10 Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami dan Sehat

10 Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami dan Sehat

Ada beberapa cara menambah tinggi badan secara alami dan sehat, baik dengan mengonsumsi makanan maupun olahraga teratur. Cara yang dimaksud tentunya lebih efektif ketika memasuki masa pubertas, dimana setiap remaja masih memungkinkan untuk lebih tinggi. Lain halnya jika sudah memasuki usia dewasa atau usia tertentu, dimana titik ketinggian tidak lagi bisa bertambah.

Tinggi badan termasuk salah satu hal yang penting bagi sebagian orang, baik laki-laki maupun perempuan. Memiliki postur tubuh dan tinggi yang ideal bisa menambah rasa percaya diri. Faktanya, hal tersebut mamang mampu membuat penampilan lebih menarik. Bukan hanya itu, dalam beberapa hal juga diperlukan, salah satunya adalah untuk melamar pekerjaan.

Terdapat perbedaan antara masa subur pria dan wanita, dalam hal ini untuk ketinggian. Pada pria, rata-rata usia yang baik untuk masalah pertumbuhan yakni 10 hingga 15 tahun. Sedangkan pada wanita lebih muda lagi, yakni pada usia 8 – 13 tahun. Dari rentang waktu tersebut, pada umumnya terdapat waktu dua tahun untuk mendapatkan ketinggian yang optimal.

Sebenarnya, masalah tinggi badan sangat berpengaruh dengan faktor genetik. Jadi misalkan anda memiliki orang tua dengan postur tubuh tinggi, maka kemungkinan cara menambah tinggi badan secara alami tidak lagi diperlukan. Namun jika sebaliknya, maka dibutuhkan beberapa cara berikut yang mungkin bisa membantu!

1. Memperbaiki Postur Tubuh

Memperbaiki Postur Tubuh
Image by M.theepochtimes.com

Postur tubuh yang dimaksud yakni kebiasaan sehari-hari yang kurang tepat sehingga mengakibatkan tinggi badan kurang ideal. Kebiasaan yang dimaksud yakni duduk, berdiri, atau juga tidur. Sebagai contoh ketika anda sering membungkuk, tentunya pertumbuhan tulang tidak ideal seperti halnya ketika lurus.

Cara menambah tinggi badan ini sekilas cukup mudah, namun cukup sulit untuk mengubah kebiasaan lama. Awalnya, silahkan lakukan sedikit demi sedikit, misalnya dalam satu minggu mengubah kebiasaan buruk dalam perilaku yang dimaksud. Lanjutkan dengan mengubah kebiasaan lainnya jika dirasa yang pertama telah berhasil.

2. Menguatkan Otot Tubuh

Menguatkan Otot Tubuh
Image by Blog.jaco.co.id

Cara berikutnya yakni menguatkan otot tubuh yang dipercaya membantu tinggi badan lebih ideal. Cara ini bisa dilakukan dengan olahraga berat, seperti push up, sit up, angkat beban, dan masih banyak lainnya. Utamakan untuk menguatkan otot tubuh pada bagian kaki dan tangan jika tujuan anda untuk meninggikan badan.

Bukan berarti bagian lain tidak penting, anda tetap bisa membentuk otot untuk semua bagian tubuh agar mendapatkan tubuh yang ideal. Selain sebagai cara menambah tinggi badan secara sehat, cara ini terbukti efektif untuk mempertahankan postur tubuh. Jadi jika anda memiliki ketinggian yang sudah baik, tidak ada salahnya melakukan beberapa aktivitas yang dimaksud.

BACA:  Inilah Jenis, Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan

Perlu dicatat, setiap orang memiliki kemampuan tersendiri dalam hal ini. Oleh sebab itu, sebaiknya mulai dengan latihan paling ringan. Untuk olahraga tanpa alat, silahkan mulai dengan push up untuk membentuk otot perut. Mulai dengan durasi paling sebentar atau sesuai kemampuan anda. Tidak perlu dipaksakan karena justru dapat memberikan efek buruk bagi tulang belakang.

3. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi
Image by Kompas.com

Tidak dapat di pungkiri bahwa makanan yang sehat termasuk salah satu faktor utama untuk meninggikan badan. Dalam hal ini, kandungan yang paling penting untuk makanan yang dikonsumsi diantaranya adalah protein, vitamin D, dan kalsium. Makanan sehat yang dimaksud tidak harus enak, namun yang memiliki gizi tinggi.

