15 Manfaat Pisang untuk Kecantikan Hingga Kesehatan

15 Manfaat Pisang untuk Kecantikan Hingga Kesehatan

Pisang merupakan salah satu buah dengan cita rasa lezat yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Jumlahnya yang melimpah dan dipatok dengan harga terjangkau, anda bisa memanfaatkannya sebagai bahan alami untuk merawat kulit agar tetap sehat nan cantik. Menggunakan buah pisang sebagai bahan alami kecantikan kulit, berikut sederet manfaatnya bagi kecantikan dan kesehatan.

Kandungan Nutrisi Pada Pisang

Pisang

Image Credit: Hellosehat.com

Termasuk sebagai salah satu buah kaya akan serat dan antioksidan, tidak mengherankan jika pisang banyak diburu di pasaran. Bukan hanya dari segi rasa, melainkan banyaknya nutrisi yang ditawarkan dalam satu buah pisang.

Beberapa kandungan nutrisi tersebut terdiri dari lemak, vitamin C, vitamin B6, karbohidrat, mangan, tembaga, magnesium, potassium, serat, dan protein. Dimana semua kandungan nutrisi tersebut, pastinya sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Manfaat Pisang Bagi Kecantikan dan Kesehatan

1. Memutihkan Gigi

Mampu Memperkuat Tulang dan Gigi

Image Credit: Journal.sociolla.com

Seperti yang diulas pada bab kandungan nutrisi, pisang memang terkenal akan rasanya yang lezat serta kaya akan nutrisi. Dimana kandungan mangan, magnesium, serta potasiumnya dapat membantu memutihkan gigi secara alami. Oleskan saja kulit pisang pada gigi selama beberapa menit kedepan dan diamkan sekitar 10 menitan, setelahnya anda bisa menggosok gigi seperti biasanya. Setelah selesai menggosok gigi, cobalah berkaca apakah menemukan perbedaannya.

2. Melembabkan Kulit

Melembabkan Kulit

Image Credit: Eforealifestyle.com

Kulit terasa kenyal dan lembut ketika disentuh, merupakan ciri ciri kulit idaman bagi para pemilik jenis kulit kering. Untuk membantu mewujudkannya, anda tak perlu pergi ke klinik kecantikan ataupun mencoba aneka produk dengan harga fantastis. Cukup dengan memanfaatkan buah pisang, dijamin kulit idaman bisa diwujudkan. Pasalnya, buah berwarna kuning cerah ini mengandung kalium serta mousture yang dapat membantu melembabkan kulit.

Jika ingin mendapatkan kulit lembab nan sehat, silahkan olah buah pisang menjadi masker alami. Cukup masukkan pisang matang ke dalam sebuah mangkok kecil, lalu tumbuk hingga teksturnya menjadi lebih halus. Kemudian oleskan pisang halus tersebut ke seluruh permukaan wajah secara merata, dan tunggu beberapa menit dan bilasnya dengan air bersih. Pastikan untuk mencuci wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan maskernya.

3. Merawat Sekaligus Melembutkan Kaki

Melembutkan Kaki

Image Credit: Dokterkecantikan.org

Pernahkah anda mendapati tumit kaki tampak pecah pecah ? Jika menemui kondisi tersebut, secara tidak langsung kulit sedang ingin memberitahukan bahwa dirinya memerlukan perawatan lebih. Sebab bukan hanya kulit wajah, namun merawat kesehatan serta kecantikan kulit kaki juga perlu diperhatikan agar dapat tampil maksimal. Khusus untuk permasalahan kulit satu ini, tampaknya anda bisa mengandalkan buah pisang sebagai obatnya.

BACA:  15 Manfaat Buah Melon untuk Kecantikan Kulit & Kesehatan

Kandungan di dalam buah pisang, diyakini mampu menembus jauh ke dalam lapisan terdalam kulit kaki. Sehingga permasalahan kulit seperti pecah pecah pada tumit kaki akan teratasi dengan mudah. Perawatan yang harus dilakukan pun cukup simpel, dmana anda hanya perlu mengoleskan bubur pisang ke bagian yang kasar lalu tunggu beberapa menit sebelum dibilas. Usai perawatan ini, kulit akan lembut kembali serta terasa lentur daripada sebelumnya.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati

Mengangkat Sel Kulit Mati

Image Credit: Beautylogicaclinic.com

Kulit manusia dikaruniai kemampuan untuk meregenerasi kulit secara alami. Namun jika proses ini terhambat, secara tidak langsung akan terjadi penumpukan sel kulit mati yang dapat menutupi pori pori. Segera singkirkan sel sel kulit mati tersebut menggunakan scrub pisang sebagai alternatifnya. Dengan kandungan antioksidannya, scrub ini siap membantu menghilangkan sel kulit mati sekaligus memunculkan sel kulit baru yang tampak lebih cerah nan sehat.

