10 Rekomendasi Body Lotion untuk Kulit Kering yang Wajib Dicoba

10 Rekomendasi Body Lotion yang Cocok untuk Kulit Kering

Body lotion untuk kulit kering pada umumnya mengandung bahan pelembap yang tinggi. Dalam memilihnya tentu tidak boleh semabarangan, karena ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan. Salah satu jenis skincare ini sangat penting dan tidak hanya berguna untuk membuat kulit lebih lembap, namun harus ada manfaat tambahan.

Sebagaimana yang diketahui, kulit kering dapat menjadi masalah yang sangat mengganggu bagi banyak orang. Kulit yang kering pada umumnya memiliki ciri terasa kasar, gatal, dan kusam. Untuk mengatasinya tidak cukup hanya memberikan air sepanjang hari. Bahkan cara ini justru membuat kulit terlihat semakin bersisik dan kurang sehat.

Anda harus menggunakan body lotion yang dapat mengatasi masalah tersebut. Saat ini ada banyak yang ditemukan di pasaran dari berbagai merek. Setiap produk pada umumnya tidak hanya untuk mengatasi kulit lering, namun juga membuat kulit lebih sehat. Namun karena banyaknya produk yang ada, hal ini terkadang justru membuat bingung dalam menentukan pilihan.

Faktor yang Menyebabkan Kulit Kering

body lotion untuk kulit kering, Faktor yang Menyebabkan Kulit Kering
Image by Yoona.id

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai produk body lotion untuk kulit kering terbaik, kita pahami dulu apa penyebabnya. Sebagian orang menganggap masalah ini terjadi karena faktor turunan atau gen. Padahal tidak demikian, ada banyak faktor lain yang harus anda ketahui.

Perubahan Cuaca Ekstrem

Penyebab pertama yang paling umum yakni perubahan cuaca, baik cuaca dingin atau panas. Udara yang kering atau dingin dapat merusak lapisan pelindung alami kulit, yaitu minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar sebasea. Saat lapisan pelindung alami ini rusak, kelembaban alami mudah menguap dan menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, dan teriritasi.

Selain itu, cuaca yang ekstrem juga dapat memperburuk kondisi atau masalah kulit yang sudah ada, seperti dermatitis, eksim, atau psoriasis. Penyebab ini ada umumnya tidak dapat dihindari, namun anda tetap dapat mencegahnya dengan menggunakan produk pelembap. Untuk mengantisipasi kondisi yang parah, pastikan mengonsumsi air putih secukupnya.

Penuaan dan Gaya Hidup

Selain perubahan cuaca, kulit kering juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti penuaan dan gaya hidup. Penuaan dapat menyebabkan kulit menjadi kering karena produksi minyak alami oleh kelenjar sebasea menurun. Kulit yang lebih tipis juga menjadi lebih rentan terhadap kehilangan kelembaban alami ini.

Baca Juga:  Mengenal Behel Gigi: Jenis, Prosedur, Manfaat & Resiko

Sedangkan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, dan kurang tidur, juga termasuk penyebabnya. Bukan hanya itu saja, anda yang menjalani diet tidak sehat juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit, termasuk membuat kulit menjadi kusam. Untuk faktor penuaan memang tidak dapat dihindari, namun setidaknya anda dapat memulai hidup sehat saat ini.

Pemakaian Produk yang Kurang Tepat

Faktor penyebab kulit kering selanjutnya adalah karena pemakaian produk yang kurang tepat. Misalnya saja mengandung bahan yang terlalu kuat untuk jenis kulit tertentu. Selain itu juga penggunaan produk lotion yang terlalu keras atau mengandung bahan kimia yang mengiritasi kulit dapat membuat kulit kering dan kusam.

Penggunaan produk yang terlalu sering atau terlalu banyak juga dapat menyebabkan kulit kering. Kebanyakan produk perawatan kulit mengandung bahan aktif yang membantu menghilangkan minyak berlebih dari kulit. Oleh sebab itu, anda harus lebih teliti dalam menggunakan suatu produk, lihat apa saja bahan aktif yang terkandung di dalamnya.

Rekomendasi Body Lotion untuk Kulit Kering

Sebagian penyebab diatas tidak dapat dicegah atau dihindari, namun tetap bisa diatasi dengan produk body lotion untuk kulit kering. Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, ada banyak produk yang anda temukan di pasaran. Dengan review dan bahan utamanya, berikut rekomendasi dari kami!

