Manfaat Vitamin Blackmores untuk Ibu Hamil & Menyusui

Manfaat Vitamin Blackmores untuk Ibu Hamil & Menyusui

Manfaat vitamin Blackmores untuk kesehatan cukup banyak, terutama bagi ibu hamil dan menyusui. Termasuk dari jenis multivitamin, produk dari Australia ini mulai dikenal kalangan luas karena memberikan bukti, bukan hanya janji. Salah satu produk yang terkenal adalah Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold yang memiliki berbagai komposisi penting untuk ibu hamil dan menyusui.

Seperti yang diketahui, ibu hamil tidak boleh mengonsumsi makanan sembarang. Begitu pula dengan multivitamin yang harus melihat kandungannya terlebih dahulu. Kandungan penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan juga menyusui diantaranya adalah asam folat, kalium, magnesium, dan tentunya vitamin.

Memenuhi nutrisi tubuh pada kedua kondisi tersebut sangat penting. Bukan hanya untuk sang ibu, namun juga untuk janin yang dikandung dan bayi yang masih menyusu. Beberapa kandungan yang dibutuhkan ibu hamil bisa didapatkan dari jenis makanan, termasuk untuk ibu menyusui. Tetapi jumlahnya tidak terlalu banyak dan tidak selengkap ketika anda memutuskan untuk mengkonsumsi multivitamin.

Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Keunggulan Vitamin Blackmores untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Keunggulan Vitamin Blackmores untuk Ibu Hamil dan Menyusui
Image by Honestdocs.id

Penting untuk mengetahui keunggulan dari suatu produk supaya anda tidak salah memilih. Sebelum membahas apa saja manfaat vitamin Blackmores, kita cari tahu dulu apa saja keunggulannya supaya anda lebih yakin dalam memilihnya.

1. Dosis Sesuai Kebutuhan Ibu Hamil dan Menyusui

Blackmores diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Setiap kandungan yang ada di dalamnya disesuaikan dengan dosis harian nutrisi, jadi tidak ada istilah over dosis. Meski demikian, tetap saja anda harus mengkonsumsi nya sesuai dengan aturan yang berlaku di dalam kemasan atau saran dokter.

Selain itu, penting juga untuk selalu melakukan pemeriksaan rutin mengenai janin yang dikandung. Apakah selam minum multivitamin Blackmores terjadi perubahan yang baik bagi tubuh, atau justru sebaliknya. Pasalnya, setiap kondisi ibu selalu berbeda yang terkadang membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda pula.

2. Multivitamin Lengkap

Keunggulan vitamin Blackmores berikutnya dari kandungan vitamin yang lengkap. Setiap jenis vitamin memiliki peran penting bagi pertumbuhan janin dan perkembangan otak bayi yang masih menyusu. Mineral, zat besi, dan magnesium adalah beberapa kandungan lain yang ditemukan di dalam setiap tablet.

BACA:  20 Camilan & Makanan Sehat yang Layak Dikonsumsi Ibu Hamil

3. Rasanya Enak dan Tidak Membuat Mual

Sebenarnya, Blackmores memiliki produk lain, jadi bukan hanya untuk ibu hamil saja. Tetapi setiap produk memiliki rasa yang enak dan tidak pahit sehingga tidak sulit ketika meminumnya. Selain itu, setelah minum multivitamin untuk ibu hamil dan menyusui ini pun tidak membuat perut terasa mual dan ingin muntah.

Mual dan muntah merupakan kondisi yang wajar bagi ibu hamil. Setiap rasa atau bau yang tidak cocok biasanya mudah memancing gangguan lambung ini. Namun jangan khawatir ketika mengonsumsi vitamin Blackmores karena terbukti tidak sensitif di lambung yang mengakibatkan mual.

4. Minim Efek Samping

Minim efek samping, itulah keunggulan vitamin Blackmores berikutnya yang mungkin menjadikan anda lebih tertarik. Hingga saat ini, masih belum ada laporan yang masuk mengenai efek samping setelah mengonsumsi multivitamin terbaik ini. Namun tetap saja anda harus memperhatikan dosis penggunaan yang berlaku.

Kandungan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

Kandungan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold
Image by Istyle.id

Sebagian kandungan vitamin Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold sudah disebutkan sebelumnya. Asam folat adalah salah satunya yang paling penting untuk perkembangan janin dan bayi. Untuk kandungan lebih lengkapnya, silahkan anda simak ulasan lengkap berikut!