5. Mengontrol Produksi Minyak

15 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami yang Mudah Dilakukan

Image Credit: Hellosehat.com

Apakah anda mempunyai keluhan masalah kulit terkait produksi minyak berlebih ? Sebagai alternatifnya, silahkan manfaatkan buah pisang sebagai bahan alami untuk menuntaskan kelebihan sebum di permukaan kulit. Hebatnya proses eksfoliasi ini tidak akan membuat kulit berubah menjadi kering, pasalnya buah pisang mengandung pelembab alami serta vitamin C dan vitamin E yang akan membantu kulit tampak lebih cerah.

Untuk mendapatkan khasiatnya, silahkan gunakan pisang sebagai masker kecantikan. Cukup siapkan buah pisang yang dilembutkan hingga menjadi bubur, lalu tambahkan satu sendok makan madu serta setengah sendok teh air perasan lemon. Aduk semua bahannya hingga merata, lalu aplkasikan pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumya. Tunggu selama beberapa menit dan bilas menggunakan air bersih untuk melihat hasilnya.

6. Mengobati Jerawat

Mengatasi Jerawat dan Kulit yang Berminyak

Image Credit: Classlifestyle.com

Bukan hanya sekedar permasalahan kulit sepele, pasalnya timbulnya jerawat seringkali menurunkan kepercayaan diri seseorang. Apabila kondisi ini terjadi pada anda, tampaknya anda tak perlu khawatir lantaran bisa menggunakan pisang sebagai alternatifnya. Baik daging buah ataupun kulitnya, pisang akan membantu anda mengobati kulit berjerawat dengan mudah dan tidak menguras isi dompet.

Cara mudah untuk mengurangi tingkat peradangan sekaligus menghancurkan bakteri di dalam jerawat, silahkan oleskan kulit pisang ke area wajah yang berjerawat secara lembut. Sedangkan bagian daging buahnya dapat dimanfaatkan sebagai masker alami, yang nantinya akan dicampurkan dengan madu serta kunyit untuk demi mendapatkan kulit bersih sekaligus mencerahkan. Lakukan perawatan ini secara rutin, dijamin memiliki kulit sehat bukan lagi impian semata.

7. Meningkatkan Kesehatan dan Keindahan Rambut

Memperkuat Helaian Rambut

Image Credit: Winnetnews.com

Kandungan asam folat pada pisang, akan membantu anda mewujudkan mimpi mendapatkan rambut sehat nan bersinar. Tak tanggung tanggung, buah berwarna kuning ini juga akan membantu menjaga kelembapan rambut sekaligus menghidrasi dengan sempurna. Sedangkan kandungan kalium serta minyak alaminya, akan membantu dalam meningkatkan kesehatan rambut agar tetap indah menawan.

BACA:  10 Manfaat Buah Alpukat untuk Kecantikan & Kesehatan

8. Mengurangi Flek Hitam

Image Credit: Paragram.id

Permasalahan kulit yang cukup menjengkelkan, yaitu timbulnya flek hitam akibat bekas jerawat maupun timbulnya gejala penuaan dini. Tak perlu berkecil hati, lantaran masalah tersebut dapat teratasi dengan menggunakan pisang. Hanya dengan mengoleskankan pisang yang sudah dihaluskan ke area wajah secara merata, dijamin flek hitam enggan untuk kembali. Agar mendapatkan hasil terbaik, jangan lupa untuk melakukan perawatan ini secara rutin.

9. Mengobati Mata Bengkak

Mengurangi Mata Bengkak dan Mata Panda

Image Credit: Detik.com

Saat terbangun di pagi hari dan mendapati mata membengkak ? Kemungkinan hal ini terjadi lantaran pembuluh darah tampak tegang yang mengakibatkan bengkak. Dalam kondisi tersebut, silahkan gunakan masker pisang untuk membantu menenangkan pembuluh darah sekaligus mengurangi mata bengkak. Pasalnya buah ini mengandung kalium, yang mampu memberikan efek menenangkan yang efektif untuk permasalahan mata bengkak.

Sebelum membuat maskernya, pertama tama tumbuk pisang hingga bertekstur lembut dan oleskan pada area mata yang terlihat membengkak. Biarkan sekitar 20 menit hingga air pada masker sudah terserap ke dalam kulit, lalu bilas menggunakan air bersih. Apabila ingin menggunakan cara lebih simpel, anda bisa langsung mengoleskan kulit pisang ke area mata yang terlihat bengkak secara lembut. Diamkan selama beberapa saat sebelum dibersihkan menggunakan air bersih.

10. Mencegah Penuaan Dini

Membantu Melawan Penuaan Dini

Image Credit: Cosmopolitan.co.id

Kian bertambahnya usia, kulit wajah akan mulai menunjukkan tanda penuaan secara alami. Oleh karenanya, segera lakukan serangkaian perawatan wajah sejak dini agar tidak terjadi penuaan dini. Jika tertarik melakukan perawatan menggunakan bahan alami, anda bisa mengandalkan pisang sebagai bahan membuat masker. Buah pisang terpilih sebagai buah yang mampu mencegah penuaan dini, lantaran mengandung nutrisi yang menangani permasalahan kulit tersebut.

Pembuatan masker dari pisang pun cukup sederhana, dimana anda hanya perlu menumbuk pisang hingga halus lalu tambahkan satu sendok perasan air jeruk serta satu sendok yougurt kental. Aduk semua bahan tersebut hingga merata sempurna, kemudian aplikasikan pada wajah secara menyeluruh. Agar mendapatkan hasil terbaik, diamkan selama beberapa menit sebelum akhirnya dibilas menggunakan air bersih.

11. Baik Bagi Pencernaan

Memperbaiki Sistem Pencernaan

Image Credit: Dailyo.in

Jika berbicara mengenai serat makanan, umumnya dikaitkan dengan manfaat bagi kesehatan terutama bagi sistem pencernaan. Dengan kata lain, buah pisang yang dikenal kaya akan serat termasuk buah yang sangat baik bagi sistem pencernaan manusia. Bahkan sebuah pisang yang memiliki ukuran sedang, setidaknya mengandung 3 gram serat. Inilah mengapa buah pisang dikatakan sebagai sumber makanan berserat yang baik bagi tubuh.

BACA:  15 Manfaat Buah Mangga untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Ketika mengkonsumsi buah pisang, secara otomatis kandungan pati restisten akan ikut masuk ke dalam sistem pencernaan dan berakhir di bagian usus besar. Disinilah kandungan tersebut, akan menjadi makanan bagi bakteri baik yang hidup di dalam sistem pencernaan manusia. Selain sebagai asupan makanan, ternyata poektin dapat memberikan perlindungan dari bakteri jahat penyebab kanker usus besar.

12. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Ginjal

Image Credit: Tirto.id

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, buah pisang mengandung potassium yang dikenal baik bagi kesehatan fungsi ginjal. Bahkan seseorang yang mengkonsumsi buah pisang setidaknya 2 hingga 3 kali dalam seminggu, dapat menurunkan resiko terkena penyakit gagal ginjal. Dengan kata lain, anda mampu menjaga kesehatan ginjal hanya dengan mengkonsumsi buah pisang secara rutin.

13. Baik Bagi Kesehatan Jantung

Menjaga Agar Jantung Lebih Sehat

Image Credit: Truththeory.com

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang wajib dijaga kesehatannya. Cara sederhana untuk membantu menjaga kesehatan jantung, yaitu memenuhi kebutuhan akan kandungan potassium. Sayangnya pola makan yang kurang sehat dan sudah menjadi sebuah kebiasaan, menjadikan tubuh kekurangan potassium. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, anda bisa mengkonsumsi buah pisang sebagai alternatifnya.

Pasalnya buah berwarna kuning cerah ini mengandung potassium, yang mana disebut sebagai mineral penting yang mampu mendukung kesehatan jantung anda. Bahkan penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang terpenuhi kadar potassium, akan memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit jantung, Sebagai pelengkapnya, pisang juga mengandung magnesium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

14. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Sensitivitas Insulin

Image Credit: Hellosehat.com

Jumlah pasien yang mengidap penyakit diabetes tipe 2 kian tahun semakin bertambah. Salah satu penyebabnya yaitu resistensi insulin yang terus meningkat di dalam tubuh dan menjadi tidak terkendali. Cara sederhana namun cukup efektif mengembalikan resistensi insulin yaitu mengkonsumsi 15 hingga 30 gram pati setiap harinya. Dengan kata lain, mengkonsumsi pisang merupakan solusi terbaik.

Kenapa buah pisang dikatakan sebagai solusi terbaik ? Sebab kandungan di dalam buah satu ini, diyakini mampu meningkatkan sensitivitas insulin hingga 33 hingga 50%. Pisang yang dipilih bukanlah yang matang dan berwarna kuning, melainkan pisang mentah yang diketahui sebagai sumber pati resistensi terbaik. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, anda pun akan dijauhkan dari penyakit mematikan tersebut.

15. Stabilkan Gula Darah

Menyeimbangkan Gula Darah Serta Cegah Diabetes

Image Credit: Hellosehat.com

Seperti yang dikatakan sebelumnya, pisang memang kaya akan serat yang disebut pektin. Sedangkan kandungan pati resisten terdapat pada pisang yang masih hijau atau mentah, dimana kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi pencernaan. Kedua kandungan tersebut dapat menstabilkan gula dalam darah, sekaligus mengurangi nafsu makan berlebih dengan memperlambat proses pengosongan perut.

Kaya akan gizi dan mendatangkan segudang keuntungan, wajar saja jika buah pisang begitu diidolakan. Daripada membeli ekstrak dari buahnya pada aneka produk kecantikan maupun kesehatan, tidak ada salahnya memanfaatkan buah pisang langsung sebagai alternatifnya. Dapat dibuat sendiri di rumah, khasiat yang didapatkan tak akan jauh berbeda dirasakan. Setelah mengetahui manfaatnya, apakah anda sudah mengkonsumsi pisang hari ini?