15 Model Potongan Rambut Pendek Wanita yang Paling Hits

Model potongan rambut pendek wanita hingga saat ini masih banyak diminati. Meski sebenarnya wanita lebih terlihat anggun dengan rambut panjangnya, namun sebagian justru lebih pantas jika dipotong pendek. Pada umumnya, bentuk wajah sangat mempengaruhi, apakah wanita harus berambut pendek atau panjang.

Seperti yang diketahui, rambut merupakan mahkota tubuh yang harus dijaga dengan baik. Jika mahkotanya rusak, maka keindahan pun tidak didapatkan. Sebagian wanita harus rela menghabiskan banyak uang untuk keperluan rambut mereka. Selain menjaganya tetap sehat, menentukan gaya rambut juga wajib diperhatikan.

Untuk mendapatkan gaya rambut yang diinginkan, ada baiknya jika anda mendatangi hair stylist profesional. Pasalnya, anda akan mendapatkan rekomendasi khusus untuk gaya rambut yang sesuai dengan penampilan. Meski demikian, ada baiknya jika anda menentukan sendiri sesuai selera, gaya rambut berikut bisa dijadikan referensi!

1. Rambut Keriting Pendek

Rambut Keriting Pendek
Image by Dove.com

Bagi anda yang memiliki rambut keriting, jangan dulu berkecil hati. Memang dulunya jenis rambut ini tidak memiliki banyak gaya rambut yang menarik. Namun saat ini tidak demikian, ada berbagai model yang mungkin cocok untuk anda. Potongan rambut pendek keriting memberikan kesan tampak lebih rapi dan sekaligus awet muda.

Apalagi model potongan rambut ini cocok untuk segala jenis bentuk wajah, namun yang paling disarankan adalah oval. Anda bisa melakukan eksperimen dengan warnanya, misalnya cokelat atau ombre. Namun sebelumnya, pastikan rambut anda tebal atau bervolume ketika menggunakan model ini, karena rambut tipis sepertinya kurang cocok.

2. Potongan Pendek Belah Pinggir

Potongan Pendek Belah Pinggir
Image by Tokopedia.com

Model potongan rambut pendek wanita selanjutnya adalah belah pinggir. Gaya ini pernah trend di masa 90-an, dimana waktu itu banyak artis ternama yang menggunakannya. Untuk mendapatkan model ini pun tidak sulit, tinggal menyisir rambut lebih banyak di salah satu sisi. Namun demikian, tetap saja sebelumnya harus dipotong terlebih dahulu.

Semua jenis rambut cocok menggunakan belah pinggir, baik lurus, bergelombang, maupun keriting. Hanya saja untuk mendapatkan hasil terbaik, rambut lurus dan bergelombang lebih direkomendasikan. Potongan rambut ini memberikan kesan elegan, meski terkadang terlihat sedikit lebih klasik.

3. Inverted Bob

Inverted Bob
Image by Youprobablyneedahaircut.com

Inverted Bob pernah trend di era 2000 an ketika banyaknya artis luar menggunakan model rambut ini. Bukan berarti saat ini ketinggalan zaman, gaya rambut ini tetap eksis dengan gayanya yang cantik. Siapa saja yang menggunakan potongan rambut ini dijamin tampak lebih menawan, termasuk juga anda tentunya.

Ciri has dari inverted bob yakni bagian belakang yang jauh lebih pendek daripada kedua sampingnya. Dari belakang terlihat berbentuk sudut lancip, begitu pula jika disaksikan dari bagian samping. Model potongan rambut pendek wanita ini menjadikan rambut tampak lebih tebal, meski sebenarnya tipis.

4. Model Rambut Bob Berponi

Model Rambut Bob Berponi
Image by Finansialku.com

Gaya rambut bob memiliki banyak jenis, selain yang disebutkan sebelumnya, ada juga bob berponi. Sesuai namanya, kali ini lebih menonjolkan adanya poi di bagian depan. Untuk bagian sudut tidak ada, sebagian besar lurus dan sedikit menekuk di bagian ujungnya. Awal mulanya, anda bisa memotong rambut sejajar hingga rahang atau lebih pendek.

Kemudian di bagian depan ditambah poni sehingga penampilan bertambah manis. Gaya rambut ini memang terkesan formal, namun sebenarnya cocok juga untuk santai. Anda tidak perlu menambahkan aksesoris apapun jika ingin terlihat trendi. Pasalnya, bob berponi memberikan kesan anggun bagi wanita yang memakainya.

