15 Manfaat Buah Nanas untuk Kecantikan & Kesehatan

15 Manfaat Buah Nanas untuk Kecantikan & Kesehatan

Buah nanas merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari oleh sebagian orang. Dengan memiliki cita rasa yakni asam dan manis ini pun membuat anda akan sering kali menemukannya di dalam olahan rujak buah. Selain memiliki rasa yang enak, buah dengan ciri khas berwarna kuning ini ternyata mampu untuk menjaga tubuh menjadi lebih sehat. Selain itu, nanas pun juga baik untuk mencegah kulit keriput. Ingin tahu manfaat lainnya? Simak ulasannya berikut ini.

Kandungan Gizi Dalam Buah Nanas

Kandungan Gizi Buah Nanas

Image Credit: Kompas.com

Selain memiliki rasa yang menyegarkan, buah satu ini pun juga memiliki banyak sekali kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Nanas sendiri mengandung banyak vitamin, mineral dan juga nutrisi penting yang baik untuk kesahatan tubuh anda. Sehingga buah satu ini pun memiliki manfaat yang banyak sekali untuk anda. Pertama, nanas merupakan salah satu buah yang menghasilkan antioksidan.

Di samping itu, berbagai macam vitamin pun juga terkandung di dalam buah satu ini. Mulai dari vitamin A dan juga vitamian C yang menjadi sumber utama antioksidan. Selain itu, di dalam buah nanas juga memiliki kandungan lainnya yakni kalium, kalsium, fosfor, mangan, zat besi, magnesium, mangan, serat, thiamin, natrium dan juga sukrosa atau gula buah. Nanas pun juga merupakan buah yang mengandung sedikit kalori yakni hanya 82 kalori saja.

Manfaat Buah Nanas untuk Kecantikan & Kesehatan

1. Membuat Wajah Terlihat Lebih Awet Muda

Menyeimbangkan pH pada Kulit Wajah

Image Credit: Journal.sociolla.com

Dengan adanya kandungan antioksidan dan juga vitamin C yang terdapat di dalam buah nanas maka hal tersebut menjadi salah satu faktor wajah menjadi terlihat lebih awet muda. Hal ini dikarenakan adanya vitamin C yang mampu membuat kulit menjadi tampak lebih cerah. Selain itu, kandungan ini juga akan bisa membuat kulit mampu untuk mencegah timbulnya kerutan yang ada pada kulit wajah.

Kemudian, dengan adanya kandungan antioksidan yang dimiliki oleh buah nanas maka hal tersebut akan bisa untuk menangkal radikal bebas yang bisa mempercepat proses penuaan pada kulit. Sehingga ketika anda dengan rutin mengonsumsi nanas, maka hal tersebut nantinya akan bisa untuk membuat seseorang menjadi lebih awet muda.

BACA:  10 Manfaat Buah Kiwi untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Diketahui

2. Menghilangkan Bintik Hitam Pada Wajah

Image Credit: Paragram.id

Selanjutnya, kandungan yang terdapat di dalam buah nanas ternyata juga mampu untuk menghilangkan bintik hitam yang ada di wajah.  Untuk itu, jika anda memiliki bintik hitam di wajah anda, maka hal tersebut tentu saja akan bisa mengganggu penampilan anda. Bintik hitam sendiri, umumnya juga sering kali disebabkan oleh siklus menstruasi yang tidak lancar. Hal ini diakibatkan darah kotor tidak keluar dari tubuh. Selain itu, bekas jerawat pun juga bisa memicu timbulnya flek hitam.

Untuk itu, anda pun bisa mengonsumsi buah nanas secara rutin. Hal ini dikarenakan akan membantu anda untuk membersihkan bintik bintik hitam yang ada pada wajah. Dengan kandungan antioksidan yang terdapat di dalam nanas, maka hal tersebut akan mampu untuk mengeluarkan sisa racun yang ada di dalam tubuh anda. Sehingga nantinya akan membuat metabolisme menjadi lebih lancar.

3. Mampu Menjaga Kesehatan Bibir

Kesehatan Bibir

Image Credit: Suara.com

Salah satu ciri dari bibir yang sehat adalah memiliki warna yang kemerahan dan tidak pecah pecah. Sehingga salah satu cara yang bisa untuk anda lakukan agar menjaga bibir tersebut tetap sehat adalah dengan rajin untuk mengonsumsi nanas. Hal ini dikarenakan di dalam buah nanas terdapat kandungan air dan juga vitamin C yang tinggi. Untuk itu, hal tersebut akan membantu bibir menjadi tetap lembab dan menceganya untuk mengalami kekeringan.