✦ Kalium

Kandungan pertama berupa kalium dengan ungsi vital selama masa kehamilan. Kandungan ini mampu mengontrol tekanan darah agar tetap stabil yang biasanya menjadi kendala utama ibu hamil. Kalium juga baik untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh supaya tidak mudah dehidrasi.

Manfaat lain yang didapatkan adalah mengatur kontraksi otot agar lebih rileks, terutama ketika melahirkan. Kekurangan kalium dapat mengakibatkan gangguan kehamilan dan penyakit kronis lainnya, seperti jantung dan ginjal. Jumlah asupan kalium per hari untuk ibu hamil adalah sekitar 4,4 mmol/L, jumlah tersebut bisa didapatkan dari kandungan vitamin Blackmores.

✦ Vitamin C

Kandungan berikutnya yang tidak kalah penting adalah vitamin C dengan dosis 30 mg. Memang tidak terlalu tinggi, namun sudah cukup memenuhi kebutuhan harian bagi ibu hamil. Anda bisa menambah dosis yang dibutuhkan dengan mengonsumsi buah, seperti jeruk dan lemon. Untuk dosis harian vitamin C yang disarankan kepada ibu hamil setidaknya 85 mg.

✦ Kalsium

Kandungan vitamin Blackmores berikutnya adalah kalsium. Hampir semua orang tahu bahwa manfaat utama kalsium adalah untuk perkembangan tulang dan gigi. Bagi bayi yang masih menyusu, kalsium berperan penting membentuk gigi dan menjaganya lebih kuat. Sedangkan untuk janin yang masih di dalam kandungan berfungsi untuk pembentukan tulang yang lebih sempurna.

✦ Magnesium

Magnesium merupakan nutrisi yang penting bagi ibu hamil untuk mencegah kelahiran prematur. Kandungan ini pun efektif untuk mengurangi stress yang biasanya sering dialami ibu hamil. Magnesium digunakan sebagai bahan utama pembuatan suplemen karena dapat mencegah darah tinggi, stroke, dan gangguan lain saat kehamilan.

BACA:  15 Manfaat Hydromamma untuk Ibu Hamil & Menyusui

✦ Asam Folat

Kandungan lain yang terdapat pada vitamin Blackmores adalah asam folat. Bisa dikatakan kalau kandungan ini harus ada di setiap suplemen vitamin untuk ibu hamil. Asam folat berperan penting untuk pertumbuhan janin selama masa kehamilan baru memasuki trimester pertama. Untuk itulah semua dokter atau bidan memberikan suplemen dalam bentuk kapsul ketika anda melakukan pengecekan rutin.

Manfaat vitamin Blackmores untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Manfaat vitamin Blackmores untuk Ibu Hamil dan Menyusui
Cek Harga di LazadaCek Harga di Shopee

Sebenarnya masih banyak kandungan lain yang belum disebutkan, diatas hanya sebagian saja dan memiliki peran penting. Manfaat vitamin Blackmores untuk ibu hamil dan menyusui sebenarnya tidak jauh dari semua bahan yang terkandung di dalamnya.

1. Mengurangi Risiko Cacat Bayi

Dari kandungan asam folat, manfaat yang didapatkan adalah mengurangi risiko cacat pada bayi. Asam folat berperan penting untuk tumbuh kembang janin dengan melancarkan sirkulasi darah di sekitar rahim. Sirkulasi darah yang semakin lancar memungkinkan pasokan makanan pada janin tidak terhambat.

2. Membantu Perkembangan Otak Bayi

Manfaat vitamin Blackmores berikutnya yakni membantu perkembangan otak. Manfaat ini didapatkan dari kandungannya yang berupa omega-3. Bahkan kandungannya cukup tinggi untuk setiap tablet nya, yakni 500 mg yang didapat dari minyak ikan salmon. Perkembangan otak janin dan bayi yang masih menyusu semakin lengkap dengan adanya kandungan DHA 125 mg dan EPA 25 mg.

3. Membantu Perkembangan Motorik

Bagi bayi yang baru lahir atau selama masih menyusu ibunya, manfaat lain yang didapat adalah membatu perkembangan motorik. Ada dua bagian saraf motorik yang perlu anda ketahui, yakni bagian atas dan bawah. Motorik bagian atas bertugas mengirimkan sinyal dari otak ke sumsum tulang belakang, sedangkan bagian bawah meneruskannya ke seluruh otot tubuh.