5. Slick Bob

Slick Bob
Image by Naxi.rs

Slick Bob adalah model potongan rambut pendek wanita yang paling hits hingga saat ini. Terbukti dari banyaknya artis Korea yang memakainya. Jika anda sering nonton drama Korea, pastinya hafal betul mengenai gaya rambut ini. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis bob lainnya, hanya saja kali ini belah pinggir.

Anda tidak membutuhkan banyak waktu untuk menata model rambut slick bob, karena sangat mudah. Namun pastinya, hal tersebut tergantung dari jenis rambut yang dimiliki. Maka dari itu, gaya rambut ini tidak disarankan bagi pemilik rambut keriting. Akan lebih bagus lagi hasilnya jika digunakan untuk rambut lurus.

6. Potongan Layer Pendek

Potongan Layer Pendek
Image by Youngmom.hipwee.com

Wanita harus selalu menjaga penampilan agar selalu terlihat menawan. Menentukan model potongan rambut merupakan salah satu caranya. Jika anda termasuk wanita bergaya dan tidak ingin ketinggalan trend, maka disarankan menggunakan potongan layer pendek. Gaya ini menampilkan susunan rambut yang terlihat berlapis.

Sayangnya, anda yang memilki jenis rambut keriting tidak cocok menggunakannya. Meski rambut bergelombang terlihat menawan, namun hasilnya tidak sebaik rambut lurus. Selain itu, jenis rambut lurus lebih mudah diatur dan terlihat lebih rapi. Wanita yang memiliki wajah bulat disarankan menggunakan potongan ini karena wajah akan terlihat lebih tirus.

7. Model Rambut Pendek Bergelombang

Model Rambut Pendek Bergelombang
Image by Beautynesia.id

Memang tidak dapat di pungkiri bahwa rambut lurus lebih banyak memiliki gaya rambut. Namun bukan berarti mereka yang bergelombang tidak memiliki gaya rambut khusus. Contohnya adalah model potongan rambut wanita yang dikenal dengan pendek bergelombang. Sesuai namanya, hasil rambut nantinya terlihat sedikit bergelombang.

Sebenarnya jenis gaya rambut ini tidak dikhususkan bagi pemilik rambut ikal, namun juga rambut lurus. Anda cukup pergi ke salon untuk membuat rambut berombak, kemudian memotongnya pendek. Untuk modelnya, anda bisa menyesuaikan dengan bentuk wajah atau menurut keinginan, yang penting ukurannya pendek.

8. Gaya Rambut Spike

Gaya Rambut Spike
Image by Beautynesia.id

Gaya rambut spike untuk wanita memang tidak terlalu populer di Indonesia. Wanita Asia lebih cenderung menampilkan gaya yang anggun dan feminin. Namun bukan berarti model tersebut tidak bagus. Apabila anda ingin tampil lebih trendy, rambut spike cocok digunakan. Potongan rambut ini cenderung lebih pendek dari gaya lainnya.

Tidak semua jenis wajah cocok menggunakan potongan rambut ini. Misalnya wajah lonjong, menggunakan gaya rambut spike justru semakin terlihat lonjong. Bentuk wajah yang paling cocok yakni oval, anda akan terlihat semakin menawan. Wajah bulat juga cocok, namun potongan yang digunakan tidak terlalu pendek.

9. Pixie Berponi

Pixie Berponi
Image by Kamini.id

Sebagian dari anda mungkin sudah mengetahui bahwa pixie merupakan salah satu jenis potongan rambut pendek. Wanita Jepang seringkali menggunakan gaya rambut ini karena terlihat lebih trendi. Meski sekilas tampak mirip pria, namun anda bisa membuatnya supaya lebih feminin. Caranya yakni membuatnya tidak terlalu pendek, ukuran sebahu misalnya.

Bagian bawah dibuat lebih tipis, tujuannya supaya rambut tampak bervolume. Namun jika rambut anda tebal, silahkan dipotong biasa saja. Supaya terkesan lebih wanita, anda bisa menambahkan poni tipis. Tidak harus di tengah, poni di bagian samping juga memberikan kesan feminin.

10. Model Rambut Bob Lurus Belah Tengah

Model Rambut Bob Lurus Belah Tengah
Image by Intipseleb.com

Satu lagi model potongan rambut pendek wanita dari jenis bob yakni belah tengah. Rambut bob akan semakin terlihat indah jika di bagian belakang dibuat sedikit mengembang. Jika anda tepat dalam membuat potongannya, gaya ini akan terlihat seperti sedang memakai wig. Apalagi jika rambut anda lepek, untuk membedakan dengan rambut palsu sepertinya susah.