1. Nivea Intensive Moisture Body Lotion

Nivea Intensive Moisture Body Lotion
Image by Femaledaily.com

Nivea Intensive Moisture Body Lotion adalah produk pertama yang diformulasikan khusus untuk kulit kering. Ada beberapa bahan penting yang harus anda ketahui, salah satunya adalah Glycerin. Ini merupakan bahan alami yang dapat melembapkan kulit dan membantu menjaga kelembapan alami kulit sepanjang hari.

Untuk menambah fungsi utamanya, produk ini juga dilengkapi minyak mineral yang dapat membantu menjaga kulit tetap lembap dengan membentuk lapisan pelindung di atasnya. Tidak hanya untuk melembapkan, body lotion terbaik ini juga berfungsi mempercepat proses penyembuhan kulit yang rusak dengan adanya kandungan pantenol.

2. Aveeno Daily Moisture Lotion

Aveeno Daily Moisture Lotion
Image by Femaledaily.com

Rekomendasi selanjutnya adalah Aveeno Daily Moisture Lotion yang banyak ditemukan di pasaran, baik toko online maupun konvensional. Produk ini dirancang khusus untuk melembapkan kulit secara intensif sepanjang hari. Bahan utamanya adalah glycerin dengan fungsi dan manfaat yang sama dari produk sebelumnya.

Body lotion untuk kulit kering ini juga mengandung silicon yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Bahan alami yang diperoleh dari oatmeal yang dihaluskan dan digunakan sebagai agen pelembap dan penyembuh kulit. Colloidal oatmeal juga dapat membantu mengurangi peradangan dan gatal pada kulit.

Baca Juga:  10 Produk Susu Penambah Tinggi Badan Terbaik untuk Remaja & Anak

3. Vaseline Intensive Care Advanced Strength Lotion

Vaseline Intensive Care Advanced Strength Lotion
Image by Femaledaily.com

Apabila anda memiliki masalah kulit kering yang sangat parah, rekomendasi produk body lotion dari kami adalah Vaseline Intensive Care Advanced Strength Lotion. Selain glycerin, produk ini juga mengandung Petrolatum dengan manfaat yang sama. Selain itu, ada juga Stearic Acid yang berfungsi sebagai agen pengemulsi untuk membantu melembutkan dan memperbaiki kulit.

Kandungan lain yang fungsinya mirip diantaranya yaitu Sodium PCA, Mineral Oil, Dimethicone, dan Hydroxyethyl Urea. Dengan kombinasi bahan tersebut, produk ini dapat membantu melembapkan kulit secara intensif. Selain itu juga membantu menjaga kelembapan alami kulit sehingga terlihat lebih sehat, lembut, dan tidak pecah-pecah.

4. Sensatia Botanicals Balancing Body Lotion

Sensatia Botanicals Balancing Body Lotion
Image by Sensatia.com

Body lotion untuk kulit kering selanjutnya yakni Sensatia Botanicals Balancing Body Lotion. Produk ini menggunakan bahan-bahan alami dan organik sehingga aman digunakan dalam jangka waktu lama. Selain itu, penggunaan setiap hari tidak menyebabkan efek samping seperti hanya produk yang mengandung bahan kimia.

Tidak hanya terbukti melembapkan kulit, melainkan juga memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Semua manfaat yang didapatkan dikarenakan kandungan di dalamnya. Misalnya Aloe Vera yang menjaga kelembapan kulit dan membantu mengurangi peradangan. Ada juga Virgin coconut oil yang memiliki kandungan asam lemak dan antioksidan yang tinggi.

5. Citra Night Whitening Body Lotion

Citra Night Whitening Body Lotion
Image by Femaledaily.com

Citra adalah salah satu produk perawatan kulit yang terkenal di Indonesia. Produk yang dikenal dengan Citra Night Whitening Body Lotion dirancang khusus untuk membantu merawat kulit pada malam hari dan membuat kulit menjadi lebih cerah dan halus. Manfaat memutihkan kulit didapatkan dari kandungan vitamin B3 di dalamnya.

Body lotion terbaik untuk kulit kering ini juga mengandung ekstrak buah yang berfungsi untuk meremajakan kulit. Formulanya ringan sehingga mudah diserap dan memberikan hasil lebih maksimal. Namun bagi anda yang memiliki penciuman tajam mungkin sedikit terganggu dengan bau wanginya yang terlalu monoton.

6. L’Occitane Almond Milk Veil

L’Occitane Almond Milk Veil
Image by Sephora.com

Sesuai namanya, body lotion untuk kulit kering yang dikenal dengan L’Occitane Almond Milk Veil mengandung bahan utama berupa susu yang terbuat dari almond. Susu almond memiliki kandungan asam lemak dan vitamin E yang dapat membantu melembapkan dan menjaga kelembutan kulit. Selain itu juga dapat membantu mengurangi tampilan garis halus dan kerutan.