4. Mencegah Timbulnya Jerawat

Mengatasi Jerawat dan Kulit yang Berminyak

Image Credit: Classlifestyle.com

Hal lain yang bisa anda dapatkan ketika rutin mengonsumsi buah satu ini adalah mampu untuk mencegah timbulnya jerawat di wajah anda. Pasalnya, jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh wanita dan juga pria. Namun, ketika anda rajin mengonsumsi nanas maka anda pun akan mendapatkan wajah yang terbebas dari jerawat.

Hal ini dikarenakan di dalam buah nanas mengandung beberapa kandungan yang baik untuk mencegah jerawat. Mulai dari adanya kandungan enzim bromelain di dalam nanas. Dimana hal tersebut akan mampu untuk menghilangkan sisa kotoran yang menempel di wajah, selain itu juga akan membuat kulit menjadi lebih bersih. Sehingga jerawat pun tidak akan muncul di wajah anda.

5. Mengecilkan Pori-Pori Kulit Wajah

Mengecilkan Pori-Pori Wajah Anda

Image Credit: Glitzmedia.co

Buah nanas juga memiliki fungsi untuk mengecilkan pori-pori yang terdapat di wajah anda. Hal ini dikarenakan Pori-Pori besar merupakan salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu. Untuk itu, ketika anda mengalami masalah satu ini maka anda pun bisa mengaplikasikan buah nanas untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara penggunaannya adalah dengan menempelkan potongan dari nanas kepada kulit wajah anda yang bermasalah. Nantinya hal tersebut akan membantu untuk mengecilkan Pori-Pori yang ada di wajah anda. Untuk itu, jika anda menggunakannya secara teratur, maka anda pun bisa membuat Pori-Pori yang ada di wajah menjadi menghilang.

BACA:  15 Manfaat Jus Buah Sirsak untuk Kecantikan & Kesehatan

6. Mampu Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Agar Jantung Lebih Sehat

Image Credit: Truththeory.com

Dengan banyaknya kandungan yang dimiliki oleh buah nanas, maka hal tersebut juga akan membantu untuk menjaga kesehatan dari jantung anda. Hal ini dikarenakan adanya kandungan seperti serat, vitamin C dan juga kalium yang akan mendukung kesehatan jantung anda. Selain itu, dengan adanya kalium di dalam nanas ternyata mampu untuk meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan ketegangan pembuluh darah. Sehingga mampu mencegah serangan jantung dan stroke.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata

Image Credit: Kompas.com

Kandungan seperti vitamin A dan juga beta karoten yang terdapat di dalam buah nanas ternyata juga berfungsi untuk menjaga penglihatan mata anda. Selain itu, hal tersebut juga mampu untuk mencegah degenerasi makula yang menjadi salah satu alasan yang membuat seseorang menjadi kehilangan penglihatan di saat usia senja.

8. Mengurangi Peradangan dan Rasa Sakit

Mengurangi Peradangan

Image Credit: Alodokter.com

Terdapat beberapa kandungan yang terdapat pada nanas, mampu untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Hal ini ditunjukkan dengan beberapa penelitian yang mengatakan bahwa adanya bromelain yang ditemukan di dalam nanas mampu untuk mempercepat waktu penyembuhan dan mengurangi memar pada tubuh anda.

Selain itu, dengan adanya bromelain juga memiliki fungsi untuk mengobati dan mengurangi peradangan dari keseleo, kejang dan juga cedera otot lainnya. Tak hanya itu saja, dengan adana bromelain ini juga akan mengurangi pembengkakan yang terjadi dengan hidung, telinga dan operasi tenggorokan atau trauma. Untuk itu, anda pun  bisa mulai untuk mengonsumsi buah nanas.

9. Mampu Untuk Meningkatkan Kesuburan

Meningkatkan Kesuburan

Image Credit: Theasianparent.com

Buah yang memiliki kandungan anti oksidan ini merupakan salah satu yang terbukti mampu untuk meningkatkan kesuburan. Hal ini dikarenakan karena radikal bebas yang mampu untuk merusak sistem reproduksi. Untuk itu, ketika anda mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi seperti nanas, maka jenis buah satu ini akan disarankan bagi anda yang ingin untuk hamil.