Banyak jenis makanan yang bisa anda temui untuk jenis yang dimaksud, silahkan pilih sesuai selera. Dari kategori sayur misalnya, usahakan mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan kangkung. Selain memiliki ketiga kandungan penting diatas, kedua sayuran tersebut memiliki zat besi tinggi untuk menguatkan tulang.

Makanan lain yang bergizi dan dapat digunakan sebagai cara menambah tingi badan secara alami yakni dari jenis kacang-kacangan, seperti kacang hijau dan kacang kedelai. Mengonsumsi tempe dan tahu setiap hari tidak ada salahnya karena memiliki kandungan yang mirip dengan kacang-kacangan yang dimaksud.

4. Rutin Minum Susu

Rutin Minum Susu
Image by Lifestyle.okezone.com

Banyak produk susu yang mengklaim dapat dijadikan untuk membuat tinggi badan bertambah. Secara medis memang hal tersebut benar, namun ada hal yang perlu diperhatikan. Hal yang dimaksud yaitu dari kandungan di dalamnya. Susu untuk meninggikan badan pada umumya mengandung kalsium, protein, dan vitamin D.

Pastikan anda memilih susu yang mengandung ketiga bahan tersebut jika tujuan utamanya untuk membuat tinggi badan lebih. Kandungan kalsium berfungsi untuk menguatkan tulang yang telah terbentuk, selain itu juga dapat menyehatkan. Dalam beberapa kasus, kandungan tersebut cukup efektif untuk mencegah tulang keropos.

Sedangkan vitamin D merupakan kandungan yang memiliki fungsi utama untuk membantu tubuh dalam menyerap kalsium. Fungsi ini sangat penting sehingga harus ada jika anda memilih susu yang digunakan sebagai cara menambah tinggi badan dan membuat sehat. Intensitas minum susu bisa dilakukan dua kali sehari, yakni di pagi hari dan sebelum tidur.

5. Berlari

Berlari
Image by Ecency.com

Salah satu olahraga yang efektif untuk meninggikan badan yakni dengan berlari secara rutin. Olahraga ini bisa dilakukan siapa saja dan kapan saja, namun lebih baik di pagi dan sore hari. Tidak perlu berlari cepat, cukup lari santai saja dengan durasi sehari selama 10 menit. Usahakan berlari pada pagi hari beberapa saat setelah matahari terbit.

BACA:  10 Rekomendasi Salep untuk Bisul Terbaik yang Mudah Ditemukan

Selain mendapatkan tinggi badan maksimal, waktu tersebut juga menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Apabila anda hobi olahraga yang masih berhubungan dengan aktivitas ini, silahkan dilakukan. Sebagai contoh adalah sepak bola, dimana kunci utamanya adalah berlari.

Bukan tanpa alasan kenapa berlari merupakan salah satu cara menambah tinggi badan secara alami. Hal ini dikarenakan peredaran darah pada tubuh menjadi lebih lancar, terutama pada bagan kaki. Selain itu, otot pada bagian tubuh tersebut menjadi lebih renggang jika dibandingkan dengan aktivitas lain atau tidak melakukannya sama sekali.

6. Olahraga Basket

Olahraga Basket
Image by Parapuan.co

Selain berlari atau sepak bola, olahraga lain yang cocok untuk meninggikan badan yakni basket. Tentunya anda mengetahui bahwa kunci dari olahraga ini adalah berlari dan melompat. Dengan berlari, peredaran darah semakin lancar dan juga mendapatkan otot lutut dan paha menjadi renggang. Inilah yang nantinya sangat memungkinkan untuk menambah tinggi badan.

Perpaduan antara gerakan tersebut bahkan mampu merangsang lempeng pertumbuhan sehingga merangsang proses tinggi badan sedikit lebih cepat. Lakukan olahraga ini secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal. Tidak disarankan melakukannya dengan durasi sekaligus, namun lebih disarankan setiap hari meskipun hanya 15 menit.

Dalam hal waktu, lebih baik dilakukan pada pagi hari. Otot yang kaku di pagi hari bisa jadi lemas sebelum anda melakukan aktivitas lainnya. Konsistensi gerakan melompat pada olahraga basket harus lebih sering dilakukan.

7. Berenang

Berenang
Image by Veelerkerkhof.nl

Cara menambah tinggi badan secara alami dan sehat berikutnya adalah berenang. Sudah menjadi rahasia umum jika olahraga ini membutuhkan semua anggota tubuh untuk melakukannya. Setiap anggota tubuh yang igunakn untuk melakukan pergerakan di dalam air dipastikan ototnya dapat terbentuk.