Wanita karir lebih cocok menggunakan gaya rambut ini karena terlihat lebih profesional. Kelebihan dari bob lurus belah tengah yaitu cocok digunakan untuk segala bentuk wajah. Anda tinggal menyesuaikan kepanjangannya, karena biasanya antara bentuk wajah satu dengan lain hasilnya berbeda.

11. Short Shaggy

Short Shaggy
Image by Glaminati.com

Di era 2000 an. Potongan rambut short shaggy pernah hits dan banyak digunakan wanita muda. Saat ini juga demikian, anda mungkin akan menemuinya di suatu tempat. Model rambut ini jauh dari kata profesional, artinya lebih cocok digunakan untuk aktivitas santai. Sebagai contoh jika ingin hangout bersama teman untuk nongkrong.

Gaya rambut ini mirip dengan layer pendek, hanya saja lapisannya tidak begitu terlihat. Sedikit berantakan jika tidak ditata, namun justru hal tersebut yang menjadikannya unik dan terlihat cantik. Short Shaggy dapat memberikan kesan wajah menjadi tirus, cocok digunakan bagi anda yang memiliki bentuk wajah bulat.

12. Messy Bun

Messy Bun
Image by Herzindagi.com

Ada umumnya, gaya rambut bun atau gelung lebih sering digunakan bagi wanita yang memiliki rambut panjang. Tujuannya bukan untuk bergaya, namun lebih kepada supaya tidak gerah. Berbeda dengan model potongan rambut pendek wanita messy bun. Jenis ini khusus ditujukan supaya penampilan lebih menarik.

Messy adalah gaya rambut yang ditata apa adanya, dengan kata lain berantakan. Adanya gelung memberikan kesan semakin indah. Tetapi ada yang perlu diperhatikan, membuat bun tidak boleh mengambil semua bagian rambut. Sisakan bagian bawah lebih banyak daripada yang harus di gelung.

13. Gaya Rambut Bob Asimetris

Gaya Rambut Bob Asimetris
Image by Lifestyle.okezone.com

Seperti yang disinggung sebelumnya, model rambut bob memberikan kesan profesional bagi penggunanya. Selain itu, penampilan terlihat lebih anggun dan feminin. Gaya rambut bob asimetris merupakan salah satu jenis yang penting untuk dibahas. Pasalnya, wanita yang menggunakan model rambut ini dijamin menjadi pusat perhatian.

Sesuai namanya, asimetris berarti tidak sama anta satu bagian dengan bagian lainnya. Dalam hal model rambut, ketidakseimbangan yang dimaksud terletak pada bagian kiri dan kanan. Meski terlihat aneh, namun kecantikan dan keanggunan tetap anda dapatkan. Gaya rambut ini hanya cocok digunakan untuk rambut lurus dan bergelombang.

14. Pixie Asimetris

Pixie Asimetris
Image by Confettissimo.com

Bukan hanya gaya rambut bob yang memiliki jenis potongan asimetris, gaya pixie juga demikian. Jika anda mencari referensi di internet, kebanyakan rambut pixie yang ditemui berukuran sangat pendek. Tetapi karena kali ini dibuat asimetris, maka anda bisa membuatnya sedikit lebih panjang, paling tidak sebatas rahang.

15. Wavy Lob

Wavy Lob
Image by Elle.com

Tampak anggun dan feminin tidak hanya dimiliki oleh wanita yang memiliki rambut lurus. Terbukti dari gaya rambut wavy lob yang dapat menjadikan penampilan anda lebih berkesan. Lob sendiri sebenarnya kepanjangan dari Long Bob, namun untuk anda bisa membatasi ukurannya supaya terlihat lebih pendek.

Batas rambut pendek sebenarnya bisa diatas pundak, gaya rambut ini pun cocok dipotong dengan batasan tersebut. Anda bisa menambahkan layer supaya terlihat lebih menarik. Untuk mendapatkan kesan kalem, silahkan tambahkan poni tipis. Meskipun bisa digunakan untuk segala jenis bentuk wajah, namun yang paling cocok adalah wajah oval.

Itulah beberapa model potongan rambut pendek wanita yang paling hits saat ini. Bagi anda yang saat ini memiliki rambut panjang, tidak masalah tentunya jika memotongnya pendek. Tetapi, silahkan anda cermati terlebih dahulu sebelum memutuskan. Ada banyak contoh gambar yang bisa didapatkan untuk masing-masing jenis gaya rambut diatas.