Kandungan vitamin Blackmores yang berperan penting untuk manfaat ini tidak lain adalah asam folat. Dikarenakan pentingnya kandungan inilah kenapa banyak dokter yang mewajibkan mengonsumsi suplemen dalam bentuk apapun yang mengandung asam folat. Apalagi jika usia kehamilan masih muda, sangat penting untuk selalu mengonsumsi nya.

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat vitamin Blackmores berikutnya adalah untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Penting bagi ibu hamil dan menyusui untuk selalu menjaga kesehatan. Pasalnya, kondisi tubuh ibu yang kurang sehat dapat mengakibatkan terganggunya janin, begitu pula dengan bayi yang disusui.

Vitamin C adalah salah satu kandungan yang berperan penting memberikan manfaat ini. Sebagian orang bahkan rela mengonsumsi suplemen vitamin C khusus supaya tubuhnya tidak rentan terserang penyakit. Namun karena Blackmores merupakan multivitamin komplet, jadi anda tidak perlu membeli suplemen lainnya.

BACA:  Preeklampsia - Gejala Penyakit, Penyebab & Cara Mengobati

5. Mencegah Anemia

Blackmores mengandung zat besi yang berfungsi untuk menyerap sel darah merah lebih baik. Sedangkan manfaat asam folat lainnya adalah untuk memproduksi sel darah merah. Kedua kandungan ini secara tidak langsung dapat mencegah anemia pada ibu hamil dan menyusui. Bagi ibu hamil, anemia sering terjadi semasa kandungan memasuki usia trimester ketiga.

Sedangkan bagi ibu menyusui bisa terjadi kapan saja, karena nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan terbagi dengan bayinya. Kondisi ini bisa saja terjadi meskipun sebelum kehamilan anda tidak pernah mengalami anemia. Alasannya sederhana, karena kebutuhan akan zat besi pada ibu hamil terus meningkat seiring dengan usia kehamilan yang semakin tua.

6. Mencegah Preeklamsia Pada Ibu Hamil

Preeklamsia adalah salah satu gangguan kehamilan yang harus diwaspadai. Gejala penyakit ini adalah tekanan darah yang semakin tinggi. Jika dibiarkan dan tidak segera diatasi, Preeklamsia dapat mengakibatkan kejang yang nantinya menimbulkan penyakit kronis. Untungnya salah satu manfaat vitamin Blackmores terbukti untuk mencegah gangguan ini.

Selain mengandung vitamin C yang kaya akan antioksidan, produk multivitamin terbaik ini mengandung vitamin B12, E, dan vitamin D. Kandungan vitamin lengkap inilah yang terbukti mencegah gangguan darah tinggi pada ibu hamil yang dikenal sebagai Preeklamsia. Adapun kandungan lain dengan manfaat yang sama adalah omega-3 dan kalsium.

Dosis Vitamin Blackmores untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Dosis Vitamin Blackmores untuk Ibu Hamil dan Menyusui
Image by Jovee.id

Tidak ada perbedaan antara dosis vitamin Blackmores untuk ibu hamil dan menyusui, keduanya sama. Anda bisa melihat dari kemasannya yang dianjurkan minum dua tablet untuk satu hari. Memang hingga saat ini masih belum ada laporan efek samping akan penggunaan multivitamin ini, namun tetap dianjurkan mengkonsumsi nya sesuai dosis yang dianjurkan.

Bahkan mungkin dosis dua tablet per hari terlalu banyak bagi sebagian ibu hamil dengan alasan kondisi kesehatan yang berbeda. Maka dari itu, sebaiknya anda konsultasi dengan dokter sebelum membelinya. Multivitamin ini banyak disarankan dokter spesialis kandungan, jadi kemungkinan yang bersangkutan lebih paham.

Apabila masih ragu, anda bisa mengambil dosis setengahnya, yakni satu tablet setiap hari. Adapun minum suplemen Blackmores disarankan setelah makan, sesuai dengan petunjuk penggunaan. Simpan multivitamin ini di suhu ruangan yang tidak terkena paparan sinar matahari langsung. Anda bisa mendapatkannya di berbagai apotek dan toko obat karena mudah sekali menemukannya.

Itulah manfaat vitamin Blackmores untuk ibu hamil dan menyusui, serta informasi penting lainnya yang masih terkait. Banyak manfaat yang diberikan untuk menjaga kesehatan dan sekaligus tumbuh kembang bayi. Namun sekali lagi, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu apakah anda perlu mendapatkan asupan nutrisi dari suplemen terbaik ini atau tidak.