Sebagai contoh otot tangan, tentunya lebih mudah terbentuk otot yang lebih baik. Apalagi jika aktivitas ini membutuhkan tekanan dan juga dorongan yang diakibatkan oleh air. Gaya gravitasi sekaligus menjadi faktor diperlukannya tenaga ekstra sehingga semua bagian otot mudah terbentuk.

Dari semua bagian tubuh yang digunakan untuk bergerak, faktanya berenang lebih menguatkan bagian tulang belakang. Bukan hanya untuk meninggikan badan, namun juga membentuk postur tubuh yang lebih baik. Selain itu, manfaat olahraga ini juga menyehatkan paru-paru dan melatih pernafasan.

8. Lompat Tali

Lompat Tali
Image by Nutrimart.co.id

Jika tidak memungkinkan untuk olahraga basket, alternatif nya yakni lompat tali. Prinsipnya sama, yakni menggunakan lompatan untuk membentuk otot tubuh dan melancarkan peredaran darah. Hanya saja kali ini tidak ada kombinasi berlari, karena lompat tali dilakukan di tempat yang sama, artinya menggunakan gerakan nonlokomotor.

BACA:  Mengenal Behel Gigi: Jenis, Prosedur, Manfaat & Resiko

Meski demikian, cara menambah tinggi badan dengan olahraga ini banyak dipilih. Salah satu alasannya yakni mudah dan tanpa harus memiliki skill khusus. Selain itu, tidak diperlukan tim dalam melakukannya, artinya anda bisa melakukannya sendiri di rumah atau di tempat lain sesuai dengan keinginan. Apalagi tidak harus menggunakan alat lompat tali seperti atlet, cukup gunakan karet jika perlu.

Manfaat yang didapat cukup banyak, bahkan bukan hanya merenggangkan otot kaki dan melancarkan peredaran darah. Olahraga ini lebih berkaitan dengan saraf yang ada di telapak kaki karena adanya kontraksi ketika melakukan lompatan. Selain itu, gerakan tersebut juga efektif untuk meningkatkan hormon pertumbuhan.

9. Bersepeda Rutin

Bersepeda Rutin
Image by Bola.com

Pada prinsipnya, bagian tubuh yang paling utama dan berkaitan dengan tinggi badan yaitu kaki. Bersepeda adalah salah satu olahraga yang cocok sebagai cara menambah tinggi badan. Sebenarnya sederhana, olahraga tersebut lebih mengandalkan kaki daripada bagian tubuh lainnya. Kaki yang digunakan untuk mengayuh sepeda dapat melancarkan peredaran darah dan juga memperkuat tulang.

Bagian yang paling terasa ketika bersepeda adalah paha dan lutut. Selain dapat menguatkan tulang pada bagian tersebut, nyatanya juga efektif untuk menguatkan ototnya. Anda bisa melakukan olahraga ini di pagi hari selama 15 menit, kemudian dilanjutkan pada sore hari dengan durasi yang sama.

Lakukan setiap hari untuk mendapatkan tinggi badan ideal sesuai keinginan. Olahraga ini juga menyehatkan bagian tubuh lainnya, seperti paru-paru dan tulang belakang. Paru-paru yang sehat secara tidak langsung menyuplai oksigen di dalam darah. Dengan demikian, aliran darah semakin lancar sehingga dapat merangsang pertumbuhan.

10. Pull Up

Pull Up
Image by Harianhaluan.com

Pull up dikatakan efektif sebagai cara menambah tinggi badan secara alami. Inti dari olahraga ini adalah tarikan yang dilakukan oleh tangan dengan anggota tubuh lainnya bergelantungan. Sekilas memang hanya untuk membentuk dan menguatkan otot bagian tangan. Namun faktanya olahraga ini membantu bagian tulang belakang lebih lurus dan panjang.

Sebelum melakukannya, gunakan alat atau tempat yang dapat menahan berat badan. Seperti yang dikatakan tadi, olahraga ini dilakukan secara bergelantungan yang artinya semua berat badan ditopang oleh tempat melakukan aktivitas tersebut. Tidak perlu lama, cukup 10 menit sehari pada pagi atau sore hari.

Dari semua cara yang disebutkan diatas, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mendapatkan tinggi badan yang ideal. Hanya saja bagi sebagian orang tidak sempat atau malas melakukannya, apalagi yang berhubungan dengan olahraga. Apapun jenis cara menambah tinggi badan secara alami dan sehat yang anda pilih, sebaiknya lakukan secara rutin.