10. Mampu Untuk Melancarkan Pencernaan

Memperbaiki Sistem Pencernaan

Image Credit: Dailyo.in

Tak hanya itu saja, kandungan serat dan juga air yang terdapat di dalam nanas ternyata juga mampu untuk menjaga sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Untuk itu, bagi anda yang rajin untuk mengonsumsi jus nanas maka nantinya hal tersebut akan membantu anda untuk menghilangkan cacing usus. Untuk itu, jika anda mengalami susah buang air besar, maka anda pun bisa mengonsumsi buah satu ini.

BACA:  15 Manfaat Konsumsi Buah Naga untuk Kecantikan dan Kesehatan

11. Mampu Untuk Mencegah Kanker

Mampu Untuk Mecegah Kanker

Image Credit: Alodokter.com

Karena kandungannya yang kaya akan antioksidan dan vitamin C ini akan membantu anda untuk menghindari pembentukan radikal bebas. Dimana hal tersebut dapat anda ketahui menjadi salah satu hal yang menyebabkan penyakit kanker. Selain itu, bromelain yang ditemukan di dalam nanas juga mampu digunakan sebagai pengobatan untuk kanker. Hal ini dikarenakan mampu untuk mengurangi efek samping seperti radang mulut yang terjadi karena pengaruh radiasi.

12. Berfungsi Mengurangi Resiko Hipertensi

Hipertensi

Image Credit: Accemedin.com

Buah nanas merupakan salah satu buah yang baik untuk penderita hipertensi. Hal ini dikarenakan di dalam buah nanas memberikan asupan tinggi kalium dan sejumlah natrium. Sehingga ketika anda mengonsumsi satu cangkir jus nanas, maka hal tersebut telah mengandung sekitar 195 mg kalium dan juga 1 mg sodium.

13. Mampu Mencegah Asma

Asma

Image Credit: Halodoc.com

Untuk anda yang menderita penyakit asma, maka anda pun nantinya akan lebih rendah terkena resiko penyakit asma ketika rutin untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tertentu, seperti beta karoten. Untuk itu, anda pun bisa mulai rajin mengonsumsi nanas sebagai salah satu buah untuk pencuci mulut yang bisa anda gunakan. Dengan begitu, anda pun nantinya akan lebih rendah untuk terkena penyakit asma.

14. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Mampu Memperkuat Tulang dan Gigi

Image Credit: Journal.sociolla.com

Memiliki gigi yang kuat dan mulut yang sehat mungkin adalah sebuah keharusan bagi setiap orang. Kesehatan Gigi dan Mulut Memiliki gigi yang kuat dan mulut yang sehat mungkin adalah sebuah keharusan bagi setiap orang. Untuk itu, saat ini anda pun bisa mulai untuk mengonsumsi buah nanas yang memiliki banyak kandungan vitamin C. Dimana hal tersebut nantinya akan mampu untuk memperkuart gusi dan juga menjaga gigi anda agar selalu nampak sehat.

Selain itu, dengan adanya vitamin C tersebut juga akan mampu untuk mencegah timbulnya plak. Sehingga nantinya anda pun akan bisa mengurangi resiko untuk terkena penyakit periodontal dan gingvitis. Hal ini dikarenakan nanas mampu untuk membatasi aktifitas bakteri yang terjadi di dalam mulut anda.

15. Mampu Untuk Menyehatkan Kuku

Kuku

Image Credit: Tenesia.com

Untuk anda yang ingin memiliki kuku yang terlihat sehat dan kuat, maka mulai sekarang anda pun harus rajin untuk mengonsumsi buah nanas. Selain itu, anda pun  juga bisa mengoleskan selai nanas segar pada kuku anda. kemudian, diamkan sekitar 10 menit, lalu bilaslah dengan menggunakan air bersih. Maka anda pun akan bisa melihat perbedaan dari kuku anda.

Itulah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengonsumsi buah nanas. Untuk itu, bagi anda yang ingin menjaga kesehatan tubuh dan merawat kulit anda agar nampak sehat secara alami, maka anda pun bisa mulai rajin mengonsumsi buah nanas. Hal ini dikarenakan akan mampu untuk membuat anda tampak lebih sehat dan juga segar. Selain itu, rasa enak dari buah satu ini juga akan membuat anda menjadi ketagihan.