Suntik Vitamin C: Harga, Manfaat & Efek Samping

Suntik Vitamin C: Harga, Manfaat & Efek Samping

Suntik vitamin C menjadi trend untuk perawatan kulit bagi wanita modern saat ini. Fungsi utamanya adalah untuk membuat kulit tampak lebih putih, cerah, dan berseri. Namun tentunya ada manfaat lain yang didapatkan, mengingat vitamin C termasuk salah satu zat penting yang dibutuhkan tubuh.

Vitamin C mengandung antioksidan tinggi yang mampu mencegah kulit dari kerusakan karena pengaruh radikal bebas. Kandungan tersebut efektif untuk mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga kulit selalu tampak awet muda. Untuk mendapatkan asupan vitamin C, normalnya sesorang mengonsumsi buah atau sayuran.

Faktanya, ada cara lain yang bisa dilakukan dan dipercaya lebih efektif daripada harus mengonsumsi makanan, yaitu dengan suntik. Ada dua metode suntikan yang biasanya digunakan untuk memasukkan cairan vitamin C ke dalam tubuh. Pertama yakni intramuscular, dimana cairan disuntikkan melalui bagian bawah kulit. Sedangkan yang kedua adalah subkutan yang langsung melalui pembuluh darah.

Harga Suntik Vitamin C

Harga Suntik Vitamin C
Image by Lifestyle.okezone.com

Harga suntik vitamin C tergantung dari dimana anda melakukannya. Pastinya, anda tidak bisa melakukan sendiri di rumah karena hal ini termasuk salah satu perawatan medis. Beberapa tempat yang bisa dipilih untuk melakukan suntikan diantaranya adalah rumah sakit, klinik kecantikan, dan rumah sakit.

Pada umumnya, rumah sakit mematok harga sekitar 60.000 hingga 200.000 rupiah. Sedangkan di klinik kecantikan lebih mahal lagi, sekitar 90.000 hingga 500.000 rupiah. Untuk harga suntik di puskesmas yang paling murah, masih dibawah kedua tempat yang telah disebutkan diatas. Hasilnya tidak jauh berbeda, hanya saja mungkin ada perbedaan dari cairan vitamin yang digunakan.

Manfaat Suntik Vitamin C

Manfaat Suntik Vitamin C
Image by Pelantar.id

Berbagai manfaat diberikan ketika asupan vitamin C terpenuhi tubuh. Namun khusus untuk metode suntik, ada manfaat yang penting yang harus anda ketahui. Manfaat suntik vitamin C diantaranya adalah sebagai berikut!

✦ Merawat Kulit

Tidak dapat di pungkiri bahwa manfaat utama yang didapatkan ketika melakukan suntikan dengan cairan vitamin C adalah untuk perawatan kulit. Manfaat inilah yang menjadi incaran bagi wanita modern, dimana membuat kulit tambak lebih putih. Bahkan dengan suntikan ini, tidak dibutuhkan lagi perawatan kulit seperti lulur atau pelembap.

Sebelumnya, metode perawatan kulit dengan vitamin C dilakukan dengan cara mengoleskan kandungan tersebut pada kulit. Namun cara ini kurang efisien karena hasilnya tidak didapatkan langsung atau membutuhkan waktu lama. Lain halnya dengan suntik vitamin C yang hanya dalam waktu singkat dapat dilihat perubahannya.

BACA:  11 Jenis Sayuran Penurun Kolesterol yang Perlu Anda Ketahui

Masalah kulit seperti keriput dan garis halus menjadi tambahan manfaat yang didapatkan. Maka tidak heran jika pengguna metode suntikan ini lebih terlihat awet muda, meskipun sebenarnya usianya sudah paruh baya. Meski demikian, menggunakan perawatan lain juga dibutuhkan agar hasilnya lebih maksimal.

✦ Menghambat Sel Kanker

Kandungan vitamin C yang berupa antioksidan tinggi dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Pemberian dosis tinggi bahkan mampu membunuh sel kanker dan mencegahnya menyebar ke jaringan tubuh lainnya. Beberapa jenis kanker yang bisa diatasi dengan suntik vitamin C diantaranya adalah kanker indung telur dan tumor otak.

Ada juga yang berpendapat bahwa suntikan yang dimaksud mampu menghambat pertumbuhan kanker ovarium dan tumor pankreas. Namun manfaat ini masih belum terbukti pada manusia, hanya dilakukan uji coba pada hewan.

