10 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami yang Mudah Dilakukan

10 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami yang Mudah Dilakukan

Rambut yang lurus di kalangan masyarakat kerap menjadi trend di bandingkan dengan rambut keriting atau bergelombang. Hingga akhirnya banyak yang berlomba lomba untuk meluruskan rambutnya dengan pergi ke salon. Selain melakukan rebonding, para kaum hawa juga kerap menggunakan alat pelurus rambut di rumah. Padahal hal ini jika sering dilakukan akan membuat rambut menjadi tidak sehat dan paling parah adalah rusak.

Dampak buruk tersebut disebabkan oleh panas yang ada pada alat pelurus serta bahan kimia saat rebonding. Seiring berjalannya waktu jika terus dilakukan kegiatan meluruskan rambut ini akan membuat rambut bagian ujung bercabang dan juga kehilangan kelembaban rambut. Sehingga akan lebih baik jika meluruskan rambut dengan memanfaatkan bahan bahan alami. Bukan hanya terbilang aman,bahan bahan alami ini juga sangat mudah untuk didapatkan. Berikut cara meluruskan rambut dengan menggunakan bahan alami yang patut Anda coba.

1. Menggunakan Santan

Santan

Image Credit: Merdeka.com

Santan kelapa merupakan bahan pelurus rambut alami yang sifatnya permanen. Karena di dalam santan terdapat kandungan protein yang bisa membuat rambut kuat dan tidak mudah patah. Bukan hanya itu, kandungan nutrisi pada santan kelapa juga bisa untuk mengembalikan kilau pada rambut anda. Bukan hal mengherankan jika wanita pada zaman dahulu menggunakan santan atau minyak kelapa untuk perawatan rambutnya.

Manfaat yang dimiliki oleh santan kelapa memang sangat banyak untuk rambut. Bagi anda yang rambutnya rusak bisa memanfaatkan santan untuk membuat rambut kembali sehat. Santan kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi konditioner alami, mengatasi ketombe hingga menyuburkan rambut. Dan bagi anda yang ingin menjadikan santan kelapa sebagai pelurus rambut alami maka anda harus memperhatikan cara pemakaiannya.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan 1 buah kelapa tua dan kemudian memarutnya. Setelah itu ambil santannya dengan memeras parutan kelapanya. Santan yang sudah dihasilkan silahkan dimasukkan ke dalam wadah dan dicampurkan dengan 2sdm jeruk nipis. Jika campuran keduanya sudah pas, silahkan tunggu sekitar 2 jaman. Barulah oleskan santan pada rambut dan juga kulit kepala secara menyeluruh.

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yakni menyisir rambut yang telah diolesi dengan santan. Kemudian bungkus rambut dengan shower cap hingga rambut kering. Apabila sudah kering anda bisa membilasnya dengan air bersih. Rambut yang sudah bersih sebaiknya dikeringkan dengan alami atau handuk serta tidak menggunakan hair dryer. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal silahkan melakukannya rutin minimal 1 minggu sekali.

BACA:  10 Manfaat Kurma untuk Kulit dan Rambut yang Perlu Diketahui

2. Menggunakan Seledri

Seledri

Image Credit: Dream.co.id

Bahan lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk membuat rambut lurus selanjutnya adalah seledri. Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seledri juga bermanfaat untuk rambut anda. Manfaat untuk rambut tersebut antara lain untuk menyuburkan rambut, mengatasi kerontokan, menghilangkan ketombe hingga meluruskan rambut. Kandungan protein nabati hingga zat anti bakteri membuat bahan ini juga populer untuk digunakan pada rambut.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjadikan seledri sebagai bahan untuk membuat rambut lurus. Langkah pertama adalah dengan mengaluskan seledri menggunakan blender dan bisa ditambahkan dengan air secukupnya. Setelah itu jus seledri dibalurkan pada  rambut dan kulit kepala sambil dipijat lembut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, rambut yang telah dioleskan seledri di tutup hingga 30 menit baru dibilas.

Cara yang kedua bisa dengan merebus seledri dengan air kemudian menggunakan air rebusannya sebagai cem ceman pada rambut. Untuk mendiamkannya juga bervariasi, ada yang menunggu 30 menit ada juga yang menunggu hingga semalaman. Barulah keesokan harinya di sisir dengan menggunakan sisir yang bergigi renggang. Setelah di sisir rambut yang telah di berikan masker seledri entah air atau dihaluskan, baru bisa untuk dibilas.