Bukan hanya itu saja, produk ini juga mengandung minyak almond dengan manfaat yang berbeda. Adapun manfaat yang dimaksud yaitu membantu meningkatkan elastisitas kulit. Harganya memang mahal, namun untuk manfaatnya sudah banyak terbukti. Anda bisa mendapatkan produk ini dan manfaatnya di kisaran harga 700 ribu rupiah.

Baca Juga:  10 Jenis Penyakit Kulit yang Paling Umum Dialami dan Penyebabnya

7. Biotalk Calendula Lotion for Eczema and Dry Skin

Biotalk Calendula Lotion for Eczema and Dry Skin
Image by Tokopedia.com

Produk body lotion diatas memang cukup mahal, namun bukan berarti tidak ada yang murah. Biotalk Calendula Lotion for Eczema and Dry Skin merupakan salah satu produk yang terjangkau, dijual sekitar 90 ribu rupiah. Meski murah, tentu manfaat yang didapatkan tidak murahan dan sudah banyak yang membuktikannya.

Manfaat utamanya untuk melembapkan kulit, namun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan iritasi. Ini dikarenakan adanya kandungan calendula atau marigold yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Kandungan lain yang tidak kalah penting yakni aloe vera, shea butter, dan coconut oil.

8. Mustika Ratu Hand & Body Lotion Zaitun

Mustika Ratu Hand & Body Lotion Zaitun
Image by Lazada.co.id

Mustika Ratu dikenal sebagai produsen skincare yang memberikan harga cukup murah. Salah satu produknya yakni Mustika Ratu Hand & Body Lotion Zaitun, manfaat utamanya untuk melembapkan kulit. Produk ini memiliki kandungan utama berupa minyak zaitun, sesuai dengan namanya.

Bukan tanpa alasan kenapa dianggap sebagai body lotion yang cocok untuk kulit kering. Anda bisa melihat kandungan di dalamnya selain minyak zaitun, yakni ekstrak lidah buaya dan chamomile. Kedua bahan tersebut dikenal lama dan cukup efektif mengatasi masalah kulit kering. Apalagi ada kandungan vitamin E, yang mana berfungsi menangkal radikal bebas.

9. Natur-E Daily Nourishing-Moisturizing Hand & Body Lotion

Natur-E Daily Nourishing-Moisturizing Hand & Body Lotion
Image by Lazada.co.id

Kulit kering bukan hanya menjadi masalah tangan atau kaki, namun juga bagian tubuh lainnya. Sebagian produk hanya dikhususkan untuk area tertentu, namun tidak demikian dengan Natur-E Daily Nourishing-Moisturizing Hand & Body Lotion. Produk ini dapat digunakan di tangan, kaki, punggung, dan anggota tubuh lain kecuali wajah.

Body lotion ini mengandung vitamin E sebagai bahan utama. Vitamin E adalah antioksidan yang bermanfaat bagi kulit. Selain itu, ada juga glycerin yang membantu menjaga kelembaban alami kulit dan mencegah kulit kering. Masih banyak bahan lain yang ada pada produk ini sehingga cocok dijadikan pilihan utama, misalnya aloe vera, ekstrak chamomile, dan minyak almond.

10. Jergens Healthy Care Extra Dry Skin Moisturiser

Jergens Healthy Care Extra Dry Skin Moisturiser
Image by Probeautycare.com

Rekomendasi terakhir yakni Jergens Healthy Care Extra Dry Skin Moisturiser yang dijual di kisaran harga 120 ribu rupiah. Produk body lotion ini mengandung hydralucence, vitamin C, E, dan B5. Semua kandungan tersebut tidak hanya mampu melembapkan kulit, namun juga senantiasa menjaganya tetap sehat dan putih alami.

Produk ini juga mengandung berbagai bahan yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin dan mineral. Bagi ibu hamil tidak perlu khawatir menggunakan skincare ini karena dijamin aman. Selain itu tidak ada paraben yang merupakan bahan kimia berbahaya. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pastikan anda menggunakannya secara rutin.

Pastinya masih banyak lagi produk yang ditemui di pasaran dengan harga dan bahan yang berbeda. Namun sebagian besar fungsinya sama, yakni untuk melembapkan kulit. Dengan pemakaian teratur, body lotion untuk kulit kering diatas mampu memberikan hasil terbaik. Kulit anda pun terasa lebih lembut dan cerah sepanjang hari.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar photo

Nikeisha

Nikeisha suka bepergian, fotografi dan pastinya makanan enak. Dia paling sering bersama dengan laptopnya, menulis apa saja yang muncul dibenaknya.

Tags