✦ Mengatasi Kekurangan Vitamin C

Kekurangan vitamin C atau disebut juga dengan defisiensi memiliki ciri gusi berdarah, bibir pecah, atau perkembangan tulang dan gigi tidak terlalu baik. Untuk mengatasi hal ini, pada umumnya dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut.

Sayangnya hal ini tidak berlaku bagi penderita defisiensi akut karena tubuhnya tidak bisa menyerap vitamin C dari makan yang dimaksud. Solusinya adalah dengan metode suntikan, dimana cairan vitamin C akan langsung mengalir pada seluruh jaringan tubuh melalui darah.

✦ Membantu Pembentukan Kolagen

Manfaat suntik vitamin C berikutnya adalah membantu pembentukan kolagen. Seperti yang diketahui, fungsi utama kolagen yakni untuk membentuk struktur jaringan kulit, rambut, kuku, dan bahkan tulang. Dalam hal untuk keperluan kulit, kolagen yang termasuk salah satu jenis protein bahkan mampu membuatnya lebih kenyal dan elastis.

✦ Menjaga Daya Tahan Tubuh

Bukan rahasia umum jika vitamin C mampu membuat daya tahan tubuh lebih baik. Bahkan saat ini banyak tersedia suplemen vitamin C yang bisa anda temukan dengan mudah di pasaran. Dosisnya bervariasi, yang paling tinggi dan umum ditemui adalah dosis 500 mg dan 1000 mg. Ada juga produk yang jauh lebih rendah dan aman digunakan dengan dosis 30 mg.

Akan tetapi tidak perlu lagi repot mengonsumsi nya karena ada metode lain yang lebih praktis. Suntik vitamin C bahan tidak perlu dilakukan setiap hari, biasanya hanya satu kali dalam seminggu. Tentunya hal ini jauh lebih praktis bagi seseorang yang super sibuk dengan aktivitasnya sehari-hari.

✦ Menyembuhkan Penyakit Ringan

Manfaat vitamin C secara keseluruhan mampu mengatasi gejala penyakit ringan, seperti flu dan meriang. Bukan hanya kandungan yang didapatkan melalui makanan atau suplemen, namun juga untuk metode suntik. Seseorang yang merasa badan lemas dan letih bahkan sering menggunakan metode ini untuk mengembalikan kebugaran nya.

BACA:  5 Rekomendasi Vitamin B Complex yang Bagus

Efek Samping Suntik Vitamin C

Efek Samping Suntik Vitamin C
Image by Orami.co.id

Dibalik banyak manfaat yang diberikan, efek samping suntik vitamin C juga patut diperhatikan. Banyak yang menganggap bahwa metode memasukkan cairan bervitamin ini aman dan tidak menimbulkan bahaya. Padahal tidak demikian, ada yang perlu anda perhatikan seperti berikut!

1. Alergi

Efek samping yang paling ringan adalah alergi pada kulit setelah proses penyuntikan. Biasanya hal ini terjadi bagi mereka yang memang memiliki alergi obat. Jika tidak, maka masih bisa dikatakan aman dan boleh melanjutkan proses suntik. Aka tetapi lebih baik jika sebelumnya dilakukan pengujian terlebih dahulu dengan metode medis.

2. Ruam dan Gatal

Ruam dan gatal adalah efek samping ringan selanjutnya yang mungkin bisa diabaikan. Apalagi jika ruam tersebut terjadi hanya dalam kurun waktu sementara, pada umumnya hanya beberapa hari saja. Meski demikian, tetap saja anda harus mengetahuinya karena kondisi ini membuat tidak nyaman.

Selain itu, anda bisa melakukan tindakan segera jika memang terjadi. Ruam dan gatal yang dibiarkan nantinya membuat gangguan lain yang lebih serius. Gangguan tersebut diantaranya adalah bengkak, pendarahan, dan memar di daerah bekas suntikan. Biasanya dokter atau tenaga medis memberikan arahan khusus dalam hal ini.

3. Insomnia

Jarang terjadi, namun ada sebagian orang yang mengalami susah tidur setelah menggunakan metode suntik ini. Sebenarnya bukan susah tidur, namun pada saat itu kondisi tubuh sedang bugar dan segar. Maka dari itu, ada baiknya jika melakukan suntikan tidak pada malam hari.

4. Mual dan Perut Tidak Nyaman

Efek samping suntik vitamin C yang sering dirasakan adalah mual dan perut tidak nyaman. Wajar saja jika demikian, karena cairan yang disuntikkan secara mendadak langsung mengalir ke dalam aliran darah. Rasa tidak nyaman tersebut biasanya bersamaan dengan sakit kepala ringan.