3. Menggunakan Pepaya

Image Credit: Merdeka.com

Pepaya juga bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk membuat rambut lurus. Karena pepaya memiliki kandungan mineral yang efektif untuk membuat rambut keriting maupun bergelombang lurus. Caranya juga terbilang mudah, anda hanya perlu menyiapkan bahannya yakni buah pepaya yang sudah matang dan juga madu. Setelah itu silahkan haluskan madu dan ditambahkan dengan madu ketika pepaya sudah halus hingga kedua bahan merata.

Jika sudah, anda bisa mengoleskan pasta tersebut pada kulit kepala anda dan juga seluruh rambut. Agar kandungan pada pepaya meresap, anda bisa menunggunya hingga sekitar 1 jam. Kemudian barulah bisa dibilas dengan air hingga bersih. Membersihkan pepaya ini bisa dengan menggunakan sampo atau keramas seperti biasanya. Barulah selanjutnya rambut dikeringkan dengan menggunakan handuk. Ulangi perawatan ini secara rutin agar hasilnya maksimal.

4. Memanfaatkan Lidah Buaya

Lidah Buaya

Image Credit: Kanal24.az

Lidah buaya dikenal sebagai bahan yang memiliki banyak manfaat pada tubuh. Baik untuk kecantikan hingga untuk membuat rambut menjadi lebih sehat. Bahkan menggunakan lidah buaya ini sudah digunakan oleh wanita pada zaman dahulu. Zat zat yang terkandung dalam lidah buaya memang sangat manyak. Mulai dari asam amino, vitamin, polisakori, enzim hingga kandungan anti inflamasi maupun anti bakteri dan jamur.

BACA:  10 Cara Praktis Merawat Rambut Kering yang Mudah Dilakukan

Untuk menggunakan lidah buaya sebagai bahan untuk meluruskan rambut adalah dengan memisahkan gel lidah buaya dari kulitnya. Kemudian bisa direbus untuk membuat gel tersebut mencair. Namun juga bisa mencampurkan dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Jika sudah selesai gel tadi bisa diaplikasikan di akar rambut hingga ujung rambut. Kemudian diamkan kurang lebih sekitar 1 jam dan bilas hingga bersih.

5. Menggunakan Susu Murni

Image Credit: Kumparan.com

Susu juga bisa digunakan sebagai bahan yang bisa menutrisi rambut dan juga menyehatkan tubuh. Susu murni juga bisa dimanfaatkan untuk membuat rambut menjadi lurus. Meskipun selain bisa membuat rambut lurus, manfaat yang dimiliki susu murni untuk rambut juga banyak. Kandungan protein, kalsium, berbagai vitamin hingga mineral yang menjadi alasannya. Untuk mengaplikasikanya bisa menjadikan susu sebagai masker rambut.

Langkahnya  juga mudah pertama tama siapkan satu gelas susu dan juga setengah cangkir air. Kemudian campurkan kedua bahan hingga  rata. Setelah itu semprotkan bahan ini pada seluruh rambut dan juga kulit kepala. Anda bisa mendiamkannya selama 1 jam dan bisa menyisirnya dengan menggunakan yang bergerigi jarang. Barulah mencuci rambut hingga bersih menggunakan sampo seperti pada saat keramas biasanya.

6. Pisang

Pisang

Image Credit: Hellosehat.com

Buah pisang tak hanya bisa dimakan untuk menambah nutrisi pada tubuh. Namun juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk merawat kesehatan rambut. Pisang menjadi buah yang kaya akan vitamin, karbohidrat, kalium dan minyak alami yang bisa berguna untuk rambut. Untuk menjadikannya sebagai masker rambut dan membuat rambut lurus, maka anda harus menyiapkan 1 buah pisang dan juga 2 sdm madu. Setelah itu hancurkan pisang dengan menggunakan blender.

Saat membuat pisang hancur, bisa ditambahkan dengan madu yang telah disiapkan. Jika sudah menjadi pasta dan semua bahan tercampur, maka anda bisa langsung mengoleskan pada rambut juga kulit kepala sampai merata. Setelah itu cukup diamkan selama 1 jam agar semua kandungan baiknya bisa meresap. Barulah kemudian dibilas hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai, sebaiknya melakukan secara rutin yakni minimal 1 minggu sekali.

7. Memanfaatkan Telur

Telur

Image Credit: Eggs.ca

Memanfaatkan telur untuk digunakan sebagai masker rambut juga bisa dilakukan untuk membuat rambut menjadi lurus. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengambil putih telur saja. Untuk jumlahnya bisa disesuaikan dengan panjang dan ketebalan rambut yang anda miliki. Setelah itu tambahkan minyak zaitun maupun madu sekitar 1 sdm. Kedua bahan ini selanjutnya di campurkan hingga rata, barulah dibalurkan ke seluruh rambut.

Jika sudah, anda bisa menunggu sekitar 30 hingga 45 menit agar nutrisi baiknya bisa meresap. Setelah itu anda bisa membilasnya dengan cara seperti keramas pada umumnya, dengan sampo maupun kondisitioner. Jika anda rutin melakukan perawatan ini minimal 1 minggu sekali, rambut anda tidak hanya lurus. Namun juga bisa membuat rambut mengkilap, mudah diatur dan juga menjadi  lebih lembut.

BACA:  10 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami yang Mudah Dilakukan

8. Pakai Minyak Zaitun

Image Credit: Sehatq.com

Manfaat minyak zaitun memang sudah banyak diketahui oleh kaum hawa. Selain bisa membuat rambut menjadi lurus, minyak zaitun juga bisa mencegah kerontokkan. Kandungan vitamin E yang ada pada minyak zaitun juga bisa membuat rambut lebih kuat dan juga berkilau. Adanya kandungan anti jamurnya juga akan menghindarkan rambut anda dari ketombe. Langkah yang perlu anda lakukan untuk membuat ramuan dari minyak zaitun terbilang mudah.

Anda bisa mencampurkan minyak zaitun dengan minyak kayu putih atau dengan telur. Jika bahan campuran dan minyak zaitunnya sudah tercampur, maka tinggal mengaplikasikannya pada rambut. Masker rambut ini harus secara rata dioleskan barulah nanti dibiarkan hingga sekitar 1 jam ato 2 jam hingga kering. Anda bisa membersihkan rambut dengan menggunakan sampo jika sudah kering. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

9. Menggunakan Yogurt

Yogurt

Image Credit: Splendidtable.org

Yogurt menjadi bahan yang efektif untuk merawat rambut. Produk yang terbuat dari olahan susu ini memang mengandung lactid acid, protein dan zinc. Dimana masing masing kandungan memiliki fungsi yang baikuntuk merawat rambut. Dan yogurt juga bisa dimanfaatkan untuk digunakan sebagai bahan membuat rambut menjadi lurus. Caranya bisa dengan mencampurkan yogurt dengan pisang atau dengan telur.

Anda hanya perlu mengaplikasikan pasta tersebut pada rambut secara merata hingga ke kulit rambut anda. Diamkan hingga 30 menit dengan menggunakan shower cap. Barulah bisa membilas rambut dengan menggunakan sampo. Saat rambut sudah bersih dan setengah kering, anda bisa menyisirnya dengan tangan atau dengan sisir bergerigi jarang. Apabila dilakukan secara rutin maka rambut bisa lurus dan tahan lama.

10. Menggunakan Minyak Jarak dan Minyak Kedelai

Minyak Jarak

Image Credit: Harga.web.id

Minyak jarak dan juga minyak kedelai bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk meluruskan rambut. Caranya juga mudah, anda hanya perlu mencampurkan kedua minyak ini dengan takaran 2 sdm minyak jarak serta 1 sdm minyak kedelai. Jika sudah tercampur, anda bisa mengaplikasikannya pada rambut anda hingga kulit kepala. Sebelum di bilas, anda bisa mendiamkannya selama 30 menit. Sebaiknya membilasnya menggunakan sampo dan air hangat.

Memang bahan bahan alami akan membuat rambut lurus terbilang lebih lama. Jika dibandingkan meluruskan menggunakan catok atau rebonding. Namun bahan bahan alami ini terbilang aman dan bisa digunakan jangka panjang. Tidak akan merusak rambut justru memberikan nutrisi sesuai dengan kebutuhan rambut. Beberapa diantaranya juga membuat rambut lebih lembut, antiketombe hingga membuatnya semakin berkilau.