15 Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil

15 Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil

Yogurt merupakan salah satu produk olahan susu selain keju. Proses pengolahannya dengan cara fermentasi menggunakan bakteri. Dari proses inilah Yogurt memiliki rasa yang jauh berbeda dengan susu sebagai bahan utamanya. Di samping rasanya yang nikmat, manfaat Yogurt untuk ibu hamil ternyata cukup banyak.

Sebagian ibu hamil takut mengonsumsi Yogurt karena dianggap terlalu berbahaya dengan sifat asamnya. Faktanya hal tersebut salah, justru produk susu ini memiliki berbagai manfaat penting untuk tumbuh kembang bayi dan ibu hamil. Memang ada rasa asam, namun kandungan asam tersebut masih aman dikonsumsi setiap hari sesuai dengan dosis kebutuhan tubuh.

Bakteri yang digunakan untuk proses fermentasi susu menjadi Yogurt adalah Lactobacillus Acidophilus. Jenis bakteri ini mencerna kandungan gula dalam susu menjadi energi. Bakteri ini pula yang menjadikan teksturnya krim dengan rasa unik. Sebagian besar dokter menyarankan ibu hamil mengonsumsi Yogurt sebagai suplemen makanan tambahan karena memiliki berbagai manfaat berikut!

1. Memenuhi Asupan Nutrisi

Memenuhi Asupan Nutrisi
Image by Haibunda.com

Manfaat Yogurt untuk ibu hamil yang pertama adalah memenuhi asupan nutrisi harian yang dibutuhkan tubuh. Yogurt mengandung berbagai kandungan penting yang baik untuk kesehatan. Setiap kandungan memiliki peran masing-masing, salah satunya adalah magnesium dengan fungsi utama untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan bayi.

Seperti yang diketahui, asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil jauh berbeda dengan orang lain pada umumnya. Ibu hamil membutuhkan asupan lebih dan bahkan dua kali lipat dari kondisi biasa. Asupan ini bisa didapatkan dari berbagai bahan makanan lain, namun sebagian besar kandungan yang dimiliki Yogurt lebih tinggi.

2. Melancarkan Pencernaan

Melancarkan Pencernaan
Image by Valleyviewgolfclub.net

Bakteri yang digunakan untuk proses fermentasi susu menjadi Yogurt menghasilkan probiotik, dimana sangat baik untuk sistem pencernaan. Mengonsumsi Yogurt secara rutin dapat mencegah terjadinya diare, sembelit, dan berbagai masalah perut lainnya. Dibandingkan dengan ibu yang sedang tidak mengandung, ibu hamil lebih rentan mengalami gangguan perut tersebut.

3. Mendukung Tumbuh Kembang Janin

Mendukung Tumbuh Kembang Janin
Image by Generasimaju.co.id

Mendukung perkembangan janin di dalam kandungan, itulah manfaat Yogurt untuk ibu hamil selanjutnya. Nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat lengkap, diantaranya protein, kalsium, omega-3, asam folat, dan lainnya. Protein bermanfaat untuk menjaga berat badan janin lebih ideal.

Kalsium untuk pembentukan dan sekaligus memperkuat tulang, gigi, dan pembentukan saraf otot lainnya. Sedangkan asam folat berperan penting dalam pembentukan dan perkembangan otak. Semua kandungan yang disebutkan merupakan nutrisi yang diperlukan ibu hamil untuk tumbuh kembang janin.

BACA:  10 Penyebab & Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Muda

4. Meningkatkan Sistem Imun

Meningkatkan Sistem Imun
Image by Ginekologi-msk.ru

Pada umumnya, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh memerlukan nutrisi yang dikenal denganĀ  suplemen vitamin C. Namun perlu diperhatikan, dosis vitamin C yang berlebihan justru membahayakan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Supaya lebih aman, anda bisa rutin mengonsumsi Yogurt sebagai gantinya.

Setiap kandungan nutrisi di dalamnya terbukti untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tujuannya tidak lain adalah untuk menjaga kesehatan dan supaya tidak mudah terserang penyakit. Ibu hamil dengan kondisi tertentu lebih mudah sakit, apalagi jika tidak menerapkan pola hidup sehat dan menjaga asupan makanan yang masuk kedalam tubuh.

5. Menjaga Berat Badan Hamil

Menjaga Berat Badan Hamil
Image by Popmama.com

Mengonsumsi produk olahan susu ini juga baik untuk menjaga berat badan bayi supaya lebih ideal. Manfaat Yogurt untuk ibu hamil ini didapat dari kandungan protein yang cukup tinggi. Dikatakan ideal tentunya tidak kecil dan juga tidak terlalu besar. Bayi yang lahir dibawah berat badan normal mengindikasikan bahwa kurang sehat.

Sedangkan untuk bayi dengan badan berlebih tentunya menyulitkan ibu hamil ketika proses melahirkan. Supaya lebih efektif, jaga asupan gula selama kehamilan. Gula menjadi penyebab utama kenapa bayi lahir dengan bobot berlebih atau diatas normal. Minum air putih lebih disarankan, namun tetap usahakan bukan air dingin yang didapat dari kulkas.

6. Membantu Mendinginkan Tubuh

Membantu Mendinginkan Tubuh
Image by Haibunda.com

Manfaat lain yang didapatkan adalah mendinginkan tubuh. Maksudnya, anda dapat mengonsumsi nya setelah makan pedas dari cabai atau merica. Tidak menutup kemungkinan bahwa ibu hamil menginginkan sesuatu yang tidak dapat ditunda atau yang lebih dikenal dengan istilah Ngidam.

Cabai termasuk salah satu yang kurang baik dikonsumsi ibu hamil jika terlalu berlebihan. Kandungan asam pada Yogurt tidak hanya menetralisir rasa panas di mulut, namun juga di bagian perut. Selain itu, mendinginkan tubuh yang dimaksud adalah setelah olahraga. Sirkulasi darah yang lancar terkadang mengakibatkan tubuh terasa panas dan berkeringat.

7. Mengurangi Risiko Komplikasi Kehamilan

Mengurangi Risiko Komplikasi Kehamilan
Image by Twitter.com @univadisuk

Menurut Maternal & Child Nutrition, mengonsumsi Yogurt setiap hari dapat mencegah atau mengurangi risiko komplikasi kehamilan, termasuk mencegah kehamilan prematur. Manfaat Yogurt tersebut didapatkan dari kandungan probiotik nya yang melimpah. Manfaat lain yang didapatkan dari probiotik adalah mencegah infeksi alat kelamin wanita.

8. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Image by Lifepack.id

Ibu hamil rawan terserang penyakit yang dikenal preeklamsia atau darah tinggi. Gangguan ini umum dialami oleh ibu hamil, meskipun tidak semuanya. Tentunya harus diwaspadai karena dalam kondisi parah dapat mengakibatkan gangguan penyakit kronis lainnya. Berbagai kandungan mineral penting dari Yogurt dipercaya untuk mengatasi tekanan darah tinggi yang berlebih.

BACA:  Manfaat Vitamin Blackmores untuk Ibu Hamil & Menyusui

Selain itu, Yogurt cukup efektif menurunkan kolesterol dalam untuk. Selain darah tinggi, kolesterol termasuk salah satu gangguan kesehatan pada ibu hamil. Penyebab kolesterol pun bermacam-macam, namun yang paling sering adalah karena asupan makanan berlemak setiap hari. Menjaga pola makan adalah langkah terbaik untuk menghindari penyakit berbahaya ini.

9. Meredakan Stres dan Cemas

Meredakan Stres dan Cemas
Image by Mooimom.id

Stres dan cemas, kondisi umum yang dialami ibu hamil karena terlalu banyak beban pikiran. Salah satu kecemasan yang sering dialami adalah memikirkan proses kelahiran. Kecemasan yang berlebih mengakibatkan stres yang berdampak buruk bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Stres bahkan menjadi salah satu faktor kelahiran prematur dan menambah risiko keguguran. Untuk mengatasinya, atau paling tidak meredakan pikiran stres dan rasa cemas, ada baiknya anda mengonsumsi olahan susu dengan tekstur lembut dan rasa lezat ini. Gunakan sebagai makanan penutup atau untuk camilan setelah makanan pokok.

10. Baik untuk Otot

Baik untuk Otot
Image by Bimbi1404.wordpress.com

Manfaat Yogurt untuk ibu hamil berikutnya adalah untuk pembentukan dan perkembangan otot. Bukan hanya untuk janin saja, melainkan untuk ibu yang mengandungnya. Manfaat ini tidak terlepas dari kandungan kalsium tinggi pada Yogurt. Tidak mengherankan sebenarnya, karena kalsium dikenal sebagai salah satu asupan tinggi protein dan kalsium.

Protein adalah zat penting yang memproduksi sel darah merah yang dibutuhkan ibu hamil. Sel darah merah berperan untuk membantu memproduksi zat besi. Dengan demikian, manfaat lain yang didapatkan adalah untuk memperkuat kondisi tubuh supaya tetap fit. Dengan kondisi tubuh yang selalu bugar, kemungkinan untuk terserang penyakit jauh lebih kecil.

11. Membantu Kesehatan Tulang

Membantu Kesehatan Tulang
Image by Alodokter.com

Kalsium, itulah salah satu kandungan penting yang terdapat di dalam Yogurt. Kalsium sangat baik untuk membentuk tulang pada masa pertumbuhan janin. Sedangkan bagi ibu hamil, salah satu jenis nutrisi tersebut berguna untuk memperkuat dan membatu kesehatan tulang. Selain mendapatkan kalsium dari Yogurt, anda bisa mendapatkannya dari susu keju, atau jenis makanan lainnya.

Tetapi untuk mendapatkan manfaat lain yang telah disebutkan diatas, tidak ada salahnya menjatuhkan pilihan pada Yogurt. Selain itu, rasanya juga enak dengan tekstur lembut. Apalagi jika Yogurt bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan sehat sehingga anda tidak bosan mengonsumsi nya setiap hari.

12. Mencegah Kembung

Mencegah Kembung
Image by Halodoc.com

Berikutnya adalah mencegah perut kembung sebagai salah satu manfaat Yogurt untuk ibu hamil yang perlu anda ketahui. Masalah utama yang sering dialami ibu hamil adalah di bagian perut. Mual, mulas, asam lambung naik, dan kembung adalah masalah yang umum dihadap. Tentunya butuh solusi untuk mengatasi masalah tersebut karena membuat rasa tidak nyaman.

BACA:  20 Camilan & Makanan Sehat yang Layak Dikonsumsi Ibu Hamil

Beberapa orang bahkan mengklaim bahwa olahan susu ini mampu mengatasi gangguan lambung lebih cepat daripada obat yang beredar di pasaran. Cukup beralasan tentunya, semua tidak lepas dari kandungan probiotik nya. Supaya lebih nyaman, silahkan makan Yogurt dengan perpaduan buah-buahan pereda perut kembung.

13. Meningkatkan Stamina Ibu Hamil

Meningkatkan Stamina Ibu Hamil
Image by Alodokter.com

Ibu hamil yang cepat lelah dan kurang bersemangat, silahkan jadikan Yogurt sebagai menu utama harian. Bahan makanan ini dipercaya cukup efektif meningkatkan stamina tubuh, terutama untuk ibu hamil. Kandungan karbohidratnya tinggi yang nantinya dipecah menjadi energi untuk stamina harian tubuh.

Yogurt bahkan dianggap lebih tahan lama dalam memberikan stamina tubuh, berbeda dengan nasi atau jenis makanan lain. Apabila tidak memiliki stok di rumah, saat ini banyak olahan Yogurt menjadi makanan lain dengan manfaat yang sama. Tidak ada salahnya jika anda memilihnya sebagai alternatif jika sedang kehabisan stok.

14. Mencegah Kulit Kering

Mencegah Kulit Kering
Image by Serenedayspa.com.au

Manfaat Yogurt untuk ibu hamil berikutnya adalah mencegah kulit kering yang memang sering terjadi. Kering pada kulit tidak hanya disebabkan asupan makanan yang kurang, namun juga karena dehidrasi. Ibu hamil lebih mudah mengalami dehidrasi jika kurang elektrolit di dalam tubuhnya.

Muntah, tidak mau makan dan minum menjadi hal yang wajar bagi mereka. Namun jika dibiarkan, tentunya hal ini menyebabkan dehidrasi dan berkurangnya cairan di dalam tubuh. Dehidrasi inilah yang menjadi salah satu penyebab kulit kering pada ibu hamil. Penyebab lain yakni perubahan hormon yang tidak stabil. Dengan kandungannya berupa vitamin E, Yogurt dapat mengatasi masalah ini jika dikonsumsi rutin setiap hari.

15. Memperbaiki Sel dan Jaringan Tubuh

Memperbaiki Sel dan Jaringan Tubuh
Image by Merdeka.com

Sel adalah organ paling penting untuk membentuk jaringan tubuh. Bagi ibu hamil, penting sekali mengonsumsi Yogurt karena efektif untuk membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh. Yogurt mengandung nutrisi penting yang berperan untuk memperbaiki semua jaringan di dalam tubuh. Kandungan yang dimaksud adalah kalium dan fosfor.

Bukan hanya itu saja, kedua kandungan ini pun baik untuk meningkatkan kemampuan saraf dan menguatkan tulang. Fosfor dikenal memiliki manfaat untuk menjaga detak jantung agar tetap normal. Sedangkan manfaat lain kalium yakni untuk pelepasan energi dari lemak, karbohidrat, dan protein. Kalium juga terbukti mampu menyeimbangkan cairan tubuh untuk mencegah dehidrasi.

Manfaat Yogurt untuk ibu hamil sangat banyak, baik dikonsumsi langsung maupun dalam bentuk olahan lain. Masing-masing ibu hamil memiliki kondisi tubuh yang berbeda. Kondisi inilah yang menyebabkan kebutuhan nutrisi nya berbeda. Pada umumnya, Yogurt dikonsumsi tidak lebih dari 400 ml per hari untuk kondisi normal. Bagi ibu hamil bisa sedikit di atasnya, namun tidak boleh terlalu berlebihan.