Sebenarnya efek samping ini tidak hanya didapatkan ketika melakukan metode suntikan. Pada beberapa jenis suplemen dengan dosis tinggi juga demikian. Efek akan sangat terasa ketika konsumen sebelumnya memiliki gangguan penyakit lambung atau sejenisnya. Akan tetapi efek ini hanya sementara, artinya akan hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu tertentu.

Mual dan Perut Tidak Nyaman
Image by Tribunnews.com

5. Menopause Dini

Pada umumnya, menopause dini terjadi oleh sebab penyakit kronis dan gangguan psikis. Namun ternyata hal tersebut juga bisa terjadi karena salah satu efek samping suntik vitamin C. Menopause sendiri merupakan proses berhentinya siklus menstruasi yang juga merupakan salah satu tanda penuaan bagi wanita.

Pada umumnya, proses ini terjadi secara alami pada usia 45 – 55 tahun. Namun ketika menggunakan suntikan yang mengandung vitamin C, maka bisa terjadi sebelum usia yang disebutkan diatas. Dalam beberapa kasus, menopause dalam hal ini bahkan terjadi pada usia 40 tahun atau kurang.

BACA:  10 Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang Mudah Dilakukan

6. Diabetes

Menyebabkan diabetes, itulah salah satu efek samping suntik vitamin C yang perlu diwaspadai. Seperti yang diketahui, diabetes termasuk salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Terjadinya diabetes pada suntikan ini tidak lain karena dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah.

Oleh sebab itulah cara memutihkan kulit dengan metode ini tidak disarankan bagi penderita diabetes. Bahkan dalam kondisi tertentu, tekanan gula darah menjadi tidak terkontrol dan semakin tinggi.

7. Membebani Ginjal

Selain menyebabkan tekanan gua darah naik, vitamin C berlebihan dan terlalu sering digunakan dapat membebani ginjal. Bagi sesorang dengan kondisi ginjal baik, kemungkinan masih bisa terserang gangguan ini. Apalagi bagi mereka yang sebelumnya telah mengalami gangguan ginjal, tentu lebih berbahaya lagi.

Dosis Suntik Vitamin C

Dosis Suntik Vitamin C
Image by Ponorogoterkini.pikiran-rakyat.com

Setiap efek samping yang disebutkan diatas semakin memungkinkan jika penggunaan dosis suntik vitamin C terlalu berlebihan. Namun bukan berarti aman ketika digunakan dengan dosis yang sesuai, tetap saja jika digunakan terlalu sering. Normalnya, tubuh memerlukan vitamin C sebanyak 90 mg per hari ketika sedang kondisi sehat.

Bagi seseorang yang sedang tidak enak badan atau merasa letih dan lesu, dibutuhkan lebih banyak dari dosis terebut, sekitar 130 mg per hari. Lalu bagaimana jika menggunakan metode suntikan, dimana tujuan utamanya untuk membuat kulit lebih putih dan cerah? Dosis yang diberikan tidak jauh berbeda dengan yang digunakan untuk mengatasi kekurangan vitamin C.

Dosis yang diberikan tidak boleh lebih dari 200 mg dan hanya boleh dilakukan selama satu minggu sekali. Pada kondisi tertentu, mungkin dosis tersebut bisa sedikit lebih dikurangi supaya lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Lain halnya jika tujuan penggunaan suntik vitamin C tersebut untuk penyembuhan luka, diperlukan kandungan vitamin yang jauh lebih tinggi, yakni 1 gram. Dosis tersebut bukan untuk satu minggu, melainkan setiap hari selama 5 hingga 21 hari, tergantung dari perkembangan.

Untuk penggunaan lain sesuai dengan kebutuhan, dosis 100 mg sudah cukup baik untuk menambah sistem imun lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Diluar dosis yang disebutkan tidak dianjurkan, namun anda bisa konsultasi dengan dokter atau tenaga medis yang bersangkutan.

Itulah informasi penting mengenai suntik vitamin C, mulai dari harga, manfaat, dan juga dosis yang dibutuhkan tubuh. Mengingat ada efek samping yang cukup berbahaya dari segi kesehatan, sebaiknya pertimbangkan dengan matang sebelum menggunakan metode memutihkan kulit dengan cara suntik ini. Jika untuk mengatasi gangguan penyakit, tentu tidak ada masalah dan mungkin justru diperlukan.