penderita asam lambung mengalami gangguan mulut ini. Asam lambung yang naik akan membawa gas sisa pencernaan naik ke rongga mulut. Gangguan ini semakin parah jika kebersihan mulut dan gigi tidak terjaga. Bagi anda yang menderita gangguan asam lambung, ada baiknya tidak mengonsumsi makanan yang dapat memicu nya.

7. Sindrom Sjögrenylori

Sindrom Sjögrenylori
Image by Halodoc.com

Meningkatkan imun tubuh sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan, tentunya banyak yang tahu akan hal ini. Dari penelitian yang pernah dilakukan, gangguan autoimun ternyata terbukti menjadi salah satu penyebab bau mulut. Gangguan ini dinamakan Sindrom Sjögrenylori, biasanya menyerang produksi air liur.

Baca Juga:  Cara Aman Membersihkan Hidung dengan Air Garam

Karena fungsi dari air liur ini menghambat dan membersihkan pertumbuhan bakteri di mulut, artinya bakteri akan mudah berkembang biak. Pada awalnya mulut terasa kering, kemudian perlahan bakteri terkumpul dan menyebabkan napas bau. Meski tidak terlalu efektif, setidaknya minum air putih dapat sedikit membantu produksi air liur.

8. Kanker

Kanker
Image by Cnnindonesia.com

Banyak sekali penyakit serius yang ternyata menyebabkan bau mulut. Selain yang telah disebutkan diatas, kanker juga termasuk salah satunya. Ketika anda melakukan kemoterapi, gangguan akan terjadi pada produksi air liur. Kondisi ini membuat mulut kering sehingga bakteri mudah berkembang biak.

9. Alergi

Alergi
Image by Health.kompas.com

Beberapa jenis alergi termasuk penyumbang terbanyak masalah bau mulut. Pada saat alergi, biasanya anda akan merasakan mulut kering. Kondisi mulut kering menandakan bahwa saat itu produksi air liur berkurang. Lagi-lagi karena masalah kering di mulut inilah bakteri mudah berkembang dan menyebabkan bau tidak sedap.

Sayangnya, masalah terebut bukanlah satu-satunya, karena ada beberapa komplikasi yang bisanya terjadi. Alergi yang menyebabkan hidung tersumbat akan mempengaruhi keadaan mulut. Katakanlah lendir dan dari kerongkongan dan ingus yang pastinya membawa lebih banyak bakteri. Penting sekali mengetahui kondisi tubuh anda sendiri dengan mencari tahu penyebab alergi.

10. Infeksi Mulut dan Hidung

Infeksi Mulut dan Hidung
Image by Lifepal.co.id

Selain alergi, infeksi juga merupakan penyebab bau mulut yang penting untuk anda ketahui. Bahkan bisa dikatakan penyebab ini cukup sulit diatasi jika tidak mengetahui caranya. Alergi yang dimaksud adalah sinusitis yang merupakan peradangan pada bagian sinus. Ciri dari penyakit ini diantaranya adalah pilek, hidung tersumbat, dan terasa nyeri di wajah.

Penyebabnya adalah infeksi bakteri, virus, atau jamur yang terbawa oleh makanan maupun minuman. Selain itu, udara yang kotor juga menjadi penyebab gangguan penyumbatan pada bagian sinus. Pada kondisi ini, bakteri akan memakan lendir yang seharusnya melawan infeksi.

11. Infeksi Helicobacter Pylori

Infeksi Helicobacter Pylori
Image by Markijar.com

Gangguan pada bagian lambung bukan hanya mag, Helicobacter Pylori juga termasuk salah satunya. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang namanya mirip dengan nama penyakitnya, yaitu Helicobacter Pylori. Gejalanya hampir mirip dengan mag, namun kali ini ada tambahan bau tidak sedap yang keluar dari mulut.

Meski umum terjadi dan tidak terlalu berbahaya, namun jika dibiarkan lama-lama akan membuat berbagai penyakit lainnya muncul. Misalkan saja mag akut dan tukak lambung yang membahayakan. Satu hal yang tidak perlu dikhawatirkan adalah bau mulut akan hilang dengan sendirinya apabila gangguan ini berangsur membaik.

12. Mulut kering

Mulut Kering
Image by Voi.id

Dari beberapa penjelasan diatas, salah satu inti dari penyebab bau mulut adalah mulut dalam kondisi kering. Banyak hal yang mengakibatkan kondisi ini, seperti sariawan dan kurangnya produksi saliva. Air liur secara drastis dapat berkurang ketika anda sedang dalam kondisi tidur. Apalagi jika anda tidur siang, dimana kondisi cuaca nya panas dan kering.

Baca Juga:  Perawatan Saluran Akar Gigi: Gejala, Prosedur & Efek Samping

Bukan berarti tika boleh tidur, namun anda harus mengonsumsi banyak air sebagai solusinya. Bisa juga selalu minum air putih seketika anda merasa haus, jadi tidak harus menunggu waktunya. Semua ahli medis menyarankan minum air putih minimal 2 liter dalam sehari, silahkan disesuaikan menurut aktivitas sehari-hari.

13. Obat-obatan dan Makanan

Obat-obatan dan Makanan
Image by Sehatq.com

Setiap makanan dan obat-obatan mengandung senyawa kimia yang nantinya akan diserap oleh tubuh dan sisanya dikeluarkan lagi melalui paru-paru. Ketika anda mengonsumsi makanan yang berbau tajam, wajar saja jika menghasilkan bau mulut tidak sedap. Beberapa makanan yang dimaksud seperti jengkol, petai, dan jenis bawang.

Selain itu, jenis obat tertentu juga menjadi penyebab bau mulut tidak sedap. Bahkan bisa jadi baunya jauh lebih tajam dari makanan. Adapun jenis obat yang dimaksud diantaranya antipsikotik dan obat diuretik. Efek samping lain yang ditimbulkan ketika mengonsumsi obat dalam jangka panjang adalah mulut kering yang memudahkan bakteri dalam mulut berkembang biak.

14. Merokok dan Alkohol

Merokok dan Alkohol
Image by Aktual.com

Bagi anda yang merokok, jangan terlalu heran jika setiap napas yang dikeluarkan sering kali berbau tidak sedap. Kandungan rokok yang berupa berbagai jenis racun mengakibatkan mulut kering dan gangguan lainnya. Akibat dari gangguan tersebut, bakteri mudah berkembang biak dan menghasilkan aroma tidak sedap.

Kondisi akan semakin parah ketika anda minum kopi, yang mana biasanya menjadi teman setia bagi perokok. Sisa kopi dapat menjadi plak yang menumpuk di lapisan dan sela-sela gigi. Akibatnya susah dibersihkan, dan pada akhirnya menyebabkan bau mulut. Selain itu, minuman beralkohol juga termasuk penyebab yang tidak boleh diremehkan.

15. Tidur Mendengkur

Tidur Mendengkur
Image by Klikdokter.com

Gangguan tidur yang sering dialami sebagian besar orang adalah tidur mendengkur. Sayangnya, gangguan ini sering kali tidak disadari pelakunya, karena memang saat itu sedang tidak sadar. Tahukah anda bahwa mendengkur menjadi penyebab yang bisa mengakibatkan bau mulut tidak sedap? Normalnya, orang yang tidur mendengkur akan membuka mulut mereka.

Sedangkan ketika mulut terbuka, kuman dan bakteri lebih mudah masuk melalui udara. Terlebih, mulut yang terbuka membuatnya mudah kering dan produksi air liur berkurang. Untungnya, munculnya bau sedap pada mulut karena penyebab ini tidaklah permanen. Pada umumnya bau akan tercium tidak sedap ketika anda bangun. Maka dari itu, segera bersihkan dengan menyikat gig dan obat kumur.

Itulah berbagai penyebab bau mulut yang penting untuk anda ketahui. Ternyata ada banyak sekali penyebabnya dan sebagian besar tidak kita sadari. Dengan adanya pembahasan ini, diharapkan saat ini anda lebih waspada dan bisa menjaga diri dari gangguan yang dapat menyebabkan rasa percaya diri berkurang ini.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Rafika Ilham

Rafika suka menyelami setiap momen hidupnya, merekam dengan kamera iPhone dan menyimpan di buku catatannya